Puisi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPOETRY
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan : Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan : Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan : Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan : Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan : Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan : Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan : Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan : Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

  1. Mahasiswa mampu memahami hakikat kajian dan perbedaan antara kajian dengan apresiasi, kritik, dan resensi
  2. Mahasiswa mampu memproduksi kajian teks puisi lama berdasarkan 4 pendekatan dan berbagai teori dalam kajian teks puisi
  3. Mahasiswa mampu memproduksi kajian berbagai jenis puisi lama

Learning Outcomes

 

Sikap    

 

KU          

 

KK          

 

PP 

 

:

 

:

 

:

 

:

 

 

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan kajian teks puisi lama

 

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukurdalam kajian teks puisi lama

 

Mampumerencanakandanmengkajiimplementasikajian teks puisi lama

 

Menguasaikonsepteoripengembanganpembelajarankajian teks puisi lama

 

References

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi: Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.

Effendi. 1974. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende Flores: Nusa Indah.

—————.2002. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakata: Pustaka Jaya.

Enre, Fachruddin Ambo. Tanpa tahun. Perkembangan Puisi Indonesia: dalam Masa Duapuluhan. Jakarta: Gunung Agung.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Pradopo, Rachmat Djoko.2009. Pengkajian Puisi. Jogjakarta: Gadjah Mada University.

Rampan, Korrie Layun. 1985. Puisi Indonesia Hari Ini: Sebuah Kritik. Jakarta: Yayasan Arus.

Soedjarwo, dkk. 2001. Puisi Mbeling: Kitsch dan Sastra Sepintas. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

—————.2009. Pengantar Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

—————.2009. Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia


Details ...
Course Descriptions

  1. Mahasiswa mampu memahami hakikat kajian dan perbedaan antara kajian dengan apresiasi, kritik, dan resensi
  2. Mahasiswa mampu memproduksi kajian teks puisi lama berdasarkan 4 pendekatan dan berbagai teori dalam kajian teks puisi
  3. Mahasiswa mampu memproduksi kajian berbagai jenis puisi lama

Learning Outcomes

 

Sikap    

 

KU          

 

KK          

 

PP 

 

:

 

:

 

:

 

:

 

 

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan kajian teks puisi lama

 

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukurdalam kajian teks puisi lama

 

Mampumerencanakandanmengkajiimplementasikajian teks puisi lama

 

Menguasaikonsepteoripengembanganpembelajarankajian teks puisi lama

 

References

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi: Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.

Effendi. 1974. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende Flores: Nusa Indah.

—————.2002. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakata: Pustaka Jaya.

Enre, Fachruddin Ambo. Tanpa tahun. Perkembangan Puisi Indonesia: dalam Masa Duapuluhan. Jakarta: Gunung Agung.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Pradopo, Rachmat Djoko.2009. Pengkajian Puisi. Jogjakarta: Gadjah Mada University.

Rampan, Korrie Layun. 1985. Puisi Indonesia Hari Ini: Sebuah Kritik. Jakarta: Yayasan Arus.

Soedjarwo, dkk. 2001. Puisi Mbeling: Kitsch dan Sastra Sepintas. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

—————.2009. Pengantar Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

—————.2009. Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia


Details ...
Course Descriptions

  1. Mahasiswa mampu memahami hakikat kajian dan perbedaan antara kajian dengan apresiasi, kritik, dan resensi
  2. Mahasiswa mampu memproduksi kajian teks puisi lama berdasarkan 4 pendekatan dan berbagai teori dalam kajian teks puisi
  3. Mahasiswa mampu memproduksi kajian berbagai jenis puisi lama

Learning Outcomes

 

Sikap    

 

KU          

 

KK          

 

PP 

 

:

 

:

 

:

 

:

 

 

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan kajian teks puisi lama

 

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukurdalam kajian teks puisi lama

 

Mampumerencanakandanmengkajiimplementasikajian teks puisi lama

 

Menguasaikonsepteoripengembanganpembelajarankajian teks puisi lama

 

References

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi: Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.

Effendi. 1974. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende Flores: Nusa Indah.

—————.2002. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakata: Pustaka Jaya.

Enre, Fachruddin Ambo. Tanpa tahun. Perkembangan Puisi Indonesia: dalam Masa Duapuluhan. Jakarta: Gunung Agung.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Pradopo, Rachmat Djoko.2009. Pengkajian Puisi. Jogjakarta: Gadjah Mada University.

Rampan, Korrie Layun. 1985. Puisi Indonesia Hari Ini: Sebuah Kritik. Jakarta: Yayasan Arus.

Soedjarwo, dkk. 2001. Puisi Mbeling: Kitsch dan Sastra Sepintas. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

—————.2009. Pengantar Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

—————.2009. Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi.

Learning Outcomes

Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi.

References

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa

 


Details ...