Pembelajaran Matematika SD, Curriculum : 2020


Courser in EnglishELEMENTARY SCHOOL MATHEMATICS LEARNING
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang pemahaman pembelajaran matematika di SD dan bagaimana melaksanakan pembelajaran matematika di SD sesuai dengan kurikulum dan teori belajar yang berlaku, serta sesuai dengan karakteristik siswa SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Matematika SD, mahasiswa mampu:

  1. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik pembelajaran Matematika di sekolah dasar serta perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi, membuat koneksi interdisiplin berdasar konsep-konsep matematika, dan melaksanakan Pembelajaran matematika untuk siswa SD dengan kepribadian yang baik serta memiliki moral dan etika sebagai pendidik.
  2. Dapat menyusun desain dan perangkat pembelajaran matematika untuk diterapkan di kelas siswa sekolah dasar menggunakan model pembelajaran, pendekatan, strategi, metode Pembelajaran serta teknik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, teori belajar dan karakteristik siswa SD.
  3. Memiliki kemampuan melaksanakan Pembelajaran berdasar deain yang telah direncanakan menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang tepat dan mampu berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, serta evaluator di kelas dengan mengembangkan kompetensi kemampuan matematis siswa yang terdiri dari penalaran, komunikasi matematis, serta kemampuan pemecahan masalah matematika.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang pemahaman pembelajaran matematika di SD dan bagaimana melaksanakan pembelajaran matematika di SD sesuai dengan kurikulum dan teori belajar yang berlaku, serta sesuai dengan karakteristik siswa SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Matematika SD, mahasiswa mampu:

  1. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik pembelajaran Matematika di sekolah dasar serta perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi, membuat koneksi interdisiplin berdasar konsep-konsep matematika, dan melaksanakan Pembelajaran matematika untuk siswa SD dengan kepribadian yang baik serta memiliki moral dan etika sebagai pendidik.
  2. Dapat menyusun desain dan perangkat pembelajaran matematika untuk diterapkan di kelas siswa sekolah dasar menggunakan model pembelajaran, pendekatan, strategi, metode Pembelajaran serta teknik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, teori belajar dan karakteristik siswa SD.
  3. Memiliki kemampuan melaksanakan Pembelajaran berdasar deain yang telah direncanakan menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang tepat dan mampu berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, serta evaluator di kelas dengan mengembangkan kompetensi kemampuan matematis siswa yang terdiri dari penalaran, komunikasi matematis, serta kemampuan pemecahan masalah matematika.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang pemahaman pembelajaran matematika di SD dan bagaimana melaksanakan pembelajaran matematika di SD sesuai dengan kurikulum dan teori belajar yang berlaku, serta sesuai dengan karakteristik siswa SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Matematika SD, mahasiswa mampu:

  1. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik pembelajaran Matematika di sekolah dasar serta perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi, membuat koneksi interdisiplin berdasar konsep-konsep matematika, dan melaksanakan Pembelajaran matematika untuk siswa SD dengan kepribadian yang baik serta memiliki moral dan etika sebagai pendidik.
  2. Dapat menyusun desain dan perangkat pembelajaran matematika untuk diterapkan di kelas siswa sekolah dasar menggunakan model pembelajaran, pendekatan, strategi, metode Pembelajaran serta teknik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, teori belajar dan karakteristik siswa SD.
  3. Memiliki kemampuan melaksanakan Pembelajaran berdasar deain yang telah direncanakan menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang tepat dan mampu berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, serta evaluator di kelas dengan mengembangkan kompetensi kemampuan matematis siswa yang terdiri dari penalaran, komunikasi matematis, serta kemampuan pemecahan masalah matematika.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang pemahaman pembelajaran matematika di SD dan bagaimana melaksanakan pembelajaran matematika di SD sesuai dengan kurikulum dan teori belajar yang berlaku, serta sesuai dengan karakteristik siswa SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Matematika SD, mahasiswa mampu:

  1. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik pembelajaran Matematika di sekolah dasar serta perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi, membuat koneksi interdisiplin berdasar konsep-konsep matematika, dan melaksanakan Pembelajaran matematika untuk siswa SD dengan kepribadian yang baik serta memiliki moral dan etika sebagai pendidik.
  2. Dapat menyusun desain dan perangkat pembelajaran matematika untuk diterapkan di kelas siswa sekolah dasar menggunakan model pembelajaran, pendekatan, strategi, metode Pembelajaran serta teknik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, teori belajar dan karakteristik siswa SD.
  3. Memiliki kemampuan melaksanakan Pembelajaran berdasar deain yang telah direncanakan menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang tepat dan mampu berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, serta evaluator di kelas dengan mengembangkan kompetensi kemampuan matematis siswa yang terdiri dari penalaran, komunikasi matematis, serta kemampuan pemecahan masalah matematika.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang pemahaman pembelajaran matematika di SD dan bagaimana melaksanakan pembelajaran matematika di SD sesuai dengan kurikulum dan teori belajar yang berlaku, serta sesuai dengan karakteristik siswa SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Matematika SD, mahasiswa mampu:

  1. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik pembelajaran Matematika di sekolah dasar serta perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi, membuat koneksi interdisiplin berdasar konsep-konsep matematika, dan melaksanakan Pembelajaran matematika untuk siswa SD dengan kepribadian yang baik serta memiliki moral dan etika sebagai pendidik.
  2. Dapat menyusun desain dan perangkat pembelajaran matematika untuk diterapkan di kelas siswa sekolah dasar menggunakan model pembelajaran, pendekatan, strategi, metode Pembelajaran serta teknik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, teori belajar dan karakteristik siswa SD.
  3. Memiliki kemampuan melaksanakan Pembelajaran berdasar deain yang telah direncanakan menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang tepat dan mampu berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, serta evaluator di kelas dengan mengembangkan kompetensi kemampuan matematis siswa yang terdiri dari penalaran, komunikasi matematis, serta kemampuan pemecahan masalah matematika.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang pemahaman pembelajaran matematika di SD dan bagaimana melaksanakan pembelajaran matematika di SD sesuai dengan kurikulum dan teori belajar yang berlaku, serta sesuai dengan karakteristik siswa SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Matematika SD, mahasiswa mampu:

  1. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik pembelajaran Matematika di sekolah dasar serta perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi, membuat koneksi interdisiplin berdasar konsep-konsep matematika, dan melaksanakan Pembelajaran matematika untuk siswa SD dengan kepribadian yang baik serta memiliki moral dan etika sebagai pendidik.
  2. Dapat menyusun desain dan perangkat pembelajaran matematika untuk diterapkan di kelas siswa sekolah dasar menggunakan model pembelajaran, pendekatan, strategi, metode Pembelajaran serta teknik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, teori belajar dan karakteristik siswa SD.
  3. Memiliki kemampuan melaksanakan Pembelajaran berdasar deain yang telah direncanakan menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang tepat dan mampu berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, serta evaluator di kelas dengan mengembangkan kompetensi kemampuan matematis siswa yang terdiri dari penalaran, komunikasi matematis, serta kemampuan pemecahan masalah matematika.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang pemahaman pembelajaran matematika di SD dan bagaimana melaksanakan pembelajaran matematika di SD sesuai dengan kurikulum dan teori belajar yang berlaku, serta sesuai dengan karakteristik siswa SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Matematika SD, mahasiswa mampu:

  1. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik pembelajaran Matematika di sekolah dasar serta perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi, membuat koneksi interdisiplin berdasar konsep-konsep matematika, dan melaksanakan Pembelajaran matematika untuk siswa SD dengan kepribadian yang baik serta memiliki moral dan etika sebagai pendidik.
  2. Dapat menyusun desain dan perangkat pembelajaran matematika untuk diterapkan di kelas siswa sekolah dasar menggunakan model pembelajaran, pendekatan, strategi, metode Pembelajaran serta teknik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, teori belajar dan karakteristik siswa SD.
  3. Memiliki kemampuan melaksanakan Pembelajaran berdasar deain yang telah direncanakan menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang tepat dan mampu berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, serta evaluator di kelas dengan mengembangkan kompetensi kemampuan matematis siswa yang terdiri dari penalaran, komunikasi matematis, serta kemampuan pemecahan masalah matematika.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang pemahaman pembelajaran matematika di SD dan bagaimana melaksanakan pembelajaran matematika di SD sesuai dengan kurikulum dan teori belajar yang berlaku, serta sesuai dengan karakteristik siswa SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Matematika SD, mahasiswa mampu:

  1. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik pembelajaran Matematika di sekolah dasar serta perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi, membuat koneksi interdisiplin berdasar konsep-konsep matematika, dan melaksanakan Pembelajaran matematika untuk siswa SD dengan kepribadian yang baik serta memiliki moral dan etika sebagai pendidik.
  2. Dapat menyusun desain dan perangkat pembelajaran matematika untuk diterapkan di kelas siswa sekolah dasar menggunakan model pembelajaran, pendekatan, strategi, metode Pembelajaran serta teknik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, teori belajar dan karakteristik siswa SD.
  3. Memiliki kemampuan melaksanakan Pembelajaran berdasar deain yang telah direncanakan menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang tepat dan mampu berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, serta evaluator di kelas dengan mengembangkan kompetensi kemampuan matematis siswa yang terdiri dari penalaran, komunikasi matematis, serta kemampuan pemecahan masalah matematika.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang pemahaman pembelajaran matematika di SD dan bagaimana melaksanakan pembelajaran matematika di SD sesuai dengan kurikulum dan teori belajar yang berlaku, serta sesuai dengan karakteristik siswa SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Matematika SD, mahasiswa mampu:

  1. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik pembelajaran Matematika di sekolah dasar serta perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi, membuat koneksi interdisiplin berdasar konsep-konsep matematika, dan melaksanakan Pembelajaran matematika untuk siswa SD dengan kepribadian yang baik serta memiliki moral dan etika sebagai pendidik.
  2. Dapat menyusun desain dan perangkat pembelajaran matematika untuk diterapkan di kelas siswa sekolah dasar menggunakan model pembelajaran, pendekatan, strategi, metode Pembelajaran serta teknik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, teori belajar dan karakteristik siswa SD.
  3. Memiliki kemampuan melaksanakan Pembelajaran berdasar deain yang telah direncanakan menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang tepat dan mampu berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, serta evaluator di kelas dengan mengembangkan kompetensi kemampuan matematis siswa yang terdiri dari penalaran, komunikasi matematis, serta kemampuan pemecahan masalah matematika.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang pemahaman pembelajaran matematika di SD dan bagaimana melaksanakan pembelajaran matematika di SD sesuai dengan kurikulum dan teori belajar yang berlaku, serta sesuai dengan karakteristik siswa SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Matematika SD, mahasiswa mampu:

  1. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik pembelajaran Matematika di sekolah dasar serta perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi, membuat koneksi interdisiplin berdasar konsep-konsep matematika, dan melaksanakan Pembelajaran matematika untuk siswa SD dengan kepribadian yang baik serta memiliki moral dan etika sebagai pendidik.
  2. Dapat menyusun desain dan perangkat pembelajaran matematika untuk diterapkan di kelas siswa sekolah dasar menggunakan model pembelajaran, pendekatan, strategi, metode Pembelajaran serta teknik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, teori belajar dan karakteristik siswa SD.
  3. Memiliki kemampuan melaksanakan Pembelajaran berdasar deain yang telah direncanakan menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang tepat dan mampu berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, serta evaluator di kelas dengan mengembangkan kompetensi kemampuan matematis siswa yang terdiri dari penalaran, komunikasi matematis, serta kemampuan pemecahan masalah matematika.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang pemahaman pembelajaran matematika di SD dan bagaimana melaksanakan pembelajaran matematika di SD sesuai dengan kurikulum dan teori belajar yang berlaku, serta sesuai dengan karakteristik siswa SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Matematika SD, mahasiswa mampu:

  1. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik pembelajaran Matematika di sekolah dasar serta perkembangannya sehingga mampu mengidentifikasi, membuat koneksi interdisiplin berdasar konsep-konsep matematika, dan melaksanakan Pembelajaran matematika untuk siswa SD dengan kepribadian yang baik serta memiliki moral dan etika sebagai pendidik.
  2. Dapat menyusun desain dan perangkat pembelajaran matematika untuk diterapkan di kelas siswa sekolah dasar menggunakan model pembelajaran, pendekatan, strategi, metode Pembelajaran serta teknik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, teori belajar dan karakteristik siswa SD.
  3. Memiliki kemampuan melaksanakan Pembelajaran berdasar deain yang telah direncanakan menggunakan perangkat pembelajaran matematika yang tepat dan mampu berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, serta evaluator di kelas dengan mengembangkan kompetensi kemampuan matematis siswa yang terdiri dari penalaran, komunikasi matematis, serta kemampuan pemecahan masalah matematika.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD mengkaji tentang kurikulum matematika SD, teori dan model pembelajaran matematika SD,  menyusun perangkat pembelajaran matematika SD dan mensimulasikannya.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

ASPEK SIKAP

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religius.

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta  tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal  orang lain.

6. Taat  hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

8.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

9.  Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS)

     yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.

ASPEK PENGETAHUAN

  1. Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK.
  3. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.
  4. Menguasai konsep dan teknik  evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar.
  5. Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal.
  6. Menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang pendidikan.

KETERAMPILAN UMUM

1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif  dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn)

2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,  tata cara  dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

6. Mampu bertanggung jawab  atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan

8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu  menerapkan   prinsip  dan    teori pendidikan melalui     perancangan   dan pelaksanaan   pembelajaran   di   sekolah dasar.
  2. Mampu    menerapkan    konsep    tentang karakteristik perkembangan  peserta  didik melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
  3. Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.
  4. Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar
  5. Mampu  merancang, melaksanakan, menganalsis dan menindaklanjuti  evaluasi proses dan  hasil  pembelajaran di sekolah dasar.
  6. Mampu  merancang   dan   melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikan.
  7. Mampu menerapkan  layanan bimbingan konseling di sekolah dasar.
  8. Mampu menyelesaikan permasalah dalam bidang Pendidikan SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP dan PJOK) dengan menerapkan IPTEKS dengan memperhatikan kearfian lokal.
  9. Mampu menguasai dan mengembangkan konsep kewirausahaan yang inovatif di bidang pendidikan.

References

Referensi
1 NCTM. 2000. Principles and Standards for Mathematic Schools. National Council of Teacher of mathematics: Reston
2 Dirjen GTK. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Beorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kementerian Pendidikan: Jakarta
3 Dirjen GTK. 2019. Mata Pelajaran Matematika Pembelajaran Bilangan Asli, Cacah dan Bulat. Kementerian Pendidikan: Jakarta
4 https://www.researchgate.net/profile/Mohammad-Maulyda/publication/338819078_Paradigma_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_NCTM/links/5e2bf155299bf152167b3c90/Paradigma-Pembelajaran-Matematika-Berbasis-NCTM.pdf
5 https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf


Details ...