Courser in English | NON-TEST INDIVIDUAL UNDERSTANDING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling
Learning Outcomessetelah mengikuti perkuliahan Pemahaman Individu Non Tes selama satu semester mahasiswa mampu mengembangkan empati karena telah memahami kondisi individu berdasarkan hasil praktikum perkuliahan.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa menguasai keterampilan umum untuk melakukan wawancara, observasi, penyebaran angket dan keterampilan penggunaan instrumen non tes.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa menguasai konsep dasar, cara penyusunan, penggunaan dan penganalisisan instrumen non tes.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan untuk menulis khususnya menulis biografi
References
-
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling
Learning Outcomessetelah mengikuti perkuliahan Pemahaman Individu Non Tes selama satu semester mahasiswa mampu mengembangkan empati karena telah memahami kondisi individu berdasarkan hasil praktikum perkuliahan.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa menguasai keterampilan umum untuk melakukan wawancara, observasi, penyebaran angket dan keterampilan penggunaan instrumen non tes.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa menguasai konsep dasar, cara penyusunan, penggunaan dan penganalisisan instrumen non tes.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan untuk menulis khususnya menulis biografi
References
-
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling
Learning Outcomessetelah mengikuti perkuliahan Pemahaman Individu Non Tes selama satu semester mahasiswa mampu mengembangkan empati karena telah memahami kondisi individu berdasarkan hasil praktikum perkuliahan.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa menguasai keterampilan umum untuk melakukan wawancara, observasi, penyebaran angket dan keterampilan penggunaan instrumen non tes.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa menguasai konsep dasar, cara penyusunan, penggunaan dan penganalisisan instrumen non tes.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan untuk menulis khususnya menulis biografi
References
-
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling
Learning Outcomessetelah mengikuti perkuliahan Pemahaman Individu Non Tes selama satu semester mahasiswa mampu mengembangkan empati karena telah memahami kondisi individu berdasarkan hasil praktikum perkuliahan.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa menguasai keterampilan umum untuk melakukan wawancara, observasi, penyebaran angket dan keterampilan penggunaan instrumen non tes.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa menguasai konsep dasar, cara penyusunan, penggunaan dan penganalisisan instrumen non tes.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan untuk menulis khususnya menulis biografi
References
-
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling
Learning Outcomessetelah mengikuti perkuliahan Pemahaman Individu Non Tes selama satu semester mahasiswa mampu mengembangkan empati karena telah memahami kondisi individu berdasarkan hasil praktikum perkuliahan.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa menguasai keterampilan umum untuk melakukan wawancara, observasi, penyebaran angket dan keterampilan penggunaan instrumen non tes.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa menguasai konsep dasar, cara penyusunan, penggunaan dan penganalisisan instrumen non tes.
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan untuk menulis khususnya menulis biografi
References
-
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen non tes Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen non tes.
References- Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
- Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
- Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Supratiknya, A. 2014. Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: USD Press
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen non tes Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen non tes.
References- Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
- Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
- Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Supratiknya, A. 2014. Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: USD Press
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen non tes Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen non tes.
References- Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
- Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
- Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Supratiknya, A. 2014. Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: USD Press
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen non tes Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen non tes.
References- Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
- Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
- Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Supratiknya, A. 2014. Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: USD Press
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling
Learning OutcomesMahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen non tes (observasi, wawancara, angket, biografi, skala, sosiometri, DCM dan IKMS)
References- Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
- Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
- Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Supratiknya, A. 2014. Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: USD Press
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling
Learning OutcomesMahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen non tes (observasi, wawancara, angket, biografi, skala, sosiometri, DCM dan IKMS)
References- Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
- Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
- Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Supratiknya, A. 2014. Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: USD Press
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling
Learning OutcomesMahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen non tes (observasi, wawancara, angket, biografi, skala, sosiometri, DCM, dan IKMS)
References- Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
- Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
- Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Supratiknya, A. 2014. Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: USD Press
Details ...