Courser in English | DEVELOPMENT OF BIOLOGY LEARNING RESOURCE AND MATERIAL |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 4 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online
Learning OutcomesSikap
Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi secara mandiri.
Pengetahuan
Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.
Keterampilan Khusus
Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan
-
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online
Learning OutcomesSikap
Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi secara mandiri.
Pengetahuan
Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.
Keterampilan Khusus
Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan
-
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online
Learning OutcomesSikap
Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi secara mandiri.
Pengetahuan
Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.
Keterampilan Khusus
Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan
-
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online
Learning OutcomesSikap
Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi secara mandiri.
Pengetahuan
Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.
Keterampilan Khusus
Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan
-
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online
Learning OutcomesSikap
Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi secara mandiri.
Pengetahuan
Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.
Keterampilan Khusus
Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan
-
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online
Learning OutcomesSikap
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi secara mandiri.
Pengetahuan
- Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
- Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
- Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.
Keterampilan Khusus
- Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
- Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
- Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
- Mampu mengembangkan sumber dan bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan
References
Journal
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran
Sikap
Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi secara mandiri.
Pengetahuan
Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.
Keterampilan Khusus
Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan
References
-
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta teknik dasar keterampilan perancangan media pembelajaran dengan menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun elektronik offline maupun online
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran
Sikap
Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sumber dan bahan belajar Biologi secara mandiri.
Pengetahuan
Mampu menerapkan konsep-konsep pengembangan sumber dan bahan belajar dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK
Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyusunan sumber dan bahan belajar yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan interaktif dalam konteks pengembangan sumber dan bahan belajar.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyusunan/pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pengembangan sumber dan bahan belajar
Mampu melakukan proses evaluasi terhadap sumber dan bahan belajar yang telah disusun.
Keterampilan Khusus
Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan klasifikasi media sebagai sumber belajar biologi
Memiliki keterampilan dasar teknik aplikasi IPTEKS sebagai penunjang media pembelajaran biologi
Mampu membuat rancang bangun media pembelajaran berbasis konvensional dan ICT, on line maupun off line
Mampu mengembangkan sumber dan bahan ajar berdasarkan struktur makro pada Kompetensi Dasar (KD) yang ditentukan
References
-
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta menganalisis kebutuhan sumber dan bahan belajar berdasarkan Kompetensi Dasar untuk menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA dan Biologi baik secara cetak, tiga dimensi,multimedia, maupun elektronik offline maupun online.
Learning OutcomesSikap
Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi sumber dan bahan belajar Biologi dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
Mampu mengkaji implikasi pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
Keterampilan Khusus
Mampu menganalisis dan mendesain produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis prinsip-prinsip pembelajaran biologi secara kreatif.
Mampu mengelola produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis pembelajaran biologi secara kreatif.
Pengetahuan
Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi di kelas dan sekolah
Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi dan inovasi pengembangan produk-produknya
References
Sudjana, N. dan Ahmad Rivai. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Sadiman, A.S., dkk. 2008. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan). Jakarta: Rajawali Press.
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta menganalisis kebutuhan sumber dan bahan belajar berdasarkan Kompetensi Dasar untuk menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA dan Biologi baik secara cetak, tiga dimensi,multimedia, maupun elektronik offline maupun online.
Learning OutcomesSikap
Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi sumber dan bahan belajar Biologi dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
Mampu mengkaji implikasi pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
Keterampilan Khusus
Mampu menganalisis dan mendesain produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis prinsip-prinsip pembelajaran biologi secara kreatif.
Mampu mengelola produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis pembelajaran biologi secara kreatif.
Pengetahuan
Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi di kelas dan sekolah
Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi dan inovasi pengembangan produk-produknya
References
Sudjana, N. dan Ahmad Rivai. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Sadiman, A.S., dkk. 2008. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan). Jakarta: Rajawali Press.
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta menganalisis kebutuhan sumber dan bahan belajar berdasarkan Kompetensi Dasar untuk menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA dan Biologi baik secara cetak, tiga dimensi,multimedia, maupun elektronik offline maupun online.
Learning OutcomesSikap
1.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
2.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
3.Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Keterampilan Umum
1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi sumber dan bahan belajar Biologi dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
Keterampilan Khusus
- Mampu menganalisis dan mendesain produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis prinsip-prinsip pembelajaran biologi secara kreatif.
- Mampu mengelola produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis pembelajaran biologi secara kreatif.
Pengetahuan
1.Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi di kelas dan sekolah
Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi dan inovasi pengembangan produk-produknya
ReferencesSudjana, N. dan Ahmad Rivai. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Sadiman, A.S., dkk. 2008. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan). Jakarta: Rajawali Press.
Details ...
Mempelajari pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi serta menganalisis kebutuhan sumber dan bahan belajar berdasarkan Kompetensi Dasar untuk menghasilkan produk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA dan Biologi baik secara cetak, tiga dimensi,multimedia, maupun elektronik offline maupun online.
Learning OutcomesSikap
1.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
2.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
3.Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Keterampilan Umum
1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi sumber dan bahan belajar Biologi dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
Keterampilan Khusus
- Mampu menganalisis dan mendesain produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis prinsip-prinsip pembelajaran biologi secara kreatif.
- Mampu mengelola produk-produk pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi berbasis pembelajaran biologi secara kreatif.
Pengetahuan
1.Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi di kelas dan sekolah
Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pengembangan sumber dan bahan belajar Biologi dan inovasi pengembangan produk-produknya
ReferencesSudjana, N. dan Ahmad Rivai. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Sadiman, A.S., dkk. 2008. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan). Jakarta: Rajawali Press.
Details ...