Etika Profesi Kependidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishETHICS OF EDUCATIONAL PROFESSION
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS22 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas. 

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengem-

bangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta 

kode etik guru dan etika profesi guru    

 

References

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   

 
 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas. 

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengem-

bangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta 

kode etik guru dan etika profesi guru    

 

References

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   

 
 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas. 

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengem-

bangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta 

kode etik guru dan etika profesi guru    

 

References

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   

 
 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas.

Learning Outcomes

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengembangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta  kode etik guru dan etika profesi guru    

 

References

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas.

Learning Outcomes

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengembangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta  kode etik guru dan etika profesi guru    

 

References

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas.

Learning Outcomes

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengembangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta  kode etik guru dan etika profesi guru    

 

References

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas.

Learning Outcomes

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengembangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta  kode etik guru dan etika profesi guru    

 

References

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas.

Learning Outcomes

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengembangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta  kode etik guru dan etika profesi guru    

 

References

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas.

Learning Outcomes

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengembangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta  kode etik guru dan etika profesi guru    

 

References

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   


Details ...
Course Descriptions

VMatakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas. V

Learning Outcomes

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengem-

bangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta 

kode etik guru dan etika profesi guru    

References

  1. REFERENSI

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   


Details ...