Courser in English | ERROR ANALYSIS IN INDONESIAN LANGUAGE |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 33 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai berbagai kajian analisis kesalahan berbahasa, yang meliputi: metode analisis kesalahan berbahasa, penyebab kesalahan berbahasa, dan berbagai jenis kesalahan berbahasa beserta cara mengoreksinya. |
|
1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humanis.
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar analisis kesalahan berbahasa Indonesia.
4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami berbagai kajian analisis kesalahan berbahasa Indonesia, yang meliputi: metode analisis keslahan berbahasa, penyebab kesalahan berbahasa, dan berbagai jenis kesalahan berbahasa beserta cara mengoreksinya.
Alwi, Hasan, dkk. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kridalaksana, Harimurti. 1992. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kushartanti, Dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ramlan, M. 1985. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.
Ramlan, M. 1991. Tata Bahasa Indonesia: Penggolongan Kata. Yogyakarta: Andi Offset.
Setyawati, Nanik. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai berbagai kajian analisis kesalahan berbahasa, yang meliputi: metode analisis kesalahan berbahasa, penyebab kesalahan berbahasa, dan berbagai jenis kesalahan berbahasa beserta cara mengoreksinya. |
|
1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, analitis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humanis.
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar analisis kesalahan berbahasa Indonesia.
4. Keterampilan Khusus
Mahasiswa mampu memahami berbagai kajian analisis kesalahan berbahasa Indonesia, yang meliputi: metode analisis keslahan berbahasa, penyebab kesalahan berbahasa, dan berbagai jenis kesalahan berbahasa beserta cara mengoreksinya.
Alwi, Hasan, dkk. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kridalaksana, Harimurti. 1992. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kushartanti, Dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ramlan, M. 1985. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.
Ramlan, M. 1991. Tata Bahasa Indonesia: Penggolongan Kata. Yogyakarta: Andi Offset.
Setyawati, Nanik. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...
Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia membekali mahasiswa cara mengidentifikasi, menganalisis, dan mencari penyebab kesalahan berbahasa pada beberapa tataran minimal, yaitu: ejaan bahasa Indonesia, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana. Materi mata kuliah ini meliputi analisis kontrastif, analisis kesalahan berbahasa dari tiap-tiap tataran tersebut. Pembelajaran diberikan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, pelatihan, unjuk kerja, dan diskusi. Di samping itu, mahasiswa dapat melengkapi catatan dengan menemukan sendiri pada buku-buku/referensi yang telah diacukan dosen. Mengingat yang dibahas dalam perkuliahan ini adalah analisis kesalahan berbahasa, perkuliahan ini lebih menekankan pada praktik analisis (mini penelitian).
Learning Outcomes- Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia membekali mahasiswa perihal cara mengidentifikasi, menganalisi, dan mencari penyebab kesalahan berbahasa pada tataran: ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana.
- Materi perkuliahan ini meliputi analisis kontrastif, analisis kesalahan berbahasa tataran: ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana.
- Materi pembelajaran diberikan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, pelatihan, unjuk kerja dan diskusi. Mahasiswa dapat melengkapi catatan dengan menemukan sendiri pada buku-buku/referensi yang telah diberikan. Mengingat yang dibahas adalah analisis kesalahan berbahasa, perkuliahan lebih menekankan pada praktik analisis (mini penelitian).
- Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan perihal telaah analisis kesalahan berbahasa Indonesia, terutama pada tataran: ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana, serta dapat memperbaiki kesalahan tersebut.
Alwi, Hasan dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga, cetakan ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Arifin, E. Zaenal. 1987. Berbahasa Indonesialah dengan Benar. Jakarta: PT Melton Putra.
--------------------. 1988. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkasa.
Mustakim. 1996. Tanya Jawab Ejaan Bahasa Indonesia untuk Umum. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Suharianto, S. 1989. Analisis Kesalahan Berbahasa. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sulistyaningsih, Lilis Siti & Djago Tarigan. 1996/1997. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Tarigan, Henry Guntur. 2000. Pengantar Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Details ...
Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia membekali mahasiswa cara mengidentifikasi, menganalisis, dan mencari penyebab kesalahan berbahasa pada beberapa tataran minimal, yaitu: ejaan bahasa Indonesia, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana. Materi mata kuliah ini meliputi analisis kontrastif, analisis kesalahan berbahasa dari tiap-tiap tataran tersebut. Pembelajaran diberikan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, pelatihan, unjuk kerja, dan diskusi. Di samping itu, mahasiswa dapat melengkapi catatan dengan menemukan sendiri pada buku-buku/referensi yang telah diacukan dosen. Mengingat yang dibahas dalam perkuliahan ini adalah analisis kesalahan berbahasa, perkuliahan ini lebih menekankan pada praktik analisis (mini penelitian).
Learning Outcomes- Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia membekali mahasiswa perihal cara mengidentifikasi, menganalisi, dan mencari penyebab kesalahan berbahasa pada tataran: ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana.
- Materi perkuliahan ini meliputi analisis kontrastif, analisis kesalahan berbahasa tataran: ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana.
- Materi pembelajaran diberikan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, pelatihan, unjuk kerja dan diskusi. Mahasiswa dapat melengkapi catatan dengan menemukan sendiri pada buku-buku/referensi yang telah diberikan. Mengingat yang dibahas adalah analisis kesalahan berbahasa, perkuliahan lebih menekankan pada praktik analisis (mini penelitian).
- Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan perihal telaah analisis kesalahan berbahasa Indonesia, terutama pada tataran: ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana, serta dapat memperbaiki kesalahan tersebut.
Alwi, Hasan dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga, cetakan ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Arifin, E. Zaenal. 1987. Berbahasa Indonesialah dengan Benar. Jakarta: PT Melton Putra.
--------------------. 1988. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkasa.
Mustakim. 1996. Tanya Jawab Ejaan Bahasa Indonesia untuk Umum. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Suharianto, S. 1989. Analisis Kesalahan Berbahasa. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sulistyaningsih, Lilis Siti & Djago Tarigan. 1996/1997. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Tarigan, Henry Guntur. 2000. Pengantar Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Details ...
Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia membekali mahasiswa cara mengidentifikasi, menganalisis, dan mencari penyebab kesalahan berbahasa pada beberapa tataran minimal, yaitu: ejaan bahasa Indonesia, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana. Materi mata kuliah ini meliputi analisis kontrastif, analisis kesalahan berbahasa dari tiap-tiap tataran tersebut. Pembelajaran diberikan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, pelatihan, unjuk kerja, dan diskusi. Di samping itu, mahasiswa dapat melengkapi catatan dengan menemukan sendiri pada buku-buku/referensi yang telah diacukan dosen. Mengingat yang dibahas dalam perkuliahan ini adalah analisis kesalahan berbahasa, perkuliahan ini lebih menekankan pada praktik analisis (mini penelitian).
Learning Outcomes- Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia membekali mahasiswa perihal cara mengidentifikasi, menganalisi, dan mencari penyebab kesalahan berbahasa pada tataran: ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana.
- Materi perkuliahan ini meliputi analisis kontrastif, analisis kesalahan berbahasa tataran: ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana.
- Materi pembelajaran diberikan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, pelatihan, unjuk kerja dan diskusi. Mahasiswa dapat melengkapi catatan dengan menemukan sendiri pada buku-buku/referensi yang telah diberikan. Mengingat yang dibahas adalah analisis kesalahan berbahasa, perkuliahan lebih menekankan pada praktik analisis (mini penelitian).
- Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan perihal telaah analisis kesalahan berbahasa Indonesia, terutama pada tataran: ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana, serta dapat memperbaiki kesalahan tersebut.
Alwi, Hasan dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga, cetakan ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Arifin, E. Zaenal. 1987. Berbahasa Indonesialah dengan Benar. Jakarta: PT Melton Putra.
--------------------. 1988. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkasa.
