Perkembangan Peserta Didik, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLEARNER DEVELOPMENT
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS18 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

mata kuliah ini mempelajari tentang karakteristik perkembangan pada individu seorang peserta didik dimana mencakup seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan individu tersebut.

Learning Outcomes

setelah mahasiswa mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami bagaimana karakteristik perkembangan pada individu seorang peserta didik.

References

Sunarto & Hartono, A. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Rineka Cipta: Jakarta

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Pustaka Setia: Jakarta


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini mempelajari tentang karakteristik perkembangan pada individu seorang peserta didik dimana mencakup seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan individu tersebut.

Learning Outcomes

setelah mahasiswa mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami bagaimana karakteristik perkembangan pada individu seorang peserta didik.

References

Sunarto & Hartono, A. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Rineka Cipta: Jakarta

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Pustaka Setia: Jakarta


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini membahasa mulai dari karakteristik peserta didik, pertumbuhan dan perkembangan, dan perbedaan individual peserta didik, implikasi pertumbuhan dan perkembangan terhadap penyelenggaraan pendidikan, konsep kebutuhan dan implikasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan, tugas-tugas perkembangan peserta didik pada usia menengah, konsep penyesuaian diri peserta didik usia sekolah menengah, serta permasalahan dan upaya penangnan masalah penyesuaian peserta didik sekolah menengah.

Learning Outcomes

mampu menjelaskan karakteristik peserta didik, perbedaan individual dan penyelenggaraan pendidikan.

References

Fatimah, Enung, 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), Bandung: CV Pustaka Setia.

Sunarto, Harton, Agung, 2006, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Asdi Mahasatya.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini membahasa mulai dari karakteristik peserta didik, pertumbuhan dan perkembangan, dan perbedaan individual peserta didik, implikasi pertumbuhan dan perkembangan terhadap penyelenggaraan pendidikan, konsep kebutuhan dan implikasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan, tugas-tugas perkembangan peserta didik pada usia menengah, konsep penyesuaian diri peserta didik usia sekolah menengah, serta permasalahan dan upaya penangnan masalah penyesuaian peserta didik sekolah menengah.

Learning Outcomes

mampu menjelaskan karakteristik peserta didik, perbedaan individual dan penyelenggaraan pendidikan.

References

Fatimah, Enung, 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), Bandung: CV Pustaka Setia.

Sunarto, Harton, Agung, 2006, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Asdi Mahasatya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik anak usia dini,  tugas-tugas perkembangan anak usia dini serta peranan mempelajari psikologi perkembangan dalam rangka mengoptimalkan hasil belajar/pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mengerti dan mampu mengaplikasikan karakteristik serta tugas perkembvangan anak usia dini dalam proses kegiatan pembelajaran di PAUD 

References

Akbar, hawadi, reni, 2003, Psikologi Perkembangan anak, Grasindo, Jakarta

Gardner, H, 1993, Multple Intelegences;The Theory in Practice, Harper Collins, New York

Hurlock, Elizabeth, 1998, Child Development, Mc Graw Hill Book Co, New York

Kartono, kartini, 1995, Psikologi Anak, Mandar Maju, Bandung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik anak usia dini,  tugas-tugas perkembangan anak usia dini serta peranan mempelajari psikologi perkembangan dalam rangka mengoptimalkan hasil belajar/pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mengerti dan mampu mengaplikasikan karakteristik serta tugas perkembvangan anak usia dini dalam proses kegiatan pembelajaran di PAUD 

References

Akbar, hawadi, reni, 2003, Psikologi Perkembangan anak, Grasindo, Jakarta

Gardner, H, 1993, Multple Intelegences;The Theory in Practice, Harper Collins, New York

Hurlock, Elizabeth, 1998, Child Development, Mc Graw Hill Book Co, New York

Kartono, kartini, 1995, Psikologi Anak, Mandar Maju, Bandung


Details ...