Bimbingan dan Konseling, Curriculum : 2015


Courser in EnglishGUIDANCE AND COUNSELING
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS50 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini menyajikan kosep dasar bimbingan dan konseling, Landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling, paradigm integrasi bimbingan dan konseling di SD, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling di SD, bimbingan belajar di SD, Bimbingan karir di SD, bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat (Gifted), bimbingan bagi anak berperilaku bermasalah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan masalah kebutuhan individu
  2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar bimbingan dan konseling
  3. Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling
  4. Mahasiswa mampu memformulasikan paradigma integrasi bimbingan dan konseling di SD
  5. Mahasiswa mampu memformulasikan  bimbingan konseling pribadi dan sosial di SD
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bimbingan belajar di SD
  7. Mahasiswa mampu menganalisis bimbingan karir di SD
  8. Mahasiswa mampu menganalisis  bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  9. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan peserta didik di sekolah dan implementasi layanan bimbingan konseling di SD (Observasi dan Study Kasus di SD)
  10. Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan problem solving terhadap permasalahan peserta didik di SD melalui langkah-langkah BK

References

Utama

 

  1. Buku Ajar BK di SD oleh Dosen Pengampu Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.

Pendukung

 

  1. Jurnal dan Artikel
  2. Gibson,  Robert  L  dan  Marianne  H.  Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diterjemahkan dari; Introduction to Counseling and Guidanse. First publisher 2008 by Pearson Prentice Hall. Pearson education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey
  3. Gladding, Samuel T.. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks
  4. Myers, David.G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Santoadi,  Fajar.  2010.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  Komprehensif.  Yogyakarta: USD
  6. Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  7. Sjarkawi. 2011. Pembentuk kepribadian anak: moral, intelektual, emosionaldan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: Bumi aksara.
  8. Sugiyo,  2011.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  di  Sekolah.  Semarang: Widya Karya
  9. Sukardi, Dewa Ketut.  2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.  Jakarta:  Rineka Cipta
  10. Sukmadinata, Nana Syaodiah.  2007.  Bimbingan dan Konseling dalam Praktek.  Bandung:  Maestro
  11. Suparno. 2008. Bahan Ajar: Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dirjendikti Departemen Pendidikan Nasional.
  12. Suryabrata, Sumadi.  2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  13. Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
  14. Winkel, W.S.. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:  Media Abadi.
  15. Walgito, Bimo. 2004.  Bimbingan dan Konseling.  Yogyakarta:  Penerbit Andi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini menyajikan kosep dasar bimbingan dan konseling, Landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling, paradigm integrasi bimbingan dan konseling di SD, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling di SD, bimbingan belajar di SD, Bimbingan karir di SD, bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat (Gifted), bimbingan bagi anak berperilaku bermasalah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan masalah kebutuhan individu
  2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar bimbingan dan konseling
  3. Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling
  4. Mahasiswa mampu memformulasikan paradigma integrasi bimbingan dan konseling di SD
  5. Mahasiswa mampu memformulasikan  bimbingan konseling pribadi dan sosial di SD
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bimbingan belajar di SD
  7. Mahasiswa mampu menganalisis bimbingan karir di SD
  8. Mahasiswa mampu menganalisis  bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  9. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan peserta didik di sekolah dan implementasi layanan bimbingan konseling di SD (Observasi dan Study Kasus di SD)
  10. Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan problem solving terhadap permasalahan peserta didik di SD melalui langkah-langkah BK

References

Utama

 

  1. Buku Ajar BK di SD oleh Dosen Pengampu Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.

Pendukung

 

