Courser in English | SOCIOLINGUISTICS |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 23 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa PBSI semester III dengan beban 2 sks dalam satu semester. Mata kuliah Sosiolinguistik merupakan mata kuliah priodier yang diambill setelah mahasiswa mengikuti mata kuliah Linguistik Umum pada semester I dengan beban sks yang sama. Tema besar dalam materi yang diperoleh mahasiswa melalui mata kuliah ini adalah kaitan antara ilmu Linguistik dan ilmu Sosiologi sebagai salah satu bagian dari makrolinguistik.
Learning Outcomes- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S4)
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5)
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
- Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1)
Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.
Tim Penyusun. 1997. Dasar-dasar Linguisitk Umum. Jakarta: Fakultas Sastra UI.
Details ...
Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa PBSI semester III dengan beban 2 sks dalam satu semester. Mata kuliah Sosiolinguistik merupakan mata kuliah priodier yang diambill setelah mahasiswa mengikuti mata kuliah Linguistik Umum pada semester I dengan beban sks yang sama. Tema besar dalam materi yang diperoleh mahasiswa melalui mata kuliah ini adalah kaitan antara ilmu Linguistik dan ilmu Sosiologi sebagai salah satu bagian dari makrolinguistik.
Learning Outcomes- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S4)
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5)
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
- Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1)
Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.
Tim Penyusun. 1997. Dasar-dasar Linguisitk Umum. Jakarta: Fakultas Sastra UI.
Details ...
Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa PBSI semester III dengan beban 2 sks dalam satu semester. Mata kuliah Sosiolinguistik merupakan mata kuliah priodier yang diambill setelah mahasiswa mengikuti mata kuliah Linguistik Umum pada semester I dengan beban sks yang sama. Tema besar dalam materi yang diperoleh mahasiswa melalui mata kuliah ini adalah kaitan antara ilmu Linguistik dan ilmu Sosiologi sebagai salah satu bagian dari makrolinguistik.
Learning Outcomes- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S4)
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5)
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
- Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1)
Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.
Tim Penyusun. 1997. Dasar-dasar Linguisitk Umum. Jakarta: Fakultas Sastra UI.
Details ...
Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.
Learning Outcomes1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.
2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.
3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain
atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.
4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.
ReferencesChaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.
Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.
Details ...
Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.
Learning Outcomes1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.
2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.
3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain
atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.
4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.
ReferencesChaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.
Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.
Details ...
Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.
Learning Outcomes1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.
2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.
3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain
atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.
4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.
ReferencesChaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.
Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.
Details ...
Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.
Learning Outcomes1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.
2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.
3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain
atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.
4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.
ReferencesChaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.
Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.
Details ...
Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.
Learning Outcomes1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.
2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.
3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain
atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.
4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.
ReferencesChaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.
Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.
Details ...
Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.
Learning Outcomes1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.
2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.
3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain
atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.
4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.
ReferencesChaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.
Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.
Details ...
Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.
Learning Outcomes1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.
2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.
3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain
atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.
4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.
ReferencesChaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.
Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.
Details ...
Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.
Learning Outcomes1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.
2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.
3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain
atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.
4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.
ReferencesChaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.
Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.
Details ...
Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.
Learning Outcomes1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.
2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.
3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain
atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.
4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.
ReferencesChaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.
Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.
Details ...