Perkembangan Peserta Didik, Curriculum : 2020


Courser in EnglishLEARNER DEVELOPMENT
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Perkembangan peserta didik adalah matakuliah dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang perkembangan peserta didik mulai dari masa bayi hingga masa lansia. Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi tugas-tugas perkembangan peserta didik di sekolah

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik

Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik

Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan

Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi

Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak

Mampu  mengidentifikasi masa remaja

Mampu  memformulasikan masa dewasa

Mampu  memahami masa lansia

Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di SD

Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

  1. BUKU AJAR PPD YANG DISUSUN OLEH TIM TEACHING
  2. Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  3. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  4. David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. E.B. Hurlock. 1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  7. Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  8. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
  10. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  11. Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
  12. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  13. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  14. Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Ajar Pendidikan Inklusi
  15. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  16. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka    Cipta.
  17. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perkembangan peserta didik adalah matakuliah dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang perkembangan peserta didik mulai dari masa bayi hingga masa lansia. Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi tugas-tugas perkembangan peserta didik di sekolah

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik

Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik

Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan

Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi

Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak

Mampu  mengidentifikasi masa remaja

Mampu  memformulasikan masa dewasa

Mampu  memahami masa lansia

Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di SD

Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

  1. BUKU AJAR PPD YANG DISUSUN OLEH TIM TEACHING
  2. Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  3. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  4. David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. E.B. Hurlock. 1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  7. Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  8. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
  10. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  11. Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
  12. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  13. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  14. Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Ajar Pendidikan Inklusi
  15. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  16. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka    Cipta.
  17. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perkembangan peserta didik adalah matakuliah dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang perkembangan peserta didik mulai dari masa bayi hingga masa lansia. Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi tugas-tugas perkembangan peserta didik di sekolah

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik

Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik

Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan

Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi

Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak

Mampu  mengidentifikasi masa remaja

Mampu  memformulasikan masa dewasa

Mampu  memahami masa lansia

Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di SD

Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

  1. BUKU AJAR PPD YANG DISUSUN OLEH TIM TEACHING
  2. Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  3. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  4. David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. E.B. Hurlock. 1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  7. Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  8. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
  10. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  11. Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
  12. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  13. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  14. Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Ajar Pendidikan Inklusi
  15. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  16. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka    Cipta.
  17. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perkembangan peserta didik adalah matakuliah dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang perkembangan peserta didik mulai dari masa bayi hingga masa lansia. Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi tugas-tugas perkembangan peserta didik di sekolah

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik

Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik

Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan

Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi

Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak

Mampu  mengidentifikasi masa remaja

Mampu  memformulasikan masa dewasa

Mampu  memahami masa lansia

Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di SD

Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

  1. BUKU AJAR PPD YANG DISUSUN OLEH TIM TEACHING
  2. Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  3. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  4. David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. E.B. Hurlock. 1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  7. Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  8. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
  10. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  11. Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
  12. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  13. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  14. Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Ajar Pendidikan Inklusi
  15. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  16. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka    Cipta.
  17. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perkembangan peserta didik adalah matakuliah dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang perkembangan peserta didik mulai dari masa bayi hingga masa lansia. Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi tugas-tugas perkembangan peserta didik di sekolah

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik

Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik

Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan

Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi

Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak

Mampu  mengidentifikasi masa remaja

Mampu  memformulasikan masa dewasa

Mampu  memahami masa lansia

Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di SD

Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

  1. BUKU AJAR PPD YANG DISUSUN OLEH TIM TEACHING
  2. Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  3. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  4. David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. E.B. Hurlock. 1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  7. Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  8. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
  10. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  11. Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
  12. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  13. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  14. Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Ajar Pendidikan Inklusi
  15. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  16. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka    Cipta.
  17. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perkembangan peserta didik adalah matakuliah dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang perkembangan peserta didik mulai dari masa bayi hingga masa lansia. Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi tugas-tugas perkembangan peserta didik di sekolah

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik

Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik

Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan

Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi

Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak

Mampu  mengidentifikasi masa remaja

Mampu  memformulasikan masa dewasa

Mampu  memahami masa lansia

Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di SD

Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

  1. BUKU AJAR PPD YANG DISUSUN OLEH TIM TEACHING
  2. Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  3. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  4. David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. E.B. Hurlock. 1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  7. Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  8. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
  10. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  11. Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
  12. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  13. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  14. Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Ajar Pendidikan Inklusi
  15. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  16. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka    Cipta.
  17. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perkembangan peserta didik adalah matakuliah dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang perkembangan peserta didik mulai dari masa bayi hingga masa lansia. Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi tugas-tugas perkembangan peserta didik di sekolah

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik

Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik

Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan

Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi

Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak

Mampu  mengidentifikasi masa remaja

Mampu  memformulasikan masa dewasa

Mampu  memahami masa lansia

Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di SD

Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

  1. BUKU AJAR PPD YANG DISUSUN OLEH TIM TEACHING
  2. Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  3. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  4. David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. E.B. Hurlock. 1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  7. Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  8. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
  10. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  11. Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
  12. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  13. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  14. Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Ajar Pendidikan Inklusi
  15. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  16. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka    Cipta.
  17. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perkembangan peserta didik adalah matakuliah dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang perkembangan peserta didik mulai dari masa bayi hingga masa lansia. Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi tugas-tugas perkembangan peserta didik di sekolah

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik

Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik

Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan

Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi

Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak

Mampu  mengidentifikasi masa remaja

Mampu  memformulasikan masa dewasa

Mampu  memahami masa lansia

Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di SD

Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

  1. BUKU AJAR PPD YANG DISUSUN OLEH TIM TEACHING
  2. Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  3. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  4. David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. E.B. Hurlock. 1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  7. Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  8. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
  10. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  11. Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
  12. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  13. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  14. Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Ajar Pendidikan Inklusi
  15. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  16. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka    Cipta.
  17. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Perkembangan peserta didik adalah matakuliah dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang perkembangan peserta didik mulai dari masa bayi hingga masa lansia. Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi tugas-tugas perkembangan peserta didik di sekolah

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik

Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik

Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan

Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi

Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak

Mampu  mengidentifikasi masa remaja

Mampu  memformulasikan masa dewasa

Mampu  memahami masa lansia

Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di SD

Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

  1. BUKU AJAR PPD YANG DISUSUN OLEH TIM TEACHING
  2. Abin Syamsuddin Makmun. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  3. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  4. David Myers .G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Deddy Mulyana. 2005. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. E.B. Hurlock. 1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  7. Endang Poerwanti. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  8. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Joseph A DeVito. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
  10. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  11. Muhammad Budyatna. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada media group.
  12. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  13. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  14. Setianingsih, Eka Sari. 2017. Buku Ajar Pendidikan Inklusi
  15. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  16. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka    Cipta.
  17. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,

 ngampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan stelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.

References

  1. Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  2. Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  3. Hurlock,  E.B.  1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  4. Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  6. Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  7. Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta:      Kencana.
  8. Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  10. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka      Cipta.
  11. Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,

 ngampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan stelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.

References

  1. Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  2. Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  3. Hurlock,  E.B.  1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  4. Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  6. Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  7. Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta:      Kencana.
  8. Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  10. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka      Cipta.
  11. Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,

 ngampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan stelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.

References

  1. Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  2. Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  3. Hurlock,  E.B.  1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  4. Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  6. Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  7. Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta:      Kencana.
  8. Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  10. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka      Cipta.
  11. Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...