Courser in English | ERROR ANALYSIS IN INDONESIAN LANGUAGE |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 33 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa ini merupakan mata kuliah keterampilan pada program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini bertujuan memperdalam pengetahuan kebahasaan dan menerampilkan diri mengkaji dan menelaah kesalahan berbahasa bagi calon pendidik bahasa Indonesia yang akan berhadapan dengan banyak tulisan peserta didik.
Learning Outcomes
1
Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S2, S4, S10, KU5, P2, P4, KK15).
2
Memahami pengetahuan tentang ruang lingkup analisis kesalahan berbahasa Indonesia baku, yakni ragam bahasa Indonesia yang berada di ranah ilmiah/akademis, sastra, jurnalistik, dan hukum (S9, S10, KU6, P6, KK1).
3
Menguasai kaidah/aturan ragam bahasa, terutama ragam bahasa baku dalam lingkup pendidikan, meliputi kaidah-kaidah bunyi, penerapan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia), penggunaan TBBBI (Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia), pemakaian KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), dan tahu cara implementasi Pedoman Umum Pembentukan Istilah (S2, S3, S10, KU5, S13).
4
Menguasai pengetahuan mengenai kajian-kajian kesalahan berbahasa (S2, S3 KU5, KU8, P2, P4, KK1).
5
Mampu melakukan riset atau kajian kesalahan berbahasa secara komprehensif baik menggunakan perangkat lunak ataupun tanpa perangkat lunak, (S3, S4, S9, KU8, P1, P4, KK15)
6
Memiliki pengetahuan dan terampil untuk membahas analisis kesalahan berbahasa. (S3, S4, S8, S9, S10, KU1, KU8, P2, KK1, KK13, P6, KK15)
1. Alwi, Hasan, Dkk. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
2. Rifai, Mien A. 2005. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
3. Setyawati, Nanik. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa. Yogyakarta: Yuma Pustaka.
4. Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
5. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
6. https://puebi.readthedocs.io/en/latest/
7. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/pedoman-umum-pembentukan-istilah
Details ...
Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa ini merupakan mata kuliah keterampilan pada program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini bertujuan memperdalam pengetahuan kebahasaan dan menerampilkan diri mengkaji dan menelaah kesalahan berbahasa bagi calon pendidik bahasa Indonesia yang akan berhadapan dengan banyak tulisan peserta didik.
Learning Outcomes
1
Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S2, S4, S10, KU5, P2, P4, KK15).
2
Memahami pengetahuan tentang ruang lingkup analisis kesalahan berbahasa Indonesia baku, yakni ragam bahasa Indonesia yang berada di ranah ilmiah/akademis, sastra, jurnalistik, dan hukum (S9, S10, KU6, P6, KK1).
3
Menguasai kaidah/aturan ragam bahasa, terutama ragam bahasa baku dalam lingkup pendidikan, meliputi kaidah-kaidah bunyi, penerapan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia), penggunaan TBBBI (Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia), pemakaian KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), dan tahu cara implementasi Pedoman Umum Pembentukan Istilah (S2, S3, S10, KU5, S13).
4
Menguasai pengetahuan mengenai kajian-kajian kesalahan berbahasa (S2, S3 KU5, KU8, P2, P4, KK1).
5
Mampu melakukan riset atau kajian kesalahan berbahasa secara komprehensif baik menggunakan perangkat lunak ataupun tanpa perangkat lunak, (S3, S4, S9, KU8, P1, P4, KK15)
6
Memiliki pengetahuan dan terampil untuk membahas analisis kesalahan berbahasa. (S3, S4, S8, S9, S10, KU1, KU8, P2, KK1, KK13, P6, KK15)
1. Alwi, Hasan, Dkk. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
2. Rifai, Mien A. 2005. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
3. Setyawati, Nanik. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa. Yogyakarta: Yuma Pustaka.
4. Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
5. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
6. https://puebi.readthedocs.io/en/latest/
7. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/pedoman-umum-pembentukan-istilah
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal analisis konstrarif dan analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam bidang ejaan, fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, serta analisis wacana. Dengan bobot 2 SKS, guna memberikan pengalaman belajar bermakna, mata kuliah ini dikemas dalam bentuk discovery-learnimg dan project-based learning. Luaran dari mata kuliah ini adalah artikel/makalah hasil analisis kesalahan berbahasa Indonesia.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8, S10, P1, P2, P4, KU5, KK15) |
CPMK2 |
Memahami pengetahuan tentang ruang lingkup analisis kesalahan berbahasa Indonesia baku, yakni ragam bahasa Indonesia yang berada di ranah ilmiah/akademis, sastra, jurnalistik, dan hokum. (S9, S10, P6, KK1, KK12) |
CPMK3 |
Menguasai kaidah/aturan ragam bahasa, terutama ragam bahasa baku dalam lingkup pendidikan, meliputi kaidah-kaidah bunyi, penggunaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penggunaan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (TBBBI), pemakaian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dan mengetahui langkah-langkah pengimplementasian pedoman umum pembentukan istilah. (S9, S10, KU1, KU2, KU5) |
CPMK4 |
Menguasai pengetahuan mengenai kajian dan riset kesalahan berbahasa Indonesia secara komprehensif. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12) |
CPMK5 |
Memiliki pengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak (ataupun tanpa perangkat lunak) guna menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12, KK13) |
- KBBI Daring
- Ejaan Bahasa Indonesia
- Pedoman Umum Pembentukan Istilah
- Moeliono, Anton M. dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Mustakim, dkk. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.
- Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal analisis konstrarif dan analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam bidang ejaan, fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, serta analisis wacana. Dengan bobot 2 SKS, guna memberikan pengalaman belajar bermakna, mata kuliah ini dikemas dalam bentuk discovery-learnimg dan project-based learning. Luaran dari mata kuliah ini adalah artikel/makalah hasil analisis kesalahan berbahasa Indonesia.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8, S10, P1, P2, P4, KU5, KK15) |
CPMK2 |
Memahami pengetahuan tentang ruang lingkup analisis kesalahan berbahasa Indonesia baku, yakni ragam bahasa Indonesia yang berada di ranah ilmiah/akademis, sastra, jurnalistik, dan hokum. (S9, S10, P6, KK1, KK12) |
CPMK3 |
Menguasai kaidah/aturan ragam bahasa, terutama ragam bahasa baku dalam lingkup pendidikan, meliputi kaidah-kaidah bunyi, penggunaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penggunaan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (TBBBI), pemakaian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dan mengetahui langkah-langkah pengimplementasian pedoman umum pembentukan istilah. (S9, S10, KU1, KU2, KU5) |
CPMK4 |
Menguasai pengetahuan mengenai kajian dan riset kesalahan berbahasa Indonesia secara komprehensif. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12) |
CPMK5 |
Memiliki pengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak (ataupun tanpa perangkat lunak) guna menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12, KK13) |
- KBBI Daring
- Ejaan Bahasa Indonesia
- Pedoman Umum Pembentukan Istilah
- Moeliono, Anton M. dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Mustakim, dkk. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.
- Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal analisis konstrarif dan analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam bidang ejaan, fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, serta analisis wacana. Dengan bobot 2 SKS, guna memberikan pengalaman belajar bermakna, mata kuliah ini dikemas dalam bentuk discovery-learnimg dan project-based learning. Luaran dari mata kuliah ini adalah artikel/makalah hasil analisis kesalahan berbahasa Indonesia.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8, S10, P1, P2, P4, KU5, KK15) |
CPMK2 |
Memahami pengetahuan tentang ruang lingkup analisis kesalahan berbahasa Indonesia baku, yakni ragam bahasa Indonesia yang berada di ranah ilmiah/akademis, sastra, jurnalistik, dan hokum. (S9, S10, P6, KK1, KK12) |
CPMK3 |
Menguasai kaidah/aturan ragam bahasa, terutama ragam bahasa baku dalam lingkup pendidikan, meliputi kaidah-kaidah bunyi, penggunaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penggunaan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (TBBBI), pemakaian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dan mengetahui langkah-langkah pengimplementasian pedoman umum pembentukan istilah. (S9, S10, KU1, KU2, KU5) |
CPMK4 |
Menguasai pengetahuan mengenai kajian dan riset kesalahan berbahasa Indonesia secara komprehensif. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12) |
CPMK5 |
Memiliki pengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak (ataupun tanpa perangkat lunak) guna menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12, KK13) |
- KBBI Daring
- Ejaan Bahasa Indonesia
- Pedoman Umum Pembentukan Istilah
- Moeliono, Anton M. dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Mustakim, dkk. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.
- Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal analisis konstrarif dan analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam bidang ejaan, fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, serta analisis wacana. Dengan bobot 2 SKS, guna memberikan pengalaman belajar bermakna, mata kuliah ini dikemas dalam bentuk discovery-learnimg dan project-based learning. Luaran dari mata kuliah ini adalah artikel/makalah hasil analisis kesalahan berbahasa Indonesia.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8, S10, P1, P2, P4, KU5, KK15) |
CPMK2 |
Memahami pengetahuan tentang ruang lingkup analisis kesalahan berbahasa Indonesia baku, yakni ragam bahasa Indonesia yang berada di ranah ilmiah/akademis, sastra, jurnalistik, dan hokum. (S9, S10, P6, KK1, KK12) |
CPMK3 |
Menguasai kaidah/aturan ragam bahasa, terutama ragam bahasa baku dalam lingkup pendidikan, meliputi kaidah-kaidah bunyi, penggunaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penggunaan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (TBBBI), pemakaian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dan mengetahui langkah-langkah pengimplementasian pedoman umum pembentukan istilah. (S9, S10, KU1, KU2, KU5) |
CPMK4 |
Menguasai pengetahuan mengenai kajian dan riset kesalahan berbahasa Indonesia secara komprehensif. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12) |
CPMK5 |
Memiliki pengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak (ataupun tanpa perangkat lunak) guna menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12, KK13) |
- KBBI Daring
- Ejaan Bahasa Indonesia
- Pedoman Umum Pembentukan Istilah
- Moeliono, Anton M. dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Mustakim, dkk. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.
- Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia.
Learning OutcomesMata kuliah analisis kebahasaan bahasa Indonesia.
References-
Details ...