Pengembangan Kurikulum Pembelajaran IPA , Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF NATURAL SCIRENCES TEACHING CURRICULUM
ProgramPendidikan Biologi
SKS2 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap

Learning Outcomes

Ranah Sikap:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

Ranah Keterampilan Umum:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

Ranah Keterampilan Khusus:

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep Biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas.
  2. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  3. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)

Ranah Pengetahuan:

  1. Menguasai filosofi, pendekatan, konsep, model, media, dan evaluasi/asesmen untuk mendukung pembelajaran IPA di kelas dan sekolah.
  2. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

References

Permendikbud No 20-24 tahun 2016


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap

Learning Outcomes

Ranah Sikap:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

Ranah Keterampilan Umum:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

Ranah Keterampilan Khusus:

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep Biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas.
  2. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  3. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)

Ranah Pengetahuan:

  1. Menguasai filosofi, pendekatan, konsep, model, media, dan evaluasi/asesmen untuk mendukung pembelajaran IPA di kelas dan sekolah.
  2. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

 

References

Permendikbud No 20-24 tahun 2016


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap

Learning Outcomes

Ranah Sikap:

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.

Ranah Keterampilan Umum:

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai

Ranah Keterampilan Khusus:

1.Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran

2.Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)

Ranah Pengetahuan:

1.Menguasai filosofi, pendekatan, konsep, model, media, dan evaluasi/asesmen untuk mendukung pembelajaran IPA di kelas dan sekolah.

2.Menguasai ide-ide pokok kerangka dasar dan struktur kurikulum SMP yang terkait dengan mata pelajaran IPA SMP

Manganalisis standar kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam bahan kajian IPA SMP

References

Permendikbud No 54 Tahun 2013

Permendikbud No 65 Tahun 2013

Permendikbud No 66 Tahun 2013

Permendikbud No 67 Tahun 2013

Permendikbud No 68 Tahun 2013

Permendikbud No 69 Tahun 2013

Permendikbud No 70 Tahun 2013

Permendikbud No 71 Tahun 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap

Learning Outcomes

Ranah Sikap:

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.

Ranah Keterampilan Umum:

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai

Ranah Keterampilan Khusus:

1.Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran

2.Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)

Ranah Pengetahuan:

1.Menguasai filosofi, pendekatan, konsep, model, media, dan evaluasi/asesmen untuk mendukung pembelajaran IPA di kelas dan sekolah.

2.Menguasai ide-ide pokok kerangka dasar dan struktur kurikulum SMP yang terkait dengan mata pelajaran IPA SMP

Manganalisis standar kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam bahan kajian IPA SMP

References

Permendikbud No 54 Tahun 2013

Permendikbud No 65 Tahun 2013

Permendikbud No 66 Tahun 2013

Permendikbud No 67 Tahun 2013

Permendikbud No 68 Tahun 2013

Permendikbud No 69 Tahun 2013

Permendikbud No 70 Tahun 2013

Permendikbud No 71 Tahun 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji konsep kurikulum SMP Mata pelajaran IPA pada sekolah menengah melalui pemahaman konsep kurikulum, pengembangan kurikulum IPA Terpadu  berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMA Mata pelajaran Biologi. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah  pembelajaran dan penilaian autentik

Learning Outcomes

Mahasiswa memiliki pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), mendesain kurikulum dengan pendekatan pembelajaran IPA Terpadu, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMP Mata pelajaran IPA. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah  pembelajaran dan penilaian autentik

References

Bahan Pelatihan Kurikulum IPA. Kemdiknas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji konsep kurikulum SMP Mata pelajaran IPA pada sekolah menengah melalui pemahaman konsep kurikulum dan pembelajaran IPA terpadu, perbandingan kurikulum pada konteks kurikulum berbasis konten dan kurikulum berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMP Mata pelajaran IPA. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah  pembelajaran dan penilaian autentik

Learning Outcomes

Mahasiswa memiliki pemahaman konsep kurikulum (khususnya kurikulum 2013), Kompetensi Guru dan konsep Pembelajaran IPA terpadu berbasis kompetensi, serta pemetaan SKL-KI-KD pada kurikulum SMP Mata pelajaran IPA. Selanjutnya pemahaman tersebut dijadikan dasar dalam menganalisis dan memetakan sintaktikal materi subyek menggunakan PCK, yang berikutnya digunakan sebagai kerangka untuk merancang pembelajaran menerapkan model-model pembelajaran melalui kajian terhadap rumusan indicator, rancangan sintaktikal materi, jenis pengetahuan serta langah  pembelajaran dan penilaian autentik

References

Pedoman Pelatihan Guru IPA, Kemdiknas


Details ...