Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan, Curriculum : 2016


Courser in EnglishEDUCATIONAL HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
ProgramManajemen Pendidikan
SKS3 SKS
RPS13 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk memberikan pengetahuan tentang pekerjaan, individu yang bekerja, organisasi tempat kerja, serta pengelolaan sumber daya manusia. Mahasiswa juga akan belajar tentang cabang ilmu psikologi industri dan organisasi serta cabang sub spesialnya. Selain itu, mata kuliah ini juga memahas beberapa persoalan-persoalan kerja baik pada level individu, kelompok dan organisasi.

Learning Outcomes

S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang Psikologi industridan organisasi secara mandiri; PP8 Menguasai konsep dan teori-teori dasar dalam Psikologi Industri dan Organisasi P13 Menguasai konsep teori komunikasi antar pribadi dan komunikasi massa P17 Menguasai konsep teoritik tentang pengembangan diri dan karir KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang psikologi indsutri dan organisasi KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisa informasi dan data KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega,sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya KK3 Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternative pemecahan masalahnya yang sudah ada KK6 Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) – M M1 Mampu menjelaskan konsep dasar teoritis psikologi industri dan psikologi organisasi M2 Menguasai metode dan konsep-konsep PIO yang dapat diaplikasikan dalam organisasi M3 Mampu mengidentifikasi masalah dalam industri-organisasi pada tingkat mikro (individu) dan tingkat makro (ogranisasi) Sub-CPMK – L L1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi industri dan organisasi. L2 Mahsiswa mampu mengidentifikasi kondisi organisasi baik dari level pimpinan, iklim serta budaya organisasi. L3 Mahasiswa mampu menjelaskan proses perencanaan sumber daya manusia. L4 Mahsiswa mampu permasalahan-permasalahan yang terjadi pada industri-organisasi.

References

Utama: Munandar, Ashar Sunyoto. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI Press

Pendukung: Jurnal atau artikel yang mendukung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk memberikan pengetahuan tentang pekerjaan, individu yang bekerja, organisasi tempat kerja, serta pengelolaan sumber daya manusia. Mahasiswa juga akan belajar tentang cabang ilmu psikologi industri dan organisasi serta cabang sub spesialnya. Selain itu, mata kuliah ini juga memahas beberapa persoalan-persoalan kerja baik pada level individu, kelompok dan organisasi.

Learning Outcomes

S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang Psikologi industridan organisasi secara mandiri; PP8 Menguasai konsep dan teori-teori dasar dalam Psikologi Industri dan Organisasi P13 Menguasai konsep teori komunikasi antar pribadi dan komunikasi massa P17 Menguasai konsep teoritik tentang pengembangan diri dan karir KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang psikologi indsutri dan organisasi KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisa informasi dan data KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega,sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya KK3 Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternative pemecahan masalahnya yang sudah ada KK6 Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) – M M1 Mampu menjelaskan konsep dasar teoritis psikologi industri dan psikologi organisasi M2 Menguasai metode dan konsep-konsep PIO yang dapat diaplikasikan dalam organisasi M3 Mampu mengidentifikasi masalah dalam industri-organisasi pada tingkat mikro (individu) dan tingkat makro (ogranisasi) Sub-CPMK – L L1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi industri dan organisasi. L2 Mahsiswa mampu mengidentifikasi kondisi organisasi baik dari level pimpinan, iklim serta budaya organisasi. L3 Mahasiswa mampu menjelaskan proses perencanaan sumber daya manusia. L4 Mahsiswa mampu permasalahan-permasalahan yang terjadi pada industri-organisasi.

References

Utama: Munandar, Ashar Sunyoto. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI Press

Pendukung: Jurnal atau artikel yang mendukung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk memberikan pengetahuan tentang pekerjaan, individu yang bekerja, organisasi tempat kerja, serta pengelolaan sumber daya manusia. Mahasiswa juga akan belajar tentang cabang ilmu psikologi industri dan organisasi serta cabang sub spesialnya. Selain itu, mata kuliah ini juga memahas beberapa persoalan-persoalan kerja baik pada level individu, kelompok dan organisasi.