  1. Jurnal dan Artikel
  2. Gibson,  Robert  L  dan  Marianne  H.  Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diterjemahkan dari; Introduction to Counseling and Guidanse. First publisher 2008 by Pearson Prentice Hall. Pearson education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey
  3. Gladding, Samuel T.. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks
  4. Myers, David.G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Santoadi,  Fajar.  2010.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  Komprehensif.  Yogyakarta: USD
  6. Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  7. Sjarkawi. 2011. Pembentuk kepribadian anak: moral, intelektual, emosionaldan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: Bumi aksara.
  8. Sugiyo,  2011.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  di  Sekolah.  Semarang: Widya Karya
  9. Sukardi, Dewa Ketut.  2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.  Jakarta:  Rineka Cipta
  10. Sukmadinata, Nana Syaodiah.  2007.  Bimbingan dan Konseling dalam Praktek.  Bandung:  Maestro
  11. Suparno. 2008. Bahan Ajar: Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dirjendikti Departemen Pendidikan Nasional.
  12. Suryabrata, Sumadi.  2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  13. Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
  14. Winkel, W.S.. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:  Media Abadi.
  15. Walgito, Bimo. 2004.  Bimbingan dan Konseling.  Yogyakarta:  Penerbit Andi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini menyajikan kosep dasar bimbingan dan konseling, Landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling, paradigm integrasi bimbingan dan konseling di SD, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling di SD, bimbingan belajar di SD, Bimbingan karir di SD, bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat (Gifted), bimbingan bagi anak berperilaku bermasalah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan masalah kebutuhan individu
  2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar bimbingan dan konseling
  3. Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling
  4. Mahasiswa mampu memformulasikan paradigma integrasi bimbingan dan konseling di SD
  5. Mahasiswa mampu memformulasikan  bimbingan konseling pribadi dan sosial di SD
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bimbingan belajar di SD
  7. Mahasiswa mampu menganalisis bimbingan karir di SD
  8. Mahasiswa mampu menganalisis  bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  9. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan peserta didik di sekolah dan implementasi layanan bimbingan konseling di SD (Observasi dan Study Kasus di SD)
  10. Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan problem solving terhadap permasalahan peserta didik di SD melalui langkah-langkah BK

References

Utama

 

  1. Buku Ajar BK di SD oleh Dosen Pengampu Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.

Pendukung

 

  1. Jurnal dan Artikel
  2. Gibson,  Robert  L  dan  Marianne  H.  Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diterjemahkan dari; Introduction to Counseling and Guidanse. First publisher 2008 by Pearson Prentice Hall. Pearson education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey
  3. Gladding, Samuel T.. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks
  4. Myers, David.G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Santoadi,  Fajar.  2010.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  Komprehensif.  Yogyakarta: USD
  6. Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  7. Sjarkawi. 2011. Pembentuk kepribadian anak: moral, intelektual, emosionaldan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: Bumi aksara.
  8. Sugiyo,  2011.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  di  Sekolah.  Semarang: Widya Karya
  9. Sukardi, Dewa Ketut.  2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.  Jakarta:  Rineka Cipta
  10. Sukmadinata, Nana Syaodiah.  2007.  Bimbingan dan Konseling dalam Praktek.  Bandung:  Maestro
  11. Suparno. 2008. Bahan Ajar: Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dirjendikti Departemen Pendidikan Nasional.
  12. Suryabrata, Sumadi.  2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  13. Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
  14. Winkel, W.S.. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:  Media Abadi.
  15. Walgito, Bimo. 2004.  Bimbingan dan Konseling.  Yogyakarta:  Penerbit Andi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini menyajikan kosep dasar bimbingan dan konseling, Landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling, paradigm integrasi bimbingan dan konseling di SD, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling di SD, bimbingan belajar di SD, Bimbingan karir di SD, bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat (Gifted), bimbingan bagi anak berperilaku bermasalah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan masalah kebutuhan individu
  2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar bimbingan dan konseling
  3. Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling
  4. Mahasiswa mampu memformulasikan paradigma integrasi bimbingan dan konseling di SD
  5. Mahasiswa mampu memformulasikan  bimbingan konseling pribadi dan sosial di SD
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bimbingan belajar di SD
  7. Mahasiswa mampu menganalisis bimbingan karir di SD
  8. Mahasiswa mampu menganalisis  bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  9. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan peserta didik di sekolah dan implementasi layanan bimbingan konseling di SD (Observasi dan Study Kasus di SD)
  10. Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan problem solving terhadap permasalahan peserta didik di SD melalui langkah-langkah BK

