Pengembangan Kurikulum Pembelajaran IPA , Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF NATURAL SCIRENCES TEACHING CURRICULUM
ProgramPendidikan Biologi
SKS2 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Ranah Sikap:
  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  1. Ranah Keterampilan Umum:
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  1. Ranah Keterampilan Khusus:
  1. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  2. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
  1. Ranah Pengetahuan:
  1. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan  sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
  3. Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan  kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi  pedagogical content knowledge (PCK)
  4. Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan  dan pengembangan pembelajaran IPA.

References

Referensi:

  1. Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  3. Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
  4. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun  2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun  2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun  2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  7. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun  2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Ranah Sikap:
  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  1. Ranah Keterampilan Umum:
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  1. Ranah Keterampilan Khusus:
  1. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  2. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
  1. Ranah Pengetahuan:
  1. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan  sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
  3. Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan  kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi  pedagogical content knowledge (PCK)
  4. Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan  dan pengembangan pembelajaran IPA.

References

Referensi:

  1. Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  3. Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
  4. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun  2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun  2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun  2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  7. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun  2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Ranah Sikap:
  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  1. Ranah Keterampilan Umum:
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  1. Ranah Keterampilan Khusus:
  1. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  2. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
  1. Ranah Pengetahuan:
  1. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan  sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
  3. Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan  kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi  pedagogical content knowledge (PCK)
  4. Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan  dan pengembangan pembelajaran IPA.

References

Referensi:

  1. Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  3. Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
  4. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun  2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun  2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun  2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  7. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun  2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Ranah Sikap:
  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  1. Ranah Keterampilan Umum:
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  1. Ranah Keterampilan Khusus:
  1. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  2. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
  1. Ranah Pengetahuan:
  1. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan  sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
  3. Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan  kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi  pedagogical content knowledge (PCK)
  4. Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan  dan pengembangan pembelajaran IPA.

References

Referensi:

  1. Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  3. Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
  4. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun  2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun  2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun  2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  7. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun  2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Ranah Sikap:
  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  1. Ranah Keterampilan Umum:
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  1. Ranah Keterampilan Khusus:
  1. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  2. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
  1. Ranah Pengetahuan:
  1. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan  sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
  3. Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan  kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi  pedagogical content knowledge (PCK)
  4. Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan  dan pengembangan pembelajaran IPA.

References

Referensi:

  1. Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  3. Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
  4. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun  2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun  2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun  2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  7. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun  2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Ranah Sikap:
  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  1. Ranah Keterampilan Umum:
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  1. Ranah Keterampilan Khusus:
  1. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  2. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
  1. Ranah Pengetahuan:
  1. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan  sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
  3. Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan  kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi  pedagogical content knowledge (PCK)
  4. Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan  dan pengembangan pembelajaran IPA.

References

Referensi:

  1. Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  3. Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
  4. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun  2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun  2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun  2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  7. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun  2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Ranah Sikap:
  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  1. Ranah Keterampilan Umum:
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  1. Ranah Keterampilan Khusus:
  1. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  2. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
  1. Ranah Pengetahuan:
  1. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan  sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
  3. Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan  kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi  pedagogical content knowledge (PCK)
  4. Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan  dan pengembangan pembelajaran IPA.

References

Referensi:

  1. Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  3. Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
  4. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun  2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun  2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun  2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  7. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun  2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Ranah Sikap:
  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  1. Ranah Keterampilan Umum:
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  1. Ranah Keterampilan Khusus:
  1. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  2. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
  1. Ranah Pengetahuan:
  1. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan  sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
  3. Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan  kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi  pedagogical content knowledge (PCK)
  4. Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan  dan pengembangan pembelajaran IPA.

References

Referensi:

  1. Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  3. Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
  4. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun  2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun  2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun  2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  7. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun  2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Ranah Sikap:
  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  1. Ranah Keterampilan Umum:
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  1. Ranah Keterampilan Khusus:
  1. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  2. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
  1. Ranah Pengetahuan:
  1. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan  sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
  3. Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan  kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi  pedagogical content knowledge (PCK)
  4. Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan  dan pengembangan pembelajaran IPA.

References

Referensi:

  1. Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  3. Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
  4. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun  2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun  2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun  2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  7. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun  2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Ranah Sikap:
  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  1. Ranah Keterampilan Umum:
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  1. Ranah Keterampilan Khusus:
  1. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  2. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
  1. Ranah Pengetahuan:
  1. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan  sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
  3. Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan  kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi  pedagogical content knowledge (PCK)
  4. Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan  dan pengembangan pembelajaran IPA.

References

Referensi:

  1. Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  3. Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
  4. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun  2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun  2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun  2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  7. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun  2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Ranah Sikap:
  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  1. Ranah Keterampilan Umum:
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  1. Ranah Keterampilan Khusus:
  1. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  2. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
  1. Ranah Pengetahuan:
  1. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan  sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
  3. Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan  kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi  pedagogical content knowledge (PCK)
  4. Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan  dan pengembangan pembelajaran IPA.

References

Referensi:

  1. Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  3. Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
  4. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun  2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun  2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun  2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  7. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun  2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap

Learning Outcomes

Ranah Sikap:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

Ranah Keterampilan Umum:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

Ranah Keterampilan Khusus:

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep Biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas.
  2. Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
  3. Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)

Ranah Pengetahuan:

  1. Menguasai filosofi, pendekatan, konsep, model, media, dan evaluasi/asesmen untuk mendukung pembelajaran IPA di kelas dan sekolah.
  2. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran

References

Permendikbud No 20-24 tahun 2016


Details ...