Konseling Anak dan Remaja, Curriculum : 2015


Courser in EnglishChild and Adolescent Counseling
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Konseling Anak dan Remaja merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi konsep dasar konseling anak dan remaja, sejarah dan isu-isu legal konseling anak, prinsip konseling pada anak dan remaja, tujuan konseling anak, hubungan dalam konseling pada anak dengan konselor, proses terapi pada anak, konseling anak dalam kelompok, keterampilan konseling anak dan remaja, konsep dasar konseling remaja, problematika remaja, konseling proaktif bagi anak muda, strategi konseling pada remaja, pendekatan SPICC, pendekatan sistem keluarga dan organisasional, media dan aktivitas dalam konseling anak dan remaja

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Konseling Anak dan Remaja, mahasiswa diharapkan mampu:

Menerapkan nilai kemanusiaan dalam memahami problematika anak dan remaja sebagai kerangka berpikir secara logis, kritis dan sistematis terhadap proses pendidikan dan latar sosial budayanya berdasarkan teori yang relevan (S1, P21, KU1, KK34)

 

 

Menerapkan nilai kemanusiaan dalam menganalisis kebutuhan problematika anak dan remaja secara logis, kritis berdasarkan metode dan teori yang relevan dengan program layanan bimbingan dan konseling (S1, P22, KU1, KK35)

 

 

Menginternalisasi nilai, norma dan etika dalam menganalisis kebutuhan permasalahan anak dan remaja sesuai dengan kaidah, teori dan metode yang relevan secara mandiri dan terukur dalam pelayanan bimbingan dan konseling (S8, P22, KU 2, KK36)

 

 

Menerapkan nilai, norma dan etika dalam menyusun rancangan program, media dan instrumen sebagai sarana mediasi dan konsultasi sesuai dengan kebutuhan permasalahan anak dan remaja secara mandiri dan terukur dalam layanan bimbingan dan konseling (S8, P26, KU2, KK37)

 

References

  1. Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
  2. Kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Praktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Sondra Smith-Adcock dan Catherine Tucker. 2019. Konseling Anak-Anak dan Remaja : Menghubungkan Teori, Perkembangan dan Keberagaman. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konseling Anak dan Remaja merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi konsep dasar konseling anak dan remaja, sejarah dan isu-isu legal konseling anak, prinsip konseling pada anak dan remaja, tujuan konseling anak, hubungan dalam konseling pada anak dengan konselor, proses terapi pada anak, konseling anak dalam kelompok, keterampilan konseling anak dan remaja, konsep dasar konseling remaja, problematika remaja, konseling proaktif bagi anak muda, strategi konseling pada remaja, pendekatan SPICC, pendekatan sistem keluarga dan organisasional, media dan aktivitas dalam konseling anak dan remaja

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Konseling Anak dan Remaja, mahasiswa diharapkan mampu:

Menerapkan nilai kemanusiaan dalam memahami problematika anak dan remaja sebagai kerangka berpikir secara logis, kritis dan sistematis terhadap proses pendidikan dan latar sosial budayanya berdasarkan teori yang relevan (S1, P21, KU1, KK34)

 

 

Menerapkan nilai kemanusiaan dalam menganalisis kebutuhan problematika anak dan remaja secara logis, kritis berdasarkan metode dan teori yang relevan dengan program layanan bimbingan dan konseling (S1, P22, KU1, KK35)

 

 

Menginternalisasi nilai, norma dan etika dalam menganalisis kebutuhan permasalahan anak dan remaja sesuai dengan kaidah, teori dan metode yang relevan secara mandiri dan terukur dalam pelayanan bimbingan dan konseling (S8, P22, KU 2, KK36)

 

 

Menerapkan nilai, norma dan etika dalam menyusun rancangan program, media dan instrumen sebagai sarana mediasi dan konsultasi sesuai dengan kebutuhan permasalahan anak dan remaja secara mandiri dan terukur dalam layanan bimbingan dan konseling (S8, P26, KU2, KK37)

 

