Courser in English | Child and Adolescent Counseling |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 17 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Konseling anak dan remaja memberikan pemahaman tentang konsep dasar konseling pada anak, karakteristik konselor yang dibutuhkan untuk anak, perkembangan-perkembanga umum yang dialami oleh anak, permasalahn umum dan khusus yang terjadai pada anak, tahapan asesmen yang dilakukan dalam proses konseling pada anak, berbagai bentuk media terapi yang tepat untuk konseling anak, permasalahan umum dan khusus yang dialami oleh remaja, karakteristik konselor yang sesuai untuk konseling remaja
Learning OutcomesMemahami konsep dasar anak dan remaja serta dunianya, permasalahan-permasalahan baik khusus maupun umum yang dialami selama perkembangan anak dan remaja , konsep tujuan diadakannya konseling anak dan remaja, konsep hubungan anak dan remaja dengan konselor, latar belakang sejarah konseling anak-anak, proses-proses terapi yang dilakukan kepada anak-anak, konsep dasar media konseling dan aktivitas yang sesuai selama prosesn konseling anak dan remaja, melakukan analisis kasus belajar, sosial dan karir.
References1.Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
2. kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
3.Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
4.Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Oraktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5.Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Mata kuliah Konseling anak dan remaja memberikan pemahaman tentang konsep dasar konseling pada anak, karakteristik konselor yang dibutuhkan untuk anak, perkembangan-perkembanga umum yang dialami oleh anak, permasalahn umum dan khusus yang terjadai pada anak, tahapan asesmen yang dilakukan dalam proses konseling pada anak, berbagai bentuk media terapi yang tepat untuk konseling anak, permasalahan umum dan khusus yang dialami oleh remaja, karakteristik konselor yang sesuai untuk konseling remaja
Learning OutcomesMemahami konsep dasar anak dan remaja serta dunianya, permasalahan-permasalahan baik khusus maupun umum yang dialami selama perkembangan anak dan remaja , konsep tujuan diadakannya konseling anak dan remaja, konsep hubungan anak dan remaja dengan konselor, latar belakang sejarah konseling anak-anak, proses-proses terapi yang dilakukan kepada anak-anak, konsep dasar media konseling dan aktivitas yang sesuai selama prosesn konseling anak dan remaja, melakukan analisis kasus belajar, sosial dan karir.
References1.Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
2. kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
3.Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
4.Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Oraktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5.Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Mata kuliah Konseling anak dan remaja memberikan pemahaman tentang konsep dasar konseling pada anak, karakteristik konselor yang dibutuhkan untuk anak, perkembangan-perkembanga umum yang dialami oleh anak, permasalahn umum dan khusus yang terjadai pada anak, tahapan asesmen yang dilakukan dalam proses konseling pada anak, berbagai bentuk media terapi yang tepat untuk konseling anak, permasalahan umum dan khusus yang dialami oleh remaja, karakteristik konselor yang sesuai untuk konseling remaja
Learning OutcomesMemahami konsep dasar anak dan remaja serta dunianya, permasalahan-permasalahan baik khusus maupun umum yang dialami selama perkembangan anak dan remaja , konsep tujuan diadakannya konseling anak dan remaja, konsep hubungan anak dan remaja dengan konselor, latar belakang sejarah konseling anak-anak, proses-proses terapi yang dilakukan kepada anak-anak, konsep dasar media konseling dan aktivitas yang sesuai selama prosesn konseling anak dan remaja, melakukan analisis kasus belajar, sosial dan karir.
References1.Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
2. kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
3.Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
4.Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Oraktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5.Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Konseling anak dan remaja merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai konsep dasar anak dan remaja serta dunianya, permasalahan-permasalahan baik khusus maupun umum yang dialami selama perkembangan anak dan remaja , konsep tujuan diadakannya konseling anak dan remaja, konsep hubungan anak dan remaja dengan konselor, latar belakang sejarah konseling anak-anak, proses-proses terapi yang dilakukan kepada anak-anak, konsep dasar media konseling dan aktivitas yang sesuai selama prosesn konseling anak dan remaja, melakukan analisis kasus belajar, sosial dan karir.
Learning OutcomesSetelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa mampu :
Memahami konsep dasar anak dan remaja serta dunianya, permasalahan-permasalahan baik khusus maupun umum yang dialami selama perkembangan anak dan remaja , konsep tujuan diadakannya konseling anak dan remaja, konsep hubungan anak dan remaja dengan konselor, latar belakang sejarah konseling anak-anak, proses-proses terapi yang dilakukan kepada anak-anak, konsep dasar media konseling dan aktivitas yang sesuai selama prosesn konseling anak dan remaja, melakukan analisis kasus belajar, sosial dan karir.
References1. Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
2. kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
3.Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
4.Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Oraktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5.Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Konseling anak dan remaja merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai konsep dasar anak dan remaja serta dunianya, permasalahan-permasalahan baik khusus maupun umum yang dialami selama perkembangan anak dan remaja , konsep tujuan diadakannya konseling anak dan remaja, konsep hubungan anak dan remaja dengan konselor, latar belakang sejarah konseling anak-anak, proses-proses terapi yang dilakukan kepada anak-anak, konsep dasar media konseling dan aktivitas yang sesuai selama prosesn konseling anak dan remaja, melakukan analisis kasus belajar, sosial dan karir.
Learning OutcomesSetelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa mampu :
Memahami konsep dasar anak dan remaja serta dunianya, permasalahan-permasalahan baik khusus maupun umum yang dialami selama perkembangan anak dan remaja , konsep tujuan diadakannya konseling anak dan remaja, konsep hubungan anak dan remaja dengan konselor, latar belakang sejarah konseling anak-anak, proses-proses terapi yang dilakukan kepada anak-anak, konsep dasar media konseling dan aktivitas yang sesuai selama prosesn konseling anak dan remaja, melakukan analisis kasus belajar, sosial dan karir.
References1. Kathryn Geldard and David Geldard. 2012. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT Indeks
2. kathryn Geldard and David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
3.Herbert P. Ginsburg. Menyelami Pikiran Anak. 2014. Jakarta: Pustaka Pelajar.
4.Kathryn Geldard and David Geldard. 2014. Konseling Remaja: Intervensi Oraktis bari Remaja beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5.Kathryn Geldard and David Geldard. 2011. Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...