Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishERROR ANALYSIS IN INDONESIAN LANGUAGE
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS33 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa ini merupakan mata kuliah keterampilan pada program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini bertujuan memperdalam pengetahuan kebahasaan dan menerampilkan diri mengkaji dan menelaah kesalahan berbahasa bagi calon pendidik bahasa Indonesia yang akan berhadapan dengan banyak tulisan peserta didik.

Learning Outcomes

 

1
Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S2, S4, S10, KU5, P2, P4, KK15).


2
Memahami pengetahuan tentang ruang lingkup analisis kesalahan berbahasa Indonesia baku, yakni ragam bahasa Indonesia yang berada di ranah ilmiah/akademis, sastra, jurnalistik, dan hukum (S9, S10, KU6, P6, KK1).


3
Menguasai kaidah/aturan ragam bahasa, terutama ragam bahasa baku dalam lingkup pendidikan, meliputi kaidah-kaidah bunyi, penerapan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia), penggunaan TBBBI (Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia), pemakaian KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), dan tahu cara implementasi Pedoman Umum Pembentukan Istilah (S2, S3, S10, KU5, S13).


4
Menguasai pengetahuan mengenai kajian-kajian kesalahan berbahasa (S2, S3 KU5, KU8, P2, P4, KK1).


5
Mampu melakukan riset atau kajian kesalahan berbahasa secara komprehensif baik menggunakan perangkat lunak ataupun tanpa perangkat lunak, (S3, S4, S9, KU8, P1, P4, KK15)


6
Memiliki pengetahuan dan terampil untuk membahas analisis kesalahan berbahasa. (S3, S4, S8, S9, S10, KU1, KU8, P2, KK1, KK13, P6, KK15)

References

1. Alwi, Hasan, Dkk. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
2. Rifai, Mien A. 2005. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
3. Setyawati, Nanik. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa. Yogyakarta: Yuma Pustaka.
4. Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
5. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
6. https://puebi.readthedocs.io/en/latest/
7. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/pedoman-umum-pembentukan-istilah


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa ini merupakan mata kuliah keterampilan pada program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini bertujuan memperdalam pengetahuan kebahasaan dan menerampilkan diri mengkaji dan menelaah kesalahan berbahasa bagi calon pendidik bahasa Indonesia yang akan berhadapan dengan banyak tulisan peserta didik.

Learning Outcomes

 

1
Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S2, S4, S10, KU5, P2, P4, KK15).


2
Memahami pengetahuan tentang ruang lingkup analisis kesalahan berbahasa Indonesia baku, yakni ragam bahasa Indonesia yang berada di ranah ilmiah/akademis, sastra, jurnalistik, dan hukum (S9, S10, KU6, P6, KK1).


3
Menguasai kaidah/aturan ragam bahasa, terutama ragam bahasa baku dalam lingkup pendidikan, meliputi kaidah-kaidah bunyi, penerapan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia), penggunaan TBBBI (Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia), pemakaian KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), dan tahu cara implementasi Pedoman Umum Pembentukan Istilah (S2, S3, S10, KU5, S13).


4
Menguasai pengetahuan mengenai kajian-kajian kesalahan berbahasa (S2, S3 KU5, KU8, P2, P4, KK1).


5
Mampu melakukan riset atau kajian kesalahan berbahasa secara komprehensif baik menggunakan perangkat lunak ataupun tanpa perangkat lunak, (S3, S4, S9, KU8, P1, P4, KK15)


6
Memiliki pengetahuan dan terampil untuk membahas analisis kesalahan berbahasa. (S3, S4, S8, S9, S10, KU1, KU8, P2, KK1, KK13, P6, KK15)

References

1. Alwi, Hasan, Dkk. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
2. Rifai, Mien A. 2005. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
3. Setyawati, Nanik. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa. Yogyakarta: Yuma Pustaka.
4. Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
5. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
6. https://puebi.readthedocs.io/en/latest/
7. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/pedoman-umum-pembentukan-istilah


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal analisis konstrarif dan analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam bidang ejaan, fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, serta analisis wacana. Dengan bobot 2 SKS, guna memberikan pengalaman belajar  bermakna, mata kuliah ini dikemas dalam bentuk discovery-learnimg dan project-based  learning. Luaran dari mata kuliah ini adalah artikel/makalah hasil analisis kesalahan berbahasa Indonesia.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8, S10, P1, P2, P4, KU5, KK15)

CPMK2

Memahami pengetahuan tentang ruang lingkup analisis kesalahan berbahasa Indonesia baku, yakni ragam bahasa Indonesia yang berada di ranah ilmiah/akademis, sastra, jurnalistik, dan hokum. (S9, S10, P6, KK1, KK12)

CPMK3

Menguasai kaidah/aturan ragam bahasa, terutama ragam bahasa baku dalam lingkup pendidikan, meliputi kaidah-kaidah bunyi, penggunaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penggunaan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (TBBBI), pemakaian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dan mengetahui langkah-langkah pengimplementasian pedoman umum pembentukan istilah. (S9, S10, KU1, KU2, KU5)

CPMK4

Menguasai pengetahuan mengenai kajian dan riset kesalahan berbahasa Indonesia secara komprehensif. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12)

