Courser in English | FOLKLORE |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 23 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa menguasahi pengetahuan dan memahami pengertian folklor, tujuan dan fungsi mempelajari folklor, jenis-jenis dan ciri folklore; mengenal dan mampu menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal; menganalisis tujuh unsur kebudayaan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik.
Learning OutcomesTerampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis. (S8 P1 KU1 KK1)
Mampu mengapresiasi sastra Indonesia baik secara lisan maupun tulis (S5 P6 KU KK2)
Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (S8, S9 P1 P4 KU1 KU2 KK3)
Mampu menghimpun informasi sebagai bahan tulisan (S11 P6 KU KK14)V
Terampil menyusun struktur tulisan yang baik. (S9 P6 KU1 KU2 KU9 KK15)
ReferencesDanandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Endraswara, Suwardi. 2005. Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Pudentia, MPSS (Ed). 1998. Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan ATL.
Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
-----------. 1994. Indonesia antara Kelisanan dan Keberaksaraan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Details ...
Mahasiswa menguasahi pengetahuan dan memahami pengertian folklor, tujuan dan fungsi mempelajari folklor, jenis-jenis dan ciri folklore; mengenal dan mampu menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal; menganalisis tujuh unsur kebudayaan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik. di akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menyusun Album Folklor.
Learning OutcomesSetelah menempuh perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1. menjelaskan pengertian Folklor,
2. menjelaskan fungsi dan tujuan mempelajari folklor,
3. menjabarkan jenis -jenis folklor,
4. menunjukkan ciri-ciri folklor,
5. menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal, dan contohnya,
6. menganalisis contoh tujuh unsur kebudayaan (terutama dari daerahnya masing-masing),
7. menghasilkan luaran berupa Album Folklore.
References1. Dananjaja, F. James, 2008, Folklor Indonesia, Gramedia Pustaka Utama,
2. Endraswara, Suwardi, 2011,
Details ...
Mahasiswa menguasahi pengetahuan dan memahami pengertian folklor, tujuan dan fungsi mempelajari folklor, jenis-jenis dan ciri folklore; mengenal dan mampu menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal; menganalisis tujuh unsur kebudayaan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik. di akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menyusun Album Folklor.
Learning OutcomesSetelah menempuh perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1. menjelaskan pengertian Folklor,
2. menjelaskan fungsi dan tujuan mempelajari folklor,
3. menjabarkan jenis -jenis folklor,
4. menunjukkan ciri-ciri folklor,
5. menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal, dan contohnya,
6. menganalisis contoh tujuh unsur kebudayaan (terutama dari daerahnya masing-masing),
7. menghasilkan luaran berupa Album Folklore.
References1. Dananjaja, F. James, 2008, Folklor Indonesia, Gramedia Pustaka Utama,
2. Endraswara, Suwardi, 2011,
Details ...
Mahasiswa menguasahi pengetahuan dan memahami pengertian folklor, tujuan dan fungsi mempelajari folklor, jenis-jenis dan ciri folklore; mengenal dan mampu menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal; menganalisis tujuh unsur kebudayaan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik. di akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menyusun Album Folklor.
Learning OutcomesSetelah menempuh perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1. menjelaskan pengertian Folklor,
2. menjelaskan fungsi dan tujuan mempelajari folklor,
3. menjabarkan jenis -jenis folklor,
4. menunjukkan ciri-ciri folklor,
5. menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal, dan contohnya,
6. menganalisis contoh tujuh unsur kebudayaan (terutama dari daerahnya masing-masing),
7. menghasilkan luaran berupa Album Folklore.
References1. Dananjaja, F. James, 2008, Folklor Indonesia, Gramedia Pustaka Utama,
2. Endraswara, Suwardi, 2011,
Details ...
Mahasiswa mampu memahami tujuh unsur kebudayaan universal, pengertian folklore, mampu menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi setengah lisan, dan tradisi bukan lisan, memahami ciri karakteristik, dan fungsi folklore.
Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun album folklore.
Learning OutcomesDananjaja, James F, 2008, Folklore Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Details ...
Mahasiswa mampu memahami tujuh unsur kebudayaan universal, pengertian folklore, mampu menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi setengah lisan, dan tradisi bukan lisan, memahami ciri karakteristik, dan fungsi folklore.
Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun album folklore.
Learning OutcomesDananjaja, James F, 2008, Folklore Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Details ...
Mahasiswa mampu memahami tujuh unsur kebudayaan universal, pengertian folklore, mampu menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi setengah lisan, dan tradisi bukan lisan, memahami ciri karakteristik, dan fungsi folklore.
Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun album folklore.
Learning OutcomesDananjaja, James F, 2008, Folklore Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Details ...
Mahasiswa mampu memahami tujuh unsur kebudayaan universal, pengertian folklore, mampu menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi setengah lisan, dan tradisi bukan lisan, memahami ciri karakteristik, dan fungsi folklore.
Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun album folklore.
Learning OutcomesDananjaja, James F, 2008, Folklore Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Details ...
Mahasiswa mampu memahami tujuh unsur kebudayaan universal, pengertian folklore, mampu menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi setengah lisan, dan tradisi bukan lisan, memahami ciri karakteristik, dan funsi folklore. Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun album folklore.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menyebutkan dan memberikan contoh tujuh unsur kebudayaan universal,
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian folklore, ciri karakteristik folklore,
Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis tradisi lisan dari daerah asalnya masing-masing,
Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis tradisi setengah lisan dari daerah asalnya masing-masing,
Mahaisiwa mampu memberikan contoh dan menganalisis tradisi bukan lisan dari daerah asalnya masing-masing,
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi folklore,
Mahasiswa mampu menyusun album folklore sesuai dengan jenis dan karakteristiknya.
ReferencesDananjaja, James F., 2008. Folklore Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Details ...
Mahasiswa mampu memahami tujuh unsur kebudayaan universal, pengertian folklore, mampu menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi setengah lisan, dan tradisi bukan lisan, memahami ciri karakteristik, dan funsi folklore. Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun album folklore.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menyebutkan dan memberikan contoh tujuh unsur kebudayaan universal,
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian folklore, ciri karakteristik folklore,
Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis tradisi lisan dari daerah asalnya masing-masing,
Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis tradisi setengah lisan dari daerah asalnya masing-masing,
Mahaisiwa mampu memberikan contoh dan menganalisis tradisi bukan lisan dari daerah asalnya masing-masing,
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi folklore,
Mahasiswa mampu menyusun album folklore sesuai dengan jenis dan karakteristiknya.
ReferencesDananjaja, James F., 2008. Folklore Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Details ...