Courser in English | ETHICS OF EDUCATIONAL PROFESSION |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 22 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini membahas hakikat ajaran moral untuk memperoleh orientasi kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru dan profesi tenaga kependidikan lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas dan Partisipasi dan aktivitas kelas.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN:
Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pengem-
bangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru serta
kode etik guru dan etika profesi guru
References
1. Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru
- Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
2. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
3. Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama
Details ...
Matakuliah ini membahas hakikat ajaran moral untuk memperoleh orientasi kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru dan profesi tenaga kependidikan lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas dan Partisipasi dan aktivitas kelas.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN:
Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pengem-
bangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru serta
kode etik guru dan etika profesi guru
References
1. Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru
- Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
2. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
3. Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama
Details ...
Matakuliah ini membahas hakikat ajaran moral untuk memperoleh orientasi kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru dan profesi tenaga kependidikan lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas dan Partisipasi dan aktivitas kelas.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN:
Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pengem-
bangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru serta
kode etik guru dan etika profesi guru
References
1. Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru
- Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
2. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
3. Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama
Details ...
Matakuliah ini membahas hakikat ajaran moral untuk memperoleh orientasi kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru dan profesi tenaga kependidikan lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas dan Partisipasi dan aktivitas kelas.
Learning OutcomesMelalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pengembangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru serta kode etik guru dan etika profesi guru
References
1. Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru
- Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
2. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
3. Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama
Details ...
Matakuliah ini membahas hakikat ajaran moral untuk memperoleh orientasi kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru dan profesi tenaga kependidikan lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas dan Partisipasi dan aktivitas kelas.
Learning OutcomesMelalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pengembangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru serta kode etik guru dan etika profesi guru
References
1. Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru
- Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
2. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
3. Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama
Details ...
Matakuliah ini membahas hakikat ajaran moral untuk memperoleh orientasi kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru dan profesi tenaga kependidikan lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas dan Partisipasi dan aktivitas kelas.
Learning OutcomesMelalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pengembangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru serta kode etik guru dan etika profesi guru
References
1. Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru
- Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
2. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
3. Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama
Details ...
Matakuliah ini membahas hakikat ajaran moral untuk memperoleh orientasi kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru dan profesi tenaga kependidikan lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas dan Partisipasi dan aktivitas kelas.
Learning OutcomesMelalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pengembangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru serta kode etik guru dan etika profesi guru
References
1. Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru
- Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
2. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
3. Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama
Details ...
Matakuliah ini membahas hakikat ajaran moral untuk memperoleh orientasi kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru dan profesi tenaga kependidikan lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas dan Partisipasi dan aktivitas kelas.
Learning OutcomesMelalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pengembangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru serta kode etik guru dan etika profesi guru
References
1. Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru
- Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
2. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
3. Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama
Details ...
Matakuliah ini membahas hakikat ajaran moral untuk memperoleh orientasi kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru dan profesi tenaga kependidikan lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas dan Partisipasi dan aktivitas kelas.
Learning OutcomesMelalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pengembangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru serta kode etik guru dan etika profesi guru
References
1. Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru
- Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
2. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
3. Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama
Details ...
VMatakuliah ini membahas hakikat ajaran moral untuk memperoleh orientasi kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru dan profesi tenaga kependidikan lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas dan Partisipasi dan aktivitas kelas. V
Learning OutcomesMelalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pengem-
bangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru serta
kode etik guru dan etika profesi guru
References- REFERENSI
1. Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru
- Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
2. Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
3. Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama
Details ...