Courser in English | ELEMENTARY SCHOOL MATHEMATICS LEARNING |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD mengkaji tentang kurikulum matematika SD, teori dan model pembelajaran matematika SD, menyusun perangkat pembelajaran matematika SD dan mensimulasikannya. |
Capaian Pembelajaran Lulusan
ASPEK SIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. ASPEK PENGETAHUAN
KETERAMPILAN UMUM 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. KETERAMPILAN KHUSUS
|
Referensi | |
1 | NCTM. 2000. Principles and Standards for Mathematic Schools. National Council of Teacher of mathematics: Reston |
2 | Dirjen GTK. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Beorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
3 | Dirjen GTK. 2019. Mata Pelajaran Matematika Pembelajaran Bilangan Asli, Cacah dan Bulat. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
4 | https://www.researchgate.net/profile/Mohammad-Maulyda/publication/338819078_Paradigma_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_NCTM/links/5e2bf155299bf152167b3c90/Paradigma-Pembelajaran-Matematika-Berbasis-NCTM.pdf |
5 | https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf |
Details ...
Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD mengkaji tentang kurikulum matematika SD, teori dan model pembelajaran matematika SD, menyusun perangkat pembelajaran matematika SD dan mensimulasikannya. |
Capaian Pembelajaran Lulusan
ASPEK SIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. ASPEK PENGETAHUAN
KETERAMPILAN UMUM 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. KETERAMPILAN KHUSUS
|
Referensi | |
1 | NCTM. 2000. Principles and Standards for Mathematic Schools. National Council of Teacher of mathematics: Reston |
2 | Dirjen GTK. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Beorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
3 | Dirjen GTK. 2019. Mata Pelajaran Matematika Pembelajaran Bilangan Asli, Cacah dan Bulat. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
4 | https://www.researchgate.net/profile/Mohammad-Maulyda/publication/338819078_Paradigma_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_NCTM/links/5e2bf155299bf152167b3c90/Paradigma-Pembelajaran-Matematika-Berbasis-NCTM.pdf |
5 | https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf |
Details ...
Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD mengkaji tentang kurikulum matematika SD, teori dan model pembelajaran matematika SD, menyusun perangkat pembelajaran matematika SD dan mensimulasikannya. |
Capaian Pembelajaran Lulusan
ASPEK SIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. ASPEK PENGETAHUAN
KETERAMPILAN UMUM 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. KETERAMPILAN KHUSUS
|
Referensi | |
1 | NCTM. 2000. Principles and Standards for Mathematic Schools. National Council of Teacher of mathematics: Reston |
2 | Dirjen GTK. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Beorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
3 | Dirjen GTK. 2019. Mata Pelajaran Matematika Pembelajaran Bilangan Asli, Cacah dan Bulat. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
4 | https://www.researchgate.net/profile/Mohammad-Maulyda/publication/338819078_Paradigma_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_NCTM/links/5e2bf155299bf152167b3c90/Paradigma-Pembelajaran-Matematika-Berbasis-NCTM.pdf |
5 | https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf |
Details ...
Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD mengkaji tentang kurikulum matematika SD, teori dan model pembelajaran matematika SD, menyusun perangkat pembelajaran matematika SD dan mensimulasikannya. |
Capaian Pembelajaran Lulusan
ASPEK SIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. ASPEK PENGETAHUAN
KETERAMPILAN UMUM 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. KETERAMPILAN KHUSUS
|
Referensi | |
1 | NCTM. 2000. Principles and Standards for Mathematic Schools. National Council of Teacher of mathematics: Reston |
2 | Dirjen GTK. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Beorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
3 | Dirjen GTK. 2019. Mata Pelajaran Matematika Pembelajaran Bilangan Asli, Cacah dan Bulat. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
4 | https://www.researchgate.net/profile/Mohammad-Maulyda/publication/338819078_Paradigma_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_NCTM/links/5e2bf155299bf152167b3c90/Paradigma-Pembelajaran-Matematika-Berbasis-NCTM.pdf |
5 | https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf |
Details ...
Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD mengkaji tentang kurikulum matematika SD, teori dan model pembelajaran matematika SD, menyusun perangkat pembelajaran matematika SD dan mensimulasikannya. |
Capaian Pembelajaran Lulusan
ASPEK SIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. ASPEK PENGETAHUAN
KETERAMPILAN UMUM 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. KETERAMPILAN KHUSUS
|
Referensi | |
1 | NCTM. 2000. Principles and Standards for Mathematic Schools. National Council of Teacher of mathematics: Reston |
2 | Dirjen GTK. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Beorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
3 | Dirjen GTK. 2019. Mata Pelajaran Matematika Pembelajaran Bilangan Asli, Cacah dan Bulat. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
4 | https://www.researchgate.net/profile/Mohammad-Maulyda/publication/338819078_Paradigma_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_NCTM/links/5e2bf155299bf152167b3c90/Paradigma-Pembelajaran-Matematika-Berbasis-NCTM.pdf |
5 | https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf |
Details ...
Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD mengkaji tentang kurikulum matematika SD, teori dan model pembelajaran matematika SD, menyusun perangkat pembelajaran matematika SD dan mensimulasikannya. |
Capaian Pembelajaran Lulusan
ASPEK SIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. ASPEK PENGETAHUAN
KETERAMPILAN UMUM 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. KETERAMPILAN KHUSUS
|
Referensi | |
1 | NCTM. 2000. Principles and Standards for Mathematic Schools. National Council of Teacher of mathematics: Reston |
2 | Dirjen GTK. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Beorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
3 | Dirjen GTK. 2019. Mata Pelajaran Matematika Pembelajaran Bilangan Asli, Cacah dan Bulat. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
4 | https://www.researchgate.net/profile/Mohammad-Maulyda/publication/338819078_Paradigma_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_NCTM/links/5e2bf155299bf152167b3c90/Paradigma-Pembelajaran-Matematika-Berbasis-NCTM.pdf |
5 | https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf |
Details ...
Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD mengkaji tentang kurikulum matematika SD, teori dan model pembelajaran matematika SD, menyusun perangkat pembelajaran matematika SD dan mensimulasikannya. |
Capaian Pembelajaran Lulusan
ASPEK SIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. ASPEK PENGETAHUAN
KETERAMPILAN UMUM 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. KETERAMPILAN KHUSUS
|
Referensi | |
1 | NCTM. 2000. Principles and Standards for Mathematic Schools. National Council of Teacher of mathematics: Reston |
2 | Dirjen GTK. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Beorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
3 | Dirjen GTK. 2019. Mata Pelajaran Matematika Pembelajaran Bilangan Asli, Cacah dan Bulat. Kementerian Pendidikan: Jakarta |
4 | https://www.researchgate.net/profile/Mohammad-Maulyda/publication/338819078_Paradigma_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_NCTM/links/5e2bf155299bf152167b3c90/Paradigma-Pembelajaran-Matematika-Berbasis-NCTM.pdf |
5 | https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf |
Details ...