Learning Outcomes

S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang Psikologi industridan organisasi secara mandiri; PP8 Menguasai konsep dan teori-teori dasar dalam Psikologi Industri dan Organisasi P13 Menguasai konsep teori komunikasi antar pribadi dan komunikasi massa P17 Menguasai konsep teoritik tentang pengembangan diri dan karir KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang psikologi indsutri dan organisasi KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisa informasi dan data KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega,sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya KK3 Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternative pemecahan masalahnya yang sudah ada KK6 Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) – M M1 Mampu menjelaskan konsep dasar teoritis psikologi industri dan psikologi organisasi M2 Menguasai metode dan konsep-konsep PIO yang dapat diaplikasikan dalam organisasi M3 Mampu mengidentifikasi masalah dalam industri-organisasi pada tingkat mikro (individu) dan tingkat makro (ogranisasi) Sub-CPMK – L L1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi industri dan organisasi. L2 Mahsiswa mampu mengidentifikasi kondisi organisasi baik dari level pimpinan, iklim serta budaya organisasi. L3 Mahasiswa mampu menjelaskan proses perencanaan sumber daya manusia. L4 Mahsiswa mampu permasalahan-permasalahan yang terjadi pada industri-organisasi.

References

Utama: Munandar, Ashar Sunyoto. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI Press

Pendukung: Jurnal atau artikel yang mendukung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk memberikan pengetahuan tentang pekerjaan, individu yang bekerja, organisasi tempat kerja, serta pengelolaan sumber daya manusia. Mahasiswa juga akan belajar tentang cabang ilmu psikologi industri dan organisasi serta cabang sub spesialnya. Selain itu, mata kuliah ini juga memahas beberapa persoalan-persoalan kerja baik pada level individu, kelompok dan organisasi.

Learning Outcomes

S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang Psikologi industridan organisasi secara mandiri; PP8 Menguasai konsep dan teori-teori dasar dalam Psikologi Industri dan Organisasi P13 Menguasai konsep teori komunikasi antar pribadi dan komunikasi massa P17 Menguasai konsep teoritik tentang pengembangan diri dan karir KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang psikologi indsutri dan organisasi KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisa informasi dan data KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega,sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya KK3 Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternative pemecahan masalahnya yang sudah ada KK6 Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) – M M1 Mampu menjelaskan konsep dasar teoritis psikologi industri dan psikologi organisasi M2 Menguasai metode dan konsep-konsep PIO yang dapat diaplikasikan dalam organisasi M3 Mampu mengidentifikasi masalah dalam industri-organisasi pada tingkat mikro (individu) dan tingkat makro (ogranisasi) Sub-CPMK – L L1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi industri dan organisasi. L2 Mahsiswa mampu mengidentifikasi kondisi organisasi baik dari level pimpinan, iklim serta budaya organisasi. L3 Mahasiswa mampu menjelaskan proses perencanaan sumber daya manusia. L4 Mahsiswa mampu permasalahan-permasalahan yang terjadi pada industri-organisasi.

References

Utama: Munandar, Ashar Sunyoto. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI Press

Pendukung: Jurnal atau artikel yang mendukung


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan;  Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan;  Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.

Learning Outcomes

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

References

  1. Dessler, G. 2017. Human Resource Management. In Fortune (15th ed.). Florida: Pearson Education Limited
  2. Everard, K.B. dkk. 2004.  Effective School Management (4th ed.). London: Paul Chapman Publishing.                                
  3. Flippo,E.B. 1984. Personnel Management (6th ed.). New York: McGraw-Hill Book Company.                                                                         
  4. Harris, B.M. dkk. 1979. Personnel Administration in Education. Boston, Massachucetts: Allyn and Bacon.
  5. Iskandar, Soetyono. Charles dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Technopreneurship. :Pendidikan Deepublish
  6. Jones, J.J. & Walters, D.L. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Q-Media.
  7. Larasati, S. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  8. Manktelow, J. 2014. Personal Development Plan. US: Mind Tools.
  9. Mondy, R. W., & Morocchio, J. J. 2016. Human Resouce Management (14th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
  10. Mukminin, Amirul dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  11. Nadeak, Bernadetha .Bahan Ajar : Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Era Industri 4.0 Cet.1 Jakarta: UKI Press, 2019                                           
  12. Rebore, R.W. 2012. The Essentials of Human Resource Administration in Education. Upper saddle River, N.J.: Pearson Education, Inc.
  13. Sagala, S. 2017. Human Capital: Membangun Modal SDM Berkarakter Unggul melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: Kencana.
  14. Sutadji. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.            
  15. Seyfarth, J.T. 2002. Human Resources Management for Effective Schools. Boston: Allyn and Bacon.
  16. Segoro, Warseso, 2018. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendidikan Deepublish.
  17. Sunyoto, D. 2012. Teori Kuesioner Dan Analisa Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.
  18. Thamrin. 2019. Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  19. Ulfatin, N. (2016). Manajemen Sumber Daya Mansusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan;  Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan;  Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.

