Folklor, Curriculum : 2015


Courser in EnglishFOLKLORE
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS23 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa menguasahi pengetahuan dan memahami pengertian folklor, tujuan dan fungsi  mempelajari folklor, jenis-jenis dan ciri folklore; mengenal  dan mampu menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal; menganalisis tujuh unsur kebudayaan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik.

Learning Outcomes

Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis. (S8 P1 KU1 KK1)

Mampu mengapresiasi sastra Indonesia baik secara lisan maupun tulis (S5 P6 KU KK2)

Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (S8, S9 P1 P4 KU1 KU2 KK3)

Mampu menghimpun informasi sebagai bahan tulisan (S11 P6 KU KK14)V

Terampil menyusun struktur tulisan yang baik. (S9 P6 KU1 KU2 KU9 KK15)

References

Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Endraswara, Suwardi. 2005. Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Pudentia, MPSS (Ed). 1998. Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan ATL.

Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

-----------. 1994. Indonesia antara Kelisanan dan Keberaksaraan. Jakarta: Pustaka Jaya.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa menguasahi pengetahuan dan memahami pengertian folklor, tujuan dan fungsi mempelajari folklor, jenis-jenis dan ciri folklore; mengenal dan mampu menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal; menganalisis tujuh unsur kebudayaan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik. di akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menyusun Album Folklor. 

Learning Outcomes

Setelah menempuh perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

1.  menjelaskan pengertian  Folklor,

2.   menjelaskan  fungsi dan tujuan mempelajari folklor,

3.  menjabarkan jenis -jenis folklor,

4.  menunjukkan ciri-ciri folklor,

5.  menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal, dan contohnya,

6.  menganalisis  contoh tujuh unsur kebudayaan  (terutama dari daerahnya masing-masing),

7.  menghasilkan luaran berupa Album Folklore.

References

1. Dananjaja, F. James,  2008,  Folklor Indonesia,  Gramedia  Pustaka Utama,

2.   Endraswara, Suwardi, 2011,   


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa menguasahi pengetahuan dan memahami pengertian folklor, tujuan dan fungsi mempelajari folklor, jenis-jenis dan ciri folklore; mengenal dan mampu menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal; menganalisis tujuh unsur kebudayaan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik. di akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menyusun Album Folklor. 

Learning Outcomes

Setelah menempuh perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

1.  menjelaskan pengertian  Folklor,

2.   menjelaskan  fungsi dan tujuan mempelajari folklor,

3.  menjabarkan jenis -jenis folklor,

4.  menunjukkan ciri-ciri folklor,

5.  menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal, dan contohnya,

6.  menganalisis  contoh tujuh unsur kebudayaan  (terutama dari daerahnya masing-masing),

7.  menghasilkan luaran berupa Album Folklore.

References

1. Dananjaja, F. James,  2008,  Folklor Indonesia,  Gramedia  Pustaka Utama,

2.   Endraswara, Suwardi, 2011,   


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa menguasahi pengetahuan dan memahami pengertian folklor, tujuan dan fungsi mempelajari folklor, jenis-jenis dan ciri folklore; mengenal dan mampu menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal; menganalisis tujuh unsur kebudayaan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik. di akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menyusun Album Folklor. 

Learning Outcomes

Setelah menempuh perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

1.  menjelaskan pengertian  Folklor,

2.   menjelaskan  fungsi dan tujuan mempelajari folklor,

3.  menjabarkan jenis -jenis folklor,

4.  menunjukkan ciri-ciri folklor,

5.  menjelaskan tujuh unsur kebudayaan universal, dan contohnya,

6.  menganalisis  contoh tujuh unsur kebudayaan  (terutama dari daerahnya masing-masing),

7.  menghasilkan luaran berupa Album Folklore.

References

1. Dananjaja, F. James,  2008,  Folklor Indonesia,  Gramedia  Pustaka Utama,

2.   Endraswara, Suwardi, 2011,   


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu memahami tujuh unsur kebudayaan universal, pengertian folklore, mampu menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi setengah lisan, dan tradisi bukan lisan, memahami ciri karakteristik, dan fungsi folklore. 

Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun album folklore.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu menyebutkan dan memberikan contoh tujuh unsur kebudayaan universal.
2.   Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian folklore, ciri karakteristik folklore,
3.   Mahasiswa mampu memberikan contoh  dan menganalisis tradisi lisan dari daerah asalnya masing-masing,
4     Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis tradisi setengah lisan dari daerahnya masing2,
5.   Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis  tradisi bukan lisan dari daerahnya masing-masing,
6.   Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi folklore,
7.   Mahasiswa  mampu membuat (menyusun) Album Folklore sesuai dengan jenis dan karakteristiknya.
 
 

References

Dananjaja,   James F,   2008, Folklore Indonesia.   Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu memahami tujuh unsur kebudayaan universal, pengertian folklore, mampu menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi setengah lisan, dan tradisi bukan lisan, memahami ciri karakteristik, dan fungsi folklore. 

Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun album folklore.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu menyebutkan dan memberikan contoh tujuh unsur kebudayaan universal.
2.   Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian folklore, ciri karakteristik folklore,
3.   Mahasiswa mampu memberikan contoh  dan menganalisis tradisi lisan dari daerah asalnya masing-masing,
4     Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis tradisi setengah lisan dari daerahnya masing2,
5.   Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis  tradisi bukan lisan dari daerahnya masing-masing,
6.   Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi folklore,
7.   Mahasiswa  mampu membuat (menyusun) Album Folklore sesuai dengan jenis dan karakteristiknya.
 
 

References

Dananjaja,   James F,   2008, Folklore Indonesia.   Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu memahami tujuh unsur kebudayaan universal, pengertian folklore, mampu menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi setengah lisan, dan tradisi bukan lisan, memahami ciri karakteristik, dan fungsi folklore. 

Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun album folklore.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu menyebutkan dan memberikan contoh tujuh unsur kebudayaan universal.
2.   Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian folklore, ciri karakteristik folklore,
3.   Mahasiswa mampu memberikan contoh  dan menganalisis tradisi lisan dari daerah asalnya masing-masing,
4     Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis tradisi setengah lisan dari daerahnya masing2,
5.   Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis  tradisi bukan lisan dari daerahnya masing-masing,
6.   Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi folklore,
7.   Mahasiswa  mampu membuat (menyusun) Album Folklore sesuai dengan jenis dan karakteristiknya.
 
 

References

Dananjaja,   James F,   2008, Folklore Indonesia.   Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu memahami tujuh unsur kebudayaan universal, pengertian folklore, mampu menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi setengah lisan, dan tradisi bukan lisan, memahami ciri karakteristik, dan fungsi folklore. 

Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun album folklore.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu menyebutkan dan memberikan contoh tujuh unsur kebudayaan universal.
2.   Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian folklore, ciri karakteristik folklore,
3.   Mahasiswa mampu memberikan contoh  dan menganalisis tradisi lisan dari daerah asalnya masing-masing,
4     Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis tradisi setengah lisan dari daerahnya masing2,
5.   Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis  tradisi bukan lisan dari daerahnya masing-masing,
6.   Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi folklore,
7.   Mahasiswa  mampu membuat (menyusun) Album Folklore sesuai dengan jenis dan karakteristiknya.
 
 

References

Dananjaja,   James F,   2008, Folklore Indonesia.   Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu memahami  tujuh unsur kebudayaan universal, pengertian folklore, mampu menganalisis  unsur-unsur   tradisi lisan, tradisi setengah  lisan, dan tradisi bukan lisan,    memahami    ciri karakteristik,   dan funsi folklore. Di akhir  perkuliahan   diharapkan mahasiswa mampu menyusun  album folklore.   

Learning Outcomes

mahasiswa   mampu menyebutkan dan memberikan contoh tujuh unsur kebudayaan universal,

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian folklore,   ciri karakteristik folklore,

Mahasiswa  mampu  memberikan   contoh dan menganalisis   tradisi lisan   dari daerah asalnya masing-masing,

Mahasiswa mampu   memberikan contoh dan  menganalisis tradisi   setengah lisan   dari  daerah   asalnya masing-masing,

Mahaisiwa mampu memberikan  contoh dan  menganalisis   tradisi bukan lisan dari   daerah   asalnya masing-masing,

Mahasiswa mampu   menjelaskan fungsi   folklore,

Mahasiswa mampu menyusun   album folklore  sesuai dengan jenis dan karakteristiknya.

References

Dananjaja, James  F.,  2008.  Folklore Indonesia.   Jakarta:   Gramedia Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu memahami  tujuh unsur kebudayaan universal, pengertian folklore, mampu menganalisis  unsur-unsur   tradisi lisan, tradisi setengah  lisan, dan tradisi bukan lisan,    memahami    ciri karakteristik,   dan funsi folklore. Di akhir  perkuliahan   diharapkan mahasiswa mampu menyusun  album folklore.   

Learning Outcomes

mahasiswa   mampu menyebutkan dan memberikan contoh tujuh unsur kebudayaan universal,

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian folklore,   ciri karakteristik folklore,

Mahasiswa  mampu  memberikan   contoh dan menganalisis   tradisi lisan   dari daerah asalnya masing-masing,

Mahasiswa mampu   memberikan contoh dan  menganalisis tradisi   setengah lisan   dari  daerah   asalnya masing-masing,

Mahaisiwa mampu memberikan  contoh dan  menganalisis   tradisi bukan lisan dari   daerah   asalnya masing-masing,

Mahasiswa mampu   menjelaskan fungsi   folklore,

Mahasiswa mampu menyusun   album folklore  sesuai dengan jenis dan karakteristiknya.

References

Dananjaja, James  F.,  2008.  Folklore Indonesia.   Jakarta:   Gramedia Pustaka Utama


Details ...