Bimbingan Konseling, Curriculum : 2015


Courser in EnglishGUIDANCE AND COUNSELING
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS24 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; dan pelaksanaan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang diembannya nanti.

Learning Outcomes

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; memahami konsep pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, serta landasan Ilmu dan teknologi; memahami strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; memahami peran dan fungsi sebagai guru mata pelajaran (memahami pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling); serta mampu melaksanakan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang akan diembannya.

References

Prof. Dr. Achmad Juntika Nurihsan, M.Pd. (2017) Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; dan pelaksanaan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang diembannya nanti.

Learning Outcomes

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; memahami konsep pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, serta landasan Ilmu dan teknologi; memahami strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; memahami peran dan fungsi sebagai guru mata pelajaran (memahami pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling); serta mampu melaksanakan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang akan diembannya.

References

Prof. Dr. Achmad Juntika Nurihsan, M.Pd. (2017) Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; dan pelaksanaan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang diembannya nanti.

Learning Outcomes

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; memahami konsep pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, serta landasan Ilmu dan teknologi; memahami strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; memahami peran dan fungsi sebagai guru mata pelajaran (memahami pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling); serta mampu melaksanakan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang akan diembannya.

References

Prof. Dr. Achmad Juntika Nurihsan, M.Pd. (2017) Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan mengenai pengertian, tujuan, konsep dasar Bimbingan dan Konseling sebagai dasar dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.

Keterampilan Umum

  1. Mengetahui pentingnya Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Konsep Dasar Bimbigan dan Konseling
  3. Penguasaan Pengetahuan
  4. Memahami Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) disekolah dengan sabagaimana mestinya

Keterampilan Khusus

  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling
  2. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling

References

  1. Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press
  2. Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Sumber lain yang relefan


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; dan pelaksanaan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang diembannya nanti;

 

Learning Outcomes

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; memahami konsep pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, serta landasan Ilmu dan teknologi; memahami strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; memahami peran dan fungsi sebagai guru mata pelajaran (memahami pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling); serta mampu melaksanakan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang akan diembannya;

 

References

Ahmad Juntika Nurihsan. 2003. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung : Mutiara

----------, 2005. Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Mutiara

---------, 2006, Bimbingan dan Konseling dalam Berbadai Latar Kehidupan, Bandung: Refika Aditama

Abin Syamsuddin Makmun. 2005. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosdakarya.

Blocher, Donald H. 1987, The Profesional Counselor, New York: Macmillan Publishing Company, Inc.

----------, 1974, Developmental Counseling, New York: John Willey ans Sons

Depdiknas, 2008, Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal, Bandung: Jurusan PPB FIP UPI

Dinkmayer, Don, and Caldwell Edison. 1970. Developmental Counseling and Guidance ; A Comprehensive School Approach. USA : McGrawhill.

Muhamad Surya, 1987, Dadar-dasar Bimbingan dan Penyuluhan, Jakarta: P2LPTK, Dirjen Dikti

Muro, J James and Kotman, Ferry. 1995. Guidance and Counseling in Elementary School and Middle School. USA : McGraw-hill.

Nana Syaodih Sukmadinata, 2007, Bimbingan dan Konseling dalam Praktek, Bandung: Maestro


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; dan pelaksanaan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang diembannya nanti;

 

Learning Outcomes

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; memahami konsep pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, serta landasan Ilmu dan teknologi; memahami strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; memahami peran dan fungsi sebagai guru mata pelajaran (memahami pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling); serta mampu melaksanakan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang akan diembannya;

 

References

Ahmad Juntika Nurihsan. 2003. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung : Mutiara

----------, 2005. Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Mutiara

---------, 2006, Bimbingan dan Konseling dalam Berbadai Latar Kehidupan, Bandung: Refika Aditama

Abin Syamsuddin Makmun. 2005. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosdakarya.

Blocher, Donald H. 1987, The Profesional Counselor, New York: Macmillan Publishing Company, Inc.

