Sosiolingusitik, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSOCIOLINGUISTICS
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS23 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.

2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan

dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.

3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain

atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.

4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

sosiolinguistik merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semseter III denfan beban 2 sks. Mata kuliah ini merupakan satu cabang ilmu linguistik makro yang menggabungkan ilmu bahasa dengan ilmu sosial. Beragam hal mengenai penggunaan bahasa dalam masyarakat, variasi bahasa yang ada, sampai dengan pemertahanan, pergeseran, juga kepunahan bahasa pun di bahas dalam ilmu ini. Tujuan utama pemberian mata kuliah ini adalah bahwa mahasiswa dapat memahami pengunaan bahasa dalam kehidupan sosial dan bahwa bahasa dan masyarakat serta penggunaan bahasa dalam masyarakat merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Learning Outcomes

1. Sikap: Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

2. Keterampilan umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

3. Keterampilan khusus: Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.

4. Penguasaan pengetahuan: Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.

References

Aslinda dan Leni Syafyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama

Chaer, Abdul. dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Holmes, Janet. 1992. An Introduction to Sociolinguitics. England: Longman

Mesthrie, Rejend, dkk. 2000. Introducing Sociolinguistis. Edinburgh: Edinburgh University Press.

 


Details ...
Course Descriptions

sosiolinguistik merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semseter III denfan beban 2 sks. Mata kuliah ini merupakan satu cabang ilmu linguistik makro yang menggabungkan ilmu bahasa dengan ilmu sosial. Beragam hal mengenai penggunaan bahasa dalam masyarakat, variasi bahasa yang ada, sampai dengan pemertahanan, pergeseran, juga kepunahan bahasa pun di bahas dalam ilmu ini. Tujuan utama pemberian mata kuliah ini adalah bahwa mahasiswa dapat memahami pengunaan bahasa dalam kehidupan sosial dan bahwa bahasa dan masyarakat serta penggunaan bahasa dalam masyarakat merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Learning Outcomes

1. Sikap: Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

2. Keterampilan umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

3. Keterampilan khusus: Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.

4. Penguasaan pengetahuan: Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.

References

Aslinda dan Leni Syafyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama

Chaer, Abdul. dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Holmes, Janet. 1992. An Introduction to Sociolinguitics. England: Longman

Mesthrie, Rejend, dkk. 2000. Introducing Sociolinguistis. Edinburgh: Edinburgh University Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.

2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan

dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.

3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain

atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.

4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

1. Sikap: menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.

2. Keterampilan Umum: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan.atau implementasi ilmu pengetahuan

dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.

3. Keterampilan Khusus: mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain

atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.

4. Penguasaan Pengetahuan: menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

  1. Sikap                             : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.
  2. Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan. atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.
  3. Keterampilan Khusus    : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.
  4. Penguasaan Pengetahuan : Menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

  1. Sikap                             : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.
  2. Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan. atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.
  3. Keterampilan Khusus    : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.
  4. Penguasaan Pengetahuan : Menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pemahaman tentang latar belakang sosial pemakaian bahasa yang bervariasi menurut situasi penuturan, partisipasi penutur, tujuan penuturan, penggunaan kata dan istilah khusus, norma-norma sosial, dan genre yang digunakan dalam rangka membentuk sikap kebahasaan.

Learning Outcomes

  1. Sikap                             : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri.
  2. Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan. atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik.
  3. Keterampilan Khusus    : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik.
  4. Penguasaan Pengetahuan : Menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik.

References

Chaer, Abdul, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan satu cabang ilmu linguistik yang melingkupi ilmu bahasa dan ilmu sosial. Dengan demikian, di dalamnya dibahas mengenai bahasa dalam kehidupan masyarakat yang heterogen. Pada mata kuliah ini, dibahas fenomena bahasa dalam masyarakat yang bervariasi berupa variasi bahasa, kondisi masyarakat yang bilingual dan diglosia, penggunaan kode bahasa berupa alih kode dan campur kode, inteferensi dan integrasi, sikap dan pemilihan bahasa, perubahan bahasa, pergeseran dan pemertahanan bahasa, sampai pada perencanaan bahasa di suatu negara.

Learning Outcomes

  1. Sikap                              : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri;
  2. Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik
  3. Keterampilan Khusus     : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik
  4. Penguasaan Pengetahuan :Menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik

References

Chaer, Abdul. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan satu cabang ilmu linguistik yang melingkupi ilmu bahasa dan ilmu sosial. Dengan demikian, di dalamnya dibahas mengenai bahasa dalam kehidupan masyarakat yang heterogen. Pada mata kuliah ini, dibahas fenomena bahasa dalam masyarakat yang bervariasi berupa variasi bahasa, kondisi masyarakat yang bilingual dan diglosia, penggunaan kode bahasa berupa alih kode dan campur kode, inteferensi dan integrasi, sikap dan pemilihan bahasa, perubahan bahasa, pergeseran dan pemertahanan bahasa, sampai pada perencanaan bahasa di suatu negara.

Learning Outcomes

  1. Sikap                              : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri;
  2. Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik
  3. Keterampilan Khusus     : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik
  4. Penguasaan Pengetahuan :Menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik

References

Chaer, Abdul. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan satu cabang ilmu linguistik yang melingkupi ilmu bahasa dan ilmu sosial. Dengan demikian, di dalamnya dibahas mengenai bahasa dalam kehidupan masyarakat yang heterogen. Pada mata kuliah ini, dibahas fenomena bahasa dalam masyarakat yang bervariasi berupa variasi bahasa, kondisi masyarakat yang bilingual dan diglosia, penggunaan kode bahasa berupa alih kode dan campur kode, inteferensi dan integrasi, sikap dan pemilihan bahasa, perubahan bahasa, pergeseran dan pemertahanan bahasa, sampai pada perencanaan bahasa di suatu negara.

Learning Outcomes

  1. Sikap                              : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sosiolinguistik secara mandiri;
  2. Keterampilan Umum     : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang sosiolinguistik
  3. Keterampilan Khusus     : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran sosiolinguistik
  4. Penguasaan Pengetahuan :Menguasai konsep teori pengembangan sosiolinguistik

References

Chaer, Abdul. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Holmes, Janet. 1995. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman Publishing.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2001. Introducing Sosioliguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.


Details ...