Pengembbangan Sumber dan Bahan belajar Bio, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF BIOLOGY LEARNING RESOURCE AND MATERIAL
ProgramPendidikan Biologi
SKS4 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online

Learning Outcomes

Sikap

Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi  secara mandiri.

Pengetahuan

Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan  sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.

Keterampilan Umum

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.

Keterampilan Khusus

Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan  bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online

Learning Outcomes

Sikap

Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi  secara mandiri.

Pengetahuan

Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan  sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.

Keterampilan Umum

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.

Keterampilan Khusus

Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan  bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online

Learning Outcomes

Sikap

Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi  secara mandiri.

Pengetahuan

Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan  sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.

Keterampilan Umum

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.

Keterampilan Khusus

Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan  bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online

Learning Outcomes

Sikap

Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi  secara mandiri.

Pengetahuan

Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan  sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.

Keterampilan Umum

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.

Keterampilan Khusus

Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan  bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online

Learning Outcomes

Sikap

Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi  secara mandiri.

Pengetahuan

Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan  sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.

Keterampilan Umum

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.

Keterampilan Khusus

Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan  bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online

Learning Outcomes

Sikap

  1. Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi  secara mandiri.

Pengetahuan

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
  2. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan  sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.

Keterampilan Umum

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
  5. Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
  2. Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
  3. Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
  4. Mampu mengembangkan sumber dan  bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan

 

References

Journal


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

Sikap

Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi  secara mandiri.

Pengetahuan

Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan  sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.

Keterampilan Umum

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.

Keterampilan Khusus

Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan  bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan

 

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

Sikap

Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi  secara mandiri.

Pengetahuan

Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan  sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.

Keterampilan Umum

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.

Keterampilan Khusus

Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan  bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan

 

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta menganalisis kebutuhan sumber dan bahan belajar berdasarkan Kompetensi Dasar untuk menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA dan Biologi baik secara cetak, tiga dimensi,multimedia, maupun elektronik offline maupun online.

Learning Outcomes

Sikap

Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi sumber dan bahan belajar Biologi dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
Mampu mengkaji implikasi pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

 

Keterampilan Khusus

Mampu menganalisis dan mendesain produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis prinsip-prinsip pembelajaran biologi secara kreatif.
Mampu mengelola produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis pembelajaran biologi secara kreatif.

 

Pengetahuan

Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi di kelas dan sekolah
Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi dan inovasi pengembangan produk-produknya

 

References

Sudjana, N. dan Ahmad Rivai.  2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

 

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

 

Sadiman, A.S., dkk. 2008. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan). Jakarta: Rajawali Press.    

                   


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta menganalisis kebutuhan sumber dan bahan belajar berdasarkan Kompetensi Dasar untuk menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA dan Biologi baik secara cetak, tiga dimensi,multimedia, maupun elektronik offline maupun online.

Learning Outcomes

Sikap

Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi sumber dan bahan belajar Biologi dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
Mampu mengkaji implikasi pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

 

Keterampilan Khusus

Mampu menganalisis dan mendesain produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis prinsip-prinsip pembelajaran biologi secara kreatif.
Mampu mengelola produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis pembelajaran biologi secara kreatif.

 

Pengetahuan

Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi di kelas dan sekolah
Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi dan inovasi pengembangan produk-produknya

 

References

Sudjana, N. dan Ahmad Rivai.  2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

 

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

 

Sadiman, A.S., dkk. 2008. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan). Jakarta: Rajawali Press.    

                   


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta menganalisis kebutuhan sumber dan bahan belajar berdasarkan Kompetensi Dasar untuk menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA dan Biologi baik secara cetak, tiga dimensi,multimedia, maupun elektronik offline maupun online.

Learning Outcomes

Sikap

1.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

2.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

3.Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Keterampilan Umum

1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi sumber dan bahan belajar Biologi dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menganalisis dan mendesain produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis prinsip-prinsip pembelajaran biologi secara kreatif.
  2. Mampu mengelola produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis pembelajaran biologi secara kreatif.

Pengetahuan

1.Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi di kelas dan sekolah

Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi dan inovasi pengembangan produk-produknya

References

Sudjana, N. dan Ahmad Rivai.  2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Sadiman, A.S., dkk. 2008. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan). Jakarta: Rajawali Press.     


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta menganalisis kebutuhan sumber dan bahan belajar berdasarkan Kompetensi Dasar untuk menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA dan Biologi baik secara cetak, tiga dimensi,multimedia, maupun elektronik offline maupun online.

Learning Outcomes

Sikap

1.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

2.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

3.Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Keterampilan Umum

1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi sumber dan bahan belajar Biologi dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menganalisis dan mendesain produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis prinsip-prinsip pembelajaran biologi secara kreatif.
  2. Mampu mengelola produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis pembelajaran biologi secara kreatif.

Pengetahuan

1.Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi di kelas dan sekolah

Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi dan inovasi pengembangan produk-produknya

References

Sudjana, N. dan Ahmad Rivai.  2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Sadiman, A.S., dkk. 2008. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan). Jakarta: Rajawali Press.     


Details ...