Learning Outcomes

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

References

  1. Dessler, G. 2017. Human Resource Management. In Fortune (15th ed.). Florida: Pearson Education Limited
  2. Everard, K.B. dkk. 2004.  Effective School Management (4th ed.). London: Paul Chapman Publishing.                                
  3. Flippo,E.B. 1984. Personnel Management (6th ed.). New York: McGraw-Hill Book Company.                                                                         
  4. Harris, B.M. dkk. 1979. Personnel Administration in Education. Boston, Massachucetts: Allyn and Bacon.
  5. Iskandar, Soetyono. Charles dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Technopreneurship. :Pendidikan Deepublish
  6. Jones, J.J. & Walters, D.L. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Q-Media.
  7. Larasati, S. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  8. Manktelow, J. 2014. Personal Development Plan. US: Mind Tools.
  9. Mondy, R. W., & Morocchio, J. J. 2016. Human Resouce Management (14th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
  10. Mukminin, Amirul dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  11. Nadeak, Bernadetha .Bahan Ajar : Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Era Industri 4.0 Cet.1 Jakarta: UKI Press, 2019                                           
  12. Rebore, R.W. 2012. The Essentials of Human Resource Administration in Education. Upper saddle River, N.J.: Pearson Education, Inc.
  13. Sagala, S. 2017. Human Capital: Membangun Modal SDM Berkarakter Unggul melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: Kencana.
  14. Sutadji. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.            
  15. Seyfarth, J.T. 2002. Human Resources Management for Effective Schools. Boston: Allyn and Bacon.
  16. Segoro, Warseso, 2018. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendidikan Deepublish.
  17. Sunyoto, D. 2012. Teori Kuesioner Dan Analisa Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.
  18. Thamrin. 2019. Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  19. Ulfatin, N. (2016). Manajemen Sumber Daya Mansusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan;  Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan;  Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.

Learning Outcomes

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

References

  1. Dessler, G. 2017. Human Resource Management. In Fortune (15th ed.). Florida: Pearson Education Limited
  2. Everard, K.B. dkk. 2004.  Effective School Management (4th ed.). London: Paul Chapman Publishing.                                
  3. Flippo,E.B. 1984. Personnel Management (6th ed.). New York: McGraw-Hill Book Company.                                                                         
  4. Harris, B.M. dkk. 1979. Personnel Administration in Education. Boston, Massachucetts: Allyn and Bacon.
  5. Iskandar, Soetyono. Charles dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Technopreneurship. :Pendidikan Deepublish
  6. Jones, J.J. & Walters, D.L. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Q-Media.
  7. Larasati, S. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  8. Manktelow, J. 2014. Personal Development Plan. US: Mind Tools.
  9. Mondy, R. W., & Morocchio, J. J. 2016. Human Resouce Management (14th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
  10. Mukminin, Amirul dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  11. Nadeak, Bernadetha .Bahan Ajar : Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Era Industri 4.0 Cet.1 Jakarta: UKI Press, 2019                                           
  12. Rebore, R.W. 2012. The Essentials of Human Resource Administration in Education. Upper saddle River, N.J.: Pearson Education, Inc.
  13. Sagala, S. 2017. Human Capital: Membangun Modal SDM Berkarakter Unggul melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: Kencana.
  14. Sutadji. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.            
  15. Seyfarth, J.T. 2002. Human Resources Management for Effective Schools. Boston: Allyn and Bacon.
  16. Segoro, Warseso, 2018. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendidikan Deepublish.
  17. Sunyoto, D. 2012. Teori Kuesioner Dan Analisa Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.
  18. Thamrin. 2019. Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  19. Ulfatin, N. (2016). Manajemen Sumber Daya Mansusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan;  Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan;  Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.

