Konsep Dasar IPS, Curriculum : 2020


Courser in EnglishBASIC CONCEPT OF SOCIAL SCIENCE
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS28 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi dan Psikologi Sosial.

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis  hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis,  kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan dengan mandiri (S9, KU1, KK5, P4)

CPMK2

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian dalam menerapkan pengetahuan bidang studi  IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab  (S9, KU1, KK3, P4)   

CPMK3

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai dengan kaidah,  tata cara  dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki dengan menjunjung tinggi etika akademik (S8, KU3, KK5, P7)

CPMK4

Menelaah Konsep Dasar Sejarah, Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep dasar Politik dan Pemerintahan, konsep dasar psikologi sosial dan konsep gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK5, P14)

CPMK5

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (S10, KU3, KK9, P14)

CPMK6

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK9, P14)

Sub-CPMK1

Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1)

Sub-CPMK1

Mampu menganalisis karakteristik Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1)

Sub-CPMK2

Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum  dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2)

Sub-CPMK 2

Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2)

Sub-CPMK3

Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK 3)

Sub-CPMK3

Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK3)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep Donsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep Dasar Antropologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep dasar Politik dan Pemerintahan dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep dasar psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK5

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewirausahaan  (CPMK5)

 

Sub-CPMK5

Mampu mengembangkan Ketrampilan Dasar IPS dalam  konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (CPMK5)

Sub-CPMK6

Mampu membuat model konsep IPS terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian (CPMK6)

Sub-CPMK6

Mampu mengembangkan Konsep-konsep dasar IPS sebagai substansi  pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian  (CPMK6)

References

Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies

Giddens, Anthony. (1999). Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya. Cambridge: Polity Press

Salim, Agus. (2002).  Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang.  (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi dan Psikologi Sosial.

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis  hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis,  kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan dengan mandiri (S9, KU1, KK5, P4)

CPMK2

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian dalam menerapkan pengetahuan bidang studi  IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab  (S9, KU1, KK3, P4)   

CPMK3

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai dengan kaidah,  tata cara  dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki dengan menjunjung tinggi etika akademik (S8, KU3, KK5, P7)

CPMK4

Menelaah Konsep Dasar Sejarah, Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep dasar Politik dan Pemerintahan, konsep dasar psikologi sosial dan konsep gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK5, P14)

CPMK5

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (S10, KU3, KK9, P14)

CPMK6

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK9, P14)

Sub-CPMK1

Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1)

Sub-CPMK1

Mampu menganalisis karakteristik Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1)

Sub-CPMK2

Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum  dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2)

Sub-CPMK 2

Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2)

Sub-CPMK3

Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK 3)

Sub-CPMK3

Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK3)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep Donsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep Dasar Antropologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep dasar Politik dan Pemerintahan dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep dasar psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK5

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewirausahaan  (CPMK5)

 

Sub-CPMK5

Mampu mengembangkan Ketrampilan Dasar IPS dalam  konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (CPMK5)

Sub-CPMK6

Mampu membuat model konsep IPS terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian (CPMK6)

Sub-CPMK6

Mampu mengembangkan Konsep-konsep dasar IPS sebagai substansi  pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian  (CPMK6)

References

Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies

Giddens, Anthony. (1999). Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya. Cambridge: Polity Press

Salim, Agus. (2002).  Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang.  (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi dan Psikologi Sosial.

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis  hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis,  kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan dengan mandiri (S9, KU1, KK5, P4)

CPMK2

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian dalam menerapkan pengetahuan bidang studi  IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab  (S9, KU1, KK3, P4)   

CPMK3

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai dengan kaidah,  tata cara  dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki dengan menjunjung tinggi etika akademik (S8, KU3, KK5, P7)

CPMK4

Menelaah Konsep Dasar Sejarah, Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep dasar Politik dan Pemerintahan, konsep dasar psikologi sosial dan konsep gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK5, P14)

CPMK5

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (S10, KU3, KK9, P14)

CPMK6

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK9, P14)

Sub-CPMK1

Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1)

Sub-CPMK1

Mampu menganalisis karakteristik Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1)

Sub-CPMK2

Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum  dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2)

Sub-CPMK 2

Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2)

Sub-CPMK3

Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK 3)

Sub-CPMK3

Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK3)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep Donsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep Dasar Antropologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep dasar Politik dan Pemerintahan dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep dasar psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK5

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewirausahaan  (CPMK5)

 

Sub-CPMK5

Mampu mengembangkan Ketrampilan Dasar IPS dalam  konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (CPMK5)

Sub-CPMK6

Mampu membuat model konsep IPS terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian (CPMK6)

Sub-CPMK6

Mampu mengembangkan Konsep-konsep dasar IPS sebagai substansi  pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian  (CPMK6)

References

Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies

Giddens, Anthony. (1999). Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya. Cambridge: Polity Press

Salim, Agus. (2002).  Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang.  (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi dan Psikologi Sosial.

Learning Outcomes

CPMK1

Menganalisis  hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis,  kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan dengan mandiri (S9, KU1, KK5, P4)

CPMK2

Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian dalam menerapkan pengetahuan bidang studi  IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab  (S9, KU1, KK3, P4)   

CPMK3

Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai dengan kaidah,  tata cara  dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki dengan menjunjung tinggi etika akademik (S8, KU3, KK5, P7)

CPMK4

Menelaah Konsep Dasar Sejarah, Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep dasar Politik dan Pemerintahan, konsep dasar psikologi sosial dan konsep gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK5, P14)

CPMK5

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (S10, KU3, KK9, P14)

CPMK6

Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK9, P14)

Sub-CPMK1

Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1)

Sub-CPMK1

Mampu menganalisis karakteristik Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1)

Sub-CPMK2

Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum  dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2)

Sub-CPMK 2

Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2)

Sub-CPMK3

Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK 3)

Sub-CPMK3

Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK3)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep Donsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep Dasar Antropologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah Konsep dasar Politik dan Pemerintahan dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep dasar psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK4

Mampu menelaah konsep gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4)

Sub-CPMK5

Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewirausahaan  (CPMK5)

 

Sub-CPMK5

Mampu mengembangkan Ketrampilan Dasar IPS dalam  konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (CPMK5)

Sub-CPMK6

Mampu membuat model konsep IPS terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian (CPMK6)

Sub-CPMK6

Mampu mengembangkan Konsep-konsep dasar IPS sebagai substansi  pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian  (CPMK6)

References

Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies

Giddens, Anthony. (1999). Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya. Cambridge: Polity Press

Salim, Agus. (2002).  Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana

Supardan, Dadang.  (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara

Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press


Details ...