Courser in English | - |
Program | Manajemen |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum menjelaskan konsep dasar perilaku organisasi, dan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi. Di samping itu, mata kuliah ini akan menjelaskan mengenai perilaku individu dan kelompok, persepsi, sikap kerja, dan kepuasan kerja para pekerja dalam organisasi. Pada bagian terakhir, mata kuliah ini akan menjelaskan tentang konsep konflik dan stress serta penanganannya dalam organisasi.
Learning OutcomesSub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) 1 Mampu menjelaskan pengertian, konsep dasar dan pentingnya perilaku organisasi 2 Mampu menjelaskan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi 3 Mampu menjelaskan perilaku individu dalam organsiasi 4 Mampu menjelaskan tentang persepsi individu dan dimensi-dimensi persepsi 5 Mampu menjelaskan tentang sikap dimensi sikap individu dan sikap kerja dan kepuasan kerja para pekerja 6 Mampu menjelaskan tentang motiv dan motivasi 7 Mampu menjelaskan tentang kelompok dalam organisasi 8 Mampu menjelasakan tentang kekuasaan dalam organisas
ReferencesUtama : 1. Thoha, Miftah, 2016, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Raja Grafindo Persada, Jakarta 2. Winardi, 2015, Manajemen Perilaku Organisasi, Prenadamedia Group, Jakarta 3. Pareek, Udai, 1984, Perilaku Keorganisasian, Midas Surya Grafindo, Jakarta 4. Robbins, Stephan P, Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, Erlangga, Jakarta 5. Davis, Keith, 1989, Perilaku Dalam Organisasi, Erlangga, Jakarta 6. Modul Perilaku Organisasi Pendukung : 1. Wibowo, 2015, Perilaku Dalam Organisasi, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta 2. Subkhi, Ahmad, 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Prestasi Pustaka, Jakarta 3. Indrawijaya, Adam, 1986. Perilaku Organisasi. Penerbit SINAR BARU, Bandung
Details ...
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum menjelaskan konsep dasar perilaku organisasi, dan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi. Di samping itu, mata kuliah ini akan menjelaskan mengenai perilaku individu dan kelompok, persepsi, sikap kerja, dan kepuasan kerja para pekerja dalam organisasi. Pada bagian terakhir, mata kuliah ini akan menjelaskan tentang konsep konflik dan stress serta penanganannya dalam organisasi.
Learning OutcomesSub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) 1 Mampu menjelaskan pengertian, konsep dasar dan pentingnya perilaku organisasi 2 Mampu menjelaskan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi 3 Mampu menjelaskan perilaku individu dalam organsiasi 4 Mampu menjelaskan tentang persepsi individu dan dimensi-dimensi persepsi 5 Mampu menjelaskan tentang sikap dimensi sikap individu dan sikap kerja dan kepuasan kerja para pekerja 6 Mampu menjelaskan tentang motiv dan motivasi 7 Mampu menjelaskan tentang kelompok dalam organisasi 8 Mampu menjelasakan tentang kekuasaan dalam organisas
ReferencesUtama : 1. Thoha, Miftah, 2016, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Raja Grafindo Persada, Jakarta 2. Winardi, 2015, Manajemen Perilaku Organisasi, Prenadamedia Group, Jakarta 3. Pareek, Udai, 1984, Perilaku Keorganisasian, Midas Surya Grafindo, Jakarta 4. Robbins, Stephan P, Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, Erlangga, Jakarta 5. Davis, Keith, 1989, Perilaku Dalam Organisasi, Erlangga, Jakarta 6. Modul Perilaku Organisasi Pendukung : 1. Wibowo, 2015, Perilaku Dalam Organisasi, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta 2. Subkhi, Ahmad, 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Prestasi Pustaka, Jakarta 3. Indrawijaya, Adam, 1986. Perilaku Organisasi. Penerbit SINAR BARU, Bandung
Details ...