Learning Outcomes

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

References

  1. Dessler, G. 2017. Human Resource Management. In Fortune (15th ed.). Florida: Pearson Education Limited
  2. Everard, K.B. dkk. 2004.  Effective School Management (4th ed.). London: Paul Chapman Publishing.                                
  3. Flippo,E.B. 1984. Personnel Management (6th ed.). New York: McGraw-Hill Book Company.                                                                         
  4. Harris, B.M. dkk. 1979. Personnel Administration in Education. Boston, Massachucetts: Allyn and Bacon.
  5. Iskandar, Soetyono. Charles dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Technopreneurship. :Pendidikan Deepublish
  6. Jones, J.J. & Walters, D.L. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Q-Media.
  7. Larasati, S. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  8. Manktelow, J. 2014. Personal Development Plan. US: Mind Tools.
  9. Mondy, R. W., & Morocchio, J. J. 2016. Human Resouce Management (14th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
  10. Mukminin, Amirul dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  11. Nadeak, Bernadetha .Bahan Ajar : Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Era Industri 4.0 Cet.1 Jakarta: UKI Press, 2019                                           
  12. Rebore, R.W. 2012. The Essentials of Human Resource Administration in Education. Upper saddle River, N.J.: Pearson Education, Inc.
  13. Sagala, S. 2017. Human Capital: Membangun Modal SDM Berkarakter Unggul melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: Kencana.
  14. Sutadji. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.            
  15. Seyfarth, J.T. 2002. Human Resources Management for Effective Schools. Boston: Allyn and Bacon.
  16. Segoro, Warseso, 2018. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendidikan Deepublish.
  17. Sunyoto, D. 2012. Teori Kuesioner Dan Analisa Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.
  18. Thamrin. 2019. Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  19. Ulfatin, N. (2016). Manajemen Sumber Daya Mansusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan;  Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan;  Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.

Learning Outcomes

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

References

  1. Dessler, G. 2017. Human Resource Management. In Fortune (15th ed.). Florida: Pearson Education Limited
  2. Everard, K.B. dkk. 2004.  Effective School Management (4th ed.). London: Paul Chapman Publishing.                                
  3. Flippo,E.B. 1984. Personnel Management (6th ed.). New York: McGraw-Hill Book Company.                                                                         
  4. Harris, B.M. dkk. 1979. Personnel Administration in Education. Boston, Massachucetts: Allyn and Bacon.
  5. Iskandar, Soetyono. Charles dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Technopreneurship. :Pendidikan Deepublish
  6. Jones, J.J. & Walters, D.L. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Q-Media.
  7. Larasati, S. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  8. Manktelow, J. 2014. Personal Development Plan. US: Mind Tools.
  9. Mondy, R. W., & Morocchio, J. J. 2016. Human Resouce Management (14th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
  10. Mukminin, Amirul dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  11. Nadeak, Bernadetha .Bahan Ajar : Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Era Industri 4.0 Cet.1 Jakarta: UKI Press, 2019                                           
  12. Rebore, R.W. 2012. The Essentials of Human Resource Administration in Education. Upper saddle River, N.J.: Pearson Education, Inc.
  13. Sagala, S. 2017. Human Capital: Membangun Modal SDM Berkarakter Unggul melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: Kencana.
  14. Sutadji. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.            
  15. Seyfarth, J.T. 2002. Human Resources Management for Effective Schools. Boston: Allyn and Bacon.
  16. Segoro, Warseso, 2018. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendidikan Deepublish.
  17. Sunyoto, D. 2012. Teori Kuesioner Dan Analisa Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.
  18. Thamrin. 2019. Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  19. Ulfatin, N. (2016). Manajemen Sumber Daya Mansusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...