Courser in English | GUIDANCE AND COUNSELING |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 24 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan mata kuliah yang bertujuan membekali mahasiswa khususnya pada program studi kependidikan agar memiliki pemahaman dan keterampilan dalam memberikan pelayanan bimbingan kepada para siswa di sekolah. Tugas seorang guru tidak hanya memberikan materi pembelajaran saja, namun juga harus mampu mendidik. Bertolak dari ini, maka secara khusus mata kuliah BK membahas topik-topik; pentingnya BK di sekolah, makna dan posisi serta urgensi BK dalam praktek pendidikan, konsep dasar BK, komponen layanan BK, pengorganisasian BK, teknik-teknik dasar pemahaman individu, masalah-masalah siswa di sekolah serta pendekatan umum dalam BK, pembelajaran berbasis bimbingan, konsep dasar diagnostik kesulitan belajar dan pengajaran remidial, dan langkah-langkah operasional diagnostik dan remidial kesulitan belajar.
Learning OutcomesCapaian pembelajaran yang diharapkan;
1. Memiliki pemahaman tentang aplikasi BK dalam proses pengajaran dan pendidikan di sekolah.
2. Menunjukkan sikap/ profil seorang calon guru yang mampu mengajar dan membimbing.
3. Terampil dalam teknik pemahaman individu.
ReferencesBuku-buku atau artikel ilmiah dengan tema; konsep dasar BK, Bimbingan dan Konseling, Pemahaman Individu, Mengenali kesulitan belajar siswa.
Details ...
Mata kuliah Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan mata kuliah yang bertujuan membekali mahasiswa khususnya pada program studi kependidikan agar memiliki pemahaman dan keterampilan dalam memberikan pelayanan bimbingan kepada para siswa di sekolah. Tugas seorang guru tidak hanya memberikan materi pembelajaran saja, namun juga harus mampu mendidik. Bertolak dari ini, maka secara khusus mata kuliah BK membahas topik-topik; pentingnya BK di sekolah, makna dan posisi serta urgensi BK dalam praktek pendidikan, konsep dasar BK, komponen layanan BK, pengorganisasian BK, teknik-teknik dasar pemahaman individu, masalah-masalah siswa di sekolah serta pendekatan umum dalam BK, pembelajaran berbasis bimbingan, konsep dasar diagnostik kesulitan belajar dan pengajaran remidial, dan langkah-langkah operasional diagnostik dan remidial kesulitan belajar.
Learning OutcomesCapaian pembelajaran yang diharapkan;
1. Memiliki pemahaman tentang aplikasi BK dalam proses pengajaran dan pendidikan di sekolah.
2. Menunjukkan sikap/ profil seorang calon guru yang mampu mengajar dan membimbing.
3. Terampil dalam teknik pemahaman individu.
ReferencesBuku-buku atau artikel ilmiah dengan tema; konsep dasar BK, Bimbingan dan Konseling, Pemahaman Individu, Mengenali kesulitan belajar siswa.
Details ...
Mata kuliah Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan mata kuliah yang bertujuan membekali mahasiswa khususnya pada program studi kependidikan agar memiliki pemahaman dan keterampilan dalam memberikan pelayanan bimbingan kepada para siswa di sekolah. Tugas seorang guru tidak hanya memberikan materi pembelajaran saja, namun juga harus mampu mendidik. Bertolak dari ini, maka secara khusus mata kuliah BK membahas topik-topik; pentingnya BK di sekolah, makna dan posisi serta urgensi BK dalam praktek pendidikan, konsep dasar BK, komponen layanan BK, pengorganisasian BK, teknik-teknik dasar pemahaman individu, masalah-masalah siswa di sekolah serta pendekatan umum dalam BK, pembelajaran berbasis bimbingan, konsep dasar diagnostik kesulitan belajar dan pengajaran remidial, dan langkah-langkah operasional diagnostik dan remidial kesulitan belajar.
