Sintaksis Bahasa Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishIndonesian Syntax
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS3 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk kalimat dan hubungan bentuk-bentuk bahasa di dalamnya, meliputi frasa, klausa, dan kalimat, serta model analisisnya.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
     Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
2. Keterampilan Umum
    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis.

3. Penguasaan Pengetahuan

    Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.
4. Keterampilan Khusus
    Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frasa, klausa, dan kalimat.

References

1. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.

2. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

3. Damaianti, Vismai S. & Nunung Sitaresmi. 2005. Sintaksis Bahasa Indonesia. Bandung: Pusat Studi Literasi.

4. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

5. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.

6. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

7. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.

8. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.

9. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk Sintaksis (pengertian, alat-alat sintaksis, konstruksi, dan obyeknya), kalimat (pengertian, jenis, penggolongan, konstruksinya), klausa (Pengertian, identifikasi, dan klasifikasi/ penggolongan), frasa (Pengertian, pembagiannya  (Frasa Endosentrik dan Eksosentik), dan, jenis-jenisnya (Frasa Nomina, Verba, Ajektiva, dll.)), fungsi, kategori, peran, dan model-model analisis Sintaksis.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis .

3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.

4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frase, klausa, dan kalimat.

References

1. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

2. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.

3. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

4. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.

5. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

6. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.

7. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.

8. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep dasar seluk beluk Sintaksis (pengertian, alat-alat sintaksis, konstruksi, dan obyeknya), kalimat (pengertian, jenis, penggolongan, konstruksinya), klausa (Pengertian, identifikasi, dan klasifikasi/ penggolongan), frasa (Pengertian, pembagiannya  (Frasa Endosentrik dan Eksosentik), dan, jenis-jenisnya (Frasa Nomina, Verba, Ajektiva, dll.)), fungsi, kategori, peran, dan model-model analisis Sintaksis.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis .

3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar dan analisis Sintaksis Bahasa Indonesia.

4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar sintaksis dan mampu melakukan analisis sintaksis pada tingkat frase, klausa, dan kalimat.

References

1. Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

2. Suhardi. 2008. Sintaksis: Sebuah Sudut Pandang yang Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.

3. Kridalaksana, Harimurti. 2002. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Jakarta: Universitas Katolik Atmajaya.

4. Ba’dulu, Abdul Muis, dan Herman. 2010. Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.

5. Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

6. Parera, J. D. 2009. Dasar-Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.

7. Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip – Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.

8. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press. 


Details ...
Course Descriptions

Sintaksis bahasa Indonesia adalah salah satu mata kuliah dasar wajib bagi calon guru bahasa Indonesia maupun calon asisten peneliti dalam hal tata bahasa.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa diharapkan mampu memahami kaidah-kaidah sintaksis umum dan sintaksis bahasa Indonesia.

2. Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan kaidah-kaidah sintaksis dalam bahasa Indonesia.

3. Mahasiswa diharapkan mampu secara deskriptif maupun preskriptif meneliti dalam disiplin sintaksis khususnya dan linguistik umumnya.

References

Alwi, Hasan; Dardjowidjojo, Soenjono; Lapoliwa, Hans; dan Moeliono, Anton. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Kaswanti Purwo, Bambang (ed.). 1989. Serpih-Serpih Telaah Pasif Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

……………………………..   (ed.). 1985. Untaian Teori Sintaksis 1970-1980an. Jakarta: Arcan.

Kridalaksana, Harimurti. 1996. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Parera, Jos Daniel. 1994. Sintaksis: Edisi Kedua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lapoliwa, Hans. 1992. Frasa Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramlan, M. 2005. Sintaksis dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Karyono.

Verhaar, J.W.M. 2009. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Sintaksis bahasa Indonesia adalah salah satu mata kuliah dasar wajib bagi calon guru bahasa Indonesia maupun calon asisten peneliti dalam hal tata bahasa.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa diharapkan mampu memahami kaidah-kaidah sintaksis umum dan sintaksis bahasa Indonesia.

2. Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan kaidah-kaidah sintaksis dalam bahasa Indonesia.

3. Mahasiswa diharapkan mampu secara deskriptif maupun preskriptif meneliti dalam disiplin sintaksis khususnya dan linguistik umumnya.

References

Alwi, Hasan; Dardjowidjojo, Soenjono; Lapoliwa, Hans; dan Moeliono, Anton. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Kaswanti Purwo, Bambang (ed.). 1989. Serpih-Serpih Telaah Pasif Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

……………………………..   (ed.). 1985. Untaian Teori Sintaksis 1970-1980an. Jakarta: Arcan.

Kridalaksana, Harimurti. 1996. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Parera, Jos Daniel. 1994. Sintaksis: Edisi Kedua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lapoliwa, Hans. 1992. Frasa Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramlan, M. 2005. Sintaksis dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Karyono.

Verhaar, J.W.M. 2009. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

 


Details ...