References

  1. Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
  2. Kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Praktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Sondra Smith-Adcock dan Catherine Tucker. 2019. Konseling Anak-Anak dan Remaja : Menghubungkan Teori, Perkembangan dan Keberagaman. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konseling Anak dan Remaja merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi konsep dasar konseling anak dan remaja, sejarah dan isu-isu legal konseling anak, prinsip konseling pada anak dan remaja, tujuan konseling anak, hubungan dalam konseling pada anak dengan konselor, proses terapi pada anak, konseling anak dalam kelompok, keterampilan konseling anak dan remaja, konsep dasar konseling remaja, problematika remaja, konseling proaktif bagi anak muda, strategi konseling pada remaja, pendekatan SPICC, pendekatan sistem keluarga dan organisasional, media dan aktivitas dalam konseling anak dan remaja

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Konseling Anak dan Remaja, mahasiswa diharapkan mampu:

Menerapkan nilai kemanusiaan dalam memahami problematika anak dan remaja sebagai kerangka berpikir secara logis, kritis dan sistematis terhadap proses pendidikan dan latar sosial budayanya berdasarkan teori yang relevan (S1, P21, KU1, KK34)

 

 

Menerapkan nilai kemanusiaan dalam menganalisis kebutuhan problematika anak dan remaja secara logis, kritis berdasarkan metode dan teori yang relevan dengan program layanan bimbingan dan konseling (S1, P22, KU1, KK35)

 

 

Menginternalisasi nilai, norma dan etika dalam menganalisis kebutuhan permasalahan anak dan remaja sesuai dengan kaidah, teori dan metode yang relevan secara mandiri dan terukur dalam pelayanan bimbingan dan konseling (S8, P22, KU 2, KK36)

 

 

Menerapkan nilai, norma dan etika dalam menyusun rancangan program, media dan instrumen sebagai sarana mediasi dan konsultasi sesuai dengan kebutuhan permasalahan anak dan remaja secara mandiri dan terukur dalam layanan bimbingan dan konseling (S8, P26, KU2, KK37)

 

References

  1. Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
  2. Kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Praktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Sondra Smith-Adcock dan Catherine Tucker. 2019. Konseling Anak-Anak dan Remaja : Menghubungkan Teori, Perkembangan dan Keberagaman. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konseling Anak dan Remaja merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi konsep dasar konseling anak dan remaja, sejarah dan isu-isu legal konseling anak, prinsip konseling pada anak dan remaja, tujuan konseling anak, hubungan dalam konseling pada anak dengan konselor, proses terapi pada anak, konseling anak dalam kelompok, keterampilan konseling anak dan remaja, konsep dasar konseling remaja, problematika remaja, konseling proaktif bagi anak muda, strategi konseling pada remaja, pendekatan SPICC, pendekatan sistem keluarga dan organisasional, media dan aktivitas dalam konseling anak dan remaja

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Konseling Anak dan Remaja, mahasiswa diharapkan mampu:

Menerapkan nilai kemanusiaan dalam memahami problematika anak dan remaja sebagai kerangka berpikir secara logis, kritis dan sistematis terhadap proses pendidikan dan latar sosial budayanya berdasarkan teori yang relevan (S1, P21, KU1, KK34)

 

 

Menerapkan nilai kemanusiaan dalam menganalisis kebutuhan problematika anak dan remaja secara logis, kritis berdasarkan metode dan teori yang relevan dengan program layanan bimbingan dan konseling (S1, P22, KU1, KK35)

 

 

Menginternalisasi nilai, norma dan etika dalam menganalisis kebutuhan permasalahan anak dan remaja sesuai dengan kaidah, teori dan metode yang relevan secara mandiri dan terukur dalam pelayanan bimbingan dan konseling (S8, P22, KU 2, KK36)

 

 

Menerapkan nilai, norma dan etika dalam menyusun rancangan program, media dan instrumen sebagai sarana mediasi dan konsultasi sesuai dengan kebutuhan permasalahan anak dan remaja secara mandiri dan terukur dalam layanan bimbingan dan konseling (S8, P26, KU2, KK37)

 

References

  1. Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
  2. Kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Praktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Sondra Smith-Adcock dan Catherine Tucker. 2019. Konseling Anak-Anak dan Remaja : Menghubungkan Teori, Perkembangan dan Keberagaman. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konseling Anak dan Remaja merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi konsep dasar konseling anak dan remaja, sejarah dan isu-isu legal konseling anak, prinsip konseling pada anak dan remaja, tujuan konseling anak, hubungan dalam konseling pada anak dengan konselor, proses terapi pada anak, konseling anak dalam kelompok, keterampilan konseling anak dan remaja, konsep dasar konseling remaja, problematika remaja, konseling proaktif bagi anak muda, strategi konseling pada remaja, pendekatan SPICC, pendekatan sistem keluarga dan organisasional, media dan aktivitas dalam konseling anak dan remaja

