Courser in English | CRISIS COUNSELING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 26 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1) |
CPMK-2 |
Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1) |
CPMK-3 |
Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11) |
CPMK-4 |
Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11) |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1) |
CPMK-2 |
Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1) |
CPMK-3 |
Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11) |
CPMK-4 |
Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11) |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1) |
CPMK-2 |
Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1) |
CPMK-3 |
Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11) |
CPMK-4 |
Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11) |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1) |
CPMK-2 |
Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1) |
CPMK-3 |
Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11) |
CPMK-4 |
Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11) |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1) |
CPMK-2 |
Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1) |
CPMK-3 |
Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11) |
CPMK-4 |
Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11) |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang terkena krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanggulangan krisis, (3) berbagai pendekatan yang mungkin dilakukan untuk membantu individu/kelompok dalam menghadapi krisis.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
a. menghargai kemampuan orang lain dalam menghadapi krisis
b. memahami etika dalam menangani permasalahan krisis
2. Keterampilan Umum
a. mampu memberi pengenalan tentang prosedur penanggulangan krisis
b. memahami peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang terkena krisis
3. Penguasaan pengetahuan
a. Mampu menganalisis konsep krisis dan mampu memberikan rancangan penanganan yang sesuai dengan kondisi krisis
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. memahami berbagai pendekatan yang mungkin dilakukan untuk membantu individu/kelompok dalam menghadapi krisis
b. dst
1. Yeager, Kenneth. R (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assessment, Treatment and Research (4 th Edition). New York: Oxford University Press
2. Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and Disaster (Revised Edition). New York: Routledge
3. James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole
4. Thompson, Rosemary. A. 2004. Crisis Intervention and Crisis Management: Strategies that Work in Schools and Communities. New York: Brunner-Routledge
5. Jurnal penelitian terkait
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang terkena krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanggulangan krisis, (3) berbagai pendekatan yang mungkin dilakukan untuk membantu individu/kelompok dalam menghadapi krisis.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
a. menghargai kemampuan orang lain dalam menghadapi krisis
b. memahami etika dalam menangani permasalahan krisis
2. Keterampilan Umum
a. mampu memberi pengenalan tentang prosedur penanggulangan krisis
b. memahami peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang terkena krisis
3. Penguasaan pengetahuan
a. Mampu menganalisis konsep krisis dan mampu memberikan rancangan penanganan yang sesuai dengan kondisi krisis
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. memahami berbagai pendekatan yang mungkin dilakukan untuk membantu individu/kelompok dalam menghadapi krisis
b. dst
1. Yeager, Kenneth. R (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assessment, Treatment and Research (4 th Edition). New York: Oxford University Press
2. Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and Disaster (Revised Edition). New York: Routledge
3. James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole
4. Thompson, Rosemary. A. 2004. Crisis Intervention and Crisis Management: Strategies that Work in Schools and Communities. New York: Brunner-Routledge
5. Jurnal penelitian terkait
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang terkena krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanggulangan krisis, (3) berbagai pendekatan yang mungkin dilakukan untuk membantu individu/kelompok dalam menghadapi krisis.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
a. menghargai kemampuan orang lain dalam menghadapi krisis
b. memahami etika dalam menangani permasalahan krisis
2. Keterampilan Umum
a. mampu memberi pengenalan tentang prosedur penanggulangan krisis
b. memahami peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang terkena krisis
3. Penguasaan pengetahuan
a. Mampu menganalisis konsep krisis dan mampu memberikan rancangan penanganan yang sesuai dengan kondisi krisis
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. memahami berbagai pendekatan yang mungkin dilakukan untuk membantu individu/kelompok dalam menghadapi krisis
b. dst
1. Yeager, Kenneth. R (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assessment, Treatment and Research (4 th Edition). New York: Oxford University Press
2. Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and Disaster (Revised Edition). New York: Routledge
3. James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole
4. Thompson, Rosemary. A. 2004. Crisis Intervention and Crisis Management: Strategies that Work in Schools and Communities. New York: Brunner-Routledge
5. Jurnal penelitian terkait
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang terkena krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanggulangan krisis, (3) berbagai pendekatan yang mungkin dilakukan untuk membantu individu/kelompok dalam menghadapi krisis.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
a. menghargai kemampuan orang lain dalam menghadapi krisis
b. memahami etika dalam menangani permasalahan krisis
2. Keterampilan Umum
a. mampu memberi pengenalan tentang prosedur penanggulangan krisis
b. memahami peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang terkena krisis
3. Penguasaan pengetahuan
a. Mampu menganalisis konsep krisis dan mampu memberikan rancangan penanganan yang sesuai dengan kondisi krisis
b. dst
4. Keterampilan Khusus
a. memahami berbagai pendekatan yang mungkin dilakukan untuk membantu individu/kelompok dalam menghadapi krisis
b. dst
1. Yeager, Kenneth. R (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assessment, Treatment and Research (4 th Edition). New York: Oxford University Press
2. Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and Disaster (Revised Edition). New York: Routledge
3. James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole
4. Thompson, Rosemary. A. 2004. Crisis Intervention and Crisis Management: Strategies that Work in Schools and Communities. New York: Brunner-Routledge
5. Jurnal penelitian terkait
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1) |
CPMK-2 |
Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1) |
CPMK-3 |
Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11) |
CPMK-4 |
Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11) |
Utama
- Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and Disaster (Revised Edition). New York: Routledge
- Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press
- Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company
Pendukung
- Thompson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge
- James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1) |
CPMK-2 |
Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1) |
CPMK-3 |
Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11) |
CPMK-4 |
Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11) |
Utama
- Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and Disaster (Revised Edition). New York: Routledge
- Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press
- Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company
Pendukung
- Thompson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge
- James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1) |
CPMK-2 |
Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1) |
CPMK-3 |
Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11) |
CPMK-4 |
Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11) |
Utama
- Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and Disaster (Revised Edition). New York: Routledge
- Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press
- Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company
Pendukung
- Thompson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge
- James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole
Details ...