Courser in English | DEVELOPMENT OF NATURAL SCIRENCES TEACHING CURRICULUM |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap
Learning OutcomesRanah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menerapkan konsep-konsep Biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas.
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
Ranah Pengetahuan:
- Menguasai filosofi, pendekatan, konsep, model, media, dan evaluasi/asesmen untuk mendukung pembelajaran IPA di kelas dan sekolah.
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
Permendikbud No 20-24 tahun 2016
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap
Learning OutcomesRanah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menerapkan konsep-konsep Biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas.
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
Ranah Pengetahuan:
- Menguasai filosofi, pendekatan, konsep, model, media, dan evaluasi/asesmen untuk mendukung pembelajaran IPA di kelas dan sekolah.
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
References
Permendikbud No 20-24 tahun 2016
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap
Learning OutcomesRanah Sikap:
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
Ranah Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
Ranah Keterampilan Khusus:
1.Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
2.Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
Ranah Pengetahuan:
1.Menguasai filosofi, pendekatan, konsep, model, media, dan evaluasi/asesmen untuk mendukung pembelajaran IPA di kelas dan sekolah.
2.Menguasai ide-ide pokok kerangka dasar dan struktur kurikulum SMP yang terkait dengan mata pelajaran IPA SMP
Manganalisis standar kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam bahan kajian IPA SMP
ReferencesPermendikbud No 54 Tahun 2013
Permendikbud No 65 Tahun 2013
Permendikbud No 66 Tahun 2013
Permendikbud No 67 Tahun 2013
Permendikbud No 68 Tahun 2013
Permendikbud No 69 Tahun 2013
Permendikbud No 70 Tahun 2013
Permendikbud No 71 Tahun 2013
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap
Learning OutcomesRanah Sikap:
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
Ranah Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
Ranah Keterampilan Khusus:
1.Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
2.Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
Ranah Pengetahuan:
1.Menguasai filosofi, pendekatan, konsep, model, media, dan evaluasi/asesmen untuk mendukung pembelajaran IPA di kelas dan sekolah.
2.Menguasai ide-ide pokok kerangka dasar dan struktur kurikulum SMP yang terkait dengan mata pelajaran IPA SMP
Manganalisis standar kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam bahan kajian IPA SMP
ReferencesPermendikbud No 54 Tahun 2013
Permendikbud No 65 Tahun 2013
Permendikbud No 66 Tahun 2013
Permendikbud No 67 Tahun 2013
Permendikbud No 68 Tahun 2013
Permendikbud No 69 Tahun 2013
Permendikbud No 70 Tahun 2013
Permendikbud No 71 Tahun 2013
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji konsep kurikulum SMP Mata pelajaran IPA pada sekolah menengah melalui pemahaman konsep kurikulum, pengembangan kurikulum IPA Terpadu berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah pembelajaran dan penilaian autentik
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), mendesain kurikulum dengan pendekatan pembelajaran IPA Terpadu, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMP Mata pelajaran IPA. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah pembelajaran dan penilaian autentik
ReferencesBahan Pelatihan Kurikulum IPA. Kemdiknas
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji konsep kurikulum SMP Mata pelajaran IPA pada sekolah menengah melalui pemahaman konsep kurikulum dan pembelajaran IPA terpadu, perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMP Mata pelajaran IPA. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah pembelajaran dan penilaian autentik
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), Kompetensi Guru dan konsep Pembelajaran IPA terpadu berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMP Mata pelajaran IPA. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah pembelajaran dan penilaian autentik
ReferencesPedoman Pelatihan Guru IPA, Kemdiknas
Details ...