Mustakim. 1996. Tanya Jawab Ejaan Bahasa Indonesia untuk Umum. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Suharianto, S. 1989. Analisis Kesalahan Berbahasa. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sulistyaningsih, Lilis Siti & Djago Tarigan. 1996/1997. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Tarigan, Henry Guntur. 2000. Pengantar Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Details ...
Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia membekali mahasiswa cara mengidentifikasi, menganalisis, dan mencari penyebab kesalahan berbahasa pada beberapa tataran minimal, yaitu: ejaan bahasa Indonesia, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana. Materi mata kuliah ini meliputi analisis kontrastif, analisis kesalahan berbahasa dari tiap-tiap tataran tersebut. Pembelajaran diberikan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, pelatihan, unjuk kerja, dan diskusi. Di samping itu, mahasiswa dapat melengkapi catatan dengan menemukan sendiri pada buku-buku/referensi yang telah diacukan dosen. Mengingat yang dibahas dalam perkuliahan ini adalah analisis kesalahan berbahasa, perkuliahan ini lebih menekankan pada praktik analisis (mini penelitian).
Learning Outcomes- Mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia membekali mahasiswa perihal cara mengidentifikasi, menganalisi, dan mencari penyebab kesalahan berbahasa pada tataran: ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana.
- Materi perkuliahan ini meliputi analisis kontrastif, analisis kesalahan berbahasa tataran: ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana.
- Materi pembelajaran diberikan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, pelatihan, unjuk kerja dan diskusi. Mahasiswa dapat melengkapi catatan dengan menemukan sendiri pada buku-buku/referensi yang telah diberikan. Mengingat yang dibahas adalah analisis kesalahan berbahasa, perkuliahan lebih menekankan pada praktik analisis (mini penelitian).
- Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan perihal telaah analisis kesalahan berbahasa Indonesia, terutama pada tataran: ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana, serta dapat memperbaiki kesalahan tersebut.
Alwi, Hasan dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga, cetakan ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Arifin, E. Zaenal. 1987. Berbahasa Indonesialah dengan Benar. Jakarta: PT Melton Putra.
--------------------. 1988. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkasa.
Mustakim. 1996. Tanya Jawab Ejaan Bahasa Indonesia untuk Umum. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Suharianto, S. 1989. Analisis Kesalahan Berbahasa. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sulistyaningsih, Lilis Siti & Djago Tarigan. 1996/1997. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Tarigan, Henry Guntur. 2000. Pengantar Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep kesalahan dan kesilapan, sumber kesilapan, jenis kesilapan, dan memberikan pengalaman menganalisis berbagai kesilapan
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep kesalahan, sumber kesalahan, jenis kesalahan, serta terampil menganalisis berbagai kesalahan
ReferencesAlwi, Hasan; Soenjono Dardjowidjojo; Hans Lapoliwa; dan Anton Moeliono. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. (2016)
Pedoman Umum Pembentukan Istilah. (2016)
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jilid V. (2016)
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep kesalahan dan kesilapan, sumber kesilapan, jenis kesilapan, dan memberikan pengalaman menganalisis berbagai kesilapan
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep kesalahan, sumber kesalahan, jenis kesalahan, serta terampil menganalisis berbagai kesalahan
ReferencesAlwi, Hasan; Soenjono Dardjowidjojo; Hans Lapoliwa; dan Anton Moeliono. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. (2016)
Pedoman Umum Pembentukan Istilah. (2016)
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jilid V. (2016)
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep kesalahan dan kesilapan, sumber kesilapan, jenis kesilapan, dan memberikan pengalaman menganalisis berbagai kesilapan
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep kesalahan, sumber kesalahan, jenis kesalahan, serta terampil menganalisis berbagai kesalahan
ReferencesAlwi, Hasan; Soenjono Dardjowidjojo; Hans Lapoliwa; dan Anton Moeliono. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. (2016)
Pedoman Umum Pembentukan Istilah. (2016)
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jilid V. (2016)
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...