Courser in English | DIFFERENTIAL CALCULUS |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang:
1. Pra Kalkulus: sistem bilangan riil, nilai mutlak, grafik persamaan, fungsi dan grafiknya;
2. Limit yang meliputi: definisi limit, limit fungsi, dan kontinuitas
3. Turunan yang meliputi: definisi turunan, turunan kanan dan kiri, aturan rantai, turunan berbagai fungsi, turunan tingkat tinggi, nilai hampiran fungsi dan diferensial, dan keterdiferensiasian;
4. Aplikasi turunan yang meliputi: nilai ekstrim fungsi, teorema Rolle dan teorema Nilai Rata-rata, fungsi naik dan fungsi turun, ke,onotonan dan kecekungan, grafik fungsi dan turunan fungsi, penggunaan turunan yang lain.
Learning OutcomesCP Prodi
1. Sikap : Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti;
2. Keterampilan Umum : Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
3. Keterampilan Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
CP Mata Kuliah
Menyelesaikan masalah turunan baik secara teoritik maupun aplikasinya dalam kehidupan.
ReferencesDetails ...
Mata kuliah ini membahas tentang:
1. Pra Kalkulus: sistem bilangan riil, nilai mutlak, grafik persamaan, fungsi dan grafiknya;
2. Limit yang meliputi: definisi limit, limit fungsi, dan kontinuitas
3. Turunan yang meliputi: definisi turunan, turunan kanan dan kiri, aturan rantai, turunan berbagai fungsi, turunan tingkat tinggi, nilai hampiran fungsi dan diferensial, dan keterdiferensiasian;
4. Aplikasi turunan yang meliputi: nilai ekstrim fungsi, teorema Rolle dan teorema Nilai Rata-rata, fungsi naik dan fungsi turun, ke,onotonan dan kecekungan, grafik fungsi dan turunan fungsi, penggunaan turunan yang lain.
Learning OutcomesCP Prodi
1. Sikap : Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti;
2. Keterampilan Umum : Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
3. Keterampilan Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
CP Mata Kuliah
Menyelesaikan masalah turunan baik secara teoritik maupun aplikasinya dalam kehidupan.
ReferencesDetails ...
Mata kuliah ini membahas tentang:
1. Pra Kalkulus: sistem bilangan riil, nilai mutlak, grafik persamaan, fungsi dan grafiknya;
2. Limit yang meliputi: definisi limit, limit fungsi, dan kontinuitas
3. Turunan yang meliputi: definisi turunan, turunan kanan dan kiri, aturan rantai, turunan berbagai fungsi, turunan tingkat tinggi, nilai hampiran fungsi dan diferensial, dan keterdiferensiasian;
4. Aplikasi turunan yang meliputi: nilai ekstrim fungsi, teorema Rolle dan teorema Nilai Rata-rata, fungsi naik dan fungsi turun, ke,onotonan dan kecekungan, grafik fungsi dan turunan fungsi, penggunaan turunan yang lain.
Learning OutcomesCP Prodi
1. Sikap : Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti;
2. Keterampilan Umum : Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
3. Keterampilan Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
CP Mata Kuliah
Menyelesaikan masalah turunan baik secara teoritik maupun aplikasinya dalam kehidupan.
ReferencesDetails ...
Mata kuliah ini membahas tentang:
1. Pra Kalkulus: sistem bilangan riil, nilai mutlak, grafik persamaan, fungsi dan grafiknya;
2. Limit yang meliputi: definisi limit, limit fungsi, dan kontinuitas
3. Turunan yang meliputi: definisi turunan, turunan kanan dan kiri, aturan rantai, turunan berbagai fungsi, turunan tingkat tinggi, nilai hampiran fungsi dan diferensial, dan keterdiferensiasian;
4. Aplikasi turunan yang meliputi: nilai ekstrim fungsi, teorema Rolle dan teorema Nilai Rata-rata, fungsi naik dan fungsi turun, ke,onotonan dan kecekungan, grafik fungsi dan turunan fungsi, penggunaan turunan yang lain.
Learning OutcomesCP Prodi
1. Sikap : Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti;
2. Keterampilan Umum : Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
3. Keterampilan Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
CP Mata Kuliah
Menyelesaikan masalah turunan baik secara teoritik maupun aplikasinya dalam kehidupan.
ReferencesDetails ...
Mata kuliah ini membahas tentang : (1) sistem bilangan riil, nilai mutlak, dan grafik persamaan; (2) fungsi dan limit yang meliputi (a) fungsi dan grafiknya, (b) limit fungsi dan (c) kontinuitas fungsi ; (3) turunan yang meliputi (a) turunan tingkat satu, (b) turunan fungsi aljabar, (c) turunan fungsi trigonometri, (d) turunan fungsi invers trigonometri, (e) turunan fungsi hiperbolik, (f) turunan fungsi invers hiperbolik, (g) turunan fungsi eksponen dan logaritma, (h) turunan fungsi parameter, (i) turunan fungsi implisit, (j) turunan fungsi berpangkat fungsi ; (4) differensial; (5) turunan tingkat tinggi yang meliputi (a) turunan tingkat tinggi, (b) differensial tingkat tinggi ; (6) Penggunaan turunan yang meliputi (a) maksimum dan minimum, (b) limit bentuk tak tentu
Learning OutcomesCP Prodi
1. Sikap : Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti; 2. Keterampilan Umum : Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika; 3. Ketearmpialn Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
CP Mata Kuliah
Menyelesaikan masalah turunan baik secara teoritik maupun aplikasinya dalam kehidupan.
