Studi Eksplorasi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEXPLORATIVE STUDY
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS42 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Studi eksplorasi merupakan mata kuliah yang memuat kompetensi dalam inovasi pembelajaran, komunikasi dan kolaborasi yang efektif, dan keterampilan kecakapan hidup. Pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui kegiatan studi eksplorasi pada sistem kehidupan sosial masyarakat, studi komparasi flora dan fauna, penalaran dan pemecahan masalah, kecakapan komunikasi, dan kearifan budaya.

Kegiatan studi eksplorasi dirancang dalam rangka menggali informasi sesuai dengan kebijakan kementerian pendidikan dasar dan kebudayaan pada jenjang pendidikan dasar tentang penguatan pendidikan karakter, mengintegrasikan Higher order thinking skills dalam kurikulum 2013, pokok-pokok kebijakan merdeka belajar melalui assesment kompetensi minimal meliputi literasi, numerisasi dan karakter. Literasi merupakan kemampuan bernalar tentang dan menggunakan bahasa. Numerisasi merupakan kemampuan bernalar menggunakan matematika, dan karakter dengan konteks gotong royong, kebinekaan dan perundungan

Learning Outcomes

Memiliki kompetensi tentang penguatan pendidikan karakter, mengintegrasikan Higher order thinking skills dalam kurikulum 2013. Memiliki kecakapan dalam (1) keterampilan belajar dan inovasi meliputi berpikir kritis, pemecahan masalah dalam komunikasi dan kreativitas serta kolaboratif dan inovatif, (2) keahlian literasi digital meliputi literasi media baru dan literasi ICT, (3) kecakapan hidup

References

Sukamto, Ervina, Veryliana, Riris S, S., Sulianto, J., Cahyadi, F, & Mushafanah, Q. 2020. Panduan Studi Eksplorasi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas PGRI Semarang.


Details ...
Course Descriptions

Studi eksplorasi merupakan mata kuliah yang memuat kompetensi dalam inovasi pembelajaran, komunikasi dan kolaborasi yang efektif, dan keterampilan kecakapan hidup. Pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui kegiatan studi eksplorasi pada sistem kehidupan sosial masyarakat, studi komparasi flora dan fauna, penalaran dan pemecahan masalah, kecakapan komunikasi, dan kearifan budaya.

Kegiatan studi eksplorasi dirancang dalam rangka menggali informasi sesuai dengan kebijakan kementerian pendidikan dasar dan kebudayaan pada jenjang pendidikan dasar tentang penguatan pendidikan karakter, mengintegrasikan Higher order thinking skills dalam kurikulum 2013, pokok-pokok kebijakan merdeka belajar melalui assesment kompetensi minimal meliputi literasi, numerisasi dan karakter. Literasi merupakan kemampuan bernalar tentang dan menggunakan bahasa. Numerisasi merupakan kemampuan bernalar menggunakan matematika, dan karakter dengan konteks gotong royong, kebinekaan dan perundungan

Learning Outcomes

Memiliki kompetensi tentang penguatan pendidikan karakter, mengintegrasikan Higher order thinking skills dalam kurikulum 2013. Memiliki kecakapan dalam (1) keterampilan belajar dan inovasi meliputi berpikir kritis, pemecahan masalah dalam komunikasi dan kreativitas serta kolaboratif dan inovatif, (2) keahlian literasi digital meliputi literasi media baru dan literasi ICT, (3) kecakapan hidup

References

Sukamto, Ervina, Veryliana, Riris S, S., Sulianto, J., Cahyadi, F, & Mushafanah, Q. 2020. Panduan Studi Eksplorasi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas PGRI Semarang.


Details ...
Course Descriptions

Studi eksplorasi merupakan mata kuliah yang memuat kompetensi dalam inovasi pembelajaran, komunikasi dan kolaborasi yang efektif, dan keterampilan kecakapan hidup. Pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui kegiatan studi eksplorasi pada sistem kehidupan sosial masyarakat, studi komparasi flora dan fauna, penalaran dan pemecahan masalah, kecakapan komunikasi, dan kearifan budaya.

