Sosiolingusitik, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSOCIOLINGUISTICS
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS23 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa PBSI semester III dengan beban 2 sks dalam satu semester. Mata kuliah Sosiolinguistik merupakan mata kuliah priodier yang diambill setelah mahasiswa mengikuti mata kuliah Linguistik Umum pada semester I  dengan beban sks yang sama. Tema besar dalam materi yang diperoleh mahasiswa melalui mata kuliah ini adalah kaitan antara ilmu Linguistik dan ilmu Sosiologi sebagai salah satu bagian dari makrolinguistik. 

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S4)
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5)
  3.  Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
  4. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
  5. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
  6. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
  7. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1)

References

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Tim Penyusun. 1997. Dasar-dasar Linguisitk Umum. Jakarta: Fakultas Sastra UI.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa PBSI semester III dengan beban 2 sks dalam satu semester. Mata kuliah Sosiolinguistik merupakan mata kuliah priodier yang diambill setelah mahasiswa mengikuti mata kuliah Linguistik Umum pada semester I  dengan beban sks yang sama. Tema besar dalam materi yang diperoleh mahasiswa melalui mata kuliah ini adalah kaitan antara ilmu Linguistik dan ilmu Sosiologi sebagai salah satu bagian dari makrolinguistik. 

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S4)
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5)
  3.  Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
  4. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
  5. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
  6. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
  7. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1)

References

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Tim Penyusun. 1997. Dasar-dasar Linguisitk Umum. Jakarta: Fakultas Sastra UI.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa PBSI semester III dengan beban 2 sks dalam satu semester. Mata kuliah Sosiolinguistik merupakan mata kuliah priodier yang diambill setelah mahasiswa mengikuti mata kuliah Linguistik Umum pada semester I  dengan beban sks yang sama. Tema besar dalam materi yang diperoleh mahasiswa melalui mata kuliah ini adalah kaitan antara ilmu Linguistik dan ilmu Sosiologi sebagai salah satu bagian dari makrolinguistik. 

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S4)
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5)
  3.  Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
  4. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
  5. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
  6. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
  7. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1)

References

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Tim Penyusun. 1997. Dasar-dasar Linguisitk Umum. Jakarta: Fakultas Sastra UI.

 


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.

2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan

dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.

3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain

atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.

4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.

2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan

dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.

3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain

atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.

4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.

2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan

dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.

3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain

atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.

4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.

2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan

dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.

3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain

atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.

4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.

2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan

dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.

3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain

atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.

4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.

2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan

dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.

3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain

atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.

4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.

2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan

dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.

3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain

atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.

4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.

2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan

dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.

3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain

atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.

4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.

2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan

dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.

3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain

atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.

4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...