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum menjelaskan konsep dasar perilaku organisasi, dan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi. Di samping itu, mata kuliah ini akan menjelaskan mengenai perilaku individu dan kelompok, persepsi, sikap kerja, dan kepuasan kerja para pekerja dalam organisasi. Pada bagian terakhir, mata kuliah ini akan menjelaskan tentang konsep konflik dan stress serta penanganannya dalam organisasi.
Learning OutcomesSub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) 1 Mampu menjelaskan pengertian, konsep dasar dan pentingnya perilaku organisasi 2 Mampu menjelaskan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi 3 Mampu menjelaskan perilaku individu dalam organsiasi 4 Mampu menjelaskan tentang persepsi individu dan dimensi-dimensi persepsi 5 Mampu menjelaskan tentang sikap dimensi sikap individu dan sikap kerja dan kepuasan kerja para pekerja 6 Mampu menjelaskan tentang motiv dan motivasi 7 Mampu menjelaskan tentang kelompok dalam organisasi 8 Mampu menjelasakan tentang kekuasaan dalam organisas
ReferencesUtama : 1. Thoha, Miftah, 2016, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Raja Grafindo Persada, Jakarta 2. Winardi, 2015, Manajemen Perilaku Organisasi, Prenadamedia Group, Jakarta 3. Pareek, Udai, 1984, Perilaku Keorganisasian, Midas Surya Grafindo, Jakarta 4. Robbins, Stephan P, Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, Erlangga, Jakarta 5. Davis, Keith, 1989, Perilaku Dalam Organisasi, Erlangga, Jakarta 6. Modul Perilaku Organisasi Pendukung : 1. Wibowo, 2015, Perilaku Dalam Organisasi, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta 2. Subkhi, Ahmad, 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Prestasi Pustaka, Jakarta 3. Indrawijaya, Adam, 1986. Perilaku Organisasi. Penerbit SINAR BARU, Bandung
Details ...
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum menjelaskan konsep dasar perilaku organisasi, dan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi. Di samping itu, mata kuliah ini akan menjelaskan mengenai perilaku individu dan kelompok, persepsi, sikap kerja, dan kepuasan kerja para pekerja dalam organisasi. Pada bagian terakhir, mata kuliah ini akan menjelaskan tentang konsep konflik dan stress serta penanganannya dalam organisasi.
Learning OutcomesSub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) 1 Mampu menjelaskan pengertian, konsep dasar dan pentingnya perilaku organisasi 2 Mampu menjelaskan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi 3 Mampu menjelaskan perilaku individu dalam organsiasi 4 Mampu menjelaskan tentang persepsi individu dan dimensi-dimensi persepsi 5 Mampu menjelaskan tentang sikap dimensi sikap individu dan sikap kerja dan kepuasan kerja para pekerja 6 Mampu menjelaskan tentang motiv dan motivasi 7 Mampu menjelaskan tentang kelompok dalam organisasi 8 Mampu menjelasakan tentang kekuasaan dalam organisas
ReferencesUtama : 1. Thoha, Miftah, 2016, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Raja Grafindo Persada, Jakarta 2. Winardi, 2015, Manajemen Perilaku Organisasi, Prenadamedia Group, Jakarta 3. Pareek, Udai, 1984, Perilaku Keorganisasian, Midas Surya Grafindo, Jakarta 4. Robbins, Stephan P, Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, Erlangga, Jakarta 5. Davis, Keith, 1989, Perilaku Dalam Organisasi, Erlangga, Jakarta 6. Modul Perilaku Organisasi Pendukung : 1. Wibowo, 2015, Perilaku Dalam Organisasi, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta 2. Subkhi, Ahmad, 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Prestasi Pustaka, Jakarta 3. Indrawijaya, Adam, 1986. Perilaku Organisasi. Penerbit SINAR BARU, Bandung
Details ...
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum menjelaskan konsep dasar perilaku organisasi, dan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi. Di samping itu, mata kuliah ini akan menjelaskan mengenai perilaku individu dan kelompok, persepsi, sikap kerja, dan kepuasan kerja para pekerja dalam organisasi. Pada bagian terakhir, mata kuliah ini akan menjelaskan tentang konsep konflik dan stress serta penanganannya dalam organisasi.
