Perkembangan Peserta Didik, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLEARNER DEVELOPMENT
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS18 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Deskrispsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep tentang perkembangan masa kanak -kanak sampai dewasa, memahami perkembangan Kognitif, moral dan sosial anak usia siswa sekolah dasar. Memahami kebutuhan anak sekolah dasar. Mempelajari konsep kesalahan - kesalahan dalam pengembangan diri peserta didik. Mengkaji konsep teori belajar dengan penerapannya dalam belajar SD. Memahami proses belajar anak SD. Memahami konsep teori belajar. Memahami Konsep sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasional fraksional. Memahami Konvensi Hak Ana

Learning Outcomes

 a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan pedagogik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya sebagai pendidik; b. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang biokimia berdasarkan hasil informasi dan data; c. Mampu berkomunikasi lisan dan tulis secara efektif dan empatik; d. Mampu melakukan proses evaluasi diri, saling berbagi baik dalam kelompok maupun lingkungannya

References

Referensi:

1. Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999.Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

2. Izzaty, R.E. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.

3. Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : PrenticeHall.

4. Santroc. . 2002. Life-Span Development. Dallas: University of Texasat Dallas.

5. Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.


Details ...
Course Descriptions

Deskrispsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep tentang perkembangan masa kanak -kanak sampai dewasa, memahami perkembangan Kognitif, moral dan sosial anak usia siswa sekolah dasar. Memahami kebutuhan anak sekolah dasar. Mempelajari konsep kesalahan - kesalahan dalam pengembangan diri peserta didik. Mengkaji konsep teori belajar dengan penerapannya dalam belajar SD. Memahami proses belajar anak SD. Memahami konsep teori belajar. Memahami Konsep sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasional fraksional. Memahami Konvensi Hak Ana

Learning Outcomes

 a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan pedagogik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya sebagai pendidik; b. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang biokimia berdasarkan hasil informasi dan data; c. Mampu berkomunikasi lisan dan tulis secara efektif dan empatik; d. Mampu melakukan proses evaluasi diri, saling berbagi baik dalam kelompok maupun lingkungannya

References

Referensi:

1. Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999.Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

2. Izzaty, R.E. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.

3. Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : PrenticeHall.

4. Santroc. . 2002. Life-Span Development. Dallas: University of Texasat Dallas.

5. Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.


Details ...
Course Descriptions

Deskrispsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep tentang perkembangan masa kanak -kanak sampai dewasa, memahami perkembangan Kognitif, moral dan sosial anak usia siswa sekolah dasar. Memahami kebutuhan anak sekolah dasar. Mempelajari konsep kesalahan - kesalahan dalam pengembangan diri peserta didik. Mengkaji konsep teori belajar dengan penerapannya dalam belajar SD. Memahami proses belajar anak SD. Memahami konsep teori belajar. Memahami Konsep sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasional fraksional. Memahami Konvensi Hak Ana

Learning Outcomes

 a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan pedagogik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya sebagai pendidik; b. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang biokimia berdasarkan hasil informasi dan data; c. Mampu berkomunikasi lisan dan tulis secara efektif dan empatik; d. Mampu melakukan proses evaluasi diri, saling berbagi baik dalam kelompok maupun lingkungannya

References

Referensi:

1. Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999.Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

2. Izzaty, R.E. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.

3. Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : PrenticeHall.

4. Santroc. . 2002. Life-Span Development. Dallas: University of Texasat Dallas.

5. Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.


Details ...
Course Descriptions

Deskrispsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep tentang perkembangan masa kanak -kanak sampai dewasa, memahami perkembangan Kognitif, moral dan sosial anak usia siswa sekolah dasar. Memahami kebutuhan anak sekolah dasar. Mempelajari konsep kesalahan - kesalahan dalam pengembangan diri peserta didik. Mengkaji konsep teori belajar dengan penerapannya dalam belajar SD. Memahami proses belajar anak SD. Memahami konsep teori belajar. Memahami Konsep sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasional fraksional. Memahami Konvensi Hak Ana

Learning Outcomes

 a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan pedagogik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya sebagai pendidik; b. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang biokimia berdasarkan hasil informasi dan data; c. Mampu berkomunikasi lisan dan tulis secara efektif dan empatik; d. Mampu melakukan proses evaluasi diri, saling berbagi baik dalam kelompok maupun lingkungannya

References

Referensi:

1. Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999.Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

2. Izzaty, R.E. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.

3. Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : PrenticeHall.