References

Utama

 

  1. Buku Ajar BK di SD oleh Dosen Pengampu Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.

Pendukung

 

  1. Jurnal dan Artikel
  2. Gibson,  Robert  L  dan  Marianne  H.  Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diterjemahkan dari; Introduction to Counseling and Guidanse. First publisher 2008 by Pearson Prentice Hall. Pearson education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey
  3. Gladding, Samuel T.. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks
  4. Myers, David.G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Santoadi,  Fajar.  2010.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  Komprehensif.  Yogyakarta: USD
  6. Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  7. Sjarkawi. 2011. Pembentuk kepribadian anak: moral, intelektual, emosionaldan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: Bumi aksara.
  8. Sugiyo,  2011.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  di  Sekolah.  Semarang: Widya Karya
  9. Sukardi, Dewa Ketut.  2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.  Jakarta:  Rineka Cipta
  10. Sukmadinata, Nana Syaodiah.  2007.  Bimbingan dan Konseling dalam Praktek.  Bandung:  Maestro
  11. Suparno. 2008. Bahan Ajar: Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dirjendikti Departemen Pendidikan Nasional.
  12. Suryabrata, Sumadi.  2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  13. Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
  14. Winkel, W.S.. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:  Media Abadi.
  15. Walgito, Bimo. 2004.  Bimbingan dan Konseling.  Yogyakarta:  Penerbit Andi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini menyajikan kosep dasar bimbingan dan konseling, Landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling, paradigm integrasi bimbingan dan konseling di SD, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling di SD, bimbingan belajar di SD, Bimbingan karir di SD, bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat (Gifted), bimbingan bagi anak berperilaku bermasalah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan masalah kebutuhan individu
  2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar bimbingan dan konseling
  3. Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling
  4. Mahasiswa mampu memformulasikan paradigma integrasi bimbingan dan konseling di SD
  5. Mahasiswa mampu memformulasikan  bimbingan konseling pribadi dan sosial di SD
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bimbingan belajar di SD
  7. Mahasiswa mampu menganalisis bimbingan karir di SD
  8. Mahasiswa mampu menganalisis  bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  9. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan peserta didik di sekolah dan implementasi layanan bimbingan konseling di SD (Observasi dan Study Kasus di SD)
  10. Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan problem solving terhadap permasalahan peserta didik di SD melalui langkah-langkah BK

References

Utama

 

  1. Buku Ajar BK di SD oleh Dosen Pengampu Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.

Pendukung

 

  1. Jurnal dan Artikel
  2. Gibson,  Robert  L  dan  Marianne  H.  Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diterjemahkan dari; Introduction to Counseling and Guidanse. First publisher 2008 by Pearson Prentice Hall. Pearson education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey
  3. Gladding, Samuel T.. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks
  4. Myers, David.G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Santoadi,  Fajar.  2010.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  Komprehensif.  Yogyakarta: USD
  6. Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  7. Sjarkawi. 2011. Pembentuk kepribadian anak: moral, intelektual, emosionaldan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: Bumi aksara.
  8. Sugiyo,  2011.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  di  Sekolah.  Semarang: Widya Karya
  9. Sukardi, Dewa Ketut.  2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.  Jakarta:  Rineka Cipta
  10. Sukmadinata, Nana Syaodiah.  2007.  Bimbingan dan Konseling dalam Praktek.  Bandung:  Maestro
  11. Suparno. 2008. Bahan Ajar: Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dirjendikti Departemen Pendidikan Nasional.
  12. Suryabrata, Sumadi.  2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  13. Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
  14. Winkel, W.S.. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:  Media Abadi.
  15. Walgito, Bimo. 2004.  Bimbingan dan Konseling.  Yogyakarta:  Penerbit Andi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini menyajikan kosep dasar bimbingan dan konseling, Landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling, paradigm integrasi bimbingan dan konseling di SD, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling di SD, bimbingan belajar di SD, Bimbingan karir di SD, bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat (Gifted), bimbingan bagi anak berperilaku bermasalah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan masalah kebutuhan individu
  2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar bimbingan dan konseling
  3. Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling
  4. Mahasiswa mampu memformulasikan paradigma integrasi bimbingan dan konseling di SD
  5. Mahasiswa mampu memformulasikan  bimbingan konseling pribadi dan sosial di SD
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bimbingan belajar di SD
  7. Mahasiswa mampu menganalisis bimbingan karir di SD
  8. Mahasiswa mampu menganalisis  bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  9. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan peserta didik di sekolah dan implementasi layanan bimbingan konseling di SD (Observasi dan Study Kasus di SD)
  10. Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan problem solving terhadap permasalahan peserta didik di SD melalui langkah-langkah BK

