Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 23 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep perkembangan peserta didik yang meliputi Definisi, Hakikat, Kebutuhan, DImensi, multidimensi Peserta Didik, Perkembangan anak usia 0-2 tahun, perkembangan peserta didik tingkat Sekolah Dasar dan Menengah
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Perkembangan Peserta DIdik diharapkan mahasiswa dapat memahami konsep perkembangan peserta didik
ReferencesDetails ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep perkembangan peserta didik yang meliputi Definisi, Hakikat, Kebutuhan, DImensi, multidimensi Peserta Didik, Perkembangan anak usia 0-2 tahun, perkembangan peserta didik tingkat Sekolah Dasar dan Menengah
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Perkembangan Peserta DIdik diharapkan mahasiswa dapat memahami konsep perkembangan peserta didik
ReferencesDetails ...
Perkuliahan ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|
Sikap (S) |
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri |
|||
Pengetahuan (P) |
P2.Menguasai konsep teoretis pedagogimatematikayang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; P3.Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal |
|||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika KU4. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal |
|||
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6.Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya
|
|||
CPMK |
|
|||
Setelah menempuh mata kuliah Perkembangan Peserta Didik melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
CPMK1 |
Mengaplikasikan konsep perkembangan, melalui kegiatan menganalisis konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
|
|||
CPMK2 |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
|
|||
CPMK3 |
Mengaplikasikan konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
|||
CPMK4 |
Menganalisis karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
|||
CPMK 5 |
Menganalisi permasalahan remaja untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
Utama |
|
|
Details ...
Perkuliahan ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|
Sikap (S) |
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri |
|||
Pengetahuan (P) |
P2.Menguasai konsep teoretis pedagogimatematikayang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; P3.Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal |
|||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika KU4. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal |
|||
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6.Mengkaji perkembangan dan permasalahan pendidikan matematika dalam pembelajaran serta dapat merencanakan pemecahan masalahnya
|
|||
CPMK |
|
|||
Setelah menempuh mata kuliah Perkembangan Peserta Didik melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
CPMK1 |
Mengaplikasikan konsep perkembangan, melalui kegiatan menganalisis konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
|
|||
CPMK2 |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
|
|||
CPMK3 |
Mengaplikasikan konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
|||
CPMK4 |
Menganalisis karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
|||
CPMK 5 |
Menganalisi permasalahan remaja untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sebagai bentuk memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
Utama |
|
|
Details ...
Perkuliahan ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.
Learning Outcomesmahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.
References1. Newman & Newman. 2008. Development Through Life : A Psychosocial Approach
2. Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan
3. Amin Budiamin, Dedi Herdiana Hafid, dan Daim. 2008. Perkembangan Peserta Didik
4. Abin Syamsuddin M. 2006. Psikologi Kependidikan
5. Syamsu Yusuf. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
6. Nandang Budiman. 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar.
7. Lemer, R.M. 1983. Human Developmet ; A Life Span Perspective
8. Febriani, D. 2017. Psikologi Pembelajaran
Details ...
Perkuliahan ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.
Learning Outcomesmahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.
References1. Newman & Newman. 2008. Development Through Life : A Psychosocial Approach
2. Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan
3. Amin Budiamin, Dedi Herdiana Hafid, dan Daim. 2008. Perkembangan Peserta Didik
4. Abin Syamsuddin M. 2006. Psikologi Kependidikan
5. Syamsu Yusuf. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
6. Nandang Budiman. 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar.
7. Lemer, R.M. 1983. Human Developmet ; A Life Span Perspective
8. Febriani, D. 2017. Psikologi Pembelajaran
Details ...
Perkuliahan ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.
Learning Outcomesmahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.
References1. Newman & Newman. 2008. Development Through Life : A Psychosocial Approach
2. Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan
3. Amin Budiamin, Dedi Herdiana Hafid, dan Daim. 2008. Perkembangan Peserta Didik
4. Abin Syamsuddin M. 2006. Psikologi Kependidikan
5. Syamsu Yusuf. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
6. Nandang Budiman. 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar.
7. Lemer, R.M. 1983. Human Developmet ; A Life Span Perspective
8. Febriani, D. 2017. Psikologi Pembelajaran
Details ...
Perkuliahan ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.
Learning Outcomesmahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam pendidikan tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko- fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; serta (5) permasalahan remaja.
References1. Newman & Newman. 2008. Development Through Life : A Psychosocial Approach
2. Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan
3. Amin Budiamin, Dedi Herdiana Hafid, dan Daim. 2008. Perkembangan Peserta Didik
4. Abin Syamsuddin M. 2006. Psikologi Kependidikan
5. Syamsu Yusuf. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
6. Nandang Budiman. 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar.
7. Lemer, R.M. 1983. Human Developmet ; A Life Span Perspective
8. Febriani, D. 2017. Psikologi Pembelajaran
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
b. Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References
|
Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
b. Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References
|
Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
b. Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References
|
Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
b. Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References
|
Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...