Landasan Kependidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishFUNDAMENTALS OF EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS49 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini membrikan bekal bagi para guru tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan dan hakikat pendidikan. Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar kependidikan yang diberikan kepada semua mahasiswa program studi pada LPTK. Materi mata kuliah ini mencakup: Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan, Landasan-landasan Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, Standar Nasional Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Subyek dan Obyek Pendidikan, Isi dan Metode Pendidikan, dan Tri Pusat Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahsiswa akan menguasai pokok-pokok pikiran tentang landasam kependidikan dan dapat menerapkannya dalam praksis pendidikan sebagai guru profesional.

References

DAFTAR PUSTAKA

1. Soegeng dan Abdullah. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS Press.

2. Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineke Cipta

3. Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

4. Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.

5. Surya, M; Hasim, A; dan Suwarno R.B. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

REFERENSI

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini membrikan bekal bagi para guru tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan dan hakikat pendidikan. Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar kependidikan yang diberikan kepada semua mahasiswa program studi pada LPTK. Materi mata kuliah ini mencakup: Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan, Landasan-landasan Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, Standar Nasional Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Subyek dan Obyek Pendidikan, Isi dan Metode Pendidikan, dan Tri Pusat Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahsiswa akan menguasai pokok-pokok pikiran tentang landasam kependidikan dan dapat menerapkannya dalam praksis pendidikan sebagai guru profesional.

References

DAFTAR PUSTAKA

1. Soegeng dan Abdullah. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS Press.

2. Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineke Cipta

3. Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

4. Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.

5. Surya, M; Hasim, A; dan Suwarno R.B. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

REFERENSI

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini membrikan bekal bagi para guru tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan dan hakikat pendidikan. Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar kependidikan yang diberikan kepada semua mahasiswa program studi pada LPTK. Materi mata kuliah ini mencakup: Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan, Landasan-landasan Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, Standar Nasional Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Subyek dan Obyek Pendidikan, Isi dan Metode Pendidikan, dan Tri Pusat Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahsiswa akan menguasai pokok-pokok pikiran tentang landasam kependidikan dan dapat menerapkannya dalam praksis pendidikan sebagai guru profesional.

References

DAFTAR PUSTAKA

1. Soegeng dan Abdullah. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS Press.

2. Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineke Cipta

3. Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

4. Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.

5. Surya, M; Hasim, A; dan Suwarno R.B. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

REFERENSI

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini membrikan bekal bagi para guru tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan dan hakikat pendidikan. Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar kependidikan yang diberikan kepada semua mahasiswa program studi pada LPTK. Materi mata kuliah ini mencakup: Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan, Landasan-landasan Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, Standar Nasional Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Subyek dan Obyek Pendidikan, Isi dan Metode Pendidikan, dan Tri Pusat Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahsiswa akan menguasai pokok-pokok pikiran tentang landasam kependidikan dan dapat menerapkannya dalam praksis pendidikan sebagai guru profesional.

References

DAFTAR PUSTAKA

1. Soegeng dan Abdullah. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS Press.

2. Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineke Cipta

3. Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

4. Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.

5. Surya, M; Hasim, A; dan Suwarno R.B. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

REFERENSI

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini membrikan bekal bagi para guru tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan dan hakikat pendidikan. Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar kependidikan yang diberikan kepada semua mahasiswa program studi pada LPTK. Materi mata kuliah ini mencakup: Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan, Landasan-landasan Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, Standar Nasional Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Subyek dan Obyek Pendidikan, Isi dan Metode Pendidikan, dan Tri Pusat Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahsiswa akan menguasai pokok-pokok pikiran tentang landasam kependidikan dan dapat menerapkannya dalam praksis pendidikan sebagai guru profesional.

References

DAFTAR PUSTAKA

1. Soegeng dan Abdullah. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS Press.

2. Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineke Cipta

3. Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

4. Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.

5. Surya, M; Hasim, A; dan Suwarno R.B. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

REFERENSI

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini membrikan bekal bagi para guru tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan dan hakikat pendidikan. Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar kependidikan yang diberikan kepada semua mahasiswa program studi pada LPTK. Materi mata kuliah ini mencakup: Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan, Landasan-landasan Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, Standar Nasional Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Subyek dan Obyek Pendidikan, Isi dan Metode Pendidikan, dan Tri Pusat Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahsiswa akan menguasai pokok-pokok pikiran tentang landasam kependidikan dan dapat menerapkannya dalam praksis pendidikan sebagai guru profesional.

References

DAFTAR PUSTAKA

1. Soegeng dan Abdullah. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS Press.

2. Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineke Cipta

3. Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

4. Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.

5. Surya, M; Hasim, A; dan Suwarno R.B. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

REFERENSI

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini membrikan bekal bagi para guru tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan dan hakikat pendidikan. Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar kependidikan yang diberikan kepada semua mahasiswa program studi pada LPTK. Materi mata kuliah ini mencakup: Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan, Landasan-landasan Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, Standar Nasional Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Subyek dan Obyek Pendidikan, Isi dan Metode Pendidikan, dan Tri Pusat Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahsiswa akan menguasai pokok-pokok pikiran tentang landasam kependidikan dan dapat menerapkannya dalam praksis pendidikan sebagai guru profesional.

