Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 18 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Deskrispsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep tentang perkembangan masa kanak -kanak sampai dewasa, memahami perkembangan Kognitif, moral dan sosial anak usia siswa sekolah dasar. Memahami kebutuhan anak sekolah dasar. Mempelajari konsep kesalahan - kesalahan dalam pengembangan diri peserta didik. Mengkaji konsep teori belajar dengan penerapannya dalam belajar SD. Memahami proses belajar anak SD. Memahami konsep teori belajar. Memahami Konsep sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasional fraksional. Memahami Konvensi Hak Ana
Learning Outcomesa. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan pedagogik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya sebagai pendidik; b. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang biokimia berdasarkan hasil informasi dan data; c. Mampu berkomunikasi lisan dan tulis secara efektif dan empatik; d. Mampu melakukan proses evaluasi diri, saling berbagi baik dalam kelompok maupun lingkungannya
ReferencesReferensi:
1. Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999.Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
2. Izzaty, R.E. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.
3. Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : PrenticeHall.
4. Santroc. . 2002. Life-Span Development. Dallas: University of Texasat Dallas.
5. Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Details ...
Deskrispsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep tentang perkembangan masa kanak -kanak sampai dewasa, memahami perkembangan Kognitif, moral dan sosial anak usia siswa sekolah dasar. Memahami kebutuhan anak sekolah dasar. Mempelajari konsep kesalahan - kesalahan dalam pengembangan diri peserta didik. Mengkaji konsep teori belajar dengan penerapannya dalam belajar SD. Memahami proses belajar anak SD. Memahami konsep teori belajar. Memahami Konsep sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasional fraksional. Memahami Konvensi Hak Ana
Learning Outcomesa. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan pedagogik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya sebagai pendidik; b. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang biokimia berdasarkan hasil informasi dan data; c. Mampu berkomunikasi lisan dan tulis secara efektif dan empatik; d. Mampu melakukan proses evaluasi diri, saling berbagi baik dalam kelompok maupun lingkungannya
ReferencesReferensi:
1. Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999.Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
2. Izzaty, R.E. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.
3. Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : PrenticeHall.
4. Santroc. . 2002. Life-Span Development. Dallas: University of Texasat Dallas.
5. Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Details ...
Deskrispsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep tentang perkembangan masa kanak -kanak sampai dewasa, memahami perkembangan Kognitif, moral dan sosial anak usia siswa sekolah dasar. Memahami kebutuhan anak sekolah dasar. Mempelajari konsep kesalahan - kesalahan dalam pengembangan diri peserta didik. Mengkaji konsep teori belajar dengan penerapannya dalam belajar SD. Memahami proses belajar anak SD. Memahami konsep teori belajar. Memahami Konsep sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasional fraksional. Memahami Konvensi Hak Ana
Learning Outcomesa. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan pedagogik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya sebagai pendidik; b. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang biokimia berdasarkan hasil informasi dan data; c. Mampu berkomunikasi lisan dan tulis secara efektif dan empatik; d. Mampu melakukan proses evaluasi diri, saling berbagi baik dalam kelompok maupun lingkungannya
ReferencesReferensi:
1. Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999.Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
2. Izzaty, R.E. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.
3. Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : PrenticeHall.
4. Santroc. . 2002. Life-Span Development. Dallas: University of Texasat Dallas.
5. Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Details ...
Deskrispsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep tentang perkembangan masa kanak -kanak sampai dewasa, memahami perkembangan Kognitif, moral dan sosial anak usia siswa sekolah dasar. Memahami kebutuhan anak sekolah dasar. Mempelajari konsep kesalahan - kesalahan dalam pengembangan diri peserta didik. Mengkaji konsep teori belajar dengan penerapannya dalam belajar SD. Memahami proses belajar anak SD. Memahami konsep teori belajar. Memahami Konsep sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasional fraksional. Memahami Konvensi Hak Ana
Learning Outcomesa. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan pedagogik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya sebagai pendidik; b. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang biokimia berdasarkan hasil informasi dan data; c. Mampu berkomunikasi lisan dan tulis secara efektif dan empatik; d. Mampu melakukan proses evaluasi diri, saling berbagi baik dalam kelompok maupun lingkungannya
ReferencesReferensi:
1. Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999.Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
2. Izzaty, R.E. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.
3. Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : PrenticeHall.
