Courser in English | FOLKLORE |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 23 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa mampu memahami tujuh unsur kebudayaan universal, pengertian folklore, mampu menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi setengah lisan, dan tradisi bukan lisan, memahami ciri karakteristik, dan funsi folklore. Di akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun album folklore.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menyebutkan dan memberikan contoh tujuh unsur kebudayaan universal,
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian folklore, ciri karakteristik folklore,
Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis tradisi lisan dari daerah asalnya masing-masing,
Mahasiswa mampu memberikan contoh dan menganalisis tradisi setengah lisan dari daerah asalnya masing-masing,
Mahaisiwa mampu memberikan contoh dan menganalisis tradisi bukan lisan dari daerah asalnya masing-masing,
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi folklore,
Mahasiswa mampu menyusun album folklore sesuai dengan jenis dan karakteristiknya.
ReferencesDananjaja, James F., 2008. Folklore Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Details ...
-
Learning Outcomes- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain melalui pemahaman mengenai folklor.
- Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif terhadap folklor.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan identitas budaya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Menguasai teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Menguasai konsep-konsep dasar folklor.
Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Endraswara, Suwardi. 2005. Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Pudentia, MPSS (Ed). 1998. Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan ATL.
Teeuw, A. 1994. Indonesia antara Kelisanan dan Keberaksaraan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Details ...
-
Learning Outcomes- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain melalui pemahaman mengenai folklor.
- Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif terhadap folklor.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan identitas budaya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Menguasai teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Menguasai konsep-konsep dasar folklor.
Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Endraswara, Suwardi. 2005. Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Pudentia, MPSS (Ed). 1998. Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan ATL.
Teeuw, A. 1994. Indonesia antara Kelisanan dan Keberaksaraan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Details ...
-
Learning Outcomes- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain melalui pemahaman mengenai folklor.
- Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif terhadap folklor.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan identitas budaya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Menguasai teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Menguasai konsep-konsep dasar folklor.
Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Endraswara, Suwardi. 2005. Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Pudentia, MPSS (Ed). 1998. Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan ATL.
Teeuw, A. 1994. Indonesia antara Kelisanan dan Keberaksaraan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Details ...
-
Learning Outcomes- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain melalui pemahaman mengenai folklor.
- Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif terhadap folklor.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan identitas budaya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Menguasai teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Menguasai konsep-konsep dasar folklor.
Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Endraswara, Suwardi. 2005. Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Pudentia, MPSS (Ed). 1998. Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan ATL.
Teeuw, A. 1994. Indonesia antara Kelisanan dan Keberaksaraan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 2 pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan tujuan agar mahasiswa mampu memahami 7 unsur kebudayaan, menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi sebagian lisan ataupun tradisi bukan lisan.
Learning Outcomes1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain melalui pemahaman mengenai folklor.
2. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif terhadap folklor.
3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya melalui pemahaman mengenai folklor.
4. mendokumentasikanidentitas budaya melalui pemahaman mengenai folklor.
5. teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
6. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
7. Menguasai konsep-konsep dasar folklor.
ReferencesDanandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Endraswara, Suwardi. 2005. Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Pudentia, MPSS (Ed). 1998. Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan ATL.
Teeuw, A. 1994. Indonesia antara Kelisanan dan Keberaksaraan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 2 pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan tujuan agar mahasiswa mampu memahami 7 unsur kebudayaan, menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi sebagian lisan ataupun tradisi bukan lisan.
Learning Outcomes1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain melalui pemahaman mengenai folklor.
2. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif terhadap folklor.
3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya melalui pemahaman mengenai folklor.
4. mendokumentasikanidentitas budaya melalui pemahaman mengenai folklor.
5. teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
6. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
7. Menguasai konsep-konsep dasar folklor.
ReferencesDanandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Endraswara, Suwardi. 2005. Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Pudentia, MPSS (Ed). 1998. Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan ATL.
Teeuw, A. 1994. Indonesia antara Kelisanan dan Keberaksaraan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 2 pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan tujuan agar mahasiswa mampu memahami 7 unsur kebudayaan, menganalisis unsur-unsur tradisi lisan, tradisi sebagian lisan ataupun tradisi bukan lisan.
Learning Outcomes1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain melalui pemahaman mengenai folklor.
2. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif terhadap folklor.
3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya melalui pemahaman mengenai folklor.
4. mendokumentasikanidentitas budaya melalui pemahaman mengenai folklor.
5. teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
6. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
7. Menguasai konsep-konsep dasar folklor.
ReferencesDanandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Endraswara, Suwardi. 2005. Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Pudentia, MPSS (Ed). 1998. Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan ATL.
Teeuw, A. 1994. Indonesia antara Kelisanan dan Keberaksaraan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Details ...
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain melalui pemahaman mengenai folklor.
Learning Outcomes- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain melalui pemahaman mengenai folklor.
- Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif terhadap folklor.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan identitas budaya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Menguasai teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Menguasai konsep-konsep dasar folklor.
Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Endraswara, Suwardi. 2005. Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Pudentia, MPSS (Ed). 1998. Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan ATL.
Teeuw, A. 1994. Indonesia antara Kelisanan dan Keberaksaraan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Details ...
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain melalui pemahaman mengenai folklor.
Learning Outcomes- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain melalui pemahaman mengenai folklor.
- Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif terhadap folklor.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan identitas budaya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Menguasai teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Menguasai konsep-konsep dasar folklor.
Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Endraswara, Suwardi. 2005. Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Pudentia, MPSS (Ed). 1998. Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan ATL.
Teeuw, A. 1994. Indonesia antara Kelisanan dan Keberaksaraan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Details ...
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain melalui pemahaman mengenai folklor.
Learning Outcomes- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain melalui pemahaman mengenai folklor.
- Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif terhadap folklor.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan identitas budaya melalui pemahaman mengenai folklor.
- Menguasai teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan mengenai folklor.
- Menguasai konsep-konsep dasar folklor.
Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Endraswara, Suwardi. 2005. Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Pudentia, MPSS (Ed). 1998. Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan ATL.
Teeuw, A. 1994. Indonesia antara Kelisanan dan Keberaksaraan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Details ...