Learning OutcomesSub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) 1 Mampu menjelaskan pengertian, konsep dasar dan pentingnya perilaku organisasi 2 Mampu menjelaskan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi 3 Mampu menjelaskan perilaku individu dalam organsiasi 4 Mampu menjelaskan tentang persepsi individu dan dimensi-dimensi persepsi 5 Mampu menjelaskan tentang sikap dimensi sikap individu dan sikap kerja dan kepuasan kerja para pekerja 6 Mampu menjelaskan tentang motiv dan motivasi 7 Mampu menjelaskan tentang kelompok dalam organisasi 8 Mampu menjelasakan tentang kekuasaan dalam organisas
ReferencesUtama : 1. Thoha, Miftah, 2016, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Raja Grafindo Persada, Jakarta 2. Winardi, 2015, Manajemen Perilaku Organisasi, Prenadamedia Group, Jakarta 3. Pareek, Udai, 1984, Perilaku Keorganisasian, Midas Surya Grafindo, Jakarta 4. Robbins, Stephan P, Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, Erlangga, Jakarta 5. Davis, Keith, 1989, Perilaku Dalam Organisasi, Erlangga, Jakarta 6. Modul Perilaku Organisasi Pendukung : 1. Wibowo, 2015, Perilaku Dalam Organisasi, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta 2. Subkhi, Ahmad, 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Prestasi Pustaka, Jakarta 3. Indrawijaya, Adam, 1986. Perilaku Organisasi. Penerbit SINAR BARU, Bandung
Details ...
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum menjelaskan konsep dasar perilaku organisasi, dan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi. Di samping itu, mata kuliah ini akan menjelaskan mengenai perilaku individu dan kelompok, persepsi, sikap kerja, dan kepuasan kerja para pekerja dalam organisasi. Pada bagian terakhir, mata kuliah ini akan menjelaskan tentang konsep konflik dan stress serta penanganannya dalam organisasi.
Learning OutcomesSub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) 1 Mampu menjelaskan pengertian, konsep dasar dan pentingnya perilaku organisasi 2 Mampu menjelaskan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi 3 Mampu menjelaskan perilaku individu dalam organsiasi 4 Mampu menjelaskan tentang persepsi individu dan dimensi-dimensi persepsi 5 Mampu menjelaskan tentang sikap dimensi sikap individu dan sikap kerja dan kepuasan kerja para pekerja 6 Mampu menjelaskan tentang motiv dan motivasi 7 Mampu menjelaskan tentang kelompok dalam organisasi 8 Mampu menjelasakan tentang kekuasaan dalam organisas
ReferencesUtama : 1. Thoha, Miftah, 2016, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Raja Grafindo Persada, Jakarta 2. Winardi, 2015, Manajemen Perilaku Organisasi, Prenadamedia Group, Jakarta 3. Pareek, Udai, 1984, Perilaku Keorganisasian, Midas Surya Grafindo, Jakarta 4. Robbins, Stephan P, Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, Erlangga, Jakarta 5. Davis, Keith, 1989, Perilaku Dalam Organisasi, Erlangga, Jakarta 6. Modul Perilaku Organisasi Pendukung : 1. Wibowo, 2015, Perilaku Dalam Organisasi, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta 2. Subkhi, Ahmad, 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Prestasi Pustaka, Jakarta 3. Indrawijaya, Adam, 1986. Perilaku Organisasi. Penerbit SINAR BARU, Bandung
Details ...
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum menjelaskan konsep dasar perilaku organisasi, dan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi. Di samping itu, mata kuliah ini akan menjelaskan mengenai perilaku individu dan kelompok, persepsi, sikap kerja, dan kepuasan kerja para pekerja dalam organisasi. Pada bagian terakhir, mata kuliah ini akan menjelaskan tentang konsep konflik dan stress serta penanganannya dalam organisasi.