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Konseling Anak dan Remaja, mahasiswa diharapkan mampu:

Menerapkan nilai kemanusiaan dalam memahami problematika anak dan remaja sebagai kerangka berpikir secara logis, kritis dan sistematis terhadap proses pendidikan dan latar sosial budayanya berdasarkan teori yang relevan (S1, P21, KU1, KK34)

 

 

Menerapkan nilai kemanusiaan dalam menganalisis kebutuhan problematika anak dan remaja secara logis, kritis berdasarkan metode dan teori yang relevan dengan program layanan bimbingan dan konseling (S1, P22, KU1, KK35)

 

 

Menginternalisasi nilai, norma dan etika dalam menganalisis kebutuhan permasalahan anak dan remaja sesuai dengan kaidah, teori dan metode yang relevan secara mandiri dan terukur dalam pelayanan bimbingan dan konseling (S8, P22, KU 2, KK36)

 

 

Menerapkan nilai, norma dan etika dalam menyusun rancangan program, media dan instrumen sebagai sarana mediasi dan konsultasi sesuai dengan kebutuhan permasalahan anak dan remaja secara mandiri dan terukur dalam layanan bimbingan dan konseling (S8, P26, KU2, KK37)

 

References

  1. Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
  2. Kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Praktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Sondra Smith-Adcock dan Catherine Tucker. 2019. Konseling Anak-Anak dan Remaja : Menghubungkan Teori, Perkembangan dan Keberagaman. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konseling Anak dan Remaja merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi konsep dasar konseling anak dan remaja, sejarah dan isu-isu legal konseling anak, prinsip konseling pada anak dan remaja, tujuan konseling anak, hubungan dalam konseling pada anak dengan konselor, proses terapi pada anak, konseling anak dalam kelompok, keterampilan konseling anak dan remaja, konsep dasar konseling remaja, problematika remaja, konseling proaktif bagi anak muda, strategi konseling pada remaja, pendekatan SPICC, pendekatan sistem keluarga dan organisasional, media dan aktivitas dalam konseling anak dan remaja

Learning Outcomes

  1. Menerapkan nilai kemanusiaan dalam memahami problematika anak dan remaja sebagai kerangka berpikir secara logis, kritis dan sistematis terhadap proses pendidikan dan latar sosial budayanya berdasarkan teori yang relevan (S1, P21, KU1, KK34)
  2. Menerapkan nilai kemanusiaan dalam menganalisis kebutuhan problematika anak dan remaja secara logis, kritis berdasarkan metode dan teori yang relevan dengan program layanan bimbingan dan konseling (S1, P22, KU1, KK35)
  3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika dalam menganalisis kebutuhan permasalahan anak dan remaja sesuai dengan kaidah, teori dan metode yang relevan secara mandiri dan terukur dalam pelayanan bimbingan dan konseling (S8, P22, KU 2, KK36)
  4. Menerapkan nilai, norma dan etika dalam menyusun rancangan program, media dan instrumen sebagai sarana mediasi dan konsultasi sesuai dengan kebutuhan permasalahan anak dan remaja secara mandiri dan terukur dalam layanan bimbingan dan konseling (S8, P26, KU2, KK37)

References

  1. Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
  2. Kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Praktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Sondra Smith-Adcock dan Catherine Tucker. 2019. Konseling Anak-Anak dan Remaja : Menghubungkan Teori, Perkembangan dan Keberagaman. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konseling Anak dan Remaja merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi konsep dasar konseling anak dan remaja, sejarah dan isu-isu legal konseling anak, prinsip konseling pada anak dan remaja, tujuan konseling anak, hubungan dalam konseling pada anak dengan konselor, proses terapi pada anak, konseling anak dalam kelompok, keterampilan konseling anak dan remaja, konsep dasar konseling remaja, problematika remaja, konseling proaktif bagi anak muda, strategi konseling pada remaja, pendekatan SPICC, pendekatan sistem keluarga dan organisasional, media dan aktivitas dalam konseling anak dan remaja