----------, 1974, Developmental Counseling, New York: John Willey ans Sons

Depdiknas, 2008, Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal, Bandung: Jurusan PPB FIP UPI

Dinkmayer, Don, and Caldwell Edison. 1970. Developmental Counseling and Guidance ; A Comprehensive School Approach. USA : McGrawhill.

Muhamad Surya, 1987, Dadar-dasar Bimbingan dan Penyuluhan, Jakarta: P2LPTK, Dirjen Dikti

Muro, J James and Kotman, Ferry. 1995. Guidance and Counseling in Elementary School and Middle School. USA : McGraw-hill.

Nana Syaodih Sukmadinata, 2007, Bimbingan dan Konseling dalam Praktek, Bandung: Maestro


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; dan pelaksanaan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang diembannya nanti;

 

Learning Outcomes

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; memahami konsep pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, serta landasan Ilmu dan teknologi; memahami strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; memahami peran dan fungsi sebagai guru mata pelajaran (memahami pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling); serta mampu melaksanakan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang akan diembannya;

 

References

Ahmad Juntika Nurihsan. 2003. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung : Mutiara

----------, 2005. Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Mutiara

---------, 2006, Bimbingan dan Konseling dalam Berbadai Latar Kehidupan, Bandung: Refika Aditama

Abin Syamsuddin Makmun. 2005. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosdakarya.

Blocher, Donald H. 1987, The Profesional Counselor, New York: Macmillan Publishing Company, Inc.

----------, 1974, Developmental Counseling, New York: John Willey ans Sons

Depdiknas, 2008, Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal, Bandung: Jurusan PPB FIP UPI

Dinkmayer, Don, and Caldwell Edison. 1970. Developmental Counseling and Guidance ; A Comprehensive School Approach. USA : McGrawhill.

Muhamad Surya, 1987, Dadar-dasar Bimbingan dan Penyuluhan, Jakarta: P2LPTK, Dirjen Dikti

Muro, J James and Kotman, Ferry. 1995. Guidance and Counseling in Elementary School and Middle School. USA : McGraw-hill.

Nana Syaodih Sukmadinata, 2007, Bimbingan dan Konseling dalam Praktek, Bandung: Maestro


Details ...
Course Descriptions

Media bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi pada semester IV. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta strategi pemberian layanan bimbingan dan konseling kepada mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa calon guru, khususnya guru PJKR dalam mengembangkan potensi peserta didik. 

Learning Outcomes

Setelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:

  1. Memiliki pemahaman tentang pentingnya layanan BK dalam setting pendidikan.
  2. Memiliki kemampuan memberikan layanan bimbingan dalam setting pendidikan.
  3. Memiliki strategi pendekatan layanan bimbingan yang tepat dalam setting pendidikan.

References

Mugiarso, Heru. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press.

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel W.S dan Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan.     Yogyakarta: Media Abadi.

ABKIN. 2007. Penataan pendidikan profesional konselor dan layanan bimbingan konseling dalam jalur pendidikan formal. Jakarta: DEPDIKNAS.

Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.

Nursalim. 2005. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Offset MAPAN.

Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.

Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP.

Yusuf Syamsu. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rosda


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Dasar-dasar BK I membahas secara mendalam konsep dasar ,manfaat dan bentuknya pada anak sekolah menengah. Isi pokok mata kulkiah ini meliputi : (1) Apa pentingnya BK (2)Konsep Dasar BK  (3)Kegiatan BK kedalamvisi dan misi(4)Tingkat Keprofesional dan paradigma BK  (5) Fungsi BK (7) Prinsip BK.(8) Bidang Layanan BK(9) Jenis Layanan BK(10) Kegiatan Pendukung BK (11) BK Komprehensip (12) Perencanaan individu dan dukungan sistem(13)Pelayanan BK di sekolah (14) Pelayanan BK diluar sekolah . Dengan mempelajari mata kuliah ini,mahasiswa diharapkanmemahami dan memperoleh wawasan mengenalmm landasan-landasan dalam bimbingan dan konseling bagi siswa sekolah menengah sehingga dimasa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pendidikan pada anak sekolah menengah dengan tepat mampu mengenal lebih jauh memahamidalam membantu peserta didik yang bermasalah dan memiliki arah lebih bersifat pengembangan dengan pendekatan paedagogik,psikologis,dan sosiologis.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Dasar-dasar BK 1  mahasiswa diharapkan  dapat mengembangkan dan memahami Konsep dasar dan paradigma berfikir dalam landasan BK untuk anak sekolah menengah dalam Membahas Konsep dasar dan paradigma berfikir,Bidang :Layanan dan jenis landasan BK,maupun pendukung dan layanan baik di sekolah maupun diluar sekolah