4. Santroc. . 2002. Life-Span Development. Dallas: University of Texasat Dallas.
5. Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Details ...
Deskrispsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep tentang perkembangan masa kanak -kanak sampai dewasa, memahami perkembangan Kognitif, moral dan sosial anak usia siswa sekolah dasar. Memahami kebutuhan anak sekolah dasar. Mempelajari konsep kesalahan - kesalahan dalam pengembangan diri peserta didik. Mengkaji konsep teori belajar dengan penerapannya dalam belajar SD. Memahami proses belajar anak SD. Memahami konsep teori belajar. Memahami Konsep sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasional fraksional. Memahami Konvensi Hak Ana
Learning Outcomesa. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan pedagogik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya sebagai pendidik; b. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang biokimia berdasarkan hasil informasi dan data; c. Mampu berkomunikasi lisan dan tulis secara efektif dan empatik; d. Mampu melakukan proses evaluasi diri, saling berbagi baik dalam kelompok maupun lingkungannya
ReferencesReferensi:
1. Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999.Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
2. Izzaty, R.E. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.
3. Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : PrenticeHall.
4. Santroc. . 2002. Life-Span Development. Dallas: University of Texasat Dallas.
5. Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang Karakteristik, Pertumbuhan dan perkembangan anak, Konsep kebutuhan dan implikasi terhadap penylenggaaan Pendiidikann, Permasalahan dan upaya penanganan masalah,serta perilaku sosial pesera didik.
Learning OutcomesSetelah mengiukti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengaplikasilkan tentang Karakteristik, Pertumbuhan dan perkembangan anak, Konsep kebutuhan dan implikasi terhadap penylenggaaan Pendiidikann, Permasalahan dan upaya penanganan masalah,serta perilaku sosial pesera didik di lembaga PAUD
References1. Permendikbud RI No 37 tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,Kemdikbud, Jakarta
2. Rusdiani dan Elizar, 2005, Pengelolaan kelas di Taman Kanak-knanak, Jakata ,Depdiknas
3. Zulkifli, Drs. 2000, Psikologi Pendidikan , Bandung, emaja Rosdia Karya
4. Hapidin, 2003, Manajemen Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Pusdiani Press
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang Karakteristik, Pertumbuhan dan perkembangan anak, Konsep kebutuhan dan implikasi terhadap penylenggaaan Pendiidikann, Permasalahan dan upaya penanganan masalah,serta perilaku sosial pesera didik.
Learning OutcomesSetelah mengiukti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengaplikasilkan tentang Karakteristik, Pertumbuhan dan perkembangan anak, Konsep kebutuhan dan implikasi terhadap penylenggaaan Pendiidikann, Permasalahan dan upaya penanganan masalah,serta perilaku sosial pesera didik di lembaga PAUD
References1. Permendikbud RI No 37 tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,Kemdikbud, Jakarta
2. Rusdiani dan Elizar, 2005, Pengelolaan kelas di Taman Kanak-knanak, Jakata ,Depdiknas
3. Zulkifli, Drs. 2000, Psikologi Pendidikan , Bandung, emaja Rosdia Karya
4. Hapidin, 2003, Manajemen Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Pusdiani Press
Details ...
Mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, terutama dalam fungsinya sebagai peserta didik.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menjelaskan:
1. perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia
2. mampu mendiskripsikan dan menyebutkan karakteristik peserta didik
ReferencesFatimah, Enung. 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.
Details ...
Mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, terutama dalam fungsinya sebagai peserta didik.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menjelaskan:
1. perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia
2. mampu mendiskripsikan dan menyebutkan karakteristik peserta didik
ReferencesFatimah, Enung. 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.
Details ...
Mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, terutama dalam fungsinya sebagai peserta didik.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menjelaskan:
1. perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia
2. mampu mendiskripsikan dan menyebutkan karakteristik peserta didik
ReferencesFatimah, Enung. 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.
Details ...
Mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, terutama dalam fungsinya sebagai peserta didik.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menjelaskan:
1. perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia
2. mampu mendiskripsikan dan menyebutkan karakteristik peserta didik
ReferencesFatimah, Enung. 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang karakteristik peserta didik, pertumbuhan perkembangan, dan perbedaan individual peserta didik, implikasi terhadap penyelenggaraan pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami kemampuan peserta didik
ReferencesFatimah, Enung, 2006, Perkembangan Peserta Didik, Bandung: CV Media Pustaka.
Details ...