Learning Outcomes

  1. Menerapkan nilai kemanusiaan dalam memahami problematika anak dan remaja sebagai kerangka berpikir secara logis, kritis dan sistematis terhadap proses pendidikan dan latar sosial budayanya berdasarkan teori yang relevan (S1, P21, KU1, KK34)
  2. Menerapkan nilai kemanusiaan dalam menganalisis kebutuhan problematika anak dan remaja secara logis, kritis berdasarkan metode dan teori yang relevan dengan program layanan bimbingan dan konseling (S1, P22, KU1, KK35)
  3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika dalam menganalisis kebutuhan permasalahan anak dan remaja sesuai dengan kaidah, teori dan metode yang relevan secara mandiri dan terukur dalam pelayanan bimbingan dan konseling (S8, P22, KU 2, KK36)
  4. Menerapkan nilai, norma dan etika dalam menyusun rancangan program, media dan instrumen sebagai sarana mediasi dan konsultasi sesuai dengan kebutuhan permasalahan anak dan remaja secara mandiri dan terukur dalam layanan bimbingan dan konseling (S8, P26, KU2, KK37)

References

  1. Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
  2. Kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Praktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Sondra Smith-Adcock dan Catherine Tucker. 2019. Konseling Anak-Anak dan Remaja : Menghubungkan Teori, Perkembangan dan Keberagaman. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konseling Anak dan Remaja merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi konsep dasar konseling anak dan remaja, sejarah dan isu-isu legal konseling anak, prinsip konseling pada anak dan remaja, tujuan konseling anak, hubungan dalam konseling pada anak dengan konselor, proses terapi pada anak, konseling anak dalam kelompok, keterampilan konseling anak dan remaja, konsep dasar konseling remaja, problematika remaja, konseling proaktif bagi anak muda, strategi konseling pada remaja, pendekatan SPICC, pendekatan sistem keluarga dan organisasional, media dan aktivitas dalam konseling anak dan remaja

Learning Outcomes

  1. Menerapkan nilai kemanusiaan dalam memahami problematika anak dan remaja sebagai kerangka berpikir secara logis, kritis dan sistematis terhadap proses pendidikan dan latar sosial budayanya berdasarkan teori yang relevan (S1, P21, KU1, KK34)
  2. Menerapkan nilai kemanusiaan dalam menganalisis kebutuhan problematika anak dan remaja secara logis, kritis berdasarkan metode dan teori yang relevan dengan program layanan bimbingan dan konseling (S1, P22, KU1, KK35)
  3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika dalam menganalisis kebutuhan permasalahan anak dan remaja sesuai dengan kaidah, teori dan metode yang relevan secara mandiri dan terukur dalam pelayanan bimbingan dan konseling (S8, P22, KU 2, KK36)
  4. Menerapkan nilai, norma dan etika dalam menyusun rancangan program, media dan instrumen sebagai sarana mediasi dan konsultasi sesuai dengan kebutuhan permasalahan anak dan remaja secara mandiri dan terukur dalam layanan bimbingan dan konseling (S8, P26, KU2, KK37)

References

  1. Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
  2. Kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Praktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Sondra Smith-Adcock dan Catherine Tucker. 2019. Konseling Anak-Anak dan Remaja : Menghubungkan Teori, Perkembangan dan Keberagaman. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konseling Anak dan Remaja merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi konsep dasar konseling anak dan remaja, sejarah dan isu-isu legal konseling anak, prinsip konseling pada anak dan remaja, tujuan konseling anak, hubungan dalam konseling pada anak dengan konselor, proses terapi pada anak, konseling anak dalam kelompok, keterampilan konseling anak dan remaja, konsep dasar konseling remaja, problematika remaja, konseling proaktif bagi anak muda, strategi konseling pada remaja, pendekatan SPICC, pendekatan sistem keluarga dan organisasional, media dan aktivitas dalam konseling anak dan remaja