References

Utama

 

  1. Buku Ajar BK di SD oleh Dosen Pengampu Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.

Pendukung

 

  1. Jurnal dan Artikel
  2. Gibson,  Robert  L  dan  Marianne  H.  Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diterjemahkan dari; Introduction to Counseling and Guidanse. First publisher 2008 by Pearson Prentice Hall. Pearson education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey
  3. Gladding, Samuel T.. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks
  4. Myers, David.G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Santoadi,  Fajar.  2010.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  Komprehensif.  Yogyakarta: USD
  6. Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  7. Sjarkawi. 2011. Pembentuk kepribadian anak: moral, intelektual, emosionaldan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: Bumi aksara.
  8. Sugiyo,  2011.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  di  Sekolah.  Semarang: Widya Karya
  9. Sukardi, Dewa Ketut.  2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.  Jakarta:  Rineka Cipta
  10. Sukmadinata, Nana Syaodiah.  2007.  Bimbingan dan Konseling dalam Praktek.  Bandung:  Maestro
  11. Suparno. 2008. Bahan Ajar: Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dirjendikti Departemen Pendidikan Nasional.
  12. Suryabrata, Sumadi.  2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  13. Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
  14. Winkel, W.S.. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:  Media Abadi.
  15. Walgito, Bimo. 2004.  Bimbingan dan Konseling.  Yogyakarta:  Penerbit Andi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini menyajikan kosep dasar bimbingan dan konseling, Landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling, paradigm integrasi bimbingan dan konseling di SD, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling di SD, bimbingan belajar di SD, Bimbingan karir di SD, bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat (Gifted), bimbingan bagi anak berperilaku bermasalah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan masalah kebutuhan individu
  2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar bimbingan dan konseling
  3. Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling
  4. Mahasiswa mampu memformulasikan paradigma integrasi bimbingan dan konseling di SD
  5. Mahasiswa mampu memformulasikan  bimbingan konseling pribadi dan sosial di SD
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bimbingan belajar di SD
  7. Mahasiswa mampu menganalisis bimbingan karir di SD
  8. Mahasiswa mampu menganalisis  bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  9. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan peserta didik di sekolah dan implementasi layanan bimbingan konseling di SD (Observasi dan Study Kasus di SD)
  10. Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan problem solving terhadap permasalahan peserta didik di SD melalui langkah-langkah BK

References

Utama

 

  1. Buku Ajar BK di SD oleh Dosen Pengampu Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.

Pendukung

 