Kegiatan studi eksplorasi dirancang dalam rangka menggali informasi sesuai dengan kebijakan kementerian pendidikan dasar dan kebudayaan pada jenjang pendidikan dasar tentang penguatan pendidikan karakter, mengintegrasikan Higher order thinking skills dalam kurikulum 2013, pokok-pokok kebijakan merdeka belajar melalui assesment kompetensi minimal meliputi literasi, numerisasi dan karakter. Literasi merupakan kemampuan bernalar tentang dan menggunakan bahasa. Numerisasi merupakan kemampuan bernalar menggunakan matematika, dan karakter dengan konteks gotong royong, kebinekaan dan perundungan

Learning Outcomes

Memiliki kompetensi tentang penguatan pendidikan karakter, mengintegrasikan Higher order thinking skills dalam kurikulum 2013. Memiliki kecakapan dalam (1) keterampilan belajar dan inovasi meliputi berpikir kritis, pemecahan masalah dalam komunikasi dan kreativitas serta kolaboratif dan inovatif, (2) keahlian literasi digital meliputi literasi media baru dan literasi ICT, (3) kecakapan hidup

References

Sukamto, Ervina, Veryliana, Riris S, S., Sulianto, J., Cahyadi, F, & Mushafanah, Q. 2020. Panduan Studi Eksplorasi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas PGRI Semarang.


Details ...
Course Descriptions

Studi eksplorasi merupakan mata kuliah yang memuat kompetensi dalam inovasi pembelajaran, komunikasi dan kolaborasi yang efektif, dan keterampilan kecakapan hidup. Pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui kegiatan studi eksplorasi pada sistem kehidupan sosial masyarakat, studi komparasi flora dan fauna, penalaran dan pemecahan masalah, kecakapan komunikasi, dan kearifan budaya.

Kegiatan studi eksplorasi dirancang dalam rangka menggali informasi sesuai dengan kebijakan kementerian pendidikan dasar dan kebudayaan pada jenjang pendidikan dasar tentang penguatan pendidikan karakter, mengintegrasikan Higher order thinking skills dalam kurikulum 2013, pokok-pokok kebijakan merdeka belajar melalui assesment kompetensi minimal meliputi literasi, numerisasi dan karakter. Literasi merupakan kemampuan bernalar tentang dan menggunakan bahasa. Numerisasi merupakan kemampuan bernalar menggunakan matematika, dan karakter dengan konteks gotong royong, kebinekaan dan perundungan

Learning Outcomes

Memiliki kompetensi tentang penguatan pendidikan karakter, mengintegrasikan Higher order thinking skills dalam kurikulum 2013. Memiliki kecakapan dalam (1) keterampilan belajar dan inovasi meliputi berpikir kritis, pemecahan masalah dalam komunikasi dan kreativitas serta kolaboratif dan inovatif, (2) keahlian literasi digital meliputi literasi media baru dan literasi ICT, (3) kecakapan hidup

References

Sukamto, Ervina, Veryliana, Riris S, S., Sulianto, J., Cahyadi, F, & Mushafanah, Q. 2020. Panduan Studi Eksplorasi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas PGRI Semarang.


Details ...
Course Descriptions

Studi eksplorasi merupakan mata kuliah yang memuat kompetensi dalam inovasi pembelajaran, komunikasi dan kolaborasi yang efektif, dan keterampilan kecakapan hidup. Pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui kegiatan studi eksplorasi pada sistem kehidupan sosial masyarakat, studi komparasi flora dan fauna, penalaran dan pemecahan masalah, kecakapan komunikasi, dan kearifan budaya.

Kegiatan studi eksplorasi dirancang dalam rangka menggali informasi sesuai dengan kebijakan kementerian pendidikan dasar dan kebudayaan pada jenjang pendidikan dasar tentang penguatan pendidikan karakter, mengintegrasikan Higher order thinking skills dalam kurikulum 2013, pokok-pokok kebijakan merdeka belajar melalui assesment kompetensi minimal meliputi literasi, numerisasi dan karakter. Literasi merupakan kemampuan bernalar tentang dan menggunakan bahasa. Numerisasi merupakan kemampuan bernalar menggunakan matematika, dan karakter dengan konteks gotong royong, kebinekaan dan perundungan

Learning Outcomes

Memiliki kompetensi tentang penguatan pendidikan karakter, mengintegrasikan Higher order thinking skills dalam kurikulum 2013. Memiliki kecakapan dalam (1) keterampilan belajar dan inovasi meliputi berpikir kritis, pemecahan masalah dalam komunikasi dan kreativitas serta kolaboratif dan inovatif, (2) keahlian literasi digital meliputi literasi media baru dan literasi ICT, (3) kecakapan hidup

References

Sukamto, Ervina, Veryliana, Riris S, S., Sulianto, J., Cahyadi, F, & Mushafanah, Q. 2020. Panduan Studi Eksplorasi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas PGRI Semarang.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Studi Eksplorasi ini diharapkan dapat membekali mahasiswa memiliki pemahaman yang komprehensif tentang kesenian dan kebudayaan di Indonesia. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa juga memiliki sikap menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; selain sikap mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan khusus mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan mempublikasikan berbagai kegiatan budaya dan seni.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa dapat melaksanakan dan menghasilkan bahan ajar berbasis kesenian dan kebudayaan Indonesia.
  2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan materi-materi pembelajaan sekolah dasar.
  3. Mahasiswa mampu merefleksikan pembelajaran di sekolah yang berbasis  nilai-nilai edukasi dengan kearifan lokal.

References

Buku Panduan Studi Eksplorasi PGSD UPGRIS 2019


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Studi Eksplorasi ini diharapkan dapat membekali mahasiswa memiliki pemahaman yang komprehensif tentang kesenian dan kebudayaan di Indonesia. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa juga memiliki sikap menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; selain sikap mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan khusus mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan mempublikasikan berbagai kegiatan budaya dan seni.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa dapat melaksanakan dan menghasilkan bahan ajar berbasis kesenian dan kebudayaan Indonesia.
  2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan materi-materi pembelajaan sekolah dasar.
  3. Mahasiswa mampu merefleksikan pembelajaran di sekolah yang berbasis  nilai-nilai edukasi dengan kearifan lokal.

References

Buku Panduan Studi Eksplorasi PGSD UPGRIS 2019


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Studi Eksplorasi ini diharapkan dapat membekali mahasiswa memiliki pemahaman yang komprehensif tentang kesenian dan kebudayaan di Indonesia. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa juga memiliki sikap menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; selain sikap mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan khusus mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan mempublikasikan berbagai kegiatan budaya dan seni.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa dapat melaksanakan dan menghasilkan bahan ajar berbasis kesenian dan kebudayaan Indonesia.
  2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan materi-materi pembelajaan sekolah dasar.
  3. Mahasiswa mampu merefleksikan pembelajaran di sekolah yang berbasis  nilai-nilai edukasi dengan kearifan lokal.

References

Buku Panduan Studi Eksplorasi PGSD UPGRIS 2019


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Studi Eksplorasi ini diharapkan dapat membekali mahasiswa memiliki pemahaman yang komprehensif tentang kesenian dan kebudayaan di Indonesia. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa juga memiliki sikap menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; selain sikap mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan khusus mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan mempublikasikan berbagai kegiatan budaya dan seni.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa dapat melaksanakan dan menghasilkan bahan ajar berbasis kesenian dan kebudayaan Indonesia.
  2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan materi-materi pembelajaan sekolah dasar.
  3. Mahasiswa mampu merefleksikan pembelajaran di sekolah yang berbasis  nilai-nilai edukasi dengan kearifan lokal.

References

Buku Panduan Studi Eksplorasi PGSD UPGRIS 2019


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Studi Eksplorasi ini diharapkan dapat membekali mahasiswa memiliki pemahaman yang komprehensif tentang kesenian dan kebudayaan di Indonesia. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa juga memiliki sikap menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; selain sikap mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan khusus mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan mempublikasikan berbagai kegiatan budaya dan seni.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa dapat melaksanakan dan menghasilkan bahan ajar berbasis kesenian dan kebudayaan Indonesia.
  2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan materi-materi pembelajaan sekolah dasar.
  3. Mahasiswa mampu merefleksikan pembelajaran di sekolah yang berbasis  nilai-nilai edukasi dengan kearifan lokal.

References

Buku Panduan Studi Eksplorasi PGSD UPGRIS 2019


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Studi Eksplorasi ini diharapkan dapat membekali mahasiswa memiliki pemahaman yang komprehensif tentang kesenian dan kebudayaan di Indonesia. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa juga memiliki sikap menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; selain sikap mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan khusus mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan mempublikasikan berbagai kegiatan budaya dan seni.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa dapat melaksanakan dan menghasilkan bahan ajar berbasis kesenian dan kebudayaan Indonesia.
  2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan materi-materi pembelajaan sekolah dasar.
  3. Mahasiswa mampu merefleksikan pembelajaran di sekolah yang berbasis  nilai-nilai edukasi dengan kearifan lokal.

References

Buku Panduan Studi Eksplorasi PGSD UPGRIS 2019


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Studi Eksplorasi ini diharapkan dapat membekali mahasiswa memiliki pemahaman yang komprehensif tentang kesenian dan kebudayaan di Indonesia. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa juga memiliki sikap menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; selain sikap mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan khusus mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan mempublikasikan berbagai kegiatan budaya dan seni.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa dapat melaksanakan dan menghasilkan bahan ajar berbasis kesenian dan kebudayaan Indonesia.
  2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan materi-materi pembelajaan sekolah dasar.
  3. Mahasiswa mampu merefleksikan pembelajaran di sekolah yang berbasis  nilai-nilai edukasi dengan kearifan lokal.

References

Buku Panduan Studi Eksplorasi PGSD UPGRIS 2019


Details ...