Perkembangan Peserta Didik, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLEARNER DEVELOPMENT
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS23 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep perkembangan peserta didik yang meliputi Definisi, Hakikat, Kebutuhan, DImensi, multidimensi Peserta Didik, Perkembangan anak usia 0-2 tahun, perkembangan peserta didik tingkat Sekolah Dasar dan Menengah

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Perkembangan Peserta DIdik diharapkan mahasiswa dapat memahami konsep perkembangan peserta didik  

References

Danim, S. 2014. Perkembangan Peserta Didik. Bamdung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep perkembangan peserta didik yang meliputi Definisi, Hakikat, Kebutuhan, DImensi, multidimensi Peserta Didik, Perkembangan anak usia 0-2 tahun, perkembangan peserta didik tingkat Sekolah Dasar dan Menengah

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Perkembangan Peserta DIdik diharapkan mahasiswa dapat memahami konsep perkembangan peserta didik  

References

Danim, S. 2014. Perkembangan Peserta Didik. Bamdung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

Pengetahuan (P)

P2.Menguasai konsep teoretis pedagogimatematikayang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya;

P3.Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal

Ketrampilan Umum (KU)

KU1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika

KU4. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

Ketrampilan Khusus (KK)

KK6.Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya

 

CPMK

 

Setelah menempuh mata kuliah Perkembangan Peserta Didik melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK1

Mengaplikasikan konsep perkembangan, melalui kegiatan menganalisis konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

 

CPMK2

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

 

CPMK3

Mengaplikasikan konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPMK4

Menganalisis karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPMK 5

Menganalisi permasalahan remaja untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

References

Utama

 

  1. Newman & Newman. 2008. Development Through Life : A Psychosocial Approach
  2.  Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan
  3. Amin Budiamin, Dedi Herdiana Hafid, dan Daim. 2008. Perkembangan Peserta
  4. Abin Syamsuddin M. 2006. Psikologi
  5. Syamsu Yusuf. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
  6. Nandang Budiman. 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar.
  7.  Lemer, R.M. 1983. Human Developmet ; A Life Span Perspective
  8. Febriani, D. 2017. Psikologi Pembelajaran


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

Pengetahuan (P)

P2.Menguasai konsep teoretis pedagogimatematikayang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya;

P3.Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal

Ketrampilan Umum (KU)

KU1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika

KU4. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

Ketrampilan Khusus (KK)

KK6.Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya

 

CPMK

 

Setelah menempuh mata kuliah Perkembangan Peserta Didik melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK1

Mengaplikasikan konsep perkembangan, melalui kegiatan menganalisis konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

 

CPMK2

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

 

CPMK3

Mengaplikasikan konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPMK4

Menganalisis karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPMK 5

Menganalisi permasalahan remaja untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

References

Utama

 

  1. Newman & Newman. 2008. Development Through Life : A Psychosocial Approach
  2.  Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan
  3. Amin Budiamin, Dedi Herdiana Hafid, dan Daim. 2008. Perkembangan Peserta
  4. Abin Syamsuddin M. 2006. Psikologi
  5. Syamsu Yusuf. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
  6. Nandang Budiman. 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar.
  7.  Lemer, R.M. 1983. Human Developmet ; A Life Span Perspective
  8. Febriani, D. 2017. Psikologi Pembelajaran


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif,   (c)   bahasa,   (d)   sosiomosional,   (e)   moral   dan   religi,   (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif,   (c)   bahasa,   (d)   sosiomosional,   (e)   moral   dan   religi,   (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.

Learning Outcomes

mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif,   (c)   bahasa,   (d)   sosiomosional,   (e)   moral   dan   religi,   (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.

