Courser in English | INJURY PREVENTION AND CARE |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 22 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dalam perkuliahan ini dibahas model-model konsep transmisi, transaksi, dan transformasi, paradigma perennial, model-model pengorganisasian, pengajaran/pembelajaran, pengembangan, implementasi dan evaluasi pencegahan dan perawatan cedera, juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan macam-macam model pencegahan dan perawatan cedera.
Learning OutcomesSelesai mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan model-model : konseptual, desain, implementasi dan evaluasi mengenai pencegahan dan perawatan cedera; model-model yang diterapkan dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan model-model tersebut di Indonesia saat ini.
References-
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas model-model konsep transmisi, transaksi, dan transformasi, paradigma perennial, model-model pengorganisasian, pengajaran/pembelajaran, pengembangan, implementasi dan evaluasi pencegahan dan perawatan cedera, juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan macam-macam model pencegahan dan perawatan cedera.
Learning OutcomesSelesai mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan model-model : konseptual, desain, implementasi dan evaluasi mengenai pencegahan dan perawatan cedera; model-model yang diterapkan dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan model-model tersebut di Indonesia saat ini.
References-
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas model-model konsep transmisi, transaksi, dan transformasi, paradigma perennial, model-model pengorganisasian, pengajaran/pembelajaran, pengembangan, implementasi dan evaluasi pencegahan dan perawatan cedera, juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan macam-macam model pencegahan dan perawatan cedera.
Learning OutcomesSelesai mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan model-model : konseptual, desain, implementasi dan evaluasi mengenai pencegahan dan perawatan cedera; model-model yang diterapkan dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan model-model tersebut di Indonesia saat ini.
References-
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas model-model konsep transmisi, transaksi, dan transformasi, paradigma perennial, model-model pengorganisasian, pengajaran/pembelajaran, pengembangan, implementasi dan evaluasi pencegahan dan perawatan cedera, juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan macam-macam model pencegahan dan perawatan cedera.
Learning OutcomesSelesai mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan model-model : konseptual, desain, implementasi dan evaluasi mengenai pencegahan dan perawatan cedera; model-model yang diterapkan dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan model-model tersebut di Indonesia saat ini.
References-
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas model-model konsep transmisi, transaksi, dan transformasi, paradigma perennial, model-model pengorganisasian, pengajaran/pembelajaran, pengembangan, implementasi dan evaluasi pencegahan dan perawatan cedera, juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan macam-macam model pencegahan dan perawatan cedera.
Learning OutcomesSelesai mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan model-model : konseptual, desain, implementasi dan evaluasi mengenai pencegahan dan perawatan cedera; model-model yang diterapkan dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan model-model tersebut di Indonesia saat ini.
References-
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas model-model konsep transmisi, transaksi, dan transformasi, paradigma perennial, model-model pengorganisasian, pengajaran/pembelajaran, pengembangan, implementasi dan evaluasi pencegahan dan perawatan cedera, juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan macam-macam model pencegahan dan perawatan cedera.
Learning OutcomesSelesai mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan model-model : konseptual, desain, implementasi dan evaluasi mengenai pencegahan dan perawatan cedera; model-model yang diterapkan dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan model-model tersebut di Indonesia saat ini.
References-
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas model-model konsep transmisi, transaksi, dan transformasi, paradigma perennial, model-model pengorganisasian, pengajaran/pembelajaran, pengembangan, implementasi dan evaluasi pencegahan dan perawatan cedera, juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan macam-macam model pencegahan dan perawatan cedera.
Learning OutcomesSelesai mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan model-model : konseptual, desain, implementasi dan evaluasi mengenai pencegahan dan perawatan cedera; model-model yang diterapkan dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan model-model tersebut di Indonesia saat ini.
References-
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas model-model konsep transmisi, transaksi, dan transformasi, paradigma perennial, model-model pengorganisasian, pengajaran/pembelajaran, pengembangan, implementasi dan evaluasi pencegahan dan perawatan cedera, juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan macam-macam model pencegahan dan perawatan cedera.
Learning OutcomesSelesai mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan model-model : konseptual, desain, implementasi dan evaluasi mengenai pencegahan dan perawatan cedera; model-model yang diterapkan dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan model-model tersebut di Indonesia saat ini.
References-
Details ...
Mata kuliah Pencegahan dan Perawatan Cedera berbobot 2 SKS membahas konsep- konsep dan penerapan pencegahan cedera meliputi ketepatan memilih alat dan fasilitas, latihan (pemanasan, penguluran, latihan, dan pendinginan), kelengkapan pelindung, serta upaya perawatan dini cedera pada waktu berolahraga meliputi Resusitasi Kardio Pulmoner (RKP), penghentian perdarahan, syok/lena/pingsan, Sprain, Strain, patah tulang, pembalutan, pembidaian, ambulatori aid, masase olahraga, aplikasi panas dan dingin.
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mencegah kemungkinan timbulnya cedera serta terampil melakukan perawatan dini cedera olahraga di arena atau pada proses pembelajaran penjas secara baik, benar, cepat dan tepat
ReferencesAnonim, (1983). Perawatan Dini Penderita Cedera. The Committe on Trauma American College of Surgeon. Yogyakarta: Yayasan Essentia Medica.
Bambang Priyonoadi, (1997). PPPK, Resusitasi Kardiopulmoner, dan Perawatan Dini Di Arena Olahraga. Makalah dalam Pelatihan Pendidikan Keselamatan, PPPK, dan Masase untuk Guru Pendidikan Jasmani Tingkat SLTP.: FPOK IKIP Yogyakarta.
Kartono Mohamad, (2001). Pertolongan Pertama. Edisi yang disempurnakan. Jakarta: PT GramediaPustaka Utama.
Thamrinsyam H, 1994. Pandangan Umum Cedera Olahraga. Kumpulan makalah Simposium Sports Medicine: Cedera Olahraga. Surabaya: t.p.
Youngson di alih bahasakan Hadyana, (1996). Buku Saku P3K: Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Jakarta: Arcan.
Details ...
Mata kuliah Pencegahan dan Perawatan Cedera berbobot 2 SKS membahas konsep- konsep dan penerapan pencegahan cedera meliputi ketepatan memilih alat dan fasilitas, latihan (pemanasan, penguluran, latihan, dan pendinginan), kelengkapan pelindung, serta upaya perawatan dini cedera pada waktu berolahraga meliputi Resusitasi Kardio Pulmoner (RKP), penghentian perdarahan, syok/lena/pingsan, Sprain, Strain, patah tulang, pembalutan, pembidaian, ambulatori aid, masase olahraga, aplikasi panas dan dingin.
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mencegah kemungkinan timbulnya cedera serta terampil melakukan perawatan dini cedera olahraga di arena atau pada proses pembelajaran penjas secara baik, benar, cepat dan tepat
ReferencesAnonim, (1983). Perawatan Dini Penderita Cedera. The Committe on Trauma American College of Surgeon. Yogyakarta: Yayasan Essentia Medica.
Bambang Priyonoadi, (1997). PPPK, Resusitasi Kardiopulmoner, dan Perawatan Dini Di Arena Olahraga. Makalah dalam Pelatihan Pendidikan Keselamatan, PPPK, dan Masase untuk Guru Pendidikan Jasmani Tingkat SLTP.: FPOK IKIP Yogyakarta.
Kartono Mohamad, (2001). Pertolongan Pertama. Edisi yang disempurnakan. Jakarta: PT GramediaPustaka Utama.
Thamrinsyam H, 1994. Pandangan Umum Cedera Olahraga. Kumpulan makalah Simposium Sports Medicine: Cedera Olahraga. Surabaya: t.p.
Youngson di alih bahasakan Hadyana, (1996). Buku Saku P3K: Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Jakarta: Arcan.
Details ...
Mata kuliah Pencegahan dan Perawatan Cedera berbobot 2 SKS membahas konsep- konsep dan penerapan pencegahan cedera meliputi ketepatan memilih alat dan fasilitas, latihan (pemanasan, penguluran, latihan, dan pendinginan), kelengkapan pelindung, serta upaya perawatan dini cedera pada waktu berolahraga meliputi Resusitasi Kardio Pulmoner (RKP), penghentian perdarahan, syok/lena/pingsan, Sprain, Strain, patah tulang, pembalutan, pembidaian, ambulatori aid, masase olahraga, aplikasi panas dan dingin.
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mencegah kemungkinan timbulnya cedera serta terampil melakukan perawatan dini cedera olahraga di arena atau pada proses pembelajaran penjas secara baik, benar, cepat dan tepat
ReferencesAnonim, (1983). Perawatan Dini Penderita Cedera. The Committe on Trauma American College of Surgeon. Yogyakarta: Yayasan Essentia Medica.
Bambang Priyonoadi, (1997). PPPK, Resusitasi Kardiopulmoner, dan Perawatan Dini Di Arena Olahraga. Makalah dalam Pelatihan Pendidikan Keselamatan, PPPK, dan Masase untuk Guru Pendidikan Jasmani Tingkat SLTP.: FPOK IKIP Yogyakarta.
Kartono Mohamad, (2001). Pertolongan Pertama. Edisi yang disempurnakan. Jakarta: PT GramediaPustaka Utama.
Thamrinsyam H, 1994. Pandangan Umum Cedera Olahraga. Kumpulan makalah Simposium Sports Medicine: Cedera Olahraga. Surabaya: t.p.
Youngson di alih bahasakan Hadyana, (1996). Buku Saku P3K: Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Jakarta: Arcan.
Details ...
Mata kuliah Pencegahan dan Perawatan Cedera berbobot 2 SKS membahas konsep- konsep dan penerapan pencegahan cedera meliputi ketepatan memilih alat dan fasilitas, latihan (pemanasan, penguluran, latihan, dan pendinginan), kelengkapan pelindung, serta upaya perawatan dini cedera pada waktu berolahraga meliputi Resusitasi Kardio Pulmoner (RKP), penghentian perdarahan, syok/lena/pingsan, Sprain, Strain, patah tulang, pembalutan, pembidaian, ambulatori aid, masase olahraga, aplikasi panas dan dingin.
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mencegah kemungkinan timbulnya cedera serta terampil melakukan perawatan dini cedera olahraga di arena atau pada proses pembelajaran penjas secara baik, benar, cepat dan tepat
ReferencesAnonim, (1983). Perawatan Dini Penderita Cedera. The Committe on Trauma American College of Surgeon. Yogyakarta: Yayasan Essentia Medica.
Bambang Priyonoadi, (1997). PPPK, Resusitasi Kardiopulmoner, dan Perawatan Dini Di Arena Olahraga. Makalah dalam Pelatihan Pendidikan Keselamatan, PPPK, dan Masase untuk Guru Pendidikan Jasmani Tingkat SLTP.: FPOK IKIP Yogyakarta.
Kartono Mohamad, (2001). Pertolongan Pertama. Edisi yang disempurnakan. Jakarta: PT GramediaPustaka Utama.
Thamrinsyam H, 1994. Pandangan Umum Cedera Olahraga. Kumpulan makalah Simposium Sports Medicine: Cedera Olahraga. Surabaya: t.p.
Youngson di alih bahasakan Hadyana, (1996). Buku Saku P3K: Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Jakarta: Arcan.
Details ...