Courser in English | Indonesian Language |
Program | Arsitektur |
SKS | 2 SKS |
RPS | 41 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
Learning OutcomesCPMK1 Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesia dengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK2 MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
CPMK3 Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK4 Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, KK8)
ReferencesUtama
1. Alwi, Hasan, dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
2. Hermawan, Herry.2012.Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
3. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
4. Tim Penyusun. 2021. Ejaan Yang Disempurnakan Edisi V. Jakarata: Kemendikbud.
Pendukung
1. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
2. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
3. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
4. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
5. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
6. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
7. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
Learning Outcomes
CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK) |
Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Bahasa Indonesia,mahasiswamampu: |
|
CPMK1 |
Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1) |
|
CPMK2 |
MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1) |
|
CPMK3 |
Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1) |
|
CPMK4 |
Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8) |
Referensi: |
|
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
Learning Outcomes
CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK) |
Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Bahasa Indonesia,mahasiswamampu: |
|
CPMK1 |
Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1) |
|
CPMK2 |
MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1) |
|
CPMK3 |
Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1) |
|
CPMK4 |
Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8) |
Referensi: |
|
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
Learning Outcomes
CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK) |
Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Bahasa Indonesia,mahasiswamampu: |
|
CPMK1 |
Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1) |
|
CPMK2 |
MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1) |
|
CPMK3 |
Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1) |
|
CPMK4 |
Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8) |
Referensi: |
|
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
Learning Outcomes
CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK) |
Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Bahasa Indonesia,mahasiswamampu: |
|
CPMK1 |
Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1) |
|
CPMK2 |
MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1) |
|
CPMK3 |
Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1) |
|
CPMK4 |
Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8) |
Referensi: |
|
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
Learning Outcomes
CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK) |
Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Bahasa Indonesia,mahasiswamampu: |
|
CPMK1 |
Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1) |
|
CPMK2 |
MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1) |
|
CPMK3 |
Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1) |
|
CPMK4 |
Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8) |
Referensi: |
|
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING
Learning OutcomesMenelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
Menganalisis Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)
1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
7. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING
Learning OutcomesMenelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
Menganalisis Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)
1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
7. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING
Learning OutcomesMenelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
Menganalisis Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)
1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
7. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Details ...