Courser in English | EDUCATIONAL FOUNDATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 49 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu8; landasan dan ilmi bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; leingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan; pendidikan karakter.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan teori pendidikan serta meneraspkannya di dalam praksis pendidikan.
ReferencesSoegeng Ysh., A.Y. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.
- Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: penerbit Buku Kompas
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar yang mencakupi (1) pengantar ilmu pendidikan dan (2) landasan pendidikan karakter, masing-masing sebagai bekal calon guru/pendidik dalam melaksanakan tugas dalam praksis kependidikan.
- Pengantar Ilmu pendidikan: Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan.
- Landasan Pendidikan Karakter: Nilai sebagai isi pendidikan karakter; Agama asal dan tujuan pendidikan; Etika sebagai landasan pendidikan; Pancasila landasan pendidikan karakter; Kepribadian dan karakter serta budi pekerti; Pembelajaran pendidikan moral; Kebaikan dan keutamaan; Nilai-nilai kebebasan dan tanggung jawab; Nilai-nilaihak dan kewajiban; Tindakan prinsip dan kekuatan moran; dan moral seksual moral perkawinan dan moral hidup.
- Sikap:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
- berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar.
Buku Wajib
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Buku Anjuran
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar yang mencakupi (1) pengantar ilmu pendidikan dan (2) landasan pendidikan karakter, masing-masing sebagai bekal calon guru/pendidik dalam melaksanakan tugas dalam praksis kependidikan.
- Pengantar Ilmu pendidikan: Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan.
- Landasan Pendidikan Karakter: Nilai sebagai isi pendidikan karakter; Agama asal dan tujuan pendidikan; Etika sebagai landasan pendidikan; Pancasila landasan pendidikan karakter; Kepribadian dan karakter serta budi pekerti; Pembelajaran pendidikan moral; Kebaikan dan keutamaan; Nilai-nilai kebebasan dan tanggung jawab; Nilai-nilaihak dan kewajiban; Tindakan prinsip dan kekuatan moran; dan moral seksual moral perkawinan dan moral hidup.
- Sikap:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
- berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar.
Buku Wajib
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Buku Anjuran
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar yang mencakupi (1) pengantar ilmu pendidikan dan (2) landasan pendidikan karakter, masing-masing sebagai bekal calon guru/pendidik dalam melaksanakan tugas dalam praksis kependidikan.
- Pengantar Ilmu pendidikan: Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan.
- Landasan Pendidikan Karakter: Nilai sebagai isi pendidikan karakter; Agama asal dan tujuan pendidikan; Etika sebagai landasan pendidikan; Pancasila landasan pendidikan karakter; Kepribadian dan karakter serta budi pekerti; Pembelajaran pendidikan moral; Kebaikan dan keutamaan; Nilai-nilai kebebasan dan tanggung jawab; Nilai-nilaihak dan kewajiban; Tindakan prinsip dan kekuatan moran; dan moral seksual moral perkawinan dan moral hidup.
- Sikap:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
- berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar.
Buku Wajib
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Buku Anjuran
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar yang mencakupi (1) pengantar ilmu pendidikan dan (2) landasan pendidikan karakter, masing-masing sebagai bekal calon guru/pendidik dalam melaksanakan tugas dalam praksis kependidikan.
- Pengantar Ilmu pendidikan: Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan.
- Landasan Pendidikan Karakter: Nilai sebagai isi pendidikan karakter; Agama asal dan tujuan pendidikan; Etika sebagai landasan pendidikan; Pancasila landasan pendidikan karakter; Kepribadian dan karakter serta budi pekerti; Pembelajaran pendidikan moral; Kebaikan dan keutamaan; Nilai-nilai kebebasan dan tanggung jawab; Nilai-nilaihak dan kewajiban; Tindakan prinsip dan kekuatan moran; dan moral seksual moral perkawinan dan moral hidup.
- Sikap:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
- berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar.
Buku Wajib
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Buku Anjuran
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar yang mencakupi (1) pengantar ilmu pendidikan dan (2) landasan pendidikan karakter, masing-masing sebagai bekal calon guru/pendidik dalam melaksanakan tugas dalam praksis kependidikan.
- Pengantar Ilmu pendidikan: Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan.
- Landasan Pendidikan Karakter: Nilai sebagai isi pendidikan karakter; Agama asal dan tujuan pendidikan; Etika sebagai landasan pendidikan; Pancasila landasan pendidikan karakter; Kepribadian dan karakter serta budi pekerti; Pembelajaran pendidikan moral; Kebaikan dan keutamaan; Nilai-nilai kebebasan dan tanggung jawab; Nilai-nilaihak dan kewajiban; Tindakan prinsip dan kekuatan moran; dan moral seksual moral perkawinan dan moral hidup.
- Sikap:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
- berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar.
Buku Wajib
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Buku Anjuran
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar yang mencakupi (1) pengantar ilmu pendidikan dan (2) landasan pendidikan karakter, masing-masing
sebagai bekal calon guru/pendidik dalam melaksanakan tugas dalam praksis kependidikan.
Pengantar Ilmu pendidikan: Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan
obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan.