Learning OutcomesSub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) 1 Mampu menjelaskan pengertian, konsep dasar dan pentingnya perilaku organisasi 2 Mampu menjelaskan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi 3 Mampu menjelaskan perilaku individu dalam organsiasi 4 Mampu menjelaskan tentang persepsi individu dan dimensi-dimensi persepsi 5 Mampu menjelaskan tentang sikap dimensi sikap individu dan sikap kerja dan kepuasan kerja para pekerja 6 Mampu menjelaskan tentang motiv dan motivasi 7 Mampu menjelaskan tentang kelompok dalam organisasi 8 Mampu menjelasakan tentang kekuasaan dalam organisas
ReferencesUtama : 1. Thoha, Miftah, 2016, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Raja Grafindo Persada, Jakarta 2. Winardi, 2015, Manajemen Perilaku Organisasi, Prenadamedia Group, Jakarta 3. Pareek, Udai, 1984, Perilaku Keorganisasian, Midas Surya Grafindo, Jakarta 4. Robbins, Stephan P, Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, Erlangga, Jakarta 5. Davis, Keith, 1989, Perilaku Dalam Organisasi, Erlangga, Jakarta 6. Modul Perilaku Organisasi Pendukung : 1. Wibowo, 2015, Perilaku Dalam Organisasi, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta 2. Subkhi, Ahmad, 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Prestasi Pustaka, Jakarta 3. Indrawijaya, Adam, 1986. Perilaku Organisasi. Penerbit SINAR BARU, Bandung
Details ...
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum menjelaskan konsep dasar perilaku organisasi, dan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi. Di samping itu, mata kuliah ini akan menjelaskan mengenai perilaku individu dan kelompok, persepsi, sikap kerja, dan kepuasan kerja para pekerja dalam organisasi. Pada bagian terakhir, mata kuliah ini akan menjelaskan tentang konsep konflik dan stress serta penanganannya dalam organisasi.
Learning OutcomesSub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) 1 Mampu menjelaskan pengertian, konsep dasar dan pentingnya perilaku organisasi 2 Mampu menjelaskan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi 3 Mampu menjelaskan perilaku individu dalam organsiasi 4 Mampu menjelaskan tentang persepsi individu dan dimensi-dimensi persepsi 5 Mampu menjelaskan tentang sikap dimensi sikap individu dan sikap kerja dan kepuasan kerja para pekerja 6 Mampu menjelaskan tentang motiv dan motivasi 7 Mampu menjelaskan tentang kelompok dalam organisasi 8 Mampu menjelasakan tentang kekuasaan dalam organisas
ReferencesUtama : 1. Thoha, Miftah, 2016, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Raja Grafindo Persada, Jakarta 2. Winardi, 2015, Manajemen Perilaku Organisasi, Prenadamedia Group, Jakarta 3. Pareek, Udai, 1984, Perilaku Keorganisasian, Midas Surya Grafindo, Jakarta 4. Robbins, Stephan P, Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, Erlangga, Jakarta 5. Davis, Keith, 1989, Perilaku Dalam Organisasi, Erlangga, Jakarta 6. Modul Perilaku Organisasi Pendukung : 1. Wibowo, 2015, Perilaku Dalam Organisasi, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta 2. Subkhi, Ahmad, 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Prestasi Pustaka, Jakarta 3. Indrawijaya, Adam, 1986. Perilaku Organisasi. Penerbit SINAR BARU, Bandung
Details ...
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum menjelaskan konsep dasar perilaku organisasi, dan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi. Di samping itu, mata kuliah ini akan menjelaskan mengenai perilaku individu dan kelompok, persepsi, sikap kerja, dan kepuasan kerja para pekerja dalam organisasi. Pada bagian terakhir, mata kuliah ini akan menjelaskan tentang konsep konflik dan stress serta penanganannya dalam organisasi.