Learning OutcomesCapaian pembelajaran yang diharapkan;
1. Memiliki pemahaman tentang aplikasi BK dalam proses pengajaran dan pendidikan di sekolah.
2. Menunjukkan sikap/ profil seorang calon guru yang mampu mengajar dan membimbing.
3. Terampil dalam teknik pemahaman individu.
ReferencesBuku-buku atau artikel ilmiah dengan tema; konsep dasar BK, Bimbingan dan Konseling, Pemahaman Individu, Mengenali kesulitan belajar siswa.
Details ...
Mata kuliah Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan mata kuliah yang bertujuan membekali mahasiswa khususnya pada program studi kependidikan agar memiliki pemahaman dan keterampilan dalam memberikan pelayanan bimbingan kepada para siswa di sekolah. Tugas seorang guru tidak hanya memberikan materi pembelajaran saja, namun juga harus mampu mendidik. Bertolak dari ini, maka secara khusus mata kuliah BK membahas topik-topik; pentingnya BK di sekolah, makna dan posisi serta urgensi BK dalam praktek pendidikan, konsep dasar BK, komponen layanan BK, pengorganisasian BK, teknik-teknik dasar pemahaman individu, masalah-masalah siswa di sekolah serta pendekatan umum dalam BK, pembelajaran berbasis bimbingan, konsep dasar diagnostik kesulitan belajar dan pengajaran remidial, dan langkah-langkah operasional diagnostik dan remidial kesulitan belajar.
Learning OutcomesCapaian pembelajaran yang diharapkan;
1. Memiliki pemahaman tentang aplikasi BK dalam proses pengajaran dan pendidikan di sekolah.
2. Menunjukkan sikap/ profil seorang calon guru yang mampu mengajar dan membimbing.
3. Terampil dalam teknik pemahaman individu.
ReferencesBuku-buku atau artikel ilmiah dengan tema; konsep dasar BK, Bimbingan dan Konseling, Pemahaman Individu, Mengenali kesulitan belajar siswa.
Details ...
Mata kuliah Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan mata kuliah yang bertujuan membekali mahasiswa khususnya pada program studi kependidikan agar memiliki pemahaman dan keterampilan dalam memberikan pelayanan bimbingan kepada para siswa di sekolah. Tugas seorang guru tidak hanya memberikan materi pembelajaran saja, namun juga harus mampu mendidik. Bertolak dari ini, maka secara khusus mata kuliah BK membahas topik-topik; pentingnya BK di sekolah, makna dan posisi serta urgensi BK dalam praktek pendidikan, konsep dasar BK, komponen layanan BK, pengorganisasian BK, teknik-teknik dasar pemahaman individu, masalah-masalah siswa di sekolah serta pendekatan umum dalam BK, pembelajaran berbasis bimbingan, konsep dasar diagnostik kesulitan belajar dan pengajaran remidial, dan langkah-langkah operasional diagnostik dan remidial kesulitan belajar.
Learning OutcomesCapaian pembelajaran yang diharapkan;
1. Memiliki pemahaman tentang aplikasi BK dalam proses pengajaran dan pendidikan di sekolah.
2. Menunjukkan sikap/ profil seorang calon guru yang mampu mengajar dan membimbing.
3. Terampil dalam teknik pemahaman individu.
ReferencesBuku-buku atau artikel ilmiah dengan tema; konsep dasar BK, Bimbingan dan Konseling, Pemahaman Individu, Mengenali kesulitan belajar siswa.
Details ...
Mata kuliah Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan mata kuliah yang bertujuan membekali mahasiswa khususnya pada program studi kependidikan agar memiliki pemahaman dan keterampilan dalam memberikan pelayanan bimbingan kepada para siswa di sekolah. Tugas seorang guru tidak hanya memberikan materi pembelajaran saja, namun juga harus mampu mendidik. Bertolak dari ini, maka secara khusus mata kuliah BK membahas topik-topik; pentingnya BK di sekolah, makna dan posisi serta urgensi BK dalam praktek pendidikan, konsep dasar BK, komponen layanan BK, pengorganisasian BK, teknik-teknik dasar pemahaman individu, masalah-masalah siswa di sekolah serta pendekatan umum dalam BK, pembelajaran berbasis bimbingan, konsep dasar diagnostik kesulitan belajar dan pengajaran remidial, dan langkah-langkah operasional diagnostik dan remidial kesulitan belajar.
