Pemahaman Individu Non Tes , Curriculum : 2015


Courser in EnglishNON-TEST INDIVIDUAL UNDERSTANDING
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS21 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan dalam layanan BK dan penyusunan program BK jenis-jenis asesmen non tes (observasi, wawancara, angket, biografi, skala, sosiometri, DCM, dan IKMS)

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Supratiknya, A. 2014. Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: USD Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling.

References

Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling.

References

Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan instrumen non tes (observasi, wawancara, angket) dalam layanan BK

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan instrumen non tes (observasi, wawancara, angket) dalam layanan BK

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan aplikasi sebagaian mata kuliah yang sudah didapat mahasiswa pada sementer sebelumnya di lapangan. Mata kuliah yang dipraktekan adalah dinamika kelompok, pemahaman individu teknik non tes, konseling lintas budaya dan dasar-dasar bk.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mengaplikasikan mata kuliah dinamika kelompok, pemahaman individu non tes, konseling lintas budaya dan dasar-dasar BK dalam permasalahan nyata di masyarakat

References

Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.

Referensi bisa ditambahkan mahasiswa sesuai topik yang ditemukan di lapangan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan aplikasi sebagaian mata kuliah yang sudah didapat mahasiswa pada sementer sebelumnya di lapangan. Mata kuliah yang dipraktekan adalah dinamika kelompok, pemahaman individu teknik non tes, konseling lintas budaya dan dasar-dasar bk.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mengaplikasikan mata kuliah dinamika kelompok, pemahaman individu non tes, konseling lintas budaya dan dasar-dasar BK dalam permasalahan nyata di masyarakat

References

Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.

Referensi bisa ditambahkan mahasiswa sesuai topik yang ditemukan di lapangan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan instrumen non tes (observasi, wawancara, angket) dalam layanan BK

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan instrumen non tes (observasi, wawancara, angket) dalam layanan BK

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan instrumen non tes (observasi, wawancara, angket) dalam layanan BK

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan instrumen non tes (observasi, wawancara, angket) dalam layanan BK

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumber lain yang berkaitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan tentang hakekat, fungsi, tujuan, dan teknik-teknik pengumpulan data non testing untuk kepentingan bimbingan dan konseling.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu membuat, menganalis dan mengimplementasikan instrumen non tes (observasi, wawancara, angket) dalam layanan BK

References

  1. Amir, Taufiq. 2015. Merancang kuesioner konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku. Jakarta: Prenadamedia group
  2. Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Komalasari, Gantina dkk. 2011. Asesmen teknik non tes dalam perspektif BK komprehensif. Jakarta: PT Indeks
  5. Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumber lain yang berkaitan


Details ...