Courser in English | BASIC CONCEPT OF SOCIAL SCIENCE |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 28 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosial, dan Gender
Learning Outcomes
Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis karakter Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dengan penuh tanggung jawab
Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab
Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandiriian
Mampu menelaah Konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangunan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Antrologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi mengeuasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Politik dan Pemerintah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewarausahaan
Mampu mengembangkan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Mampu membuat model Konsep Dasar IPS Terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian
Mampu mengembangkan Konsep - Konsep Dasar IPS sebagai substansi pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies
Gidens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik - Kritiknya. Cambridge : Polity Press
Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana
Supardan, Dadang.(2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktual. Jakarta : Bumi Akasara
Widodo , Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS : Suatu Pendekatan Praktis . Semarang : IKIP PGRI Press
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosial, dan Gender
Learning Outcomes
Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis karakter Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dengan penuh tanggung jawab
Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab
Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandiriian
Mampu menelaah Konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangunan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Antrologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi mengeuasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Politik dan Pemerintah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewarausahaan
Mampu mengembangkan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Mampu membuat model Konsep Dasar IPS Terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian
Mampu mengembangkan Konsep - Konsep Dasar IPS sebagai substansi pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies
Gidens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik - Kritiknya. Cambridge : Polity Press
Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana
Supardan, Dadang.(2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktual. Jakarta : Bumi Akasara
Widodo , Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS : Suatu Pendekatan Praktis . Semarang : IKIP PGRI Press
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosial, dan Gender
Learning Outcomes
Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis karakter Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dengan penuh tanggung jawab
Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab
Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandiriian
Mampu menelaah Konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangunan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Antrologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi mengeuasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Politik dan Pemerintah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewarausahaan
Mampu mengembangkan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Mampu membuat model Konsep Dasar IPS Terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian
Mampu mengembangkan Konsep - Konsep Dasar IPS sebagai substansi pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies
Gidens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik - Kritiknya. Cambridge : Polity Press
Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana
Supardan, Dadang.(2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktual. Jakarta : Bumi Akasara
Widodo , Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS : Suatu Pendekatan Praktis . Semarang : IKIP PGRI Press
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosial, dan Gender
Learning Outcomes
Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis karakter Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dengan penuh tanggung jawab
Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab
Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandiriian
Mampu menelaah Konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangunan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Antrologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi mengeuasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Politik dan Pemerintah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewarausahaan
Mampu mengembangkan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Mampu membuat model Konsep Dasar IPS Terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian
Mampu mengembangkan Konsep - Konsep Dasar IPS sebagai substansi pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies
Gidens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik - Kritiknya. Cambridge : Polity Press
Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana
Supardan, Dadang.(2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktual. Jakarta : Bumi Akasara
Widodo , Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS : Suatu Pendekatan Praktis . Semarang : IKIP PGRI Press
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosial, dan Gender
Learning Outcomes
Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis karakter Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dengan penuh tanggung jawab
Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab
Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandiriian
Mampu menelaah Konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangunan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Antrologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi mengeuasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Politik dan Pemerintah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewarausahaan
Mampu mengembangkan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Mampu membuat model Konsep Dasar IPS Terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian
Mampu mengembangkan Konsep - Konsep Dasar IPS sebagai substansi pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies
Gidens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik - Kritiknya. Cambridge : Polity Press
Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana
Supardan, Dadang.(2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktual. Jakarta : Bumi Akasara
Widodo , Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS : Suatu Pendekatan Praktis . Semarang : IKIP PGRI Press
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosial, dan Gender
Learning Outcomes
Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis karakter Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dengan penuh tanggung jawab
Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab
Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandiriian
Mampu menelaah Konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangunan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Antrologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi mengeuasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Politik dan Pemerintah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewarausahaan
Mampu mengembangkan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Mampu membuat model Konsep Dasar IPS Terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian
Mampu mengembangkan Konsep - Konsep Dasar IPS sebagai substansi pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies
Gidens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik - Kritiknya. Cambridge : Polity Press
Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana
Supardan, Dadang.(2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktual. Jakarta : Bumi Akasara
Widodo , Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS : Suatu Pendekatan Praktis . Semarang : IKIP PGRI Press
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosial, dan Gender
Learning Outcomes
Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis karakter Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dengan penuh tanggung jawab
Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab
Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandiriian
Mampu menelaah Konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangunan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Antrologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi mengeuasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Politik dan Pemerintah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewarausahaan
Mampu mengembangkan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Mampu membuat model Konsep Dasar IPS Terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian
Mampu mengembangkan Konsep - Konsep Dasar IPS sebagai substansi pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies
Gidens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik - Kritiknya. Cambridge : Polity Press
Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana
Supardan, Dadang.(2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktual. Jakarta : Bumi Akasara
Widodo , Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS : Suatu Pendekatan Praktis . Semarang : IKIP PGRI Press
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan Konsep Dasar Ilmu - Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosial, dan Gender
Learning Outcomes
Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis karakter Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri
Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dengan penuh tanggung jawab
Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab
Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik
Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandiriian
Mampu menelaah Konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangunan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Antrologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi mengeuasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Politik dan Pemerintah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mampu menelaah Konsep Dasar Gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewarausahaan
Mampu mengembangkan Keterampilan Dasar IPS dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan
Mampu membuat model Konsep Dasar IPS Terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian
Mampu mengembangkan Konsep - Konsep Dasar IPS sebagai substansi pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian
ReferencesAnderson, Lee.(1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington: Indiana University Center for Sosial Studies
Gidens, Anthony.(1999). Jalan Ketiga & Kritik - Kritiknya. Cambridge : Polity Press
Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana
Supardan, Dadang.(2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktual. Jakarta : Bumi Akasara
Widodo , Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS : Suatu Pendekatan Praktis . Semarang : IKIP PGRI Press
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi dan Psikologi Sosial.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menganalisis hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan dengan mandiri (S9, KU1, KK5, P4) |
CPMK2 |
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab (S9, KU1, KK3, P4) |
CPMK3 |
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai dengan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki dengan menjunjung tinggi etika akademik (S8, KU3, KK5, P7) |
CPMK4 |
Menelaah Konsep Dasar Sejarah, Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep dasar Politik dan Pemerintahan, konsep dasar psikologi sosial dan konsep gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK5, P14) |
CPMK5 |
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (S10, KU3, KK9, P14) |
CPMK6 |
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK9, P14) |
Sub-CPMK1 |
Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1) |
Sub-CPMK1 |
Mampu menganalisis karakteristik Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1) |
Sub-CPMK2 |
Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2) |
Sub-CPMK 2 |
Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2) |
Sub-CPMK3 |
Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK 3) |
Sub-CPMK3 |
Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK3) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep Donsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep Dasar Antropologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep dasar Politik dan Pemerintahan dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep dasar psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK5 |
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewirausahaan (CPMK5)
|
Sub-CPMK5 |
Mampu mengembangkan Ketrampilan Dasar IPS dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (CPMK5) |
Sub-CPMK6 |
Mampu membuat model konsep IPS terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian (CPMK6) |
Sub-CPMK6 |
Mampu mengembangkan Konsep-konsep dasar IPS sebagai substansi pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian (CPMK6) |
Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies
Giddens, Anthony. (1999). Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya. Cambridge: Polity Press
Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi dan Psikologi Sosial.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menganalisis hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan dengan mandiri (S9, KU1, KK5, P4) |
CPMK2 |
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab (S9, KU1, KK3, P4) |
CPMK3 |
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai dengan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki dengan menjunjung tinggi etika akademik (S8, KU3, KK5, P7) |
CPMK4 |
Menelaah Konsep Dasar Sejarah, Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep dasar Politik dan Pemerintahan, konsep dasar psikologi sosial dan konsep gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK5, P14) |
CPMK5 |
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (S10, KU3, KK9, P14) |
CPMK6 |
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK9, P14) |
Sub-CPMK1 |
Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1) |
Sub-CPMK1 |
Mampu menganalisis karakteristik Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1) |
Sub-CPMK2 |
Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2) |