Landasan Pendidikan Karakter: Nilai sebagai isi pendidikan karakter; Agama asal dan tujuan pendidikan; Etika sebagai landasan pendidikan;
Pancasila landasan pendidikan karakter; Kepribadian dan karakter serta budi pekerti; Pembelajaran pendidikan moral; Kebaikan dan keutamaan;
Nilai-nilai kebebasan dan tanggung jawab; Nilai-nilaihak dan kewajiban; Tindakan prinsip dan kekuatan moran; dan moral seksual moral perkawinan
dan moral hidup.
Sikap:
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral, dan etika;
berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
sekolah dasar.
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di
sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
sekolah dasar.
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di
sekolah dasar.
Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang
Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Buku Anjuran
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan
Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar yang mencakupi (1) pengantar ilmu pendidikan dan (2) landasan pendidikan karakter, masing-masing
sebagai bekal calon guru/pendidik dalam melaksanakan tugas dalam praksis kependidikan.
Pengantar Ilmu pendidikan: Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan
obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan.
Landasan Pendidikan Karakter: Nilai sebagai isi pendidikan karakter; Agama asal dan tujuan pendidikan; Etika sebagai landasan pendidikan;
Pancasila landasan pendidikan karakter; Kepribadian dan karakter serta budi pekerti; Pembelajaran pendidikan moral; Kebaikan dan keutamaan;
Nilai-nilai kebebasan dan tanggung jawab; Nilai-nilaihak dan kewajiban; Tindakan prinsip dan kekuatan moran; dan moral seksual moral perkawinan
dan moral hidup.
Sikap:
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral, dan etika;
berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
sekolah dasar.
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di
sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
sekolah dasar.
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di
sekolah dasar.
Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang
Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Buku Anjuran
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan
Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar yang mencakupi (1) pengantar ilmu pendidikan dan (2) landasan pendidikan karakter, masing-masing
sebagai bekal calon guru/pendidik dalam melaksanakan tugas dalam praksis kependidikan.
Pengantar Ilmu pendidikan: Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan
obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan.
Landasan Pendidikan Karakter: Nilai sebagai isi pendidikan karakter; Agama asal dan tujuan pendidikan; Etika sebagai landasan pendidikan;
Pancasila landasan pendidikan karakter; Kepribadian dan karakter serta budi pekerti; Pembelajaran pendidikan moral; Kebaikan dan keutamaan;
Nilai-nilai kebebasan dan tanggung jawab; Nilai-nilaihak dan kewajiban; Tindakan prinsip dan kekuatan moran; dan moral seksual moral perkawinan
dan moral hidup.
Sikap:
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral, dan etika;
berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
sekolah dasar.
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di
sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
sekolah dasar.
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di
sekolah dasar.
Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang
Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Buku Anjuran
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan
Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar yang mencakupi (1) pengantar ilmu pendidikan dan (2) landasan pendidikan karakter, masing-masing
sebagai bekal calon guru/pendidik dalam melaksanakan tugas dalam praksis kependidikan.
Pengantar Ilmu pendidikan: Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan
obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan.
Landasan Pendidikan Karakter: Nilai sebagai isi pendidikan karakter; Agama asal dan tujuan pendidikan; Etika sebagai landasan pendidikan;
Pancasila landasan pendidikan karakter; Kepribadian dan karakter serta budi pekerti; Pembelajaran pendidikan moral; Kebaikan dan keutamaan;
Nilai-nilai kebebasan dan tanggung jawab; Nilai-nilaihak dan kewajiban; Tindakan prinsip dan kekuatan moran; dan moral seksual moral perkawinan
dan moral hidup.
Sikap:
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral, dan etika;
berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
sekolah dasar.
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di
sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
sekolah dasar.
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di
sekolah dasar.
buku wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang
Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Buku Anjuran
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan
Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar yang mencakupi (1) pengantar ilmu pendidikan dan (2) landasan pendidikan karakter, masing-masing
sebagai bekal calon guru/pendidik dalam melaksanakan tugas dalam praksis kependidikan.
Pengantar Ilmu pendidikan: Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu; landasan dan ilmu bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan
obyek pendidikan; lingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan.
Landasan Pendidikan Karakter: Nilai sebagai isi pendidikan karakter; Agama asal dan tujuan pendidikan; Etika sebagai landasan pendidikan;
Pancasila landasan pendidikan karakter; Kepribadian dan karakter serta budi pekerti; Pembelajaran pendidikan moral; Kebaikan dan keutamaan;
Nilai-nilai kebebasan dan tanggung jawab; Nilai-nilaihak dan kewajiban; Tindakan prinsip dan kekuatan moran; dan moral seksual moral perkawinan
dan moral hidup.
Sikap:
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral, dan etika;
berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
sekolah dasar.
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di
sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di
sekolah dasar.
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di
sekolah dasar.
buku wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang
Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Buku Anjuran
Altbach, Philip G. – Robert F. Arnove – Gail P. Kolly (Eds.). 1982. Comparative Education. New York – London: Macmillan
Publishing Co., Inc.
Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan berbasis Mutu: pprinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ballantine, Jeanne H. N.d. The Psychology of Education: A`Systematic Analysis. New Jersey 07632: Prentice – Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Widiastono, Tonnhy D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Details ...