  1. Jurnal dan Artikel
  2. Gibson,  Robert  L  dan  Marianne  H.  Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diterjemahkan dari; Introduction to Counseling and Guidanse. First publisher 2008 by Pearson Prentice Hall. Pearson education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey
  3. Gladding, Samuel T.. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks
  4. Myers, David.G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Santoadi,  Fajar.  2010.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  Komprehensif.  Yogyakarta: USD
  6. Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  7. Sjarkawi. 2011. Pembentuk kepribadian anak: moral, intelektual, emosionaldan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: Bumi aksara.
  8. Sugiyo,  2011.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  di  Sekolah.  Semarang: Widya Karya
  9. Sukardi, Dewa Ketut.  2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.  Jakarta:  Rineka Cipta
  10. Sukmadinata, Nana Syaodiah.  2007.  Bimbingan dan Konseling dalam Praktek.  Bandung:  Maestro
  11. Suparno. 2008. Bahan Ajar: Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dirjendikti Departemen Pendidikan Nasional.
  12. Suryabrata, Sumadi.  2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  13. Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
  14. Winkel, W.S.. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:  Media Abadi.
  15. Walgito, Bimo. 2004.  Bimbingan dan Konseling.  Yogyakarta:  Penerbit Andi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini menyajikan kosep dasar bimbingan dan konseling, Landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling, paradigm integrasi bimbingan dan konseling di SD, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling di SD, bimbingan belajar di SD, Bimbingan karir di SD, bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat (Gifted), bimbingan bagi anak berperilaku bermasalah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan masalah kebutuhan individu
  2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar bimbingan dan konseling
  3. Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling
  4. Mahasiswa mampu memformulasikan paradigma integrasi bimbingan dan konseling di SD
  5. Mahasiswa mampu memformulasikan  bimbingan konseling pribadi dan sosial di SD
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bimbingan belajar di SD
  7. Mahasiswa mampu menganalisis bimbingan karir di SD
  8. Mahasiswa mampu menganalisis  bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  9. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan peserta didik di sekolah dan implementasi layanan bimbingan konseling di SD (Observasi dan Study Kasus di SD)
  10. Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan problem solving terhadap permasalahan peserta didik di SD melalui langkah-langkah BK

References

Utama

 

  1. Buku Ajar BK di SD oleh Dosen Pengampu Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.

Pendukung

 

  1. Jurnal dan Artikel
  2. Gibson,  Robert  L  dan  Marianne  H.  Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diterjemahkan dari; Introduction to Counseling and Guidanse. First publisher 2008 by Pearson Prentice Hall. Pearson education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey
  3. Gladding, Samuel T.. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks
  4. Myers, David.G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Santoadi,  Fajar.  2010.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  Komprehensif.  Yogyakarta: USD
  6. Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  7. Sjarkawi. 2011. Pembentuk kepribadian anak: moral, intelektual, emosionaldan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: Bumi aksara.
  8. Sugiyo,  2011.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  di  Sekolah.  Semarang: Widya Karya
  9. Sukardi, Dewa Ketut.  2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.  Jakarta:  Rineka Cipta
  10. Sukmadinata, Nana Syaodiah.  2007.  Bimbingan dan Konseling dalam Praktek.  Bandung:  Maestro
  11. Suparno. 2008. Bahan Ajar: Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dirjendikti Departemen Pendidikan Nasional.
  12. Suryabrata, Sumadi.  2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  13. Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
  14. Winkel, W.S.. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:  Media Abadi.
  15. Walgito, Bimo. 2004.  Bimbingan dan Konseling.  Yogyakarta:  Penerbit Andi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini menyajikan kosep dasar bimbingan dan konseling, Landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling, paradigm integrasi bimbingan dan konseling di SD, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling di SD, bimbingan belajar di SD, Bimbingan karir di SD, bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat (Gifted), bimbingan bagi anak berperilaku bermasalah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan masalah kebutuhan individu
  2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar bimbingan dan konseling
  3. Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling
  4. Mahasiswa mampu memformulasikan paradigma integrasi bimbingan dan konseling di SD
  5. Mahasiswa mampu memformulasikan  bimbingan konseling pribadi dan sosial di SD
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bimbingan belajar di SD
  7. Mahasiswa mampu menganalisis bimbingan karir di SD
  8. Mahasiswa mampu menganalisis  bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  9. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan peserta didik di sekolah dan implementasi layanan bimbingan konseling di SD (Observasi dan Study Kasus di SD)
  10. Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan problem solving terhadap permasalahan peserta didik di SD melalui langkah-langkah BK

References

Utama

 

  1. Buku Ajar BK di SD oleh Dosen Pengampu Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.

Pendukung

 