Sub-CPMK 2 |
Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2) |
Sub-CPMK3 |
Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK 3) |
Sub-CPMK3 |
Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK3) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep Donsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep Dasar Antropologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep dasar Politik dan Pemerintahan dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep dasar psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK5 |
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewirausahaan (CPMK5)
|
Sub-CPMK5 |
Mampu mengembangkan Ketrampilan Dasar IPS dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (CPMK5) |
Sub-CPMK6 |
Mampu membuat model konsep IPS terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian (CPMK6) |
Sub-CPMK6 |
Mampu mengembangkan Konsep-konsep dasar IPS sebagai substansi pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian (CPMK6) |
Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies
Giddens, Anthony. (1999). Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya. Cambridge: Polity Press
Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi dan Psikologi Sosial.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menganalisis hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan dengan mandiri (S9, KU1, KK5, P4) |
CPMK2 |
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab (S9, KU1, KK3, P4) |
CPMK3 |
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai dengan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki dengan menjunjung tinggi etika akademik (S8, KU3, KK5, P7) |
CPMK4 |
Menelaah Konsep Dasar Sejarah, Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep dasar Politik dan Pemerintahan, konsep dasar psikologi sosial dan konsep gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK5, P14) |
CPMK5 |
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (S10, KU3, KK9, P14) |
CPMK6 |
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK9, P14) |
Sub-CPMK1 |
Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1) |
Sub-CPMK1 |
Mampu menganalisis karakteristik Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1) |
Sub-CPMK2 |
Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2) |
Sub-CPMK 2 |
Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2) |
Sub-CPMK3 |
Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK 3) |
Sub-CPMK3 |
Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK3) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep Donsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep Dasar Antropologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep dasar Politik dan Pemerintahan dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep dasar psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK5 |
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewirausahaan (CPMK5)
|
Sub-CPMK5 |
Mampu mengembangkan Ketrampilan Dasar IPS dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (CPMK5) |
Sub-CPMK6 |
Mampu membuat model konsep IPS terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian (CPMK6) |
Sub-CPMK6 |
Mampu mengembangkan Konsep-konsep dasar IPS sebagai substansi pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian (CPMK6) |
Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies
Giddens, Anthony. (1999). Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya. Cambridge: Polity Press
Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang Hakikat IPS dan konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi dan Psikologi Sosial.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menganalisis hakikat dan Karakteristik Konsep Dasar IPS dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial dan teknologi dalam mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan dengan mandiri (S9, KU1, KK5, P4) |
CPMK2 |
Menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dan di Indonesia dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian dalam menerapkan pengetahuan bidang studi IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang diampu dengan penuh tanggung jawab (S9, KU1, KK3, P4) |
CPMK3 |
Mengkaji ruang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS yang memperhatikan nilai humaniora sesuai dengan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial pengembangan potensi mahasiswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki dengan menjunjung tinggi etika akademik (S8, KU3, KK5, P7) |
CPMK4 |
Menelaah Konsep Dasar Sejarah, Konsep Dasar Geografi, Konsep Dasar Ekonomi, Konsep Dasar Sosiologi, Konsep Dasar Antropologi, Konsep dasar Politik dan Pemerintahan, konsep dasar psikologi sosial dan konsep gender serta implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora untuk mengkonstruksi konsep dalam menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK5, P14) |
CPMK5 |
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (S10, KU3, KK9, P14) |
CPMK6 |
Membuat model konsep IPS terpadu dengan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi untuk mengembangkan konsep ilmu sosial yang inovatif dan keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (S10, KU3, KK9, P14) |
Sub-CPMK1 |
Mampu menganalisis hakikat Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1) |
Sub-CPMK1 |
Mampu menganalisis karakteristik Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dengan mandiri (CPMK 1) |
Sub-CPMK2 |
Mampu menganalisis Sejarah Perkembangan IPS secara umum dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2) |
Sub-CPMK 2 |
Mampu menganalisis sejarah perkembangan IPS di Indonesia dengan penuh tanggung jawab (CPMK 2) |
Sub-CPMK3 |
Mampu mengkaji ruang lingkup dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK 3) |
Sub-CPMK3 |
Mampu mengkaji cakupan konsep dasar IPS dengan menjunjung tinggi etika akademik (CPMK3) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep Dasar Sejarah dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep Dasar Geografi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep Donsep Dasar Ekonomi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep Dasar Sosiologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep Dasar Antropologi dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah Konsep dasar Politik dan Pemerintahan dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep dasar psikologi sosial dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK4 |
Mampu menelaah konsep gender dan implikasi pengembangan ilmu pengetahuan teknologi menguasai keterampilan kecakapan hidup dengan semangat kemandirian (CPMK4) |
Sub-CPMK5 |
Mengkreasikan Keterampilan Dasar IPS dengan mengambil keputusan secara tepat dengan semangat kewirausahaan (CPMK5)
|
Sub-CPMK5 |
Mampu mengembangkan Ketrampilan Dasar IPS dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi kecakapan hidup dengan semangat kewirausahaan (CPMK5) |
Sub-CPMK6 |
Mampu membuat model konsep IPS terpadu dalam pembelajaran dengan semangat kemandirian (CPMK6) |
Sub-CPMK6 |
Mampu mengembangkan Konsep-konsep dasar IPS sebagai substansi pembelajaran IPS Terpadu dengan semangat kemandirian (CPMK6) |
Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies
Giddens, Anthony. (1999). Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya. Cambridge: Polity Press
Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...