Courser in English | POETRY |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi.
Learning OutcomesMemiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi.
ReferencesAminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi.
Learning OutcomesMemiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi.
ReferencesAminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...