CPMK5

Memiliki pengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak (ataupun tanpa perangkat lunak) guna menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12, KK13)

References

  1. KBBI Daring
  2. Ejaan Bahasa Indonesia
  3. Pedoman Umum Pembentukan Istilah
  4. Moeliono, Anton M. dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Mustakim, dkk. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.
  7. Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal analisis konstrarif dan analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam bidang ejaan, fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, serta analisis wacana. Dengan bobot 2 SKS, guna memberikan pengalaman belajar  bermakna, mata kuliah ini dikemas dalam bentuk discovery-learnimg dan project-based  learning. Luaran dari mata kuliah ini adalah artikel/makalah hasil analisis kesalahan berbahasa Indonesia.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8, S10, P1, P2, P4, KU5, KK15)

CPMK2

Memahami pengetahuan tentang ruang lingkup analisis kesalahan berbahasa Indonesia baku, yakni ragam bahasa Indonesia yang berada di ranah ilmiah/akademis, sastra, jurnalistik, dan hokum. (S9, S10, P6, KK1, KK12)

CPMK3

Menguasai kaidah/aturan ragam bahasa, terutama ragam bahasa baku dalam lingkup pendidikan, meliputi kaidah-kaidah bunyi, penggunaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penggunaan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (TBBBI), pemakaian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dan mengetahui langkah-langkah pengimplementasian pedoman umum pembentukan istilah. (S9, S10, KU1, KU2, KU5)

CPMK4

Menguasai pengetahuan mengenai kajian dan riset kesalahan berbahasa Indonesia secara komprehensif. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12)

CPMK5

Memiliki pengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak (ataupun tanpa perangkat lunak) guna menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12, KK13)

References

  1. KBBI Daring
  2. Ejaan Bahasa Indonesia
  3. Pedoman Umum Pembentukan Istilah
  4. Moeliono, Anton M. dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Mustakim, dkk. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.
  7. Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal analisis konstrarif dan analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam bidang ejaan, fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, serta analisis wacana. Dengan bobot 2 SKS, guna memberikan pengalaman belajar  bermakna, mata kuliah ini dikemas dalam bentuk discovery-learnimg dan project-based  learning. Luaran dari mata kuliah ini adalah artikel/makalah hasil analisis kesalahan berbahasa Indonesia.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8, S10, P1, P2, P4, KU5, KK15)

CPMK2

Memahami pengetahuan tentang ruang lingkup analisis kesalahan berbahasa Indonesia baku, yakni ragam bahasa Indonesia yang berada di ranah ilmiah/akademis, sastra, jurnalistik, dan hokum. (S9, S10, P6, KK1, KK12)

CPMK3

Menguasai kaidah/aturan ragam bahasa, terutama ragam bahasa baku dalam lingkup pendidikan, meliputi kaidah-kaidah bunyi, penggunaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penggunaan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (TBBBI), pemakaian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dan mengetahui langkah-langkah pengimplementasian pedoman umum pembentukan istilah. (S9, S10, KU1, KU2, KU5)

CPMK4

Menguasai pengetahuan mengenai kajian dan riset kesalahan berbahasa Indonesia secara komprehensif. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12)

CPMK5

Memiliki pengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak (ataupun tanpa perangkat lunak) guna menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12, KK13)

References

  1. KBBI Daring
  2. Ejaan Bahasa Indonesia
  3. Pedoman Umum Pembentukan Istilah
  4. Moeliono, Anton M. dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Mustakim, dkk. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.
  7. Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal analisis konstrarif dan analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam bidang ejaan, fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, serta analisis wacana. Dengan bobot 2 SKS, guna memberikan pengalaman belajar  bermakna, mata kuliah ini dikemas dalam bentuk discovery-learnimg dan project-based  learning. Luaran dari mata kuliah ini adalah artikel/makalah hasil analisis kesalahan berbahasa Indonesia.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8, S10, P1, P2, P4, KU5, KK15)

CPMK2

Memahami pengetahuan tentang ruang lingkup analisis kesalahan berbahasa Indonesia baku, yakni ragam bahasa Indonesia yang berada di ranah ilmiah/akademis, sastra, jurnalistik, dan hokum. (S9, S10, P6, KK1, KK12)

CPMK3

Menguasai kaidah/aturan ragam bahasa, terutama ragam bahasa baku dalam lingkup pendidikan, meliputi kaidah-kaidah bunyi, penggunaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penggunaan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (TBBBI), pemakaian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dan mengetahui langkah-langkah pengimplementasian pedoman umum pembentukan istilah. (S9, S10, KU1, KU2, KU5)

CPMK4

Menguasai pengetahuan mengenai kajian dan riset kesalahan berbahasa Indonesia secara komprehensif. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12)

CPMK5

Memiliki pengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak (ataupun tanpa perangkat lunak) guna menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia. (S9, S10, KU1, KU2, KU5, KU7, KU8, P2, P4, KK1, KK12, KK13)

References

  1. KBBI Daring
  2. Ejaan Bahasa Indonesia
  3. Pedoman Umum Pembentukan Istilah
  4. Moeliono, Anton M. dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Mustakim, dkk. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.
  7. Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia.

Learning Outcomes

Mata kuliah analisis kebahasaan bahasa Indonesia.

References

-


Details ...