References

DAFTAR PUSTAKA

1. Soegeng dan Abdullah. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS Press.

2. Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineke Cipta

3. Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

4. Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.

5. Surya, M; Hasim, A; dan Suwarno R.B. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

REFERENSI

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini membrikan bekal bagi para guru tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan dan hakikat pendidikan. Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar kependidikan yang diberikan kepada semua mahasiswa program studi pada LPTK. Materi mata kuliah ini mencakup: Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan, Landasan-landasan Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, Standar Nasional Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Subyek dan Obyek Pendidikan, Isi dan Metode Pendidikan, dan Tri Pusat Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahsiswa akan menguasai pokok-pokok pikiran tentang landasam kependidikan dan dapat menerapkannya dalam praksis pendidikan sebagai guru profesional.

References

DAFTAR PUSTAKA

1. Soegeng dan Abdullah. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS Press.

2. Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineke Cipta

3. Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

4. Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.

5. Surya, M; Hasim, A; dan Suwarno R.B. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

REFERENSI

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini membrikan bekal bagi para guru tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan dan hakikat pendidikan. Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar kependidikan yang diberikan kepada semua mahasiswa program studi pada LPTK. Materi mata kuliah ini mencakup: Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan, Landasan-landasan Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, Standar Nasional Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Subyek dan Obyek Pendidikan, Isi dan Metode Pendidikan, dan Tri Pusat Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahsiswa akan menguasai pokok-pokok pikiran tentang landasam kependidikan dan dapat menerapkannya dalam praksis pendidikan sebagai guru profesional.

References

DAFTAR PUSTAKA

1. Soegeng dan Abdullah. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS Press.

2. Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineke Cipta

3. Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

4. Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.

5. Surya, M; Hasim, A; dan Suwarno R.B. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

REFERENSI

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini membrikan bekal bagi para guru tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan dan hakikat pendidikan. Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar kependidikan yang diberikan kepada semua mahasiswa program studi pada LPTK. Materi mata kuliah ini mencakup: Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan, Landasan-landasan Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, Standar Nasional Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Subyek dan Obyek Pendidikan, Isi dan Metode Pendidikan, dan Tri Pusat Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahsiswa akan menguasai pokok-pokok pikiran tentang landasam kependidikan dan dapat menerapkannya dalam praksis pendidikan sebagai guru profesional.

References

DAFTAR PUSTAKA

1. Soegeng dan Abdullah. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS Press.

2. Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineke Cipta

3. Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

4. Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.

5. Surya, M; Hasim, A; dan Suwarno R.B. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

REFERENSI

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru. Mata kuliah ini membrikan bekal bagi para guru tentang hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan dan hakikat pendidikan. Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar kependidikan yang diberikan kepada semua mahasiswa program studi pada LPTK. Materi mata kuliah ini mencakup: Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan, Landasan-landasan Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, Standar Nasional Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Subyek dan Obyek Pendidikan, Isi dan Metode Pendidikan, dan Tri Pusat Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahsiswa akan menguasai pokok-pokok pikiran tentang landasam kependidikan dan dapat menerapkannya dalam praksis pendidikan sebagai guru profesional.

References

DAFTAR PUSTAKA

1. Soegeng dan Abdullah. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS Press.

2. Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineke Cipta

3. Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

4. Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.

5. Surya, M; Hasim, A; dan Suwarno R.B. 2010. Landasan Pendidikan: Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

REFERENSI

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru Sekolah Dasar/Pendidik profesonal berjatidiri (karakter nasionalis-religius-ke-PGRI-an), yang mampu mengungkap dan memecahkan berbagai masalah kependidikan, utamanya “pendidikan formal” di Sekolah Dasar. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pengertian Kependidikan, (2) Landasan Hukum Kependidikan, (3) Landasan Sejarah Kependidikan, (4) Landasan Ideologis Kependidikan: Pancasila sebagai Paradigma Pengembangan IPTEK, (5) Landasan Ideologi Kependidikan: Pancasila dalam Kehidupan Kampus, (6) Landasan Pedagogis Kependidikan: Pendidikan dan Pengajaran, Mendidik dan Mengajar, (7) Landasan Psikologis Kependidikan, (8) Landasan Sosial Budaya Kependidikan, (9) Landasan Moral Kependidikan, (10) Landasan Filosofis Kependidikan: Hakikat Manusia, (11) Landasan Filosofis Kependidikan: Aliran-aliran Pendidikan, (12) Landasan Religius Kependidikan, (13) Landasan Sistem Kependidikan, dan (14) Praksis Pendidikan dan Masalah-masalahnya.

Learning Outcomes

  1.  Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.


Details ...