  1. Jurnal dan Artikel
  2. Gibson,  Robert  L  dan  Marianne  H.  Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diterjemahkan dari; Introduction to Counseling and Guidanse. First publisher 2008 by Pearson Prentice Hall. Pearson education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey
  3. Gladding, Samuel T.. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks
  4. Myers, David.G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Santoadi,  Fajar.  2010.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  Komprehensif.  Yogyakarta: USD
  6. Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  7. Sjarkawi. 2011. Pembentuk kepribadian anak: moral, intelektual, emosionaldan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: Bumi aksara.
  8. Sugiyo,  2011.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  di  Sekolah.  Semarang: Widya Karya
  9. Sukardi, Dewa Ketut.  2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.  Jakarta:  Rineka Cipta
  10. Sukmadinata, Nana Syaodiah.  2007.  Bimbingan dan Konseling dalam Praktek.  Bandung:  Maestro
  11. Suparno. 2008. Bahan Ajar: Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dirjendikti Departemen Pendidikan Nasional.
  12. Suryabrata, Sumadi.  2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  13. Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
  14. Winkel, W.S.. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:  Media Abadi.
  15. Walgito, Bimo. 2004.  Bimbingan dan Konseling.  Yogyakarta:  Penerbit Andi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini menyajikan kosep dasar bimbingan dan konseling, Landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling, paradigm integrasi bimbingan dan konseling di SD, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling di SD, bimbingan belajar di SD, Bimbingan karir di SD, bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat (Gifted), bimbingan bagi anak berperilaku bermasalah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan masalah kebutuhan individu
  2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar bimbingan dan konseling
  3. Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling
  4. Mahasiswa mampu memformulasikan paradigma integrasi bimbingan dan konseling di SD
  5. Mahasiswa mampu memformulasikan  bimbingan konseling pribadi dan sosial di SD
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bimbingan belajar di SD
  7. Mahasiswa mampu menganalisis bimbingan karir di SD
  8. Mahasiswa mampu menganalisis  bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  9. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan peserta didik di sekolah dan implementasi layanan bimbingan konseling di SD (Observasi dan Study Kasus di SD)
  10. Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan problem solving terhadap permasalahan peserta didik di SD melalui langkah-langkah BK

References

Utama

 

  1. Buku Ajar BK di SD oleh Dosen Pengampu Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.

Pendukung

 

  1. Jurnal dan Artikel
  2. Gibson,  Robert  L  dan  Marianne  H.  Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diterjemahkan dari; Introduction to Counseling and Guidanse. First publisher 2008 by Pearson Prentice Hall. Pearson education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey
  3. Gladding, Samuel T.. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks
  4. Myers, David.G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  5. Santoadi,  Fajar.  2010.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  Komprehensif.  Yogyakarta: USD
  6. Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  7. Sjarkawi. 2011. Pembentuk kepribadian anak: moral, intelektual, emosionaldan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: Bumi aksara.
  8. Sugiyo,  2011.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  di  Sekolah.  Semarang: Widya Karya
  9. Sukardi, Dewa Ketut.  2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.  Jakarta:  Rineka Cipta
  10. Sukmadinata, Nana Syaodiah.  2007.  Bimbingan dan Konseling dalam Praktek.  Bandung:  Maestro
  11. Suparno. 2008. Bahan Ajar: Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dirjendikti Departemen Pendidikan Nasional.
  12. Suryabrata, Sumadi.  2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  13. Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
  14. Winkel, W.S.. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:  Media Abadi.
  15. Walgito, Bimo. 2004.  Bimbingan dan Konseling.  Yogyakarta:  Penerbit Andi.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini menyajikan kosep dasar bimbingan dan konseling, Landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling, paradigm integrasi bimbingan dan konseling di SD, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling di SD, bimbingan belajar di SD, Bimbingan karir di SD, bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat (Gifted), bimbingan bagi anak berperilaku bermasalah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan masalah kebutuhan individu
  2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar bimbingan dan konseling
  3. Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling
  4. Mahasiswa mampu memformulasikan paradigma integrasi bimbingan dan konseling di SD
  5. Mahasiswa mampu memformulasikan  bimbingan konseling pribadi dan sosial di SD
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bimbingan belajar di SD
  7. Mahasiswa mampu menganalisis bimbingan karir di SD
  8. Mahasiswa mampu menganalisis  bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  9. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan peserta didik di sekolah dan implementasi layanan bimbingan konseling di SD (Observasi dan Study Kasus di SD)
  10. Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan problem solving terhadap permasalahan peserta didik di SD melalui langkah-langkah BK

References

Buku Ajar BK di SD oleh Dosen Pengampu Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.

