Magang II, Curriculum : 2014


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP II
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS22 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Memahami pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang 2

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Memahami pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang 2

References

-


Details ...
Course Descriptions

Magang adalah pembelajaran dengan berbuat (learning by doing) dan  sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan pengembangan keterampilan, sikap, dan pengetahuan.  Universitas PGRI Semarang telah menetapkan program magang sebagai bagian integral kurikulum yang dilaksanakan secara berjenjang, yaitu Magang I, Magang II, dan Magang III dengan waktu dan tujuan yang berbeda. Sehubungan dengan kompleksnya pengelolaan matakuliah magang, maka sangat diperlukan buku pedoman.

Program Magang dirancang untuk pengembangan kompetensi dan menumbuhkan profesionalitas mahasiswa peserta magang sebagai calon guru. Rangkaian kegiatan program magang memberikan pengalaman yang lengkap bagi mahasiswa peserta magang, sekolah, dan universitas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dan meningkatkan tugas dan fungsi masing-masing. Oleh karena itu, perlu dibangun komitmen tinggi dari semua komponen yang terkait untuk saling mendukung Program Magang. Melalui kolaborasi Universitas PGRI Semarang dan sekolah mitra, diharapkan terjadi link and match dalam memberikan pengalaman yang utuh dan lengkap kepada setiap mahasiswa sebagai calon guru yang profesional.

Learning Outcomes

  • Penelaahan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru.
  • Penelaahan strategi pembelajaran.
  • Penelaahan sistem evaluasi.
  • Perancangan RPP.
  • Pengembangan media pembelajaran.
  • Pengembangan bahan ajar.
  • Pengembangan perangkat evaluasi. 

References

BUKU PEDOMAN MAGANG (2015), Universitas PGRI Semarang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Magang adalah pembelajaran dengan berbuat (learning by doing) dan  sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan pengembangan keterampilan, sikap, dan pengetahuan.  Universitas PGRI Semarang telah menetapkan program magang sebagai bagian integral kurikulum yang dilaksanakan secara berjenjang, yaitu Magang I, Magang II, dan Magang III dengan waktu dan tujuan yang berbeda. Sehubungan dengan kompleksnya pengelolaan matakuliah magang, maka sangat diperlukan buku pedoman.

Program Magang dirancang untuk pengembangan kompetensi dan menumbuhkan profesionalitas mahasiswa peserta magang sebagai calon guru. Rangkaian kegiatan program magang memberikan pengalaman yang lengkap bagi mahasiswa peserta magang, sekolah, dan universitas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dan meningkatkan tugas dan fungsi masing-masing. Oleh karena itu, perlu dibangun komitmen tinggi dari semua komponen yang terkait untuk saling mendukung Program Magang. Melalui kolaborasi Universitas PGRI Semarang dan sekolah mitra, diharapkan terjadi link and match dalam memberikan pengalaman yang utuh dan lengkap kepada setiap mahasiswa sebagai calon guru yang profesional.

Learning Outcomes

  • Penelaahan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru.
  • Penelaahan strategi pembelajaran.
  • Penelaahan sistem evaluasi.
  • Perancangan RPP.
  • Pengembangan media pembelajaran.
  • Pengembangan bahan ajar.
  • Pengembangan perangkat evaluasi. 

References

BUKU PEDOMAN MAGANG (2015), Universitas PGRI Semarang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki

seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga

mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran

guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian,

sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

 

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki

seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga

mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran

guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian,

sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

 

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Magang II bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan yangberkaitan dengan kompetensi akademik bidang studi dan kompetensi akademik profesi terutama untuk memantapkan kemampuan awal guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran

Learning Outcomes

memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran melalui:

  1. penelaahan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru;
  2. penelaahan strategi pembelajaran;
  3. penelaahan sistem evaluasi;
  4. perancangan RPP;
  5. pengembangan media pembelajaran;
  6. pengembangan bahan ajar; dan
  7. pengembangan perangkat evaluasi.

References

  1. UU Nomor20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
  3. PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  4. PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
  5. PP Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  6. Peraturan PresidenRI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  7. Peraturan MenteriPendidikan NasionalNomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
  9. Permendikbud no 49 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Nasional
  10. Statuta UPGRIS tahun 2014
  11. Buku Pedoman PendidikanUniversitas PGRI Semarang tahun 2014/2014


Details ...
Course Descriptions

Magang II bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan yangberkaitan dengan kompetensi akademik bidang studi dan kompetensi akademik profesi terutama untuk memantapkan kemampuan awal guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran

Learning Outcomes

memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran melalui:

  1. penelaahan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru;
  2. penelaahan strategi pembelajaran;
  3. penelaahan sistem evaluasi;
  4. perancangan RPP;
  5. pengembangan media pembelajaran;
  6. pengembangan bahan ajar; dan
  7. pengembangan perangkat evaluasi.

References

  1. UU Nomor20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
  3. PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  4. PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
  5. PP Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  6. Peraturan PresidenRI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  7. Peraturan MenteriPendidikan NasionalNomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
  8. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
  9. Permendikbud no 49 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Nasional
  10. Statuta UPGRIS tahun 2014
  11. Buku Pedoman PendidikanUniversitas PGRI Semarang tahun 2014/2014


Details ...