Magang I, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP I
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi  pengamatan langsung kultur sekolah untuk membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian, dan sosial;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.

Learning Outcomes

Mahasiswa dengan   rasa   tanggung   jawab,   jujur,   demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif  berdasarkan etika akademik.

References

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta. Halam 1-97.

Chatib, Munif. 2014. Kelasnya Manusia. Jakarta: Kaifa.

___________. 2019. Sekolahnya Manusia. Jakarta: Mizan Media Utama.

___________. 2019. Gurunya Manusia. Jakarta: Mizan Media Utama.

Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.

Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.

Pusat Kurikulum, PMB, dan PPL. 2020. Pedoman Pelaksanaan Magang Kependidikan. Semarang:LPP Universitas PGRI Semarang.

Tirtarahardja, Umar & SL. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas-Rineka Cipta. Halaman 32-80


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi  pengamatan langsung kultur sekolah untuk membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian, dan sosial;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.

Learning Outcomes

Mahasiswa dengan   rasa   tanggung   jawab,   jujur,   demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif  berdasarkan etika akademik.

References

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta. Halam 1-97.

Chatib, Munif. 2014. Kelasnya Manusia. Jakarta: Kaifa.

___________. 2019. Sekolahnya Manusia. Jakarta: Mizan Media Utama.

___________. 2019. Gurunya Manusia. Jakarta: Mizan Media Utama.

Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.

Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.

Pusat Kurikulum, PMB, dan PPL. 2020. Pedoman Pelaksanaan Magang Kependidikan. Semarang:LPP Universitas PGRI Semarang.

Tirtarahardja, Umar & SL. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas-Rineka Cipta. Halaman 32-80


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini diberikan kepada mahasiswa semester 2 sebagai bagian dari pemantapan kegiatan observasi sekolah yang telah dilakukan sebelumnya. Magang 1 bertujuan untuk memberikan mahasiswa bekal pengalaman sekaligus pengembangan kompetensi sebagai calon guru. Dalam perkuliahan Magang 1 mahasiswa akan melaporkan secara individual hasil observasi dan membuat refleksi atas hasil tersebut. Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini diberikan kepada mahasiswa semester 2 sebagai bagian dari pemantapan kegiatan observasi sekolah yang telah dilakukan sebelumnya. Magang 1 bertujuan untuk memberikan mahasiswa bekal pengalaman sekaligus pengembangan kompetensi sebagai calon guru. Dalam perkuliahan Magang 1 mahasiswa akan melaporkan secara individual hasil observasi dan membuat refleksi atas hasil tersebut. Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini diberikan kepada mahasiswa semester 2 sebagai bagian dari pemantapan kegiatan observasi sekolah yang telah dilakukan sebelumnya. Magang 1 bertujuan untuk memberikan mahasiswa bekal pengalaman sekaligus pengembangan kompetensi sebagai calon guru. Dalam perkuliahan Magang 1 mahasiswa akan melaporkan secara individual hasil observasi dan membuat refleksi atas hasil tersebut. Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I.

Learning Outcomes

Mata kuliah pascapraktik.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I.

Learning Outcomes

Mata kuliah pascapraktik.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I.

Learning Outcomes

Mata kuliah pascapraktik.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I.

Learning Outcomes

Mata kuliah pascapraktik.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I.

Learning Outcomes

Mata kuliah pascapraktik.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Program magang I adalah suatu kegiatan belajar sambil melakukan (learning by doing) dalam rangka pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap calon guru. Program magang merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman awal untuk membangun jati diri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru. Magang merupakan kegiatan akademis dan praktis yang lebih memfokuskan pada bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah. Selain itu, keberadaan program magang ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam bidang akademik dan profesi.
 

Learning Outcomes

mendapatkan pemahaman, penghayatan, dan pengalaman di bidang manajemen dan kultur sekolah;

mendapatkan pemahaman dan pengalaman melalui pengamatan terhadap budaya akademik di sekolah;

mendapatkan pemahaman dan pengalaman melalui pengamatan terhadap best practices di sekolah

mendapatkan pengalaman melalui pengamatan terhadap proses pembelajaran di kelas;

memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di sekolah

References

1.Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
3.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
4.Peraturan Presiden no 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
5.Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
6.Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
7.Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
8.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah
9.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
10.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah
11.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan
12.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.


Details ...
Course Descriptions

Program magang I adalah suatu kegiatan belajar sambil melakukan (learning by doing) dalam rangka pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap calon guru. Program magang merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman awal untuk membangun jati diri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru. Magang merupakan kegiatan akademis dan praktis yang lebih memfokuskan pada bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah. Selain itu, keberadaan program magang ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam bidang akademik dan profesi.
 

Learning Outcomes

mendapatkan pemahaman, penghayatan, dan pengalaman di bidang manajemen dan kultur sekolah;

mendapatkan pemahaman dan pengalaman melalui pengamatan terhadap budaya akademik di sekolah;

mendapatkan pemahaman dan pengalaman melalui pengamatan terhadap best practices di sekolah

mendapatkan pengalaman melalui pengamatan terhadap proses pembelajaran di kelas;

memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di sekolah

References

1.Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
3.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
4.Peraturan Presiden no 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
5.Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
6.Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
7.Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
8.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah
9.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
10.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah
11.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan
12.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.


Details ...