Courser in English | SCHOOL INTERNSHIP II |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 22 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
-
Learning OutcomesMemahami pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang 2
References-
Details ...
-
Learning OutcomesMemahami pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang 2
References-
Details ...
Magang adalah pembelajaran dengan berbuat (learning by doing) dan sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan pengembangan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Universitas PGRI Semarang telah menetapkan program magang sebagai bagian integral kurikulum yang dilaksanakan secara berjenjang, yaitu Magang I, Magang II, dan Magang III dengan waktu dan tujuan yang berbeda. Sehubungan dengan kompleksnya pengelolaan matakuliah magang, maka sangat diperlukan buku pedoman.
Program Magang dirancang untuk pengembangan kompetensi dan menumbuhkan profesionalitas mahasiswa peserta magang sebagai calon guru. Rangkaian kegiatan program magang memberikan pengalaman yang lengkap bagi mahasiswa peserta magang, sekolah, dan universitas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dan meningkatkan tugas dan fungsi masing-masing. Oleh karena itu, perlu dibangun komitmen tinggi dari semua komponen yang terkait untuk saling mendukung Program Magang. Melalui kolaborasi Universitas PGRI Semarang dan sekolah mitra, diharapkan terjadi link and match dalam memberikan pengalaman yang utuh dan lengkap kepada setiap mahasiswa sebagai calon guru yang profesional.
Learning Outcomes- Penelaahan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru.
- Penelaahan strategi pembelajaran.
- Penelaahan sistem evaluasi.
- Perancangan RPP.
- Pengembangan media pembelajaran.
- Pengembangan bahan ajar.
- Pengembangan perangkat evaluasi.
BUKU PEDOMAN MAGANG (2015), Universitas PGRI Semarang
Details ...
Magang adalah pembelajaran dengan berbuat (learning by doing) dan sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan pengembangan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Universitas PGRI Semarang telah menetapkan program magang sebagai bagian integral kurikulum yang dilaksanakan secara berjenjang, yaitu Magang I, Magang II, dan Magang III dengan waktu dan tujuan yang berbeda. Sehubungan dengan kompleksnya pengelolaan matakuliah magang, maka sangat diperlukan buku pedoman.
Program Magang dirancang untuk pengembangan kompetensi dan menumbuhkan profesionalitas mahasiswa peserta magang sebagai calon guru. Rangkaian kegiatan program magang memberikan pengalaman yang lengkap bagi mahasiswa peserta magang, sekolah, dan universitas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dan meningkatkan tugas dan fungsi masing-masing. Oleh karena itu, perlu dibangun komitmen tinggi dari semua komponen yang terkait untuk saling mendukung Program Magang. Melalui kolaborasi Universitas PGRI Semarang dan sekolah mitra, diharapkan terjadi link and match dalam memberikan pengalaman yang utuh dan lengkap kepada setiap mahasiswa sebagai calon guru yang profesional.
Learning Outcomes- Penelaahan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru.
- Penelaahan strategi pembelajaran.
- Penelaahan sistem evaluasi.
- Perancangan RPP.
- Pengembangan media pembelajaran.
- Pengembangan bahan ajar.
- Pengembangan perangkat evaluasi.
BUKU PEDOMAN MAGANG (2015), Universitas PGRI Semarang
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran
guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian,
sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References
-
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran
guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian,
sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References
-
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References-
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References-
Details ...
Magang II bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan yangberkaitan dengan kompetensi akademik bidang studi dan kompetensi akademik profesi terutama untuk memantapkan kemampuan awal guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran
Learning Outcomesmemantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran melalui:
- penelaahan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru;
- penelaahan strategi pembelajaran;
- penelaahan sistem evaluasi;
- perancangan RPP;
- pengembangan media pembelajaran;
- pengembangan bahan ajar; dan
- pengembangan perangkat evaluasi.
- UU Nomor20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
- PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
- PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
- PP Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan PresidenRI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan MenteriPendidikan NasionalNomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
- Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
- Permendikbud no 49 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Nasional
- Statuta UPGRIS tahun 2014
- Buku Pedoman PendidikanUniversitas PGRI Semarang tahun 2014/2014
Details ...
Magang II bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan yangberkaitan dengan kompetensi akademik bidang studi dan kompetensi akademik profesi terutama untuk memantapkan kemampuan awal guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran
Learning Outcomesmemantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran melalui:
- penelaahan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru;
- penelaahan strategi pembelajaran;
- penelaahan sistem evaluasi;
- perancangan RPP;
- pengembangan media pembelajaran;
- pengembangan bahan ajar; dan
- pengembangan perangkat evaluasi.
- UU Nomor20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
- PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
- PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
- PP Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan PresidenRI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan MenteriPendidikan NasionalNomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
- Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
- Permendikbud no 49 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Nasional
- Statuta UPGRIS tahun 2014
- Buku Pedoman PendidikanUniversitas PGRI Semarang tahun 2014/2014
Details ...