Learning Outcomes

  1. Menerapkan nilai kemanusiaan dalam memahami problematika anak dan remaja sebagai kerangka berpikir secara logis, kritis dan sistematis terhadap proses pendidikan dan latar sosial budayanya berdasarkan teori yang relevan (S1, P21, KU1, KK34)
  2. Menerapkan nilai kemanusiaan dalam menganalisis kebutuhan problematika anak dan remaja secara logis, kritis berdasarkan metode dan teori yang relevan dengan program layanan bimbingan dan konseling (S1, P22, KU1, KK35)
  3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika dalam menganalisis kebutuhan permasalahan anak dan remaja sesuai dengan kaidah, teori dan metode yang relevan secara mandiri dan terukur dalam pelayanan bimbingan dan konseling (S8, P22, KU 2, KK36)
  4. Menerapkan nilai, norma dan etika dalam menyusun rancangan program, media dan instrumen sebagai sarana mediasi dan konsultasi sesuai dengan kebutuhan permasalahan anak dan remaja secara mandiri dan terukur dalam layanan bimbingan dan konseling (S8, P26, KU2, KK37)

References

  1. Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
  2. Kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Praktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Sondra Smith-Adcock dan Catherine Tucker. 2019. Konseling Anak-Anak dan Remaja : Menghubungkan Teori, Perkembangan dan Keberagaman. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konseling anak dan remaja memberikan pemahaman tentang konsep dasar konseling pada anak, karakteristik konselor yang dibutuhkan untuk anak, perkembangan-perkembanga umum yang dialami oleh anak, permasalahn umum dan khusus yang terjadai pada anak, tahapan asesmen yang dilakukan dalam proses konseling pada anak, berbagai bentuk media terapi yang tepat untuk konseling anak, permasalahan umum dan khusus yang dialami oleh remaja, karakteristik konselor yang sesuai untuk konseling remaja

Learning Outcomes

Memahami konsep dasar anak dan remaja serta dunianya, permasalahan-permasalahan baik khusus maupun umum yang dialami selama perkembangan anak dan remaja , konsep tujuan diadakannya konseling anak dan remaja, konsep hubungan anak dan remaja dengan konselor, latar belakang sejarah konseling anak-anak, proses-proses terapi yang dilakukan kepada anak-anak, konsep dasar media konseling dan aktivitas yang sesuai selama prosesn konseling anak dan remaja, melakukan analisis kasus belajar, sosial dan karir.

References

1.Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks

2. kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

3.Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.

4.Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Oraktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

5.Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konseling anak dan remaja memberikan pemahaman tentang konsep dasar konseling pada anak, karakteristik konselor yang dibutuhkan untuk anak, perkembangan-perkembanga umum yang dialami oleh anak, permasalahn umum dan khusus yang terjadai pada anak, tahapan asesmen yang dilakukan dalam proses konseling pada anak, berbagai bentuk media terapi yang tepat untuk konseling anak, permasalahan umum dan khusus yang dialami oleh remaja, karakteristik konselor yang sesuai untuk konseling remaja

Learning Outcomes

Memahami konsep dasar anak dan remaja serta dunianya, permasalahan-permasalahan baik khusus maupun umum yang dialami selama perkembangan anak dan remaja , konsep tujuan diadakannya konseling anak dan remaja, konsep hubungan anak dan remaja dengan konselor, latar belakang sejarah konseling anak-anak, proses-proses terapi yang dilakukan kepada anak-anak, konsep dasar media konseling dan aktivitas yang sesuai selama prosesn konseling anak dan remaja, melakukan analisis kasus belajar, sosial dan karir.

References

1.Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks

2. kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

3.Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.

4.Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Oraktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

5.Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konseling anak dan remaja memberikan pemahaman tentang konsep dasar konseling pada anak, karakteristik konselor yang dibutuhkan untuk anak, perkembangan-perkembanga umum yang dialami oleh anak, permasalahn umum dan khusus yang terjadai pada anak, tahapan asesmen yang dilakukan dalam proses konseling pada anak, berbagai bentuk media terapi yang tepat untuk konseling anak, permasalahan umum dan khusus yang dialami oleh remaja, karakteristik konselor yang sesuai untuk konseling remaja

Learning Outcomes

Memahami konsep dasar anak dan remaja serta dunianya, permasalahan-permasalahan baik khusus maupun umum yang dialami selama perkembangan anak dan remaja , konsep tujuan diadakannya konseling anak dan remaja, konsep hubungan anak dan remaja dengan konselor, latar belakang sejarah konseling anak-anak, proses-proses terapi yang dilakukan kepada anak-anak, konsep dasar media konseling dan aktivitas yang sesuai selama prosesn konseling anak dan remaja, melakukan analisis kasus belajar, sosial dan karir.

References

1.Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks

2. kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

3.Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.

4.Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Oraktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

5.Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

 


Details ...