References(1) Varberg, Purcell, & Rigdom. (). Calculus Ninth Edition.
(2) Djohan, W., & Budhi, W.S. (2007). Diklat Kalkulus 1. Departemen Matematika, Fakultas MIPA. Institut Teknologi Bandung
(3) https://www.youtube.com/playlist?list=PLAKmNBIaTKUfh5Bjca7ha8BSldfEGnclS
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang : (1) sistem bilangan riil, nilai mutlak, dan grafik persamaan; (2) fungsi dan limit yang meliputi (a) fungsi dan grafiknya, (b) limit fungsi dan (c) kontinuitas fungsi ; (3) turunan yang meliputi (a) turunan tingkat satu, (b) turunan fungsi aljabar, (c) turunan fungsi trigonometri, (d) turunan fungsi invers trigonometri, (e) turunan fungsi hiperbolik, (f) turunan fungsi invers hiperbolik, (g) turunan fungsi eksponen dan logaritma, (h) turunan fungsi parameter, (i) turunan fungsi implisit, (j) turunan fungsi berpangkat fungsi ; (4) differensial; (5) turunan tingkat tinggi yang meliputi (a) turunan tingkat tinggi, (b) differensial tingkat tinggi ; (6) Penggunaan turunan yang meliputi (a) maksimum dan minimum, (b) limit bentuk tak tentu
Learning OutcomesCP Prodi
1. Sikap : Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti; 2. Keterampilan Umum : Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika; 3. Ketearmpialn Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
CP Mata Kuliah
Menyelesaikan masalah turunan baik secara teoritik maupun aplikasinya dalam kehidupan.
References(1) Varberg, Purcell, & Rigdom. (). Calculus Ninth Edition.
(2) Djohan, W., & Budhi, W.S. (2007). Diklat Kalkulus 1. Departemen Matematika, Fakultas MIPA. Institut Teknologi Bandung
(3) https://www.youtube.com/playlist?list=PLAKmNBIaTKUfh5Bjca7ha8BSldfEGnclS
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang : (1) sistem bilangan riil, nilai mutlak, dan grafik persamaan; (2) fungsi dan limit yang meliputi (a) fungsi dan grafiknya, (b) limit fungsi dan (c) kontinuitas fungsi ; (3) turunan yang meliputi (a) turunan tingkat satu, (b) turunan fungsi aljabar, (c) turunan fungsi trigonometri, (d) turunan fungsi invers trigonometri, (e) turunan fungsi hiperbolik, (f) turunan fungsi invers hiperbolik, (g) turunan fungsi eksponen dan logaritma, (h) turunan fungsi parameter, (i) turunan fungsi implisit, (j) turunan fungsi berpangkat fungsi ; (4) differensial; (5) turunan tingkat tinggi yang meliputi (a) turunan tingkat tinggi, (b) differensial tingkat tinggi ; (6) Penggunaan turunan yang meliputi (a) maksimum dan minimum, (b) limit bentuk tak tentu
Learning OutcomesCP Prodi
1. Sikap : Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti; 2. Keterampilan Umum : Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika; 3. Ketearmpialn Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
CP Mata Kuliah
Menyelesaikan masalah turunan baik secara teoritik maupun aplikasinya dalam kehidupan.
References(1) Varberg, Purcell, & Rigdom. (). Calculus Ninth Edition.
(2) Djohan, W., & Budhi, W.S. (2007). Diklat Kalkulus 1. Departemen Matematika, Fakultas MIPA. Institut Teknologi Bandung
(3) https://www.youtube.com/playlist?list=PLAKmNBIaTKUfh5Bjca7ha8BSldfEGnclS
Details ...
Mata kuliah ini terdiri dari tiga bab besar, pertama adalah bab pendahuluan, bab kedua adalah tentang limit, bab ketiga adalah tentang turunan, dan bab keempat adalah tentang aplikasi dari turunan.
Learning OutcomesCP Prodi
1. Sikap : Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti; 2. Keterampilan Umum : Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika; 3. Ketearmpialn Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
CP Mata Kuliah
Menyelesaikan masalah turunan baik secara teoritik maupun aplikasinya dalam kehidupan.
References(1) Varberg, Purcell, & Rigdom. (). Calculus Ninth Edition.
