Etika Profesi Kependidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishETHICS OF EDUCATIONAL PROFESSION
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS22 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

VMatakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas. V

Learning Outcomes

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengem-

bangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta 

kode etik guru dan etika profesi guru    

References

  1. REFERENSI

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   


Details ...
Course Descriptions

VMatakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas. V

Learning Outcomes

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengem-

bangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta 

kode etik guru dan etika profesi guru    

References

  1. REFERENSI

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   


Details ...
Course Descriptions

VMatakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas. V

Learning Outcomes

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengem-

bangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta 

kode etik guru dan etika profesi guru    

References

  1. REFERENSI

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   


Details ...
Course Descriptions

VMatakuliah  ini  membahas  hakikat  ajaran  moral  untuk  memperoleh  orientasi  kritis  sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral  dan  tindakan  moral  terkait  dengan  profesi  guru  dan  profesi  tenaga  kependidikan  lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi  mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas  dan Partisipasi dan aktivitas kelas. V

Learning Outcomes

Melalui  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  konsep  konsep  pengem-

bangan  profesi  guru  dan  melaksanakan  upaya  pengembangan  profesi  guru  serta 

kode etik guru dan etika profesi guru    

References

  1. REFERENSI

1.  Perundang-undangan Pendidikan:

-    UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas 

-   UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 

-   PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 

-   Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi 

-   Permendiknas  No.  16  Tahun  2007  tentang  Kualifikasi  dan  Kompetensi Guru 

-   Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian 

-   Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses 

-   Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan  Angka Kreditnya 

2.  Samana. 1994.  Profesionalisme Keguruan.  Yogyakarta: Kanisius. 

3.  Saondi O, dkk. 2012.  Etika Profesi Keguruan . Bandung: Aditama   


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik

Learning Outcomes

ketrampilan sikap, ketrampilan umum, ketrampilan khusus, penguasaan pengetahuan  

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2015. Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

 

Soegeng Ysh., A.Y. 2013. Etika Profesi Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik

Learning Outcomes

ketrampilan sikap, ketrampilan umum, ketrampilan khusus, penguasaan pengetahuan  

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2015. Etika Pancasila: Nilai-nilai Pembentuk Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

 

Soegeng Ysh., A.Y. 2013. Etika Profesi Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru PAUD; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan AUD; permasalahan dan kebutuhan guru AUD dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan

Learning Outcomes

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang profesi guru utamanya adalah pengembangan profesi guru.  Mata kuliah ini mempelajari tentang kebijakan umum pembinaan  dan pengembangan guru, peningkatan kompetensi guru, penilaian kinerja guru, pengembangan karir guru, perlindungan dan penghargaan profesi guru, dan etika profeesi guru

References

Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru PAUD; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan AUD; permasalahan dan kebutuhan guru AUD dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan

Learning Outcomes

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang profesi guru utamanya adalah pengembangan profesi guru.  Mata kuliah ini mempelajari tentang kebijakan umum pembinaan  dan pengembangan guru, peningkatan kompetensi guru, penilaian kinerja guru, pengembangan karir guru, perlindungan dan penghargaan profesi guru, dan etika profeesi guru

References

Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru PAUD; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan AUD; permasalahan dan kebutuhan guru AUD dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;  peran guru dalam  administrasi dan supervisi pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap dan perilaku calon guru yang profesional

References

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  1. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  2. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  3. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  5. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  6. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  7. Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya 
  8. Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
  9. Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
  10. Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada. 
  11. Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta 
  12. Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book 
  13. Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 
  14. Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
  15. Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 
  16. Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet  Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta 
  17. Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang 
  18. Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
  19.  Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
  20.  Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013

 


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru PAUD; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan AUD; permasalahan dan kebutuhan guru AUD dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;  peran guru dalam  administrasi dan supervisi pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap dan perilaku calon guru yang profesional

References

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  1. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  2. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  3. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  5. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  6. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  7. Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya 
  8. Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
  9. Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
  10. Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada. 
  11. Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta 
  12. Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book 
  13. Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 
  14. Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
  15. Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 
  16. Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet  Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta 
  17. Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang 
  18. Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
  19.  Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
  20.  Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013

 


Details ...