Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 18 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
mata kuliah ini mempelajari tentang karakteristik perkembangan pada individu seorang peserta didik dimana mencakup seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan individu tersebut.
Learning Outcomessetelah mahasiswa mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami bagaimana karakteristik perkembangan pada individu seorang peserta didik.
ReferencesSunarto & Hartono, A. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Rineka Cipta: Jakarta
Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Pustaka Setia: Jakarta
Details ...
mata kuliah ini mempelajari tentang karakteristik perkembangan pada individu seorang peserta didik dimana mencakup seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan individu tersebut.
Learning Outcomessetelah mahasiswa mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami bagaimana karakteristik perkembangan pada individu seorang peserta didik.
ReferencesSunarto & Hartono, A. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Rineka Cipta: Jakarta
Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Pustaka Setia: Jakarta
Details ...
mata kuliah ini membahasa mulai dari karakteristik peserta didik, pertumbuhan dan perkembangan, dan perbedaan individual peserta didik, implikasi pertumbuhan dan perkembangan terhadap penyelenggaraan pendidikan, konsep kebutuhan dan implikasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan, tugas-tugas perkembangan peserta didik pada usia menengah, konsep penyesuaian diri peserta didik usia sekolah menengah, serta permasalahan dan upaya penangnan masalah penyesuaian peserta didik sekolah menengah.
Learning Outcomesmampu menjelaskan karakteristik peserta didik, perbedaan individual dan penyelenggaraan pendidikan.
ReferencesFatimah, Enung, 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), Bandung: CV Pustaka Setia.
Sunarto, Harton, Agung, 2006, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Details ...
mata kuliah ini membahasa mulai dari karakteristik peserta didik, pertumbuhan dan perkembangan, dan perbedaan individual peserta didik, implikasi pertumbuhan dan perkembangan terhadap penyelenggaraan pendidikan, konsep kebutuhan dan implikasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan, tugas-tugas perkembangan peserta didik pada usia menengah, konsep penyesuaian diri peserta didik usia sekolah menengah, serta permasalahan dan upaya penangnan masalah penyesuaian peserta didik sekolah menengah.
Learning Outcomesmampu menjelaskan karakteristik peserta didik, perbedaan individual dan penyelenggaraan pendidikan.
ReferencesFatimah, Enung, 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), Bandung: CV Pustaka Setia.
Sunarto, Harton, Agung, 2006, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik anak usia dini, tugas-tugas perkembangan anak usia dini serta peranan mempelajari psikologi perkembangan dalam rangka mengoptimalkan hasil belajar/pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mengerti dan mampu mengaplikasikan karakteristik serta tugas perkembvangan anak usia dini dalam proses kegiatan pembelajaran di PAUD
ReferencesAkbar, hawadi, reni, 2003, Psikologi Perkembangan anak, Grasindo, Jakarta
Gardner, H, 1993, Multple Intelegences;The Theory in Practice, Harper Collins, New York
Hurlock, Elizabeth, 1998, Child Development, Mc Graw Hill Book Co, New York
Kartono, kartini, 1995, Psikologi Anak, Mandar Maju, Bandung
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik anak usia dini, tugas-tugas perkembangan anak usia dini serta peranan mempelajari psikologi perkembangan dalam rangka mengoptimalkan hasil belajar/pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mengerti dan mampu mengaplikasikan karakteristik serta tugas perkembvangan anak usia dini dalam proses kegiatan pembelajaran di PAUD
ReferencesAkbar, hawadi, reni, 2003, Psikologi Perkembangan anak, Grasindo, Jakarta
Gardner, H, 1993, Multple Intelegences;The Theory in Practice, Harper Collins, New York
Hurlock, Elizabeth, 1998, Child Development, Mc Graw Hill Book Co, New York
Kartono, kartini, 1995, Psikologi Anak, Mandar Maju, Bandung
Details ...