Courser in English | Indonesian Language |
Program | Arsitektur |
SKS | 2 SKS |
RPS | 41 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep dan teori Bahasa Indonesia
Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep dan teori Bahasa Indonesia
Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep dan teori Bahasa Indonesia
Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep dan teori Bahasa Indonesia
Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep dan teori Bahasa Indonesia
Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep dan teori Bahasa Indonesia
Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...
Mata kuliah umum (MKU) Bahasa Indonesia.
Learning OutcomesMata kuliah ini membekali mahasiswa perihal serbaneka khazanah teoretik dan praktik berbahasa Indonesia.
References-
Details ...
Mata kuliah umum (MKU) Bahasa Indonesia.
Learning OutcomesMata kuliah ini membekali mahasiswa perihal serbaneka khazanah teoretik dan praktik berbahasa Indonesia.
References-
Details ...
Mata kuliah umum (MKU) Bahasa Indonesia.
Learning OutcomesMata kuliah ini membekali mahasiswa perihal serbaneka khazanah teoretik dan praktik berbahasa Indonesia.
References-
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
Learning OutcomesCPMK1 Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesia dengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK2 MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
CPMK3 Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK4 Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, KK8)
ReferencesUtama
1. Alwi, Hasan, dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
2. Hermawan, Herry.2012.Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
3. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
4. Tim Penyusun. 2021. Ejaan Yang Disempurnakan Edisi V. Jakarata: Kemendikbud.
Pendukung
1. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
2. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
3. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
4. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
5. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
6. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
7. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
Learning OutcomesCPMK1 Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesia dengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK2 MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
CPMK3 Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK4 Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, KK8)
ReferencesUtama
1. Alwi, Hasan, dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
2. Hermawan, Herry.2012.Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
3. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
4. Tim Penyusun. 2021. Ejaan Yang Disempurnakan Edisi V. Jakarata: Kemendikbud.
Pendukung
1. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
2. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
3. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
4. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
5. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
6. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
7. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
Learning OutcomesCPMK1 Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesia dengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK2 MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
CPMK3 Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK4 Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, KK8)
ReferencesUtama
1. Alwi, Hasan, dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
2. Hermawan, Herry.2012.Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
3. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
4. Tim Penyusun. 2021. Ejaan Yang Disempurnakan Edisi V. Jakarata: Kemendikbud.
Pendukung
1. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
2. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
3. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
4. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
5. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
6. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
7. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Details ...