(2) Djohan, W., & Budhi, W.S. (2007). Diklat Kalkulus 1. Departemen Matematika, Fakultas MIPA. Institut Teknologi Bandung
(3) https://www.youtube.com/playlist?list=PLAKmNBIaTKUfh5Bjca7ha8BSldfEGnclS
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang : (1) sistem bilangan riil, nilai mutlak, dan grafik persamaan; (2) fungsi dan limit yang meliputi (a) fungsi dan grafiknya, (b) limit fungsi dan (c) kontinuitas fungsi ; (3) turunan yang meliputi (a) turunan tingkat satu, (b) turunan fungsi aljabar, (c) turunan fungsi trigonometri, (d) turunan fungsi invers trigonometri, (e) turunan fungsi hiperbolik, (f) turunan fungsi invers hiperbolik, (g) turunan fungsi eksponen dan logaritma, (h) turunan fungsi parameter, (i) turunan fungsi implisit, (j) turunan fungsi berpangkat fungsi ; (4) differensial; (5) turunan tingkat tinggi yang meliputi (a) turunan tingkat tinggi, (b) differensial tingkat tinggi ; (6) Penggunaan turunan yang meliputi (a) maksimum dan minimum, (b) limit bentuk tak tentu.
Learning OutcomesCP Prodi
1. Sikap : Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti;
2. Keterampilan Umum : Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
3. Keterampilan Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
CP Mata Kuliah
Menyelesaikan masalah turunan baik secara teoritik maupun aplikasinya dalam kehidupan.
ReferencesDetails ...
Mata kuliah ini membahas tentang : (1) sistem bilangan riil, nilai mutlak, dan grafik persamaan; (2) fungsi dan limit yang meliputi (a) fungsi dan grafiknya, (b) limit fungsi dan (c) kontinuitas fungsi ; (3) turunan yang meliputi (a) turunan tingkat satu, (b) turunan fungsi aljabar, (c) turunan fungsi trigonometri, (d) turunan fungsi invers trigonometri, (e) turunan fungsi hiperbolik, (f) turunan fungsi invers hiperbolik, (g) turunan fungsi eksponen dan logaritma, (h) turunan fungsi parameter, (i) turunan fungsi implisit, (j) turunan fungsi berpangkat fungsi ; (4) differensial; (5) turunan tingkat tinggi yang meliputi (a) turunan tingkat tinggi, (b) differensial tingkat tinggi ; (6) Penggunaan turunan yang meliputi (a) maksimum dan minimum, (b) limit bentuk tak tentu.
Learning OutcomesCP Prodi
1. Sikap : Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti;
2. Keterampilan Umum : Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
3. Keterampilan Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
CP Mata Kuliah
Menyelesaikan masalah turunan baik secara teoritik maupun aplikasinya dalam kehidupan.
ReferencesDetails ...
Mata kuliah ini membahas tentang : (1) sistem bilangan riil, nilai mutlak, dan grafik persamaan; (2) fungsi dan limit yang meliputi (a) fungsi dan grafiknya, (b) limit fungsi dan (c) kontinuitas fungsi ; (3) turunan yang meliputi (a) turunan tingkat satu, (b) turunan fungsi aljabar, (c) turunan fungsi trigonometri, (d) turunan fungsi invers trigonometri, (e) turunan fungsi hiperbolik, (f) turunan fungsi invers hiperbolik, (g) turunan fungsi eksponen dan logaritma, (h) turunan fungsi parameter, (i) turunan fungsi implisit, (j) turunan fungsi berpangkat fungsi ; (4) differensial; (5) turunan tingkat tinggi yang meliputi (a) turunan tingkat tinggi, (b) differensial tingkat tinggi ; (6) Penggunaan turunan yang meliputi (a) maksimum dan minimum, (b) limit bentuk tak tentu.
Learning OutcomesCP Prodi
1. Sikap : Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; Menguasai pengetahuan teks bahasa asing terutama bahasa inggris untuk keperluan akademis untuk calon guru matematika dan asisten peneliti;
2. Keterampilan Umum : Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
3. Keterampilan Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika
CP Mata Kuliah
Menyelesaikan masalah turunan baik secara teoritik maupun aplikasinya dalam kehidupan.
ReferencesDetails ...
Mata kuliah ini merupakan pra syarat dari mata kuliah Kalkulus Integral. Mata kuliah ini dimaksudkan untuk menggali kemampuan analisis mahasiswa tentang konsep-konsep limit fungsi, kekontinuan turunan, fungsi transeden, mencakup definisi, sifat-sifat dan teorema terkait beserta aplikasinya serta mampu menerapkannya dalam menyelesaikan soal.
Learning Outcomesmahasiswa terampil dalam berpikir analisis.
References- Purcell EJ, Dale Varberg. (2007), Kalkulus dan Geometri Analitik, Terjemahan I.N. Susila dkk, Jakarta: Erlangga.
- Leithold, L. (1987), Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik, Terjemahan Margha M, Jakarta: Bina Aksara.
Details ...