Learning OutcomesSub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) 1 Mampu menjelaskan pengertian, konsep dasar dan pentingnya perilaku organisasi 2 Mampu menjelaskan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi 3 Mampu menjelaskan perilaku individu dalam organsiasi 4 Mampu menjelaskan tentang persepsi individu dan dimensi-dimensi persepsi 5 Mampu menjelaskan tentang sikap dimensi sikap individu dan sikap kerja dan kepuasan kerja para pekerja 6 Mampu menjelaskan tentang motiv dan motivasi 7 Mampu menjelaskan tentang kelompok dalam organisasi 8 Mampu menjelasakan tentang kekuasaan dalam organisas
ReferencesUtama : 1. Thoha, Miftah, 2016, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Raja Grafindo Persada, Jakarta 2. Winardi, 2015, Manajemen Perilaku Organisasi, Prenadamedia Group, Jakarta 3. Pareek, Udai, 1984, Perilaku Keorganisasian, Midas Surya Grafindo, Jakarta 4. Robbins, Stephan P, Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, Erlangga, Jakarta 5. Davis, Keith, 1989, Perilaku Dalam Organisasi, Erlangga, Jakarta 6. Modul Perilaku Organisasi Pendukung : 1. Wibowo, 2015, Perilaku Dalam Organisasi, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta 2. Subkhi, Ahmad, 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Prestasi Pustaka, Jakarta 3. Indrawijaya, Adam, 1986. Perilaku Organisasi. Penerbit SINAR BARU, Bandung
Details ...
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum menjelaskan konsep dasar perilaku organisasi, dan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi. Di samping itu, mata kuliah ini akan menjelaskan mengenai perilaku individu dan kelompok, persepsi, sikap kerja, dan kepuasan kerja para pekerja dalam organisasi. Pada bagian terakhir, mata kuliah ini akan menjelaskan tentang konsep konflik dan stress serta penanganannya dalam organisasi.
Learning OutcomesSub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) 1 Mampu menjelaskan pengertian, konsep dasar dan pentingnya perilaku organisasi 2 Mampu menjelaskan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi 3 Mampu menjelaskan perilaku individu dalam organsiasi 4 Mampu menjelaskan tentang persepsi individu dan dimensi-dimensi persepsi 5 Mampu menjelaskan tentang sikap dimensi sikap individu dan sikap kerja dan kepuasan kerja para pekerja 6 Mampu menjelaskan tentang motiv dan motivasi 7 Mampu menjelaskan tentang kelompok dalam organisasi 8 Mampu menjelasakan tentang kekuasaan dalam organisas
ReferencesUtama : 1. Thoha, Miftah, 2016, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Raja Grafindo Persada, Jakarta 2. Winardi, 2015, Manajemen Perilaku Organisasi, Prenadamedia Group, Jakarta 3. Pareek, Udai, 1984, Perilaku Keorganisasian, Midas Surya Grafindo, Jakarta 4. Robbins, Stephan P, Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, Erlangga, Jakarta 5. Davis, Keith, 1989, Perilaku Dalam Organisasi, Erlangga, Jakarta 6. Modul Perilaku Organisasi Pendukung : 1. Wibowo, 2015, Perilaku Dalam Organisasi, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta 2. Subkhi, Ahmad, 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Prestasi Pustaka, Jakarta 3. Indrawijaya, Adam, 1986. Perilaku Organisasi. Penerbit SINAR BARU, Bandung
Details ...
