Courser in English | DEVELOPMENT OF BIOLOGY LEARNING RESOURCE AND MATERIAL |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 4 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online
Learning OutcomesSikap
1.Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
2.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
3.Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik
4.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
1.Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK sesuai dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
2.Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik, konsep, dan pedagogi yang tepat.
3.Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
1.mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3.Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
4.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
5.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
6.Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Khusus
- Mampu memahami konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
- Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai media pembelajaran biologi
- Mampu membuat rancang bangun media pembelajran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
- Mampu mengembangkan bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan
-
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online
Learning OutcomesSikap
1.Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
2.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
3.Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik
4.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
1.Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK sesuai dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
2.Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik, konsep, dan pedagogi yang tepat.
3.Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
1.mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3.Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
4.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
5.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
6.Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Khusus
- Mampu memahami konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
- Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai media pembelajaran biologi
- Mampu membuat rancang bangun media pembelajran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan
References-
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online
Learning OutcomesSikap
- Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
- Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK sesuai dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
- Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik, konsep, dan pedagogi yang tepat.
- Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Khusus
- Mampu memahami konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
- Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai media pembelajaran biologi
- Mampu membuat rancang bangun media pembelajran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan
References-
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online
Learning OutcomesSikap
- Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
- Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK sesuai dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
- Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik, konsep, dan pedagogi yang tepat.
- Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Khusus
- Mampu memahami konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
- Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai media pembelajaran biologi
- Mampu membuat rancang bangun media pembelajran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan
References-
Details ...