Learning OutcomesCapaian pembelajaran yang diharapkan;
1. Memiliki pemahaman tentang aplikasi BK dalam proses pengajaran dan pendidikan di sekolah.
2. Menunjukkan sikap/ profil seorang calon guru yang mampu mengajar dan membimbing.
3. Terampil dalam teknik pemahaman individu.
ReferencesBuku-buku atau artikel ilmiah dengan tema; konsep dasar BK, Bimbingan dan Konseling, Pemahaman Individu, Mengenali kesulitan belajar siswa.
Details ...
Mata kuliah Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan mata kuliah yang bertujuan membekali mahasiswa khususnya pada program studi kependidikan agar memiliki pemahaman dan keterampilan dalam memberikan pelayanan bimbingan kepada para siswa di sekolah. Tugas seorang guru tidak hanya memberikan materi pembelajaran saja, namun juga harus mampu mendidik. Bertolak dari ini, maka secara khusus mata kuliah BK membahas topik-topik; pentingnya BK di sekolah, makna dan posisi serta urgensi BK dalam praktek pendidikan, konsep dasar BK, komponen layanan BK, pengorganisasian BK, teknik-teknik dasar pemahaman individu, masalah-masalah siswa di sekolah serta pendekatan umum dalam BK, pembelajaran berbasis bimbingan, konsep dasar diagnostik kesulitan belajar dan pengajaran remidial, dan langkah-langkah operasional diagnostik dan remidial kesulitan belajar.
Learning OutcomesCapaian pembelajaran yang diharapkan;
1. Memiliki pemahaman tentang aplikasi BK dalam proses pengajaran dan pendidikan di sekolah.
2. Menunjukkan sikap/ profil seorang calon guru yang mampu mengajar dan membimbing.
3. Terampil dalam teknik pemahaman individu.
ReferencesBuku-buku atau artikel ilmiah dengan tema; konsep dasar BK, Bimbingan dan Konseling, Pemahaman Individu, Mengenali kesulitan belajar siswa.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; dan pelaksanaan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang diembannya nanti;
Learning OutcomesSelesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; memahami konsep pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, serta landasan Ilmu dan teknologi; memahami strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; memahami peran dan fungsi sebagai guru mata pelajaran (memahami pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling); serta mampu melaksanakan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang akan diembannya;
References-
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; dan pelaksanaan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang diembannya nanti;
Learning OutcomesSelesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; memahami konsep pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, serta landasan Ilmu dan teknologi; memahami strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; memahami peran dan fungsi sebagai guru mata pelajaran (memahami pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling); serta mampu melaksanakan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang akan diembannya;
References-
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; dan pelaksanaan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang diembannya nanti;
Learning OutcomesSelesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; memahami konsep pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, serta landasan Ilmu dan teknologi; memahami strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; memahami peran dan fungsi sebagai guru mata pelajaran (memahami pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling); serta mampu melaksanakan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang akan diembannya;
References-
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; dan pelaksanaan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang diembannya nanti;
Learning OutcomesSelesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; memahami konsep pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, serta landasan Ilmu dan teknologi; memahami strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; memahami peran dan fungsi sebagai guru mata pelajaran (memahami pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling); serta mampu melaksanakan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang akan diembannya;
References-
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; dan pelaksanaan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang diembannya nanti.
Learning OutcomesSelesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; memahami konsep pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, landasan pedagogis, serta landasan Ilmu dan teknologi; memahami strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik; memahami peran dan fungsi sebagai guru mata pelajaran (memahami pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling); serta mampu melaksanakan diagnostik dan remedial teaching dalam mata pelajaran yang akan diembannya.
ReferencesProf. Dr. Achmad Juntika Nurihsan, M.Pd. (2017) Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling
Details ...