Courser in English | DEVELOPMENT OF NATURAL SCIRENCES TEACHING CURRICULUM |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
- Ranah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
- Ranah Pengetahuan:
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
- Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi pedagogical content knowledge (PCK)
- Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan dan pengembangan pembelajaran IPA.
Referensi:
- Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
- Ranah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
- Ranah Pengetahuan:
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
- Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi pedagogical content knowledge (PCK)
- Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan dan pengembangan pembelajaran IPA.
Referensi:
- Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
- Ranah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
- Ranah Pengetahuan:
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
- Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi pedagogical content knowledge (PCK)
- Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan dan pengembangan pembelajaran IPA.
Referensi:
- Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
- Ranah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
- Ranah Pengetahuan:
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
- Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi pedagogical content knowledge (PCK)
- Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan dan pengembangan pembelajaran IPA.
Referensi:
- Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
- Ranah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
- Ranah Pengetahuan:
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
- Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi pedagogical content knowledge (PCK)
- Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan dan pengembangan pembelajaran IPA.
Referensi:
- Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
- Ranah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
- Ranah Pengetahuan:
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
- Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi pedagogical content knowledge (PCK)
- Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan dan pengembangan pembelajaran IPA.
Referensi:
- Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
- Ranah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
- Ranah Pengetahuan:
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
- Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi pedagogical content knowledge (PCK)
- Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan dan pengembangan pembelajaran IPA.
Referensi:
- Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
- Ranah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
- Ranah Pengetahuan:
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
- Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi pedagogical content knowledge (PCK)
- Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan dan pengembangan pembelajaran IPA.
Referensi:
- Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
- Ranah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
- Ranah Pengetahuan:
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
- Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi pedagogical content knowledge (PCK)
- Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan dan pengembangan pembelajaran IPA.
Referensi:
- Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
- Ranah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
- Ranah Pengetahuan:
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
- Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi pedagogical content knowledge (PCK)
- Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan dan pengembangan pembelajaran IPA.
Referensi:
- Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
- Ranah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
- Ranah Pengetahuan:
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pengembangan kurikulum IPA.
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menganalisis kurikulum IPA dan implementasi dalam merencanakan pembelajaran
- Menerapkan pedagogic spesific untuk mengembangkan kurikulum IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep-konsep sains dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi pedagogical content knowledge (PCK)
- Menguasai prinsip-prinsip analisis kurikulum, perencanaan dan pengembangan pembelajaran IPA.
Referensi:
- Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Anderson, L.W. dan Krtahwohl, D.R., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Assessmen
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang Standar isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Details ...
Mata kuliah pengembangan kurikulum IPA merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan matakuliah aplikatif berbasis PCK (Pedagogical content knowledge) yang didalamnya membahas tentang analisis KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran, penyusunan langkah pembelajaran, pemilihan media dan alat evaluasi pembelajaran hingga penyusunan RPP secara lengkap
Learning OutcomesRanah Sikap:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya masing-masing.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Ranah Keterampilan Umum:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
Ranah Keterampilan Khusus:
- Mampu menerapkan konsep-konsep Biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas.
- Mampu menganalisis kurikulum IPA Sekolah menengah pertama dan implementasinya dalam pembelajaran
- Mampu menerapkan pedagogic spesific untuk membelajarkan konsep IPA dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogik yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)
Ranah Pengetahuan:
- Menguasai filosofi, pendekatan, konsep, model, media, dan evaluasi/asesmen untuk mendukung pembelajaran IPA di kelas dan sekolah.
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, serta evaluasi pembelajaran
Permendikbud No 20-24 tahun 2016
Details ...