  1. Gibson,  Robert  L  dan  Marianne  H.  Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diterjemahkan dari; Introduction to Counseling and Guidanse. First publisher 2008 by Pearson Prentice Hall. Pearson education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey
  2. Gladding, Samuel T.. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks
  3. Myers, David.G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  4. Santoadi,  Fajar.  2010.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  Komprehensif.  Yogyakarta: USD
  5. Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  6. Sjarkawi. 2011. Pembentuk kepribadian anak: moral, intelektual, emosionaldan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: Bumi aksara.
  7. Sugiyo,  2011.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  di  Sekolah.  Semarang: Widya Karya
  8. Sukardi, Dewa Ketut.  2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.  Jakarta:  Rineka Cipta
  9. Sukmadinata, Nana Syaodiah.  2007.  Bimbingan dan Konseling dalam Praktek.  Bandung:  Maestro
  10. Suparno. 2008. Bahan Ajar: Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dirjendikti Departemen Pendidikan Nasional.
  11. Suryabrata, Sumadi.  2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  12. Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
  13. Winkel, W.S.. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:  Media Abadi.
  14. Walgito, Bimo. 2004.  Bimbingan dan Konseling.  Yogyakarta:  Penerbit Andi.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini menyajikan kosep dasar bimbingan dan konseling, Landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling, paradigm integrasi bimbingan dan konseling di SD, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling di SD, bimbingan belajar di SD, Bimbingan karir di SD, bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat (Gifted), bimbingan bagi anak berperilaku bermasalah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan masalah kebutuhan individu
  2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar bimbingan dan konseling
  3. Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling
  4. Mahasiswa mampu memformulasikan paradigma integrasi bimbingan dan konseling di SD
  5. Mahasiswa mampu memformulasikan  bimbingan konseling pribadi dan sosial di SD
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bimbingan belajar di SD
  7. Mahasiswa mampu menganalisis bimbingan karir di SD
  8. Mahasiswa mampu menganalisis  bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  9. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan peserta didik di sekolah dan implementasi layanan bimbingan konseling di SD (Observasi dan Study Kasus di SD)
  10. Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan problem solving terhadap permasalahan peserta didik di SD melalui langkah-langkah BK

References

Buku Ajar BK di SD oleh Dosen Pengampu Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.

  1. Gibson,  Robert  L  dan  Marianne  H.  Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diterjemahkan dari; Introduction to Counseling and Guidanse. First publisher 2008 by Pearson Prentice Hall. Pearson education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey
  2. Gladding, Samuel T.. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks
  3. Myers, David.G. 2012. Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  4. Santoadi,  Fajar.  2010.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  Komprehensif.  Yogyakarta: USD
  5. Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  6. Sjarkawi. 2011. Pembentuk kepribadian anak: moral, intelektual, emosionaldan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: Bumi aksara.
  7. Sugiyo,  2011.  Manajemen  Bimbingan  dan  Konseling  di  Sekolah.  Semarang: Widya Karya
  8. Sukardi, Dewa Ketut.  2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.  Jakarta:  Rineka Cipta
  9. Sukmadinata, Nana Syaodiah.  2007.  Bimbingan dan Konseling dalam Praktek.  Bandung:  Maestro
  10. Suparno. 2008. Bahan Ajar: Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Dirjendikti Departemen Pendidikan Nasional.
  11. Suryabrata, Sumadi.  2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  12. Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
  13. Winkel, W.S.. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:  Media Abadi.
  14. Walgito, Bimo. 2004.  Bimbingan dan Konseling.  Yogyakarta:  Penerbit Andi.


Details ...