Konseling Krisis, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCRISIS COUNSELING
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS26 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bisa dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif  multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

CPMK-1

Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis (S3,KU1,KK20,P1)

CPMK-2

Mengetahui konseling krisis pada umumnya (S1,KU1,KK1,P1)

CPMK-3

Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor (S5,KU1,KK1,P11)

CPMK-4

Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya (S2,S5,KU1,KK6,KK13,P6,P11)

References

Utama

  1. Everstine, D.S., &Everstine, L. 2006. Strategic Intervention for People in Crisis, Trauma and Disaster (Revised Edition). New York: Routledge
  2. Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press
  3. Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

Pendukung

  1. Thompson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge
  2. James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif  multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui konseling krisis pada umumnya
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas konseling krisis
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya
  2. Mengenal dan menerapkan konseling krisis dalam pelaksanaan konseling

References

Utama:

  1. Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press
  2. Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

 

Pendukung:

  1. Thampson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge
  2. James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif  multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui konseling krisis pada umumnya
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas konseling krisis
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya
  2. Mengenal dan menerapkan konseling krisis dalam pelaksanaan konseling

References

Utama:

  1. Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press
  2. Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

 

Pendukung:

  1. Thampson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge
  2. James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif  multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui konseling krisis pada umumnya
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas konseling krisis
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya
  2. Mengenal dan menerapkan konseling krisis dalam pelaksanaan konseling

References

Utama:

  1. Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press
  2. Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

 

Pendukung:

  1. Thampson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge
  2. James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif  multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari konseling krisis
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui konseling krisis pada umumnya
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas konseling krisis
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami konsep konseling krisis dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) serta untuk diterapkan dalam kehidupan sebagai konselor

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan melaksanakan konseling krisis sesuai dengan kepribadian konselor yang seharusnya
  2. Mengenal dan menerapkan konseling krisis dalam pelaksanaan konseling

References

Utama:

  1. Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press
  2. Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

 

Pendukung:

  1. Thampson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge
  2. James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif  multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

Mampu memahami dan mengkaji hakekat, konsep dasar, prosedur dan implementasi bentuk bantuan pada individu dalam situasi krisis tertentu berbasis pendekatan integrative maupun evidence bases practice. Selain itu mampu mengembangkan strategi intervensi yang mampu mengakomodasi nilai-nilai budaya (indigeneous) dalam situasi krisis

References

Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press

Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

Thampson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge

James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif  multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

Mampu memahami dan mengkaji hakekat, konsep dasar, prosedur dan implementasi bentuk bantuan pada individu dalam situasi krisis tertentu berbasis pendekatan integrative maupun evidence bases practice. Selain itu mampu mengembangkan strategi intervensi yang mampu mengakomodasi nilai-nilai budaya (indigeneous) dalam situasi krisis

References

Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press

Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

Thampson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge

James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif  multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

Mampu memahami dan mengkaji hakekat, konsep dasar, prosedur dan implementasi bentuk bantuan pada individu dalam situasi krisis tertentu berbasis pendekatan integrative maupun evidence bases practice. Selain itu mampu mengembangkan strategi intervensi yang mampu mengakomodasi nilai-nilai budaya (indigeneous) dalam situasi krisis

References

Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press

Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

Thampson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge

James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif  multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

Mampu memahami dan mengkaji hakekat, konsep dasar, prosedur dan implementasi bentuk bantuan pada individu dalam situasi krisis tertentu berbasis pendekatan integrative maupun evidence bases practice. Selain itu mampu mengembangkan strategi intervensi yang mampu mengakomodasi nilai-nilai budaya (indigeneous) dalam situasi krisis

References

Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press

Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

Thampson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge

James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...
Course Descriptions

Agar mahasiswa bisa mengetahui permasalahan krisis dan mampu mengassesment permasalahan krisis dan mampu melaksanakan layanan-layanan BK dalam mengatasi masalah masalah yang masuk kategori krisis.

Learning Outcomes

mahasiswa bisa mengetahui anatomi masalah krisis, terampil melaksanakan konseling krisis, krisis depresi, krisis yang tdk pernah ada akhir, perceraian, kehilangan orang yang dicintainya, rencana mengakhiri hidup, konseling anak dalam kondisi krisis, krisis masa muda, krisis transisi hidup,

mahasiswa di tuntut untuk mahir dan trampil menghadapi konseli krisis melalui konseling krisis.

References

Konseling Krisis - H. Norman.


Details ...
Course Descriptions

Agar mahasiswa bisa mengetahui permasalahan krisis dan mampu mengassesment permasalahan krisis dan mampu melaksanakan layanan-layanan BK dalam mengatasi masalah masalah yang masuk kategori krisis.

Learning Outcomes

mahasiswa bisa mengetahui anatomi masalah krisis, terampil melaksanakan konseling krisis, krisis depresi, krisis yang tdk pernah ada akhir, perceraian, kehilangan orang yang dicintainya, rencana mengakhiri hidup, konseling anak dalam kondisi krisis, krisis masa muda, krisis transisi hidup,

mahasiswa di tuntut untuk mahir dan trampil menghadapi konseli krisis melalui konseling krisis.

References

Konseling Krisis - H. Norman.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) peran yang bias dilakukan konselor dalam membantu individu yang sedang mengalami permasalahan yang menyebabkan keadaan atau kondisi krisis, (2) pengenalan tentang prosedur penanganan kondisi krisis pada seseorang, (3) perspektif  multi budaya dan isu etika dalam memberikan bantuan pada setting krisis.

Learning Outcomes

Mampu memahami dan mengkaji hakekat, konsep dasar, prosedur dan implementasi bentuk bantuan pada individu dalam situasi krisis tertentu berbasis pendekatan integrative maupun evidence bases practice. Selain itu mampu mengembangkan strategi intervensi yang mampu mengakomodasi nilai-nilai budaya (indigeneous) dalam situasi krisis

References

Utama:

Yeager, Kenneth. R., Robert, A (Ed). 2015. Crisis Counseling Handbook: Assesment and Research (4th Edition). New York: Oxford University Press

Levers, Lisa. L (Ed). 2012. Trauma Counseling: Theories and Interventions. New York: Springer Publishing Company

Pendukung:

Thampson, Rosemary.A. 2004. Crisis intervention and crisis management: strategies that work in school and communities. New York: Brunner- Routledge

James, Richard. K. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th edition). California: Brooks/Cole


Details ...