References

1. Newman & Newman. 2008. Development Through Life : A Psychosocial Approach

2. Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan

3. Amin Budiamin, Dedi Herdiana Hafid, dan Daim. 2008. Perkembangan Peserta Didik

4. Abin Syamsuddin M. 2006. Psikologi Kependidikan

5. Syamsu Yusuf. 2005. Psikologi  Perkembangan Anak  dan  Remaja

6. Nandang  Budiman.  2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar.

7. Lemer, R.M. 1983. Human Developmet ; A Life Span Perspective

8. Febriani, D. 2017. Psikologi Pembelajaran


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif,   (c)   bahasa,   (d)   sosiomosional,   (e)   moral   dan   religi,   (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif,   (c)   bahasa,   (d)   sosiomosional,   (e)   moral   dan   religi,   (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.

Learning Outcomes

mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif,   (c)   bahasa,   (d)   sosiomosional,   (e)   moral   dan   religi,   (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.

References

1. Newman & Newman. 2008. Development Through Life : A Psychosocial Approach

2. Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan

3. Amin Budiamin, Dedi Herdiana Hafid, dan Daim. 2008. Perkembangan Peserta Didik

4. Abin Syamsuddin M. 2006. Psikologi Kependidikan

5. Syamsu Yusuf. 2005. Psikologi  Perkembangan Anak  dan  Remaja

6. Nandang  Budiman.  2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar.

7. Lemer, R.M. 1983. Human Developmet ; A Life Span Perspective

8. Febriani, D. 2017. Psikologi Pembelajaran


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif,   (c)   bahasa,   (d)   sosiomosional,   (e)   moral   dan   religi,   (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif,   (c)   bahasa,   (d)   sosiomosional,   (e)   moral   dan   religi,   (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.

Learning Outcomes

mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif,   (c)   bahasa,   (d)   sosiomosional,   (e)   moral   dan   religi,   (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.

References

1. Newman & Newman. 2008. Development Through Life : A Psychosocial Approach

2. Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan

3. Amin Budiamin, Dedi Herdiana Hafid, dan Daim. 2008. Perkembangan Peserta Didik

4. Abin Syamsuddin M. 2006. Psikologi Kependidikan

5. Syamsu Yusuf. 2005. Psikologi  Perkembangan Anak  dan  Remaja

6. Nandang  Budiman.  2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar.

7. Lemer, R.M. 1983. Human Developmet ; A Life Span Perspective

8. Febriani, D. 2017. Psikologi Pembelajaran


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif,   (c)   bahasa,   (d)   sosiomosional,   (e)   moral   dan   religi,   (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif,   (c)   bahasa,   (d)   sosiomosional,   (e)   moral   dan   religi,   (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.

Learning Outcomes

mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif,   (c)   bahasa,   (d)   sosiomosional,   (e)   moral   dan   religi,   (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.

References

1. Newman & Newman. 2008. Development Through Life : A Psychosocial Approach

2. Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan

3. Amin Budiamin, Dedi Herdiana Hafid, dan Daim. 2008. Perkembangan Peserta Didik

4. Abin Syamsuddin M. 2006. Psikologi Kependidikan

5. Syamsu Yusuf. 2005. Psikologi  Perkembangan Anak  dan  Remaja

6. Nandang  Budiman.  2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar.

7. Lemer, R.M. 1983. Human Developmet ; A Life Span Perspective

8. Febriani, D. 2017. Psikologi Pembelajaran


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan  (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:

1.  Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah

2.  Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:

a.  Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan

b.         Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah

References

  1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:          Remaja Rosdakarya
  3.  Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan                           (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan     Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan  (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:

1.  Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah

2.  Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:

a.  Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan

b.         Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah

References

  1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:          Remaja Rosdakarya
  3.  Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan                           (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan     Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan  (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:

1.  Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah

2.  Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:

a.  Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan

b.         Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah

References

  1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:          Remaja Rosdakarya
  3.  Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan                           (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan     Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan  (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:

1.  Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah

2.  Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:

a.  Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan

b.         Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah

References

  1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:          Remaja Rosdakarya
  3.  Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan                           (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan     Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga


Details ...