4. Santroc. . 2002. Life-Span Development. Dallas: University of Texasat Dallas.

5. Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.


Details ...
Course Descriptions

Deskrispsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep tentang perkembangan masa kanak -kanak sampai dewasa, memahami perkembangan Kognitif, moral dan sosial anak usia siswa sekolah dasar. Memahami kebutuhan anak sekolah dasar. Mempelajari konsep kesalahan - kesalahan dalam pengembangan diri peserta didik. Mengkaji konsep teori belajar dengan penerapannya dalam belajar SD. Memahami proses belajar anak SD. Memahami konsep teori belajar. Memahami Konsep sensori motor, pra operasional, operasional konkrit, operasional fraksional. Memahami Konvensi Hak Ana

Learning Outcomes

 a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan pedagogik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya sebagai pendidik; b. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang biokimia berdasarkan hasil informasi dan data; c. Mampu berkomunikasi lisan dan tulis secara efektif dan empatik; d. Mampu melakukan proses evaluasi diri, saling berbagi baik dalam kelompok maupun lingkungannya

References

Referensi:

1. Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999.Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

2. Izzaty, R.E. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.

3. Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : PrenticeHall.

4. Santroc. . 2002. Life-Span Development. Dallas: University of Texasat Dallas.

5. Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang Karakteristik, Pertumbuhan dan perkembangan anak, Konsep kebutuhan dan implikasi terhadap penylenggaaan Pendiidikann, Permasalahan dan upaya penanganan masalah,serta  perilaku sosial pesera didik.

Learning Outcomes

Setelah mengiukti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengaplikasilkan tentang Karakteristik, Pertumbuhan dan perkembangan anak, Konsep kebutuhan dan implikasi terhadap penylenggaaan Pendiidikann, Permasalahan dan upaya penanganan masalah,serta  perilaku sosial pesera didik di lembaga PAUD

References

1. Permendikbud RI No 37 tahun 2014  Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,Kemdikbud, Jakarta

2. Rusdiani dan Elizar, 2005, Pengelolaan kelas di Taman Kanak-knanak, Jakata ,Depdiknas

3. Zulkifli, Drs. 2000, Psikologi Pendidikan , Bandung, emaja Rosdia Karya

4. Hapidin, 2003, Manajemen Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Pusdiani Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang Karakteristik, Pertumbuhan dan perkembangan anak, Konsep kebutuhan dan implikasi terhadap penylenggaaan Pendiidikann, Permasalahan dan upaya penanganan masalah,serta  perilaku sosial pesera didik.

Learning Outcomes

Setelah mengiukti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengaplikasilkan tentang Karakteristik, Pertumbuhan dan perkembangan anak, Konsep kebutuhan dan implikasi terhadap penylenggaaan Pendiidikann, Permasalahan dan upaya penanganan masalah,serta  perilaku sosial pesera didik di lembaga PAUD

References

1. Permendikbud RI No 37 tahun 2014  Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,Kemdikbud, Jakarta

2. Rusdiani dan Elizar, 2005, Pengelolaan kelas di Taman Kanak-knanak, Jakata ,Depdiknas

3. Zulkifli, Drs. 2000, Psikologi Pendidikan , Bandung, emaja Rosdia Karya

4. Hapidin, 2003, Manajemen Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Pusdiani Press


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, terutama dalam fungsinya sebagai peserta didik.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu menjelaskan:

1. perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia

2. mampu mendiskripsikan dan menyebutkan karakteristik peserta didik

References

Fatimah, Enung. 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, terutama dalam fungsinya sebagai peserta didik.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu menjelaskan:

1. perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia

2. mampu mendiskripsikan dan menyebutkan karakteristik peserta didik

References

Fatimah, Enung. 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, terutama dalam fungsinya sebagai peserta didik.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu menjelaskan:

1. perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia

2. mampu mendiskripsikan dan menyebutkan karakteristik peserta didik

References

Fatimah, Enung. 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, terutama dalam fungsinya sebagai peserta didik.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu menjelaskan:

1. perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia

2. mampu mendiskripsikan dan menyebutkan karakteristik peserta didik

References

Fatimah, Enung. 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang karakteristik peserta didik, pertumbuhan perkembangan, dan perbedaan individual peserta didik, implikasi terhadap penyelenggaraan pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami kemampuan peserta didik

References

Fatimah, Enung, 2006, Perkembangan Peserta Didik, Bandung: CV Media Pustaka.


Details ...