Meningkatkan kepekaan mahasiswa untuk menyadari pentingnya pemahaman perilaku manusia dalam organisasi serta implikasinya pada efisiensi dan efektifitas organisasi. 2. Mengembangkan wawasan mahasiswa tentang perilaku manusia yg bersifat dinamis sebagai dasar dalam aktivitas menjalankan fungsi-fungsi manajemen. 3. Memberikan pemahaman tentang sikap, persepsi, kemampuan pembelajaran, perasaan, dan tujuan individu dapat mempengaruhi kinerja organisasi. 4. Memberikan pemahaman tentang dampak dari perubahan pada perilaku kelompok dan perilaku organisasi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mendiagnosa sekaligus memberikan solusi terhadap masalah
Learning OutcomesMata kuliah ini membahas tentang perilaku individu dan kelompok dalam konteks organisasi. Konsep yang dijelaskan dalam perkuliahan secara spesifik berdasarkan tiga karakteristik umum; perilaku individu dan kelompok, struktur organisasi (meliputi desain dan hubungan antar pekerjaan dalam organisasi) dan proses (komunikasi dan pengambilan keputusan). Bidang yang dipelajari meliputi teori, metode dan prinsip-prinsip dari berbagai disiplin untuk mempelajari tentang persepsi individu, nilai-nilai, kemampuan pembelajaran, dan tindakan-tindakan di tempat kerja, baik dalam kelompok maupun dalam organisasi. Bidang ilmu perilaku organisasi ini dibangun dari berbagai disiplin ilmu seperti: psikologi, sosiologi, psikologi sosial, ilmu politik, dan antropologi. Fokus dalam perkuliahan ini adalah pemahaman dan pengarahan perilaku manusia sebagai penggerak organisasi untuk mencapai keefektifan suatu organisasi. Mata kuliah ini merupkan orientasi humanistik yang mengamati perilaku dari tiga level (individu, kelompok, dan organisasi), dimana ketiga level tersebut dipengaruhi oleh lingkungan eksternal.
ReferencesGibson, Ivancevich, Donnelly, 2011. Organizations: Behavior, Structure, and Process. Boston: McGraw – Hill. (GID)
Robbins, Stephen P., 2013. Organizational Behavior, New Jersey: Prentice Hall, Inc. Kreitner, Robert and Angelo Kinicki, 2010. Organizational Behavior, Ninth Edition, Chicago: Richard D. Irwin Inc.
Details ...
Meningkatkan kepekaan mahasiswa untuk menyadari pentingnya pemahaman perilaku manusia dalam organisasi serta implikasinya pada efisiensi dan efektifitas organisasi. 2. Mengembangkan wawasan mahasiswa tentang perilaku manusia yg bersifat dinamis sebagai dasar dalam aktivitas menjalankan fungsi-fungsi manajemen. 3. Memberikan pemahaman tentang sikap, persepsi, kemampuan pembelajaran, perasaan, dan tujuan individu dapat mempengaruhi kinerja organisasi. 4. Memberikan pemahaman tentang dampak dari perubahan pada perilaku kelompok dan perilaku organisasi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mendiagnosa sekaligus memberikan solusi terhadap masalah
Learning OutcomesMata kuliah ini membahas tentang perilaku individu dan kelompok dalam konteks organisasi. Konsep yang dijelaskan dalam perkuliahan secara spesifik berdasarkan tiga karakteristik umum; perilaku individu dan kelompok, struktur organisasi (meliputi desain dan hubungan antar pekerjaan dalam organisasi) dan proses (komunikasi dan pengambilan keputusan). Bidang yang dipelajari meliputi teori, metode dan prinsip-prinsip dari berbagai disiplin untuk mempelajari tentang persepsi individu, nilai-nilai, kemampuan pembelajaran, dan tindakan-tindakan di tempat kerja, baik dalam kelompok maupun dalam organisasi. Bidang ilmu perilaku organisasi ini dibangun dari berbagai disiplin ilmu seperti: psikologi, sosiologi, psikologi sosial, ilmu politik, dan antropologi. Fokus dalam perkuliahan ini adalah pemahaman dan pengarahan perilaku manusia sebagai penggerak organisasi untuk mencapai keefektifan suatu organisasi. Mata kuliah ini merupkan orientasi humanistik yang mengamati perilaku dari tiga level (individu, kelompok, dan organisasi), dimana ketiga level tersebut dipengaruhi oleh lingkungan eksternal.
ReferencesGibson, Ivancevich, Donnelly, 2011. Organizations: Behavior, Structure, and Process. Boston: McGraw – Hill. (GID)
Robbins, Stephen P., 2013. Organizational Behavior, New Jersey: Prentice Hall, Inc. Kreitner, Robert and Angelo Kinicki, 2010. Organizational Behavior, Ninth Edition, Chicago: Richard D. Irwin Inc.
Details ...