References

Castleden ,J,deaupre,D &Carnegle,S Shool Counselor Proyect Competency based Training and Education System Winipeeg

                  Departemen of employment services and economics Security

Martin, Barbara. (2011). Children At Play. Learning gender in The Early Yaers.British Library. Trentham Books

Prayitno da Erman Amti , Dasar-dasr BK Jakarta : Direktoret Dikti Depdikbud

Syamsu Yusuf, Landasan  Bimbingan dan Konseling di sekolah

Sunaryo Kartadinata : Kerangka kerja BK dan Pendidikan IKIP Bandung

Van Horn, Judith. (2010).Play At The Curriculum. Pearson: Merill Prentice Hall .

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Dasar-dasar BK I membahas secara mendalam konsep dasar ,manfaat dan bentuknya pada anak sekolah menengah. Isi pokok mata kulkiah ini meliputi : (1) Apa pentingnya BK (2)Konsep Dasar BK  (3)Kegiatan BK kedalamvisi dan misi(4)Tingkat Keprofesional dan paradigma BK  (5) Fungsi BK (7) Prinsip BK.(8) Bidang Layanan BK(9) Jenis Layanan BK(10) Kegiatan Pendukung BK (11) BK Komprehensip (12) Perencanaan individu dan dukungan sistem(13)Pelayanan BK di sekolah (14) Pelayanan BK diluar sekolah . Dengan mempelajari mata kuliah ini,mahasiswa diharapkanmemahami dan memperoleh wawasan mengenalmm landasan-landasan dalam bimbingan dan konseling bagi siswa sekolah menengah sehingga dimasa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pendidikan pada anak sekolah menengah dengan tepat mampu mengenal lebih jauh memahamidalam membantu peserta didik yang bermasalah dan memiliki arah lebih bersifat pengembangan dengan pendekatan paedagogik,psikologis,dan sosiologis.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Dasar-dasar BK 1  mahasiswa diharapkan  dapat mengembangkan dan memahami Konsep dasar dan paradigma berfikir dalam landasan BK untuk anak sekolah menengah dalam Membahas Konsep dasar dan paradigma berfikir,Bidang :Layanan dan jenis landasan BK,maupun pendukung dan layanan baik di sekolah maupun diluar sekolah

References

Castleden ,J,deaupre,D &Carnegle,S Shool Counselor Proyect Competency based Training and Education System Winipeeg

                  Departemen of employment services and economics Security

Martin, Barbara. (2011). Children At Play. Learning gender in The Early Yaers.British Library. Trentham Books

Prayitno da Erman Amti , Dasar-dasr BK Jakarta : Direktoret Dikti Depdikbud

Syamsu Yusuf, Landasan  Bimbingan dan Konseling di sekolah

Sunaryo Kartadinata : Kerangka kerja BK dan Pendidikan IKIP Bandung

Van Horn, Judith. (2010).Play At The Curriculum. Pearson: Merill Prentice Hall .

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Dasar-dasar BK I membahas secara mendalam konsep dasar ,manfaat dan bentuknya pada anak sekolah menengah. Isi pokok mata kulkiah ini meliputi : (1) Apa pentingnya BK (2)Konsep Dasar BK (3)Kegiatan BK kedalamvisi dan misi(4)Tingkat Keprofesional dan paradigma BK (5) Fungsi BK (7) Prinsip BK.(8) Bidang Layanan BK(9) Jenis Layanan BK(10) Kegiatan Pendukung BK (11) BK Komprehensip (12) Perencanaan individu dan dukungan sistem(13)Pelayanan BK di sekolah (14) Pelayanan BK diluar sekolah . Dengan mempelajari mata kuliah ini,mahasiswa diharapkanmemahami dan memperoleh wawasan mengenalmm landasan-landasan dalam bimbingan dan konseling bagi siswa sekolah menengah sehingga dimasa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pendidikan pada anak sekolah menengah dengan tepat mampu mengenal lebih jauh memahamidalam membantu peserta didik yang bermasalah dan memiliki arah lebih bersifat pengembangan dengan pendekatan paedagogik,psikologis,dan sosiologis.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Dasar-dasar BK 1 mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan dan memahami Konsep dasar dan paradigma berfikir dalam landasan BK untuk anak sekolah menengah dalam Membahas Konsep dasar dan paradigma berfikir,Bidang :Layanan dan jenis landasan BK,maupun pendukung dan layanan baik di sekolah maupun diluar sekolah

References

Castleden ,J,deaupre,D &Carnegle,S Shool Counselor Proyect Competency based Training and Education System Winipeeg Departemen of employment services and economics Security Martin, Barbara. (2011).

Children At Play. Learning gender in The Early Yaers.British Library. Trentham Books Prayitno da Erman Amti ,

Dasar-dasr BK Jakarta : Direktoret Dikti Depdikbud Syamsu Yusuf, Landasan Bimbingan dan Konseling di sekolah Sunaryo Kartadinata : Kerangka kerja BK dan Pendidikan IKIP Bandung Van Horn, Judith. (2010).

Play At The Curriculum. Pearson: Merill Prentice Hall .


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Dasar-dasar BK I membahas secara mendalam konsep dasar ,manfaat dan bentuknya pada anak sekolah menengah. Isi pokok mata kulkiah ini meliputi : (1) Apa pentingnya BK (2)Konsep Dasar BK (3)Kegiatan BK kedalamvisi dan misi(4)Tingkat Keprofesional dan paradigma BK (5) Fungsi BK (7) Prinsip BK.(8) Bidang Layanan BK(9) Jenis Layanan BK(10) Kegiatan Pendukung BK (11) BK Komprehensip (12) Perencanaan individu dan dukungan sistem(13)Pelayanan BK di sekolah (14) Pelayanan BK diluar sekolah . Dengan mempelajari mata kuliah ini,mahasiswa diharapkanmemahami dan memperoleh wawasan mengenalmm landasan-landasan dalam bimbingan dan konseling bagi siswa sekolah menengah sehingga dimasa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pendidikan pada anak sekolah menengah dengan tepat mampu mengenal lebih jauh memahamidalam membantu peserta didik yang bermasalah dan memiliki arah lebih bersifat pengembangan dengan pendekatan paedagogik,psikologis,dan sosiologis.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Dasar-dasar BK 1 mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan dan memahami Konsep dasar dan paradigma berfikir dalam landasan BK untuk anak sekolah menengah dalam Membahas Konsep dasar dan paradigma berfikir,Bidang :Layanan dan jenis landasan BK,maupun pendukung dan layanan baik di sekolah maupun diluar sekolah

References

Castleden ,J,deaupre,D &Carnegle,S Shool Counselor Proyect Competency based Training and Education System Winipeeg Departemen of employment services and economics Security Martin, Barbara. (2011).

Children At Play. Learning gender in The Early Yaers.British Library. Trentham Books Prayitno da Erman Amti ,

Dasar-dasr BK Jakarta : Direktoret Dikti Depdikbud Syamsu Yusuf, Landasan Bimbingan dan Konseling di sekolah Sunaryo Kartadinata : Kerangka kerja BK dan Pendidikan IKIP Bandung Van Horn, Judith. (2010).

Play At The Curriculum. Pearson: Merill Prentice Hall .


Details ...