Sintaksis Bahasa Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishIndonesian Syntax
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS3 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Sintaksis Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah prodier bagi mahasiswa semester III Prodi PBSI dengan bobot 3 SKS. Topik bahasan dalam mata kuliah ini diawali dengan kajian: hakikat sintaksis, satuan gramatis sintaksis, dan peranti atau alat-alat sintaksis; hakikat klausa, unsur klausa, dan klasifikasi klausa; hakikat frasa, unsur pembentuk frasa, dan klasifikasi frasa; hakikat  kalimat, fungsi sintaksis, kategori sintaksis, peran sintaksis, pola kalimat, jenis kalimat ditinjau dari berbagai sudut pandang, dan hubungan makna antarklausa dalam kalimat majemuk; dan studi kasus konstruksi dalam kalimat efektif.

Learning Outcomes

CPMK1

Menguraikan hakikat sintaksis, satuan gramatis sintaksis, dan peranti atau alat-alat sintaksis dengan menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawab (S9, KU1, P1, KK1).

CPMK2

Menganalisis klausa, unsur klausa, dan klasifikasi klausa berdasarkan kaidah dengan menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawab (S9, KU1, KU2, KU3, P1, KK1).

CPMK3

Menganalisis frasa, unsur pembentuk frasa, dan klasifikasi frasa berdasarkan kaidah dengan menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawab (S9, KU1, KU2, KU3, P1, KK1).

CPMK4

Menganalisis kalimat, fungsi sintaksis, kategori sintaksis, peran sintaksis, pola kalimat, jenis kalimat ditinjau dari berbagai sudut pandang, dan hubungan makna antarklausa dalam kalimat majemuk berdasarkan kaidah dengan menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawab (S9, KU1, KU2, KU3, P1, KK1).

CPMK5

Menganalisis konstruksi dalam kalimat efektif berdasarkan kaidah dengan menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawab dan sesuai nilai, norma, dan etika akademik (S8, S9, S11, KU1, KU2, KU3, P1, KK1).

References

1. Alwi, Hasan dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

2. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

3. Damaianti, Vismaia S. & Nunung Sitaresmi. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: Pusat Studi Literasi.

4. Khairah, Miftahul & Sakura Ridwan. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara.

5. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

6. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.

7. Ramlan. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

8. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.

9. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.

10. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk dan konstruksi kalimat, meliputi frasa, klausa, dan kalimat, serta fungsi, kategori, dan perannya. Mata kuliah ini mengkaji Sintaksis (pengertian, alat-alat sintaksis, konstruksi, dan obyeknya), kalimat (pengertian, jenis, penggolongan, konstruksinya), klausa (Pengertian, identifikasi, dan klasifikasi/ penggolongan), frasa (Pengertian, pembagiannya  (Frasa Endosentrik dan Eksosentik), dan, jenis-jenisnya (Frasa Nomina, Verba, Ajektiva, dll.)), fungsi, kategori, peran, dan model-model analisis Sintaksis.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis .

3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.

4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frase, klausa, dan kalimat.

References

1. Damaianti, Vismaia dan Nunung Sitaresmi. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: UPI Press.
2. Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
3. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.
4. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

 

1. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
2. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.
3. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.
4. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.
6. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk dan konstruksi kalimat, meliputi frasa, klausa, dan kalimat, serta fungsi, kategori, dan perannya. Mata kuliah ini mengkaji Sintaksis (pengertian, alat-alat sintaksis, konstruksi, dan obyeknya), kalimat (pengertian, jenis, penggolongan, konstruksinya), klausa (Pengertian, identifikasi, dan klasifikasi/ penggolongan), frasa (Pengertian, pembagiannya  (Frasa Endosentrik dan Eksosentik), dan, jenis-jenisnya (Frasa Nomina, Verba, Ajektiva, dll.)), fungsi, kategori, peran, dan model-model analisis Sintaksis.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis .

3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.

4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frase, klausa, dan kalimat.

References

1. Damaianti, Vismaia dan Nunung Sitaresmi. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: UPI Press.
2. Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
3. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.
4. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

 

1. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
2. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.
3. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.
4. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.
6. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk dan konstruksi kalimat, meliputi frasa, klausa, dan kalimat, serta fungsi, kategori, dan perannya. Mata kuliah ini mengkaji Sintaksis (pengertian, alat-alat sintaksis, konstruksi, dan obyeknya), kalimat (pengertian, jenis, penggolongan, konstruksinya), klausa (Pengertian, identifikasi, dan klasifikasi/ penggolongan), frasa (Pengertian, pembagiannya  (Frasa Endosentrik dan Eksosentik), dan, jenis-jenisnya (Frasa Nomina, Verba, Ajektiva, dll.)), fungsi, kategori, peran, dan model-model analisis Sintaksis.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis .

3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.

4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frase, klausa, dan kalimat.

References

1. Damaianti, Vismaia dan Nunung Sitaresmi. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: UPI Press.
2. Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
3. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.
4. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

 

1. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
2. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.
3. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.
4. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.
6. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk dan konstruksi kalimat, meliputi frasa, klausa, dan kalimat, serta fungsi, kategori, dan perannya. Mata kuliah ini mengkaji Sintaksis (pengertian, alat-alat sintaksis, konstruksi, dan obyeknya), kalimat (pengertian, jenis, penggolongan, konstruksinya), klausa (Pengertian, identifikasi, dan klasifikasi/ penggolongan), frasa (Pengertian, pembagiannya  (Frasa Endosentrik dan Eksosentik), dan, jenis-jenisnya (Frasa Nomina, Verba, Ajektiva, dll.)), fungsi, kategori, peran, dan model-model analisis Sintaksis.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis .

3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.

4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frase, klausa, dan kalimat.

References

1. Damaianti, Vismaia dan Nunung Sitaresmi. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: UPI Press.
2. Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
3. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.
4. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

 

1. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
2. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.
3. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.
4. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.
6. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk dan konstruksi kalimat, meliputi frasa, klausa, dan kalimat, serta fungsi, kategori, dan perannya. Mata kuliah ini mengkaji Sintaksis (pengertian, alat-alat sintaksis, konstruksi, dan obyeknya), kalimat (pengertian, jenis, penggolongan, konstruksinya), klausa (Pengertian, identifikasi, dan klasifikasi/ penggolongan), frasa (Pengertian, pembagiannya  (Frasa Endosentrik dan Eksosentik), dan, jenis-jenisnya (Frasa Nomina, Verba, Ajektiva, dll.)), fungsi, kategori, peran, dan model-model analisis Sintaksis.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis .

3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.

4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frase, klausa, dan kalimat.

References

1. Damaianti, Vismaia dan Nunung Sitaresmi. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: UPI Press.
2. Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
3. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.
4. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

 

1. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
2. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.
3. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.
4. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.
6. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk dan konstruksi kalimat, meliputi frasa, klausa, dan kalimat, serta fungsi, kategori, dan perannya.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis .

3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.

4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frase, klausa, dan kalimat.
 

References

1. Damaianti, Vismaia dan Nunung Sitaresmi. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: UPI Press.
2. Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
3. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.
4. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

5. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
6. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.
7. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.
8. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
9. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.
10. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk dan konstruksi kalimat, meliputi frasa, klausa, dan kalimat, serta fungsi, kategori, dan perannya.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis .

3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.

4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frase, klausa, dan kalimat.
 

References

1. Damaianti, Vismaia dan Nunung Sitaresmi. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: UPI Press.
2. Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
3. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.
4. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

5. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
6. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.
7. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.
8. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
9. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.
10. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk dan konstruksi kalimat, meliputi frasa, klausa, dan kalimat, serta fungsi, kategori, dan perannya.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis .

3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.

4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frase, klausa, dan kalimat.
 

References

1. Damaianti, Vismaia dan Nunung Sitaresmi. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: UPI Press.
2. Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
3. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.
4. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

5. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
6. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.
7. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.
8. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
9. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.
10. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk dan konstruksi kalimat, meliputi frasa, klausa, dan kalimat, serta fungsi, kategori, dan perannya.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis .

3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.

4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frase, klausa, dan kalimat.
 

References

1. Damaianti, Vismaia dan Nunung Sitaresmi. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: UPI Press.
2. Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
3. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.
4. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

5. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
6. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.
7. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.
8. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
9. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.
10. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk dan konstruksi kalimat, meliputi frasa, klausa, dan kalimat, serta fungsi, kategori, dan perannya.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis .

3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.

4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frase, klausa, dan kalimat.
 

References

1. Damaianti, Vismaia dan Nunung Sitaresmi. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: UPI Press.
2. Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
3. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.
4. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

5. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
6. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.
7. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.
8. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
9. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.
10. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk kalimat dan hubungan bentuk-bentuk bahasa di dalamnya, meliputi frasa, klausa, dan kalimat, serta model analisisnya.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
     Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
2. Keterampilan Umum
    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis.

3. Penguasaan Pengetahuan

    Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.
4. Keterampilan Khusus
    Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frasa, klausa, dan kalimat.

References

1. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.

2. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

3. Damaianti, Vismai S. & Nunung Sitaresmi. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: Pusat Studi Literasi.

4. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

5. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.

6. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

7. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.

8. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.

9. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.


Details ...