Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning OutcomesSetelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
ngampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan stelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.
References- Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
- Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
- Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
- Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
- Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
- Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
- Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
- Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning OutcomesSetelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
ngampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan stelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.
References- Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
- Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
- Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
- Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
- Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
- Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
- Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
- Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning OutcomesSetelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
ngampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan stelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.
References- Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
- Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
- Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
- Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
- Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
- Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
- Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
- Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning OutcomesSetelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
ngampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan stelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.
References- Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
- Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
- Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
- Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
- Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
- Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
- Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
- Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...