Courser in English | POETRY |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan : Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan : Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan : Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan : Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan : Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan : Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan : Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan : Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
- Mahasiswa mampu memahami hakikat kajian dan perbedaan antara kajian dengan apresiasi, kritik, dan resensi
- Mahasiswa mampu memproduksi kajian teks puisi lama berdasarkan 4 pendekatan dan berbagai teori dalam kajian teks puisi
- Mahasiswa mampu memproduksi kajian berbagai jenis puisi lama
Sikap
KU
KK
PP |
:
:
:
: |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan kajian teks puisi lama
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukurdalam kajian teks puisi lama
Mampumerencanakandanmengkajiimplementasikajian teks puisi lama
Menguasaikonsepteoripengembanganpembelajarankajian teks puisi lama
|
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi: Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.
Effendi. 1974. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende Flores: Nusa Indah.
—————.2002. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakata: Pustaka Jaya.
Enre, Fachruddin Ambo. Tanpa tahun. Perkembangan Puisi Indonesia: dalam Masa Duapuluhan. Jakarta: Gunung Agung.
Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Pradopo, Rachmat Djoko.2009. Pengkajian Puisi. Jogjakarta: Gadjah Mada University.
Rampan, Korrie Layun. 1985. Puisi Indonesia Hari Ini: Sebuah Kritik. Jakarta: Yayasan Arus.
Soedjarwo, dkk. 2001. Puisi Mbeling: Kitsch dan Sastra Sepintas. Yogyakarta: Indonesia Tera.
Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.
Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.
—————.2009. Pengantar Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.
—————.2009. Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.
Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Details ...
- Mahasiswa mampu memahami hakikat kajian dan perbedaan antara kajian dengan apresiasi, kritik, dan resensi
- Mahasiswa mampu memproduksi kajian teks puisi lama berdasarkan 4 pendekatan dan berbagai teori dalam kajian teks puisi
- Mahasiswa mampu memproduksi kajian berbagai jenis puisi lama
Sikap
KU
KK
PP |
:
:
:
: |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan kajian teks puisi lama
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukurdalam kajian teks puisi lama
Mampumerencanakandanmengkajiimplementasikajian teks puisi lama
Menguasaikonsepteoripengembanganpembelajarankajian teks puisi lama
|
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi: Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.
Effendi. 1974. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende Flores: Nusa Indah.
—————.2002. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakata: Pustaka Jaya.
Enre, Fachruddin Ambo. Tanpa tahun. Perkembangan Puisi Indonesia: dalam Masa Duapuluhan. Jakarta: Gunung Agung.
Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Pradopo, Rachmat Djoko.2009. Pengkajian Puisi. Jogjakarta: Gadjah Mada University.
Rampan, Korrie Layun. 1985. Puisi Indonesia Hari Ini: Sebuah Kritik. Jakarta: Yayasan Arus.
Soedjarwo, dkk. 2001. Puisi Mbeling: Kitsch dan Sastra Sepintas. Yogyakarta: Indonesia Tera.
Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.
Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.
—————.2009. Pengantar Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.
—————.2009. Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.
Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Details ...
- Mahasiswa mampu memahami hakikat kajian dan perbedaan antara kajian dengan apresiasi, kritik, dan resensi
- Mahasiswa mampu memproduksi kajian teks puisi lama berdasarkan 4 pendekatan dan berbagai teori dalam kajian teks puisi
- Mahasiswa mampu memproduksi kajian berbagai jenis puisi lama
Sikap
KU
KK
PP |
:
:
:
: |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan kajian teks puisi lama
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukurdalam kajian teks puisi lama
Mampumerencanakandanmengkajiimplementasikajian teks puisi lama
Menguasaikonsepteoripengembanganpembelajarankajian teks puisi lama
|
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi: Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.
Effendi. 1974. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende Flores: Nusa Indah.
—————.2002. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakata: Pustaka Jaya.
Enre, Fachruddin Ambo. Tanpa tahun. Perkembangan Puisi Indonesia: dalam Masa Duapuluhan. Jakarta: Gunung Agung.
Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Pradopo, Rachmat Djoko.2009. Pengkajian Puisi. Jogjakarta: Gadjah Mada University.
Rampan, Korrie Layun. 1985. Puisi Indonesia Hari Ini: Sebuah Kritik. Jakarta: Yayasan Arus.
Soedjarwo, dkk. 2001. Puisi Mbeling: Kitsch dan Sastra Sepintas. Yogyakarta: Indonesia Tera.
Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.
Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.
—————.2009. Pengantar Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.
—————.2009. Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.
Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi.
Learning